10 ilustrasi keren ini menggambarkan jenis penderita penyakit dan gangguan mental

Dalam seri ilustrasi inktober, seniman Shawn Coss membuat ilustrasi untuk menggambarkan sisi gelap dari jenis penderita penyakit dan gangguan mental.

Gelap sebagaimana yang tampak, selain membuat pengamat terkagum-kagum akan tingkat esensi dan keawaman orang-orang dari gangguan mental ini, ilustrasi ini juga bisa berfungsi sebagai sarana dalam mengatasi ketidaktahuan dan kesalahpahaman tentang penyakit ini.

Mudah-mudahan, dapat membantu banyak penderita dari salah satu penyakit yang digambarkan atau gangguan merasa kurang sendirian ( soundtrack lagu marshmellow ) dalam perjuangan mereka dan menghimbau masyarakat untuk membantu orang-orang tersebut.

  1. Gangguan Depresi yang Parah

shawncossart.com

Depresi terlalu sering disalahartikan sebagai kelemahan seseorang yang bisa diwujudkan seperti orang merasa sedih dan tidak mau berubah (ciyee galau nie ye ) .

Sebuah gangguan depresi tidak ada hubungannya dengan kekuatan kepribadian, tetapi bisa terjadi pada siapa saja mengalami trauma dari setiap hal kehilangan , apakah itu dari orang yang dicintai, atau pekerjaan.

Demikian juga, kesedihan bukan satu-satunya tanda tanda gangguan ini, tetapi juga orang yang menderita hal ini lebih banyak mengalami gejolak fisik dan emosional yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

2. Kecemasan Sosial

shawncossart.com

Kecemasan sosial adalah gangguan mental yang sangat umum . Biasanya disalahartikan sebagai rasa takut berbicara di depan umum dan rasa malu yang berlebihan. kebanyakan orang yang mengalami kecemasan sosial yang melakukan aktivitas sehari-hari (seperti makan di depan orang lain atau bertemu orang-orang baru) lebih sulit bagi penderitanya.

kecemasan sosial adalah yang paling sering menonjol adalah rasa malu. Namun, biasanya kebanyakan orang yang menderita gangguan ini jarang menunjukkan tanda-tanda rasa malu atau gejala lain yang terlihat.

Baca Juga  Lukisan Pablo Picasso | penjelasan Beserta yang Termahal

3. OCD

shawncossart.com

 

Obsesif kompulsif atau obsessive-compulsive disorder (OCD) adalah gangguan yang ditandai dengan pikiran negatif yang membuat penderita merasa gelisah, takut, dan khawatir. Sehingga untuk menghilangkan kecemasan itu, ada obsesi berlebihan dari si penderita.
Kebanyakan orang menganggap penderita OCD aneh, pembersih yang terobsesi dengan kebersihan. sementara dalam banyak kasus gangguan, penderita sangat terpaku pada menjaga hal-hal yang bersih (hebat nih suka kebersihan ).

Hal itu dapat dilihat dalam berbagai rutinitas yang berulang lainnya, seperti bolak balik cuci tangan , menghabiskan waktu berjam jam untuk menyuci piring dan baju. Dengan pengobatan yang tepat, termasuk terapi perilaku, dan dalam beberapa upaya, obat-obatan, gangguan dapat berhasil dikendalikan . (kalau bisa sih jangan diobati , lumayan bisa disuruh bersih bersih)

4. Anorexia Nervosa

shawncossart.com

Anoreksia nervosa merupakan suatu masalah kesehatan jiwa yang mana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sangat takut jika mereka terlihat gemuk. Saking takutnya, mereka bahkan selalu menganggap tubuhnya masih kurang kurus atau masih gemuk meski kenyataannya tidak seperti itu. ( wah , orang ini pengen kena gizi buruk kali ya) .

Penderitanya selalu terobsesi agar penampilannya terlihat bagus. Anoreksia nervosa umumnya adalah masalah mental serius yang mempengaruhi populasi hampir sebagian besar perempuan. Gangguan ini dipicu oleh ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi masalah atau trauma tertentu, atau stres dengan citra tubuh mereka.

5. Bipolar disorder

shawncossart.com

Bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara cepat berubah dan drastis,misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung (teringat lagu tepok ami ami) .

Ini adalah kesalahpahaman yang sangat umum dipandangan masyarakat bahwa untuk mempertimbangkan gangguan bipolar sebagai perubahan suasana hati hanya bisa diobati dengan obat dan psikoterapi.

Baca Juga  kenapa Bisa Hebat? Teori Orthogenesis dan Hukum 10000 jam Akan Membuktikan

Penderita gangguan bipolar menjalani kondisi yang parah, perubahan suasana hati yang ekstrim dan tahan lama daripada mereka yang sehat dalam hal menanggapi peristiwa positif atau negatif tertentu.

Namun, dengan obat-obatan dan terapi, penderita bisa secara signifikan mengubah kondisi mereka dengan melakukan kebiasaan gaya hidup yang positif . Dengannya melakukan perubahan tersebut bisa meingkatkan kestabilan kondisi mereka dan juga membuat gejala awal lebih mudah dikenali dan dikendalikan.

6. ASD

shawncossart.com

 

 

Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang dimana ketidakmampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku.
Kesalahpahaman yang paling umum tentang orang-orang yang menderita gangguan ini adalah bahwa mereka tidak dapat berfungsi secara sosial dan mengungkapkan pikiran mereka secara lisan.

Meskipun keterampilan sosial dan bahasa mereka dapat melemah dalam kebanyakan kasus, tergantung pada jenis gangguan, penderita ASD sebenarnya bisa normal dan memiliki IQ tinggi (kaya albert einsten), yang bisa membuat mereka menjalani hidup dengan sempurna dan sukses secara fungsional dengan dukungan dan pengobatan yang tepat.

7.skizofrenia

shawncossart.com

Dalam pengertiannya skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Penderita dengan kondisi yang parah bila berlangsung lama membuat dirinya tidak bisa membedakan antara kenyataan dengan fikirannya sendiri.

prasangka yang salah tentang skizofrenia membuat orang orang takut dengan penderita, dan menganggap mereka sebagai orang yang paranoid dan agresif.

Dalam kebanyakan kasus, pasien skizofrenia jauh lebih menarik diri dari keramaian dan lebih suka menyendiri. Delusi dan ketidakmampuan dalam memproses emosi termasuk gejala orang penderita ini. (rekomendasi : untuk lebih jelasnya bisa menonton film vanilla sky . dibintangi paman saya , tom cruise).

Baca Juga  Cara Cepat menguasai bahasa Inggris, Anti Mainstream Dan Praktis

 

8. Agoraphobia

shawncossart.com

Pengertian agoraphobia adalah jenis gangguan kecemasan di mana Anda takut dan sering menghindari tempat-tempat atau situasi tertentu yang mungkin menyebabkan Anda panik dan membuat Anda merasa terjebak, tidak berdaya atau malu. . Ketakutan bisa begitu kuat dan Anda mungkin merasa tidak dapat meninggalkan rumah Anda.

Orang yang menderita agoraphobia biasanya dianggap sebagai penyendiri yang tidak pernah meninggalkan rumah mereka. Dalam kebanyakan kasus, jika mereka membutuhkan bantuan,mereka memilih biasanya tempat yang kurang ramai misal di alam bebas.

penderita agoraphobia bisa disembuhkan secara total jika diberikan kehidupan sosial yang sehat , misalnya dengan diajak ikut acara atau jalan jalan dengan teman-teman mereka . Hal itu bisa membuat mereka merasa nyaman dan aman.

9. Insomnia

shawncossart.com

Berlawanan dengan kepercayaan populer, insomnia tidak hanya disebabkan karena terlalu banyak kafein atau gelisah. Bukan hanya itu , insomnia lebih berkaitan dengan kondisi mental yang serius seperti kecemasan dan depresi . Dan memang seperti itulah kebanyakan penderita insomnia . ( jadi teringat lagunya craig david ).

10.Post-traumatic stress disorder

shawncossart.com

Post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah suatu kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan, . Biasanya penderitanya adalah orang ( ya iyalah, masa kucing) yang MKKB (masa kecil kurang bahagia) atau juga memiliki pengalaman yang pahit .

Pada umumnya sih kejadian kejadian yang kurang mengenakkan tersebut selalu terngiang ngiang di fikiran penderita dan juga muncul dalam bentuk mimpi , orang bilang mimpi buruk .

Solusinya sih kalau bisa penderita PTSD di dukung ( dikasih yel – yel ) ,diperlakukan secara manusiawi melalui pengobatan dan perlakuan yang baik dari orang orang tercinta ( asyik ) .

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.