30 hal simpel ini yang tidak kamu rasakan bisa mempengaruhi orang lain

Salah satu kesalahan terbesar seseorang ketika mereka mencoba untuk mengesankan seseorang adalah bahwa mereka menganggap orang lain hanya memperhatikan hal-hal penting atau “hal besar” yang mereka punya.

Tetapi guys kenyataannya adalah bahwa hal-hal kecil juga bisa berpengaruh loh. Hal-hal kecil yang kita lakukan ataupun yang tidak kita lakukan setiap harinya akan membentuk siapa sih kita di pandangan orang lain. Dari hal-hal kecil itu juga bisa menentukan kedepannya bagaimana kita merespon ketika hal-hal besar datang dalam hidup kita.

Gambaran dunia dan masyarakat tentang  kamu ditentukan oleh tindakan kamu, komentar, sikap, perilaku dan bahkan penampilan. Hal-hal ini dapat dilihat dalam beberapa detik ketika pertama kali bertemu seseorang.

Jadi, bagaimana mungkin kamu membiarkan orang lain tahu begitu saja siapa kamu sebenarnya? Bagaimana caranya kamu bisa membuat kesan semua orang di sekitar kamu tanpa usaha berat atau banyak waktu? Ini dia, 30 hal yang mungkin sederhana, tetapi memiliki dampak besar dan efeknya lumayan lama. Orang akan mengingat hal-hal kecil yang kamu lakukan dan membuat efek perbedaan sesuai yang kamu harapkan.

1. bagian pakaian yang kamu kenakan

swiss-aviation-training.com

penampilan kamu adalah hal yang pertama kali orang lain lihat. Mereka melihat pakaian kamu, rambut, sepatu. Sebenarnya mereka telah berasumsi tentang kamu sebelum kamu sempat berbicara dengannya. Jika Kamu ingin membuat orang lain terkesan, Coba atur penampilanmu. Luangkan waktu di pagi harinya di depan cermin.

Baca Juga  50 Orang Terpintar di Dunia Sepanjang Masa Beserta Informasi Singkat Mereka

2. Tepat waktu

weloversize.com

Jika Kamu telat pada saat tertentu, kamu sama saja telah memberikan orang lain penilaian yang buruk terhadap kamu. Jika memang ada rencana untuk pergi ke suatu tempat pada waktu yang telah ditentukkan maka datanglah sesuai waktunya. Rasanya menunggu seseorang ketika mereka  seharusnya sudah harus ada pastinya akan kesal dan menjengkelkan.

3. Jangan pernah melanggar janji

wordpress.com

Ada terlalu banyak orang di luar sana membuat janji-janji yang mana mereka tahu bahwa mereka tidak bisa memenuhinya. Mereka menjanjikan sesuatu karena membuat orang lain merasa lebih baik pada saat itu.

Masalahnya adalah ketika kedepannya , saat kamu tidak bisa memenuhinya, orang yang kamu janjikan perasaannya berubah menjadi kecil hati, kesal dan bahkan marah. Jika kamu tidak bisa menjaga janji, hindari mengucapkannya. Jika kamu telah berjanji, lakukan segalanya untuk memenuhinya.

4. Menghormati orang lain

isaiahhankel.com

Ini termasuk orang tua kamu, anak di bawah umur, rekan kerja, anggota keluarga, dll. Hal ini memang sulit dilakukan apalagi ketika kamu berada disekitar orang yang tak sependapat denganmu, atau orang yang bertindak dengan cara yang tidak kamu sukai. Tapi jadilah lebih dewasa, cobalah mencari cara untuk bagaimana selalu menghormati orang lain. Sampai akhirnya mereka juga akan menghormatimu.

5. Jadilah selalu yang terlibat

makeitthrough.org

Maksud saya disini bukanlah terlibat dalam hal negatif, tetapi lebih ke yang positif. Misal jika di tempatmu ada acara kerja bakti, dukung tuh dan ikuti acara itu. Jika kamu mendukung program pemerintah setempat dan selalu menghadiri kegiatan masyarakat, kamu otomatis akan dikenal dan menimbulkan kesan bagi mereka. Jadilah selalu bagian dari kegiatan penting.

6. Sering-seringlah mengatakan “silahkan” dan “terima kasih”

idealistcareers.org

Ini memang kata-kata simpel, tetapi maknanya mendalam loh. Mengungkapkan rasa terima kasih kamu kepada orang lain meskipun hanya kebaikan kecil juga bisa menimbulkan kesan. Dengan ini menunjukkan bahwa kamu melihat sisi baik pada orang itu.

7. Sering-seringlah tersenyum

si.com

Senyum bisa menular loe guys. Ketika ada orang yang tak dikenal berpapasan dengan kamu dan tersenyum secara alami kamu akan merespon dengan senyuman kan.  Melihat senyum seseorang bisa mengingatkan dirinya sendiri bahwa ada hal-hal yang bisa disyukuri, seperti bahwa hidup ini memang menyenangkan dan menarik.

8. Jangan selalu sibuk dengan smartphone

lifehack.org

Ketika  kamu bersama seseorang, fokuskanlah dirimu untuk selalu bersamanya. Memang sih Ponsel adalah bagian yang menakjubkan dari teknologi. Tapi mereka juga pengalih perhatian loe. Gunakanlah ponsel secara bijak sesuai dengan waktunya. Kamu tidak perlu membukanya per detik setiap harinya.

9. Jadilah seorang yang setia dengan pasanganmu

Pasti kita sudah bosan tuh banyak kasus perceraian dimana-mana, apalagi gosip tentang artis. Bagi kamu yang sudah menikah tetaplah selalu setia dengan pasanganmu. Jagalah hubungan kamu dengannya dengan menjaga kejujuran dan kepercayaan, dengan begitu kamu akan tahu mana yang harus diprioritaskan.

Baca Juga  Lukisan Pablo Picasso | penjelasan Beserta yang Termahal

Hehehe… bagi kamu yang belum menikah terutama yang nulis ini, setia saja dengan apa yang kamu lakukan supaya bisa sukses. mantap djiwa 😀

 

11. Kebersihan pribadi bukanlah suatu pilihan, itu suatu kebutuhan

gitaarimanda.wordpress.com

Memiliki nafas bau mulut bak disemprot minyak wangi, pakai deodoran biar ketekmu kadar phnya gak tinggi, Sikat gigimu setiap 3 kali sehari dan kenakan pakaian yang bersih. Ini adalah hal umum yang masuk akal, tetapi banyak orang yang masih keteteran dengan hal ini. Waduw ngomong pertama kali dengan orang lain dan bau mulutmu kaya jengkol bakal tuh orang akan ingat-ingat terus bau mulutmu, selain jorok itupun mengganggu pastinya

 

. Jadi sob Jaga selalu kebersihan pribadimu. Orang lain pasti akan fokus dengan apa yang kamu sampaikan bukan pada baumu. Ok

12. Berbicara dengan jelas dan menjaga kontak mata

Tunjukkan  orang yang kamu ajak bicara tahu bahwa kamu terlibat dengan  percakapan dan peduli tentang apa yang kalian bicarakan. Berbicaralah tapi Jangan bergumam atau melihat-lihat kesana kesini, tetap fokus pandanganmu pada mereka.(terutama lawan bicaranya wanita hehehe.. just kid)

13. Jangan mengunyah permen karet

Ini mungkin tergantung situasi dan kondisi kamu berada. Jika kamu dengan keluarga nongkrong atau dengan teman-teman dekat di bioskop, mungin mengunyah karet baik-baik saja. Tapi dalam situasi profesional, hal itu benar-benar mengganggu.

14. Gunakan humor

Hal ini dapat meringankan suasana hati dan bisa menurunkan seseorang dari ketegangan . Pastikan kamu melakukanya pada waktu yang tepat.

15. Jumpailah seseorang dengan berjabat tangan atau pelukan

healtylife.com

Ini juga tergantung situasi juga sih. Pastinya kamu tidak mungkin kan ketika ada wawancara kerja terus memeluk bos barumu, bisa-bisa langsung dipecat tuh (“ih homo! sana menjauh, aku tidak sudi terima karyawan sepertimu”) hehehe just kidding, akan tetapi  kamu harus menawarkan mereka jabat tangan yang erat. Dengan teman-teman dekat dan anggota keluarga pelukan menunjukkan tingkat kedekatan. Cara itu  menunjukkan bahwa kamu memang mencintai dan peduli dengan mereka.

16. Jujur pada diri sendiri

Tahu apa yang kamu inginkan dari hidup dan melakukan apa saja untuk mencapainya.

17. Dengarkan orang lain

Ketika seseorang sedang berbicara dengan kamu, dengarkan apa yang mereka katakan. Jangan memikirkan respon sementara mereka masih berbicara.

Baca Juga  Cara Cepat menguasai bahasa Inggris, Anti Mainstream Dan Praktis

18. Lakukan tindakan kebaikan

bahasa.aquila-style.com

Membuka pintu bagi seseorang, membantu tetangga bersih-bersih rumah(siapa tahu ada jodoh), berbagi makan dan hal yang lainnya yang kamu mampu.

19. Terorganisir

Memiliki jadwal dan tahu apa yang akan diselesaikan. Tahu segala hal-hal yang ada di rumah kamu, di tempat kerja, di dalam mobil Anda, dll.

20. Memuji orang lain

Carilah yang baik pada orang di sekitar kamu. Puji mereka pada pakaian mereka, pekerjaan mereka, sikap mereka, apa pun yang Anda bisa ketahui.

21. Berbagi pengetahuan dan informasi dengan orang lain

engineering.olemiss.edu

Bila Anda memiliki keahlian atau bakat, berbagilah. Ajari orang lain dan bagi apa yang telah kamu pelajari dan ketahui.

22. Jadilah positif dan fokus

Ini bisa sulit saat-saat yang sulit, tapi mungkin. Carilah solusi bukan berfokus pada masalah. Tetap positif.

23. Bantulah orang lain

Membantu kapan dan di mana kamu bisa. Dalam kebanyakan kasus, kemungkinan untuk melayani tidak selalu pada waktu yang tepat, tetapi mengorbankan waktu kamu untuk membantu orang yang membutuhkan akan menjadikan orang tersebut akan mengatakan banyak tentang kamu. Tapi ingat, ikhlas dan jangan mengharap imbalan.

24. Jaga mobil tetap bersih

lamborghini.com

Bawalah sesering mungkin mobilmu ketempat pencucian mobil. Bersihkan bagian dalam. Jangan biarkan sampah menumpuk. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan harus memberikan seseorang tumpangan. (amin.. kebetulan ane belum punya mobil).

25. Peduli orang

Jangan membangun pembatas untuk “melindungi” perasaan kamu sendiri. Biarkan diri kamu merasa, biarkan diri ini merawat orang lain.

26. Jangan mudah tersinggung

liputan6.com

Apa yang dikatakkan orang lain, sengaja atau tidak sengaja, yang bisa menyakiti hati kamu. Kamu dapat memilih untuk menjadi tersinggung atau mencuekkannya.

27.  Akuilah kesalahanmu

Pastinya setiap orang pernah melakukan kesalahan. Ketika kamu membuat kesalahan, akuilah. Sadari itu, lakukan sesuatu untuk memperbaikinya dan move on.

28. ambil kesempatan pengalaman hidup baru

matthewmunson.co.uk

Jika kamu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke suatu tempat yang baru, belajar bakat baru atau mencoba sesuatu yang baru, lakukanlah! nikmati hidup ini.

29. Tahu apa yang terjadi di dunia

 

Jadilah up to date pada berita terbaru, baik lokal dan global. Lakukan di sela-sela waktu luangmu untuk membuka media baik di internet atau di koran, lalu Sampaikan ke orang lain. Dengan up to date kamu ngobrol dengan orang lain akan terasa nyambung dan enak.

30. Traveling

okezone.com

 

dunia ini adalah tempat yang luas. Luangkan waktu untuk pergi keluar dan bertemu orang baru, belajar budaya baru dan membuat kenangan baru. Asyik 😀

Leave a Comment