9 Resep Sehat dan Kuat Fisik untuk meraih Kesuksesan

Ya kali ini saya akan membagikan artikel tentang 9 resep cara sehat dan kuat fisik untuk meraih kesuksesan.

sebelum itu biarkan saya bercerita terlebih dahulu :D.

Intro

Dalam sebuah cerita, Ada seorang punya modal membuka bisnis kebun binatang, dipintu masuknya dia pasang tarif tiket Rp.30 000/orang, tapi tidak ada satu orangpun yang masuk. Karena beberapa lama tidak ada pengunjung maka harga tiket pun Ia turunkan menjadi Rp.20 000/orang dan tetap tidak satu orang pun yang masuk.

 

Dikarenakan masih tidak ada juga pengunjung akhirnya ia kembali turunkan tarif tiket menjadi Rp.10 000 /orang dan tetap tidak ada yang masuk, akhirnya ditulislah pengumuman:”MASUK GRATIS” kemudian banyak orang yang rebutan masuk. Ketika pengunjung di dalam penuh, si pemilik kebun binatang membuka semua pintu kandang binatang buas Singa, harimau, serigala, beruang, ular dan pintu keluarnya pun sudah dikunci! Lalu di pintu keluar di tulis:”Keluar bayar Rp.500 000!!”. Banyak orang yang berebut bayar. Inilah ironi kehidupan…

Ketika ditawarkan untuk hidup sehat, (makan yang sehat, tidak merokok, istirahat cukup, dsb. Menjaga kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit) banyak orang tidak mau. Tapi kalau sudah masuk Rumah sakit berapapun mahalnya biaya Rumah sakit, pasti akan dibayarnya untuk dapat sembuh, sekalipun untuk jual asset, bagaimana untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, jika jiwa yang sehat tidak dimilikinya.

Dari cerita di atas kita bisa mengambil kesimpulan “Health is not everything, but everythings without health is nothing.” Maksudnya adalah kesehatan memang bukan segalanya, namun segalanya tanpa kesehatan tidak akan ada artinya. Fisik adalah pelengkap kesuksesan yang sangat mahal.

Baca Juga  Siapa Halimah Yacob ? Fakta Raja Bolos Sekolah yang Jadi Presiden
https://boyhadiconsist.wordpress.com/

Inilah kiat kuat dan sehat fisik disingkat dengan resep sederhana, yaitu WELLNESS, dalam buku Motivasi islami karya Boy Hadi Kurniawan, yang artinya sebagai berikut:

1. Water

air-kangen.com

yaitu mengkonsumsi air dengan cukup karena manusia akan mati dengan tidak minum air selama 3 hari dan mati jika tidak makan seminggu. Sekitar 80% dari tubuh manusia terdiri atas air. Artinya air lebih dibutuhkan daripada makanan. Minum air putih di waktu pagi merupakan salah satu kiat sehat.

Kita tahu bahwa air itu netral , tidak ada rasa manis maupun asin(ya kalau di obok-obok). Karena kenetralannya itulah tubuh kita membutuhkan air . Hindarilah minum air yang kebanyakan mengandung gula seperti minuman ringan yang kita jumpai di minimarket.
Memang minuman itu bisa mengatasi haus bagi kita tetapi hal itu tidak baik bagi kesehatan kita
Selain untuk mengatasi haus hal inilah yang kita bisa dapatkan dari minum air
• Air juga berfungsi layaknya oli di sepeda motor, ia akan memperlancar gerakan sendi di tubuh kita.
• 80% tubuh kita mengandung air , dengan minum banyak air kita telah menyeimbangkan tubuh kita
• Agar otot kita selalu prima
• Meremajakan kulit kita. Banyak air memungkinkan untuk mengencangkan kulit

2. Environment

http://thelibertarianrepublic.com

 

yaitu menjaga kebersihan lingkungan tempat bekerja dari sampah, bakteri, kotoran, maupun bunyi yang dapat mengganggu penciuman, penglihatan dan pendengaran.

3. Life Drug Free

shutterstock.com

Menjauhi dan tidak mencoba-coba untuk memakai narkoba, obat-obatan keras, dan minuman berahkohol. Lakukan selalu kegiatan positif seperti berkumpul dengan orang-orang tercinta, bergaul dengan orang-orang baik dan cara lainnya (Pokoknya yang satu ini jangan pernah didekati deh, ‘Good and success life, without Drug’)

Baca Juga  Muhammadiyah dan NU Akhirnya Sepakat Puasa Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 1

4. Breath

http://www.ox.ac.uk

menghirup udara yang kaya akan oksigen dengan cukup dan menjaga pernapasan dengan olahraga. Hiruplah udara sebanyak mungkin, sebelum menghirup udara dilarang hehehe.

5. Nutrition

http://sites.psu.edu

yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh manusia. makanan yang mengandung zat besi dan vitamin A, E, C atau mungkin sampai Z.

6. Exercise

http://ecampus.hisvietnam.com

yaitu melakukan latihan fisik dengan olahraga yang proposional dan teratur untuk menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh. Usahan setiap pagi untuk selalu berolahraga minimal 30 menit agar tubuh kita selalu fit dan semangat dalam melakukan kegiatan lainnya.

7. Sleep

http://www.resiliencebeyond.com

yaitu tidur dan istirahat yang cukup antara 7-8 jam sehari, agar tubuh dapat melakukan perbaikan sel dan jaringan yang rusak.

8. Social and Spiritual balance

www.islam.com

Bergaul dan berinteraksi secara sosial dengan manusia, kemudian melakukan ibadah dan mendekatkan diri secara spiritual kepada Allah untuk kesehatan jiwa yang sangat berhubungan dengan kesehatan fisik.

 

Demikian penjelasan ringkas, kiat-kiat pengaruh kesehatan dan kekuatan fisik terhadap tubuh bagi kesuksesan dan kebahagiaan kita. Semoga kita dapat meraih sukses sejati dengan fisik dan tubuh yang sehat.

Leave a Comment