Alat Musik Modern Beserta Cara Memainkannya

Alat musik modern –  Selamat datang di portal hidupsimpel, yah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat musik modern. Manusia telah mengenal musik semenjak ribuan tahun yang lampau. Serta begitu dekat dengan semua aspek lini hidup manusia.

Tentunya bagi masing masing orang, ada makna filosofi tersendiri pada musik. Sebagian orang memainkannya supaya mendapatkan semangat atau beberapa diantaranya hanya menikmatinya supaya tenang hatinya. Dan sebagiannya lagi menikmatinya supaya motivasi belajarnya meningkat. Dan diantara kegunaan lainnya yaitu sebagai pengiring acara ritual keagamaan ataupun meditasi dan sebagainya.

alat musik modern
pixabay.com

Diawali dari alat musik tradisional yang simpel, seiring waktu mulai berkembang secara pesat. Diawali dari sudut pandang kita pada musik, fenomena dunia permusikan yang digemari hingga dengan instrumen yang dipakai memerintah musik itu sendiri.

Oleh karena itu, mari kita mengetahui lebih lanjut lagi dengan sejumlah alat musik modern Untuk itu kita akan berkenalan lebih dekat dengan beberapa alat musik modern yang akan menambah pengetahuan kita tentangnya. Berikut ini diantaranya:

Alat musik Modern Dawai

alat musik modern dawai
rndguitar.wordpress.com

Alat musik dawai tergolong jenis alat musik yang dapat mengeluarkan suara ketika senar atau dawainya kita getarkan. Berdasarkan klasifikasi Hornbostel-Sachs yang dipakai dalam Organologi, alat musik tipe ini dinamakan pula dengan kordofon.

Terdapat tiga metode yang utama supaya alat musik dawai modern bisa mengeluarkan bunyi yang enak untuk didengar, yakni dipukul, dipetik dan digesek. Berikut ini adalah jenis jenis dari alat musik modern dawai yaitu:

1. GITAR

alat musik modern gitar
rndguitar.wordpress.com

Gitar adalah alat musik modern yang banyak diketahui dan diminati sebagian besar dari masyarakat. Cara memainkannya pun lumayan gampang, biasanya dibunyikan dengan memetik senarnya dengan memakai jari ataupun plektrum. Gitar memiliki dua tipe, yakni gitar elektrik dan gitar akustik.

Baca Juga  Contoh Jenis Alat Musik Melodis Beserta Pengertian dan Penjelasan

Gitar Elektrik

gitar elektrik
pixabay.com

Gitar elektrik atau pada umumnya dikenal dengan gitar listrik ini bentuknya padat tanpa adanya lubang pada badannya. Getaran senar pada gitar elektrik dapat mengeluarkan bunyi lantaran terkena kumparan yang terdapat di dalam badan gitar, biasanya dinamakan dengan Pickup.

Kadang kadang sinyal yang dikeluarkan dari pickup diganti secara elektronik menggunakan gitar effect sebagai distorsi maupun reverb.

Jenis gitar ini dikenal luas dipakai untuk intrumen utama di beberapa jenis genre musim zaman now, misalnya saja musik reggae, rock, jazz, pop, country, dan sebagainya.

Gitar Akustik

gitar akustik
pixabay.com

Gitar akustik memiliki ciri ciri umum yaitu terdapat lubang pada bagian tengahnya. supaya mengeluarkan bunyi maka kita petik senarnya. Ketika dipetik maka Getaran getaran senar gitar tersebut akan dialirkan lewat sadel dan jembatan tempat pengikat gitar kemudian masuk ke dalam ruang suara.

Suara yang tersimpan dalam ruangan akan beresonansi dengan kayu badan gitar. Kualitas suara gitar sendiri sejalan dengan kualitas senar dan kayu pada gitar.

Biasanya gitar jenis ini sering dipakai untuk pertunjukkan solo dengan memakai fingerpicking komprehensif.

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui cara bermain gitar yang baik dan benar, maka dapat dengan melihat lihat dan menghafal kunci kunci dasar gitar yang dipelajari terlebih dahulu bagi pemula.

Sebelum lanjut, kamu bisa tonton video mastah gitar ini.

2. Biola

alat musik modern biola
satujam.com

Biola termasuk jenis alat musik dawai modern yang mana cara membunyikannya yaitu dengan menggeseknya. Pada biola terdapat 4 buah senar yang mana masing masing senar tersebut terdiri dari kunci G-D-A-E. Masing masing kunci tersebut diatur berbeda dengan menggunakan interval sempurna kelima. Adapun kunci yang menghasilkan nada rendah pada biola yaitu G.

Biola ini dapat dimainkan pada 4 jenis genre musik yang terkenal yaitu pop, jazz, klasik, dan rakyat. Adapun sematan bagi orang yang memainkan biola yaitu violinis.

Baca Juga  Pengertian Inflasi Beserta Teori, Biaya dan Dampaknya

Alat Musik Modern Tiup

Setelah kita sebelumnya membahas tentang alat musik modern dawai, saatnya kita membahas alat musik modern tipu. Berbeda dengan jenis alat musik dawai, alat musik modern menghasilkan bunyi dikarenakan adanya getaran bibir pemain ketika lagi alat musik tersebut ditiup. Di bawah ini adalah daftar alat musik modern tiup, yaitu:

3. Saksofon

saksofon
bassic-sax.info

Alat musik ini muncul pertama kali pada tahun 1840 tepatnya dari negara Belgia. Adapun asal usul nama dari alat musik ini diambil dari penemunya pertama kali yang bernama Adolphe Sax. maka dari itu alat musik ini dinamakan Saxophone.

Saksofon sendiri adalah termasuk dari keluarga alat musik modern tiup yang memiliki suara logam dan jangkauan ekspresi dan nadanya besar. Biasanya saksofon dibunyikan pada genre musik tertentu seperti pop, legenda jazz, dan big band musik.

Sebenarnya alat musik ini pada awalnya cuma dipakai untuk instrumen band militer dan orchestra.

4. Terompet

terompet
noesaja.com

Alat musik modern tiup yang selanjutnya yaitu terompet. Bahan utama terompet sendiri yakni dari logam-logaman. Keunikan dari terompet ini yaitu cuma terdiri dari tiga tombol dan untuk mengatur dan menghasilkan nada tertentu maka lewat penekanan yang teratur dan tidak ngawur atau sembarangan.

Supaya bisa memainkan alat musik ini, kita harus mempunyai napas yang kuat dan panjang, sehingga bagi kamu yang ini serius mempelajari alat musik ini dianjurkan supaya menghindari hal hal yang bisa membuat nafas pendek seperti merokok, dan rajin rajinlah melakukan olahraga misalnya berenang, jogging pagi hari, dan sebagainya.

5. HARMONIKA

harmonika
500px.com

Harmonika termasuk dari alat musik modern tiup yang sebetulnya sudah ada semenjak 5000 tahun silam di China yang disana dinamakan dengan cheng.

Berbeda dengan jenis alat musik modern tiup lainnya, harmonika ini sebenarnya semua orang gampang untuk memainkan alat musik ini. Cara memainnya hanya dengan menghisap dan meniup pada lubangnya saja, maka akan menghasilkan suara yang merdu dari lubang harmonika tersebut.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Fidget Spinner Sendiri Dengan Bahan Sederhana

ALAT MUSIK MODERN TUTS

Setelah kita membahas tentang alat musik modern tiup saatnya kita membahas alat musik modern tuts. Tuts sendiri adalah alat musik yang terdiri dari papan nada. Dari papan papan nada tersebut akan menghasilkan bunyi bilamana kita pencet atau tekan dengan memakai jari jari kita. Terdapat banyak jenis alat musik modern tuts yang ada di dunia, apa saja itu, berikut ini daftarnya :

6. KEYBOARD

keyboard
wikipedia.org

Fungsi dari keyboard yaitu untuk penyelaras atau orchestrator serta aransemen pada permainan musik. Cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan piano, yang membedakannya yaitu keyboard bisa menghasilkan suara berbagai jenis alat musik lainnya misalnya seruling, terompet, biola, gitar, hingga suara perkusi.

Perbedaan lainnya yaitu keyboard memerlukan listrik supaya dapat dimainkan, sehingga bisa diatur keras rendah suaranya.

7. PIANO

 

piano
500px.com

Selanjutnya alat musik modern yang kita kenal yaitu Piano. Piano juga dapat menghasilkan bunyi bilamana kita tekan pada papan tutsnya. Dibandingkan dengan keyboard, Tuts pada Piano lebih banyak yaitu berjumlah 88 buah. Perbedaannya lagi ukurannya piano lebih besar dibandingkan dengan keyboard.

8. ORGAN

organ
pixabay.com

Selanjutnya alat musik modern tuts yaitu organ. Sama halnya dengan piano, organ dapat menghasilkan nada nada tertentu dengan menekan tuts nya. Kenapa tutsnya tersebut bisa berbunyi? Cara kerjanya yaitu ada tekanan udara yang mengalir ke beberapa pipa. Nah udara-udara tersebut disetel supaya dapat menghasilkan bunyi yang kita kehendaki.

Tidak seperti dengan piano, organ sendiri dapat mengeluarkan suara yang terbilang khas, diantaranya yaitu ketika kita terus tekan tutsnya, suaranya tidak mengecil atau terus berkelanjutan.

Selain itu walaupun memiliki karakteristik hubungan tempo yang terbilang lemah, akan tetapi untuk lokalisasi frekuensi tergolong bagus. Makanya lebih cocok organ dipakai untuk acara acara paduan suara non-musisi.

ALAT MUSIK MODERN PUKUL

Berikutnya kita akan membahas alat musik modern pukul yang keberadaannya sangat krusial sebagai pengatur harmoni pada musik. Berikut ini penjelasannya.

9. DRUM

drum
pixabay.com

Drum tergolong alat musik modern perkusi yang sangat penting. Dengan adanya drum ini maka suatu tempo permainan musik dapat diatur baik yang cepat maupun yang bertempo lambat.

Maka tidak keliru ada yang berpendapat bahwa drum merupakan jantung dari pertunjukkan musik.

Ada komponen-komponen utama pada drum diantaranya yaitu selongsong atau shell sebagai pembentuk drum. Bentuk dan karakteristik shell sangat berpengaruh pada suara yang diciptakan. Umumnya shel yang bahannya terdiri dari besi cenderung menghasilkan suara yang  tajam sementara untuk shel yang terbuat dari kayu memiliki karakter suara yang lebih lembut atau hangat.

Ada beberapa jenis drum yang dikenal dan sering dipakai dalam pementasan diantaranya yaitu bougarabou, table mridangambodhrancajon, chenda, aburukawa, ashiko, conga dhol, djembe, dunun,, taiko,, tapan, dan timpani timbales dan davul.

Vibraphone

vibraphone
thomann.de

Vibraphone merupakan instrumen perkusi yang mempunyai bentuk mirip dengan xylophone namun menggunakan pipa pipa resonator dan bilahan metal untuk sustain nada supaya dapat menciptakan vibrasi.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada bilahan metal memakai mallet. Kita juga dapat memencet pedal sustain, berdasarkan notasi hingga pedal diangkat. Vibraphone diciptakan di avad

Demikianlah daftar alat musik modern dan cara memainkannya yang ada baiknya kita kenal. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment