alat musik gambus

31+ Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Asal Daerah

Alat musik tradisional – mendapati sangat banyaknya jumlah alat musik tradisional dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya negara kita ini sangat kaya kebudayaan. tidak sekedar alat musik saja, di masing-masing daerah pada umumnya pulamemiliki dagu daerah seni tari bahkan pakaian adat adalah ciri khas daerah itu. Dikatakan jika Indonesia adalah pusatnya kesenian tradisional yang yang terus eksis hingga saat sekarang.

Ketika mengetahui fakta tersebut sepatutnya kita bangga serta senang bisa termasuk salah satu bagian dari negara Indonesia. Namun sayangnya generasi era sekarang ini lebih cenderung menggemari kebudayaan yang berasal dari luar negeri khususnya barat dibandingkan dengan kebudayaan asli lokal yang cuma segelintir orang saja yang punya pengetahuan mengenai alat musik daerahnya masing-masing.

jangankan disuruh hanya memainkannya, namanya saja masih banyak yang belum mengetahuinya.

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Sama halnya yang telah kita pelajari pada pelajaran sekolah bahwasannya negara Indonesia ini memiliki lebih dari 33 provinsi yang mana masing-masing provinsi tersebut mempunyai alat musik serta kesenian yang tidak sama alias berbeda.

Jika kita itu hitung sebetulnya terdapat puluhan bahkan ratusan jenis alat musik tradisional yang mengiringi musik tradisional nusantara yang terdapat di negara kita tercinta ini, namun hanya segelintir saja yang populer atau terkenal.

Bagi anda orang yang termasuk perduli dengan kesenian tradisional alangkah baiknya kita mengetahui berbagai nama serta jenis alat musik tradisional Indonesia tersebut, supaya nantinya kita dapat mewariskan kekayaan budaya nenek moyang kepada anak cucu kita. Baiklah di bawah ini adalah sejumlah daftar alat musik unik serta khas daerah disertai asal daerahnya

Serune Kalee

alat musik tradisional serune kalee
arsipelagong.com

Alat musik yang akan kita bahas pertama kali adalah dari daerah Aceh sendiri memiliki alat musik tradisional yang dinamakan serune kalee. Cara pemakaian musik asal daerah Aceh ini sangatlah mudah cukup dengan meniupnya maka sudah menghasilkan berbagai bunyi cara kerjanya mirip dengan seruling.

Ada berbagai jenis suara yang dihasilkan dari serune ini diantaranya aerofon yang mana berfungsi untuk memberikan pengaturan nada yang keluar dari serune kalee caranya yaitu dengan membuka tutup lubang lubang yang terdapat pada bagian serune kalee dengan suatu teknik tertentu.

Angklung

alat musik tradisional angklung
alat musik angklung

Angklung merupakan jenis alat musik daerah yang lumayan terkenal di masyarakat , sering dipakai konser musik yang menggunakan angklung sebagai pengiring musiknya.

Adapun bahan utama dari musik ini yakni bambu yang disesuaikan dengan ukuran tertentu.

Cara memainkannya yaitu dengan menggoyangkannya, maka nantinya akan menghasilkan berbagai bunyi karena getaran dan benturan bambu tersebut.

Saluang

alat musik saluang
esy.es

Berikutnya kita membahas daerah Minangkabau Sumatera Barat memiliki alat musik khas yaitu Saluang musik tersebut adalah salah satu jenis alat musik tiup yang bahannya berasal dari bambu mengeluarkan bunyi jenis aerophone.

Jika dilihat dari bentuknya maupun hasil suaranya jenis alat musik ini sekilas persis dengan, namun yang membedakan adalah alat musik tradisional ini lebih sederhana itu cuma ada kira-kira 4 lubang di bagian tengahnya. Adapun lubang tersebut berguna untuk pengaturan nada yang keluar dari alat musik tersebut.

Aramba

alat musik aramba

Masih di daerah sumatera yaitu tepatnya Sumatera Utara ternyata Sumatera Utara juga memiliki alat musik khas sendiri yang dinamakan aramba. Adapun beberapa bahan untuk pembuatan aramba diantaranya yaitu tembaga logam maupun Kuningan.

Pada umumnya masyarakat Sumatera Utara memainkan alat tersebut saat momen-momen tertentu misalnya acara pernikahan maupun acara adat yang lain.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukulnya adapun bentuk-bentuk pada umumnya bulat dan pada itu terdapat tonjolan bulat kecil di bagian tengahnya. Biasanya aramba ditempatkan dengan menggantung dan memakai seutas tali di sebuah palang horizontal.

Gambus

alat musik gambus
juicesky.com

Gambus adalah alat musik petik yang jadi alat musik khas asal daerah Riau musik tersebut menghasilkan berbagai bunyi khususnya jenis bunyi kordofon hampir persis dengan alat musik gitar yaitu dengan mengetiknya menggunakan jari. Alat musik gambus pada umumnya identik dengan istana karena konon pada zaman dahulu alat musik tersebut dipakai untuk sarana dan media dakwah. Salah satu daerah di Indonesia yang paling mudah untuk bisa menemukan alat musik yaitu daerah pulau Sumatera.

Calung

alat musik calung
via blogspot.com

Jika diamati dari sekilas calo persis dengan angklung tak mengherankan jika sebagian besar masyarakat mengatakan alat musik tersebut ialah keduanya telah berbeda khususnya penggunaan alat musik disebut tanggung akan menghasilkan bunyi cuma sekedar menggoyangkan akan bisa menghasilkan bunyi jika kita memukulnya pada bagian bambunya.

Baca Juga  Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Niat Arti dan Tata Cara

Kolintang

alat musik kolintang
vinykumar.com

Kolintang adalah alat musik tradisional yang terdapat di wilayah Minahasa Sulawesi Utara. Sepintas apabila kita lihat bentuknya, maka Kolintang agak sama dengan alat musik belira. Terbagi atas bilah yang panjangnya berbagai ukuran lalu disanggah menggunakan bambu jadi dapat mengeluarkan suara yang enak didengar

Cara memainkan alat musik kolintang yaitu dengan cara mengukurnya pastinya si pemukul memakai alat khusus. Dengan begitu maka akan menghasilkan suara berdasarkan nada-nada tertentu. Tangga nada kolintang persis dengan nada-nada yang kita ketahui pada umumnya yaitu do, re, mi, fa, sol dan sebagainya.

Gambus dari Riau

alat musik tradisional gambus

Mungkin Jika dilihat sekilas untuk alat musik ini agak persis namun pada sisi badannya lebih gendut walaupun bentuknya bulat besar, namun alat musik tradisional ini tampak begitu menarik karena nilai seni yang sangat tinggi.

Indahnya alat musik tersebut dapat kita lihat pada cover serta badannya yang lengkung warna yang menarik dan juga nada dari petikan senar yang merdu. Cara memainkan Gambus dari riau yaitu dengan memetik nya dan terdengar dan menghasilkan suara yang enak didengar.

Gendang Melayu

alat musik gendang melayu
ngulik.co

Tentu sebagian besar masyarakat mengetahui alat musik tersebut walaupun kerap kali dipakai untuk alat musik lengkap susu tradisional yang kesenangan bagi orang banyak. Sekarang kendang kali dipakai untuk iringan musik dangdut.

Memainkan gendang yaitu dengan memukulnya menggunakan telapak tangan. Tidak ada nada pasti yang dihasilkan dari gendang sebab itu beberapa pengendang pada umumnya mempunyai karakteristik khas sendiri-sendiri cara memainkan alat musik tersebut alat musik tersebut lumayan di wilayah Bangka Belitung khususnya fungsi kendang yaitu sebagai pengiring penari-penari yang tampil di atas panggung.

Gendang panjang

alat musik gendang panjang
gendang panjang

Gendang panjang tak begitu jauh jauh amat dibandingkan gendang yang lain cuma saja Gendang tersebut terdapat bentuk yang memanjang serta bisa dipakai pada kedua Sisinya tersebut. Adapun asal gendang panjang yaitu berasal dari Kepulauan Riau. Untuk memudahkan alat musik tersebut gendang pada umumnya dilengkapi dengan tali. Jika dilihat sepintas gendang tersebut agak persis dibandingkan gendang asalnya dari wilayah Jawa.

Bonang

alat musik bonang
bonang

Bonang adalah alat musik yang terdapat di antara komponen pada alat musik gamelan. Jika diamati bonang sekilas mirip dengan alat musik bende, cuma yang membedakan adalah ukuran bentuknya yang kecil gamelan Bonang peranannya sangat penting pada suatu pagelaran karena merupakan induk dari lagu-lagu yang akan dimainkan.

Bonang sendiri merupakan pemimpin nada yang mana alat tersebut dipakai dalam memulai serta mengakhiri nada-nada, itulah tugas dari Bonang.

Asal alat musik tradisional ini adalah dari daerah jawa, yang mana di masa dahulu bonang biasa dipakai untuk pengiring pagelaran pertunjukan wayang.

Saron dan Saron penerus

saron dan saron penerus
saron dan saron penerus

Kedua alat tersebut sebetulnya sama, cuma saja yang menjadi pembedanya terdapat pada nada yang dikeluarkan. Selain itu untuk nada nada rendah maka yang memainkan adalah Saron sedangkan untuk nada nada tinggi adalah peran dari Saron penerus. Adapun bahan utama dari alat musik tradisional ini yaitu kayu dan kombinasi seng dan aluminium.

Sudah kita lihat dari bentuknya terdapat lempengan yang tersusun. Cara memainkannya yaitu cukup dengan memukulnya dengan palu kayu. Supaya dapat menghasilkan suara yang lembut serta harus biasanya saron dengan bahan dasar kayu.

Sementara saron benerus memiliki bahan utama yaitu aluminium yang mana bisa menghasilkan suara nada nada yang tinggi.

Kethuk dan kempul

alat musik kethuk dan kempul

Sama halnya dengan musik tradisional yang dibahas tadi kethuk dan Kempul juga termasuk alat-alat musik gamelan. Ketuk dan kemul biasanya ada dan dipakai sebagai pengiring pada acara acara pementasan seni.

Jika kita amati secara sekilas bentuk alat musik ini memiliki kesamaan dengan Bonang namun yang membedakannya adalah pada suara nada-nada yang dihasilkan.

Kethuk dan Kempul adalah alat musik tradisional yang asalnya dari wilayah Jawa Tengah gunanya untuk mengiringi suatu lagu namun gamelan jika tidak mempunyai kethuk dan Kempul maka rasanya terdengar hambar sama halnya sayur tanpa garam.

Sasando

alat musik sasando

Jenis alat musik yang satu ini terlihat begitu khas. makanya di kalangan artis di seluruh dunia begitu berminat dengan Sasando dan dari mereka sengaja berkunjung ke Indonesia sekedar belajar cara memainkan alat musik tersebut.

Di samping mempunyai suara nada yang menarik, sasando pola mempunyai tampulan yang artistik. Ciri khas dari Sasando yaitu memiliki warna yang putih serta terdapat kayu yang memiliki fungsi sebagai penyangga dawai dawai. Cara memainkan alat musik tersebut yaitu cukup dengan memetik nya.

Sasando begitu menarik karena bisa menghasilkan suara yang merdu serta mendayu-dayu yang bikin orang yang mendengarnya terpesona.

Serunai

alat musik tradisional serunai

Selanjutnya kita membahas mengenai daerah Nusa Tenggara Barat yang mempunyai alat musik tradisional serunai. Ya demikianlah Masyarakat sana memberikan nama pada alat musik tersebut.

Baca Juga  9+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Serunai termasuk alat musik tiup yang mana pemakaian cara memakainya kira-kira sama dengan Seruling yang menjadi pembeda nya ialah hasil suara dari kedua alat musik tersebut.

Serunai kerap kali dipakai untuk mengiringi pertunjukan kesenian kadang-kadang bola biasa dipakai untuk pengiring pergelaran tari tradisional Nusa Tenggara tersebut sendiri mempunyai bentuk lekukan dan motif yang khas yang mana memberikan warna serta nilai seni Yang Tersendiri.

Bende

alat musik bende

Bende sendiri adalah jenis alat musik tradisional yang asalnya di sekitar daerah Lampung. Jika kita amati sekilas alat musik bende hampir sama dengan alat musik aramba, yang menjadi perbedaannya yaitu cuma di ukurannya dan warna yang dipakai. Cara memainkan alat musik tersebut yaitu dengan memukulnya dengan pemukul khusus.

Pada sisi pusat alat tersebut dijumpai tonjolan bulat yang merupakan area buat dipukul. Supaya tidak sampai merusak alat musik bende, maka dibikin khusus alat untuk pemukulnya.

Tehyan

alat musik tehyan
flicker.com

Tehyan adalah alat musik tradisional yang khas. Dawai-dawai pada Alat musik ini begitu rapi tersusun-susun. Bisa dibilang jika tehyan agak sama dengan alat musik biola, namun tehyan punya dawai yang lebih sederhana.

Kota metropolitan DKI Jakarta atau ibukota kita adalah tempat asal dari alat musik tehyan. untuk penggunaan alat musik tersebut sama dengan biola yaitu dengan menggesekan antara dawai-dawainya tersebut.

Doll

alat musik doll
doll

Sekilas jika kita dengar nama doll tentu yang terbesit di fikiran kita yaitu boneka, benar bukan? namun dol untuk yang satu ini berbeda ya. Yups doll sendiri adalah nama dari salah satu alat musik tradisional yang asalnya dari daerah Bengkulu. Oval sendiri memiliki bentuk yang bulat semacam genderang yang siap untuk kita pukul.

Pada sisi pinggir alat musik ini ada bentuk hiasan yang berfungsi untuk memperindah tampilan. Pada umumnya alat musik tersebut dipakai saat diadakannya acara-acara tertentu khususnya pada acara penyambutan. Pada umumnya alat musik ini dipukul dengan menggunakan pemukul yang bahan pembuatannya dari karet khusus jadi dapat menghasilkan suara yang merdu dan bisa dinikmati.

Gong

alat musik gong
pixabay.com

Tentunya jenis alat musik tradisional tersebut sudah begitu familiar ya di kepala kita. Gong adalah termasuk dari instrumen musik tradisional dari gamelan. Gong memiliki bentuk bulat berukuran besar dan pada bagian tengahnya terdapat tonjolan. Menurut beberapa referensi daerah asalnya dari alat musik tradisional ini yaitu dari daerah Jawa Tengah.

Yang menjadi pembeda alat musik ini dengan alat musik gamelan lainnya yaitu pada perannya, jika bonang menjadi pemimpin pengiring musik pada gamelan, maka gong sendiri dalam gamelan berperan menjadi penjaga.

Biasanya pada acara-acara peresmian tertentu sering kali kita menjumpai ada orang yang memukul gong. Ya, gong sendiri selain untuk instrumen gamelan, juga merupakan lambang peresmian pada suatu acara tertentu.

Alat Musik Ceng Ceng

alat musing ceng ceng

Bali sendiri juga mempunyai alat musik tradisional yang dinamakan cengceng. Cara penggunaan alat musik tersebut yaitu dengan menempatkan gengceng pada kedua sisi telapak tangan, lalu cengceng dibenturkan satu sama lainnya sehingga dapat mengeluarkan suara nada Ideofon.

Slenthem

alat musik slenthem
slenthem

Slenthem adalah alat musik tradisional yang asalnya dari daerah Jawa Tengah. Cara membunyikan Slenthem yaitu dengan memukulnya. Beberapa alat dan bahan untuk membuat slenthem diantaranya yaitu kombinasi antara kuningan dan seng yang berwarna keemasan. Bagian pada alat musik ini yaitu bilah bilah yang mempunyai bermacam -macam ukuran, yang mana masing masing ukuran tersebut menghasilkan suara nada yang tidak sama.

Slenthem juga termasuk dari alat musik atau instrumen gamelan. Slenthem memiliki fungsi untuk membawa kesan dengung di tiap gamelan yang dibunyikan suaranya.

Bedug

bedug
alat musik bedug

Dapat kita katakan bahwasanya alat musik tradisional yang satu ini identik dengan acara keagamaan serta politik di manapun berada. Ya, instrumen musik tersebut dinamakan dengan Bedug. Suatu alat musik yang bahannya berasal kayu yang ukurannya besar kemudian tepat pada bagian tengah kayu tersebut seperti tabung. Kemudian setelah dilubangi, baru lubangnya tersebut ditutupi dengan kulit hewan yang sudah kering. Kulit tersebut bisa diperoleh dari hewan seperti kerbau, sapi, banteng dan sebagainya.

Sejarah adanya bedug ini sebenarnya merupakan bawaan dari orang India dan Tiongkok yang sebelumnya pernah berkunjung ke Indonesia. Di India maupun di China kegunaan bedug yaitu untuk sarana komunikasi acara keagamaan yang ditempatkan pada kuil-kuil.

Sementara pada waktu itu Indonesia sudah termasuk yang bermayoritas Islam, akhirnya Bedug diubah fungsinya dan ditempatkan di masjid dan mushola sebagai pertanda masuknya awal waktu sholat.

Di sejumlah daerah khususnya Jawa Barat, terdapat sebuah seni tentang pertunjukkan memainkan bedug, masyarakat sana menamakannya seni Ngadulag. Di daerah Sukabumi, Ngadulag dibuatkan suatu ajang untuk menemukan penabuh bedug yang memiliki keahlian terbaik. Pada umumnya acara tersebut diadakan saat saat menjelang tibanya bulan suci Ramadhan.

Tuma

alat musik tuma
flickr.com

berikutnya kita beralih ke alat musik tradisional asal dari daerah Kalimantan Barat. Masyarakat kalimantan biasa menyebut alat musik tersebut dengan nama Tuma. bentuk dari tuma sendiri jika kita lihat sekilas mirip dengan gendang. beberapa perbedaannya yaitu jika gendang memiliki dua sisi untuk ditabung, sedangkan Tuma cuma satu sisi saja.

Baca Juga  Pengertian Inflasi Beserta Teori, Biaya dan Dampaknya

Masyarakat sana memainkan Tuma ketika ada acara-acara tertentu khususnya acara adat. Fungsinya yaitu sebagai pengiring pementasan seni di daerah Kalimantan Barat.

Ganda

alat musik ganda

Alat musik Ganda adalah alat musik tradisional khas dari daerah Sulawesi Tengah. Sama sebelumnya, alat musik ini juga sekilas hampir sama dengan gendang. Namun yang lebih membedakannya yaitu Ganda cuma terdapat satu sisi saja yang bisa ditabuh dan juga suara yang dihasilkan adalah bunyi membranofon. Di suatu pementasan seni, biasanya para pemain ganda tidak cuma memainkan satu jenis saja namun juga bervariasi dari berbagai jenis ganda yang ada.

peletakan ganda sendiri dilakukan secara berjejeran dan berdasarkan ukuran. Hal demikian bertujuan supaya Ganda dapat menghasilkan bermacam-macam bunyi yang merdu dan enak didengar.

Kecapi

alat musik kecapi

pastinya diantara kita sudah tidak asing lagi dengan jenis alat musik yang satu ini. Kecapi sendiri adalah alat musik petik yang dapat menghasilkan berbagai suara yang unik serta khas. Kepopuleran dari jenis alat musik tradisional ini yaitu karena saking banyaknya acara atau pementasan-pementasan tertentu yang menggunakan kecapi sebagai pengiringnya.

Supaya bisa menghasilkan suara, maka bagian senar pada kecapi kita petik. Ciri khas dari alat musik Kecapi yaitu menghasilkan suara yang begitu merdu serta enak jika kita dengarkan.

Panting

alat musik tradisional panting
panting

Daerah kalimantan juga memiliki alat musik yang sejenis dengan kecapi yaitu Panting. Mirip dengan kecapi dan gitar, penggunaan kecapi sendiri yaitu dengan cara memetik pada bagian senarnya. Perbedaannya pada alat musik petik lainnya yaitu, jika kecapi lebih berukuran kecil, yang mana beberapa orang menganggap kalau kecapi ini adalah miniatur dari gitar.

Memang Kalimantan sendiri memiliki kebanyakan alat musik yang memiliki ciri-ciri khas dengan sebagian besar alat musik lainnya yaitu membunyikannya dengan cara memetik. Panting sendiri juga tidak kalah merdu dengan alat musik petik yang lain.

Sampe

alat musik sampe
via blogspot.com

Masih membahas tentang seputar alat musik kalimantan, sebelumnya kita membahas Panting, maka berikutnya kita membahas sampe yang mana merupakan alat musik dari daerah Kalimantan Timur. Sampe tidak sekedar mampu menghasilkan suara yang indah, disamping itu juga tampilan alat musik sampe ini begitu artistik.

Beberapa alasan kenapa bisa disebut artistik sebab sampe memiliki warna yang putih bersih serta terdapat hiasan ataupun ukiran pada bagian bidangnya tersebut.

Dawai dawai tersusun begitu rapi pada bagian tengahnya. Sama seperti panting, Sampe juga merupakan alat musik petik yang memainkannya dengan cara memetiknya. Fungsi dari Sampe yaitu sebagai pengiring acara-acara ritual penting maupun juga tradisi yang diadakan di daerah Kalimantan.

Japen

japen
flickr.com

Masih membahas tentang daerah kalimantan, sebelumnya kita membahas 2 alat musiknya, maka kita membahas selanjutnya yaitu alat musik tradisional asal dari kalimantan Selatan yang dinamakan Japen. Sama halnya dengan alat musik yang sebelumnya, japen juga termasuk dari alat musi petik yang ada dawai-dawai di bagian tengahnya.

Sama halnya dengan alat musik tradisional petik lainnya, Japen ini mempunyai bentuk yang sama dengan gitar, Cuma yang menjadi perbedaanya lebih pada ukurannya yang ramping dan kecil. Bentuknya yang tampak ramping, mungil dan terdapat motif ukuran serta cat warna yang menarik adalah diantara alasan kenapa alat musik ini bisa membuat orang yang melihatnya terpesona.

Keso Keso

keso keso
keso

Berikutnya kita membahas tentang alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memiliki alat musik tradisional sendiri yang dinamakan keso keso. Keso keso jika kita lihat pada bentuknya mungkin hampir sama dengan alat musik asal dari Jawa yaitu Rebab.

Penggunaan alat musik tradisional ini tidak jauh-jauh berbeda dengan lainnya, yaitu dengan menggeseknya menggunakan alat tersendiri sehingga dapat menghasilkan suara yang enak didengar.

Tifa

alat musik tifa
flickr.com

Tidak cuma pada daerah nusantara tertentu yang mempunyai alat musik tradisional, Papua pun juga tidak mau kalah menghasilkan alat musik yang dinamakan Tifa. Salah satu jenis alat musik nusantara yang asalnya dari papua yakni Tifa.

Hampir mirip dengan gendang, yang membedakannya yaitu pada bentuknya yang kecil serta ukurannya yang panjang. Penggunaan alat musik tersebut cukup simpel, yaitu dengan cara memukulnya menggunakan tangan.

Alat Musik Tradisional Ladolado

ladolado
alat musik tradisional

Ladolado merupakan alat musik yang terdapat di daerah Sulawesi Tenggara yang menghasilkan jenis nada bunyi Ideopon yang digunakan dengan cara memukulnya dengan alat pemukul tersendiri.

Biasanya jika diadakan acara-acara adat dan pentas kesenian daerah di sana, maka ada Ladolado untuk pengiringnya.

Nah demikianlah ulasan tentang jenis alat musik tradisional dari berbagai daerah di negara tercinta ini. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai ragam kebudayaan Indonesia dan kedepannya menambah kecintaan pada budaya negara kita sendiri.

Leave a Comment