Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh

Asimilasi Adalah – Halo, selamat datang, berjumpa lagi dengan tim hidup simpel, yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu tentang asimilasi adalah.

Mungkin dari kita yang belajar di sekolah sering mendengar asimilasi, bahkan terkadang di soal ada soal asimilasi adalah. Yak asimilasi merupakan bagian dari bentuk interaksi sosial yang bersifat positif atau asosiatif.

Ok, langsung saja berikut materi tentang pengertian asimilasi adalah menurut para ahli beserta contoh.

Pengertian Asimilasi Adalah

pengertian asimilasi adalah
pexels.com

Asimilasi adalah percampuran antara 2 kebudayaan atau lebih secara total dan menyeluruh yang dibarengi dengan hilangnya ciri atau karakteristik khas kebudayaan yang asli, yang pada akhirnya membentuk kebudayaan baru.

Asimilasi ini ditandai dengan upaya mengurangi perbedaan antar kelompok. Supaya bisa mengurangi hal tersebut, maka ada cara-cara di dalam asimilasi untuk mempererat kesatuan tindakan, perasaan, pemikiran dan sikap dengan mempertimbangkan kepentingan dan tujuan bersama kelompok tersebut.

pengertian asimilasi adalah
pixabay.com
Bagi kita asimilasi ini hampir mirip dengan akulturasi dan terkadang kita bingung untuk membedakannya. Asimilasi itu intinya adalah budaya baru yang mana unsur asli sudah tidak ada sedangkan akulturasi adalah gabungan dua budaya namun tidak sampai menghilangkan unsur aslinya.
Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, terdapat 2 arti dalam kata asimilasi ditinjau dari segi linguistik dan pemahaman sosial.
Kalau Linguistik asimilasi berarti bagian fenomena dan kejadian antar dua fenom yang terdapat tingkat perbedaan disertai lokasi yang saling berdekatan.
Sedangkan jika ditinjau dari segi sosial berarti asimilasi adalah budaya baru dari peleburan 2 kebudayaan yang mana budaya asli sudah tidak ada atau hilang.
Supaya kamu lebih puas lagi tentang pengertian asimilasi, sekalian nih saya bagikan ingormasi mengenai pendapat para ahli yang mengerti tentang pengertian asimilasi. cekidot.
pengertian asimilasi adalah menurut para ahli
linkedin.com

Pengertian Asimilasi Menurut Vander Zanden

Pendapat pertama adalah ahli dari luar negeri yaitu Vander Zanden. Vander Zanden berpendapat bahwa asimilasi adalah bagian dari proses diantara 2 kelompok atau lebih melalui tahapan berfikir, saling toleransi, bertindak dan akhirnya masing-masing kelompok tersebut bercampur kebudayaannya dan menjadi kesatuan.

Pengertian Asimilasi Menurut Koentjaraningrat (1996:160)

Koentjaraningrat merupakan ahli dari Indonesia. Beliau sudah melakukan penelitian tentang asimilasi di Indonesia dan berpendapat bahwa asimilasi adalah bagian proses sosial di antara kelompok dengan kebudayaan yang berbeda terus tumbuh berkembang disertai dengan interaksi sosial yang kontinu dan serius. Karena hal itu akhirnya unsur dan nilai budaya di tiap kelompok berpadu campur dan menghasilkan identitas atau budaya baru

Pengertian Asimilasi Menurut Alvin L Bertrand

Alvin L Bertrand memberi pengertian asimilasi adalah Proses tingkatan sosial lanjutan yang terbentuk karena tiap kelompok atau golongan yang berbeda budayanya saling melakukan interaksi sosial secara langsung dalam kurun waktu lama, kemudian menghasilkan kebudayaan baru akibat perubahan budaya tiap-tiap kelompok baik dari unsur maupun secara keseluruhan.

Pengertian Asimilasi Menurut James Danandjaja

Menurut James Danandjaja, Asimilasi adalah proses menyesuaikan diri masing-masing kelompok yang berbeda kebudayaanya (identitas dan karakteristik khas) yang seiringnya waktu masing-masing kebudayaan kelompok mengalami kemunduran dan akhirnya menghadirkan kebudayaan baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Milton M. Gordon

Berdasarkan bukunya yang berjudul Human Nature, Class, and Ethnicity yang diterbitkan pada tahun 1978, beliau berpendapat bahwa asimilasi adalah tahapan yang bisa menjadi bagian dari akulturasi, yang mana harus terjadi akulturasi terlebih dahulu supaya bisa menghasilkan asimilasi.

Pengertian Asimilasi Menurut Seymour Smith

Seymour Smith mengemukakan pendapat yang berbeda dengan menyatakan bahwa asimilasi adalah hasil dari akulturasi yang mana proses pembentukannya sangat lama.

Pengertian Asimilasi Menurut Ogburn dan Nimkoff

Ogburn dan Nimkoff berpendapat berdasarkan referensi dari para ahli di atas dengan  mengartikan asimilasi adalah hasil dari percampuran dari interaksi antara individu atau kelompok yang memiliki kesamaan dalam hal sejarah, atau sikap. Selain itu mereka berpendapat bahwa asimilasi adalah proses masuknya pengaruh budaya menuju budaya lain.

Pengertian Asimilasi Menurut Garbarino

Garbarino berpendapat bahwa Asimilasi adalah hasil serapan dan campuran dari tiap kelompok dari mulai kebudayaan baru dari kebudayaannya yang lama yang terbentuk dari hasil serapan tersebut.

Pengertian Asimilasi Menurut Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang

Dejun Su, Chad Richahrdson dan Guang Zen Wang adalah ahli dari sosiologi. Mereka mengartikan asimilasi adalah proses terjadinya perubahan kebudayaan yang lama dan secara menyeluruh atau kompleks, memiliki sifat keanekaragaman dari keterlibatan kelompok baru contohnya pendatang baru atau imigran yang melakukan interaksi sosial dengan kelompok pribumi dan mempelajari budaya yang mana menghasilkan kebudayaan baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Kesimpulan Tim Hidup Simpel

Asimilasi adalah budaya baru yang merupakan hasil dari proses perubahan budaya antar 2 kelompok atau lebih dalam kurun waktu lama disebabkan adanya interaksi sosial dan adaptasi lingkungan yang baru

Syarat Asimilasi

syarat terjadinya asimilasi
stluciatimes.com

Setelah kita membahas panjang lebar tentang pengertian asimilasi beserta pengertian asimilasi menurut para ahli saatnya kita membahas syarat asimilasi.

Baca Juga  Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam

Syarat asimilasi adalah dapat terbentuk apabila ada 3 syarat yang dipenuhi yaitu:

1. Adanya kelompok yang memiliki kebudayaan yang tidak sama atau berbeda

2. masing-masing antar kelompok atau individu memiliki hubungan yang intensif dan konsisten terjadi dalam waktu yang lama

3. Masing masing kebudayaan tiap kelompok tersebut dapat menyesuaikan dan berubah satu sama lain,

Contoh Asimilasi

contoh asimilasi
theweek.in

Banyak sekali contoh asimilasi di dunia ini, dari contoh asimilasi budaya sampai contoh asimilasi dalam kehidupan sehari-hari. berikut beberapa contoh asimilasi.

1. Kita kenal musik dangdut. Ternyata dangdut adalah hasil perpaduan antara musik tradisional daerah dengan musik india.

2. Budaya Hindu di Bali. Kita tahu agama Hindu adalah agama mayoritas masyarakat di Bali, tetapi untuk budayanya hindu di Bali adalah hasil dari perpaduan budaya kepercayaan animisme tradisional dengan agama Hindu yang dibawa dari luar Jawa yaitu India.

Dari proses asimilasi tersebut menghasilkan agama Hindu Dharma yang di dalamnya berbeda dengan tata cara praktik hindu di India atau kepercayaan rakyat Bali masa lalu.

3. Bule yang datang ke Indonesia memakai pakaian bikini saat berada di pantai, Akhirnya ditiru orang Indonesia.

Faktor Faktor Asimilasi

Ada 2 faktor dalam asimilasi, yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat terjadinya asimilasi. Berikut saya jelaskan masing-masing faktor tersebut.

Faktor Pendorong Asimilasi

faktor pendorong asimilasi
allahsword.com

Faktor pendorong asimilasi adalah faktor umum yang menjadi pendorong terjadinya asimilasi. Berikut beberapa faktor pendorong asimilasi

1. Toleransi . Toleransi adalah sikap atau perbuatan yang tidak ada diskriminasi  dalam kelompok yang berbeda. Jadi masing masing kelompok tersebut menghargai kebudayaan kelompok lain, dan tiap-tiap kelompok tersebut mengakui kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dengan begitu memudahkan mereka untuk saling mendekatkan diri dan mendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.

Baca Juga  Tuntunan Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Tata Cara Lengkap

2. Sikap Terbuka. Masing masing pemimpin atau anggota memiliki sikap terbuka terhadap kelompok lain.

3. Perkawinan. salah satu faktor yang mendukung asimilasi adalah perkawinan. Dua pasangan dari kelompok yang berbeda menikah yang sebelumnya tiap anggota keluarga atau kelompok menyetujui dan akhirnya terjalin hubungan.

4. Persamaan Unsur Budaya yang umum atau universal

5. masing-masing kelompok mempunyai lawan yang sama, dan mereka secara sadar untuk meyakini kekuatan masing-masing.

6. Memiliki kesempatan yang sama dalam hal perekonomian

Faktor Penghambat Asimilasi

faktor penghambat asimilasi
marde-rooz.com

Setelah kita membahas tentang faktor pendukung atau pendorong asimilasi, saatnya kita membahas tentang faktor penghambat asimilasi. Berikut beberapa faktor penghambat asimilasi.

1. Adanya kelompok minoritas yang memisahkan diri dengan kelompok lain atau terisolasi

2. Di masing-masing kelompok memiliki prasangka negatif terhadap kelompok lainnya terlebih dengan pengaruh kebudayaan baru. Solusinya adalah diadakannya lembaga kemasyarakatan.

3. Adanya kelompok yang merasa kelompoknya lebih istimewa atau unggul dan bangga dengan kebudayaannya dibandingkan dengan kelompok lain. Akibatnya kelompok tersebut tidak mau mengakui budaya kelompok lain.

4. Adanya perbedaan karakteristik fisik dari warna kulit sampai tinggi badan.

Demikianlah tentang jawaban kamu pengertian asimilasi adalah beserta faktor pendorong dan faktor penghambat, semoga bermanfaat.

   Asimilasi adalah

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.