Bagaimana Cara berhenti membeli barang yang Tak kamu inginkan

Kali ini hidup simpel akan membagikan informasi tentang bagaimana cara berhenti membeli barang yang tidak kamu inginkan. Ayo tebak ,siapa diantara kamu yang tidak suka berbelanja ? Pastinya kita akan merasa senang ya  jika keluar membeli sesuatu dan apalagi jika kita menemukan ada diskon besar besaran tuh, bahkan parahnya dapat barang yang jauh dibawah harga aslinya. Entah bagaimana, hal itu membuat kegiatan belanja menjadi lebih menyenangkan.

Tapi kebenarannya adalah, bahwa harga bagus tetap merupakan harga bagus apabila itu adalah barang yang kita cari  dan dibutuhkan. Permasalahannya  adalah kita sering membeli barang yang tidak kita butuhkan karena ada yang murah, atau bahkan barang itu telah turun 90 % dari harga aslinya.

Ketika hal itu terjadi, kita seolah olah meyakinkan diri bahwa barang murah tersebut bisa digunakan, meskipun tidak benar benar yakin .

 

Realitanya lebih sering terjadi dari pada tidak, barang yang sudah kita beli entah di taruh di laci atau di suatu ruangan hanya sebagai pajangan, tak terpakai. Jadi, bukannya menghemat biaya sekitar 90 % dari uang kita, melainkan hanya mubazir yang kita lakukan.

Membuang uang  untuk membeli barang yang tidak perlu  bahkan kita  tidak tahu secara jelas barang ini bermanfaat dan digunakan untuk apa.
Berikut ini adalah lima kunci yang bisa membantu kamu berhenti membeli barang  yang tidak perlu dan memutuskan kapan yang tepat untuk membeli kebutuhan yang sesuai .

1. Kamu Cenderung Tidak Akan Membeli Suatu barang Jika Harganya Original

ibisworld.com

Jika kamu membeli sesuatu barang  hanya karena ada diskon, atau karena memang kamu menemukan kegunaan barang tersebut, kemungkinan nantinya kamu tidak akan benar puas dengan pembelian kamu dan akan cepat bosan terhadap barang tersebut.

 

Kamu harus benar-benar hanya membeli suatu barang yang kamu sukai dan benar benar dibutuhkan. Jangan membeli sesuatu hanya karena ingin menghemat beberapa uang,  toh nantinya uang yang kamu hematkan tersebut akan habis. Misalnya ada gaun harga aslinya 500 ribu kemudian turun menjadi 100 ribu. kamu membelinya dan ternyata tidak kamu pakai sama sekali, ini sama saja kamu membuang uang 100 ribu.

2. Tancapkan Dalam Hati Kamu Untuk Tidak Benar Benar Butuh Barang Tersebut

pinimg.com

Jika kamu membeli barang hanya karena harganya bagus. Apakah memang harganya bagus ?. Menurutku ya Harga bagus  berarti  mendapatkan hasil maksimal dari uang kamu. Mengeluarkan uang terlalu banyak untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan bukan definisi harga bagus .

 

Selain itu juga, kamu membuang waktu dan ruangan yang digunakan untuk menyimpan barang tersebut. Jika kamu tidak membutuhkannya, simpan uang dan waktumu, tunggu hingga menemukan harga yang hebat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Kamu Tidak Mempunyai Tempat Untuk Meletakkan Barang Tersebut

pinimg.com

Contohnya seorang temanmu menawarkan meja antik neneknya kepadamu seharga 200 ribu . Mejanya itu memiliki konstruksi yang kuat dan kamu yakin harganya pasti lebih dari 200 ribu . Masalahnya kamu tidak menemukan ruangan untuk meletakkan meja antik tersebut.

Akhirnya kamu membeli meja tersebut dan memutuskan meletakkan di gudang karena kamu berfikir suatu hari kamu akan menemukan ruangan yang pas. Kesempatan berlalu 10 tahun kemudian dan ternyata meja tersebut masih berada di gudang .

Baca Juga  Berteman Tidak Harus di Facebook, lalu ?

Berarti kamu telah menghabiskan waktu dan uang hampir lebih dari 200 ribu  serta energi untuk menyimpan dan memindahkan barang tersebut. Meja tersebut hanya sekedar barang untuk memenuhi gudangmu, tidak terpakai , serta menimbulkan kekacauan. Jika kamu tidak memiliki tempat untuk meletakkan benda tersebut , sebaiknya tidak usah dibeli

4. Ini Harganya Mendekati, Tapi Tidak Cukup Mendekati

bp.blogspot.com

Salah satu pembelian terburuk yang pernah aku alami adalah  aku pernah membeli kamera tipe A harga sekitar 3 juta dengan harga obral 2 juta setengah .

 

Waktu itu aku berfikir ini adalah kamera yang sangat bagus. Lho , terus kenapa kok jadi pembelian terburuk ? ternyata  aku sebenarnya menginginkan kamera tipe B yang harganya lebih dari 3 juta bukan yang kamera harga 2 juta setengah.

Awalnya aku berfikir membeli kamera tipe A tersebut adalah yang terbaik karena harganya lumayan. Saya berfikir kamera yang murah tersebut bisa saya gunakan sampai bisa beli yang benar benar saya inginkan.

Kamera murah tersebut cukup membuatku melupakan kamera yang benar benar saya inginkan untuk sementara waktu . Namun tidak sampai lama akhirnya saya menyadari bahwa kamera yang saya beli tidak memiliki fitur seperti kamera tipe B.

 

Saya benar benar tidak merasa puas dan kecewa karena kamera ini tidak sesuai dengan keinginan saya dan menyesal telah membelinya. sampai saya akhirnya membeli kamera yang saya inginkan . Akhirnya kamera tipe A sudah tak terpakai .

Ada pelajaran yang bisa didapat yaitu lebih baik membeli yang kita butuhkan dengan harga original daripada harga setengah .

 

5. Memang sih sebenarnya belanja adalah hiburan dan cara melepaskan stress .

Sejujurnya saya termasuk pencari harga diskon. Saya akan melakukan cara yang terbaik sebisa mungkin untuk dapat diskon . Tapi ketika saya mulai mencari cara untuk hidup lebih hemat, saya tidak harus selalu membatasi pengeluaran. Aku suka belajar tentang belanja hemat, dan itu hampir menjadi permainan, suatu bentuk hiburan untuk melihat berapa banyak saya bisa menghemat.

Baca Juga  10 ilustrasi keren ini menggambarkan jenis penderita penyakit dan gangguan mental

Sebagai hasilnya, saya akan membeli hal-hal yang saya tidak perlu dan membenarkan pembelian tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa saya mendapatkan seperti banyak barang belanjaan.

 

Tak perlu dikatakan, saya juga suka membuang-buang banyak uang. Sebenarnya Ada begitu banyak cara yang lebih baik dan lebih murah untuk bersenang-senang dan mengurangi stres selain berbelanja. Jangan membeli barang sebagai bentuk hiburan atau untuk menghilangkan stres dalam hidup Anda. Ketika Anda melakukan ini, Anda benar-benar berakhir menciptakan lebih banyak stres dalam hidup Anda.

 

Apa yang akan Anda tambahkan ke dalam daftar list anda sebagai alasan untuk melewatkan banyak diskon?

Sekarang cobalah untuk hidup  sederhana, hidup sepenuhnya dan membuat hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi Anda !!

Leave a Comment