Pengertian Bencana Alam Beserta Cara Penanggulannya

Gempa sebetulnya adalah bencana alam yang berlangsung berulang-ulang Namun, kita baru dapat merasakan getarannya ketika gempa itu terjadi pada permukaan bumi.

Menurut para ahli, semua wilayah berpotensi mengalami gempa. Akan Tetapi ada wilayah-wilayah khusus yang mengalami gempa yang lebih sering.

Di Negara kita sendiri terdapat 13 tempat yang rawan terhadap gempa, yaitudiantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua.

Gempa yang timbul di dekat permukaan dapat menyebabkan kehancuran rumah-rumah hingga berjatuhan korban.

Beruntungnya, gempa yang dapat menyebabkan musibah ini umumnya memiliki tanda-tanda khusus yang nampak secara alami.

Kamu yang saat ini sedang ada di wilayah rentan gempa seharusnya mengerti beberapa pertanda bencana alam ini agar dapat waspada kalau bila saja gempa tersebut akan terjadi.

1. Terlihatnya awan gempa

Awan ini posisinya tegak atau berdiri, bentuknya kayak angin puting beliung, pohon atau batang. Awan yang bentuknya aneh ini tercipta disebabkan beberapa hal, yang diantarnya ialah disebabkan adanya gelombang elektromagnetis yang ada akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi pemicu gempa berkekuatan hebat dari bawah bumi.

Gelombang elektromagnetis itu yang akan ‘menghisap’ daya listrik di awan, sehingga terbentuklah awan yang seolah-olah tegak.
Walaupun begitu, sering kali munculnya awan ini bukan disebabkan gelombang elektromagnetis, melainkan disebabkan pengaruh angin dan lain sebagainya. Namun meskipun sudah ada awan ini, tidak bisa dipastikan jika daerah kamu akan terjadi gempa.

2. Beberapa perangkat elektronik kamu bisa jadi mengalami kendala yang aneh

Awan gempa kebanyakan muncul seminggu sebelum terjadinya gempa. Untuk meyakinkan apakah awan yang kamu lihat itu merupakan benar-benar awan gempa atau bukan, kamu bisa selalu waspada dengan beberapa gangguan di perangkat elektronik di daerah tinggal mu.

Baca Juga  Pengertian Demokrasi, Ciri-ciri, Macam dan Prinsipnya

Gangguan ini bisa seperti adanya suara ‘brebet-brebet’ di televisi, lampu mesin fax yang bergerlip terus-terusan walaupun sedang tidak transfer data, dan juga lampu neon yang masih menyala (remang-remang) meskipun sudah dimatikan. Kalau gangguan tersebut telah muncul, maka pertanda bisa jadi memang sedang ada gelombang elektromagnetik besar di wilayah kamu.

3. Hewan di sekeliling daerah tinggalmu bertingkah aneh, menghilang maupun gelisah

jika kamu memiliki peliharaan atau banyak hewan di sekitar tempat kamu berada, maka kamu perlu waspada seandainya sewaktu-waktu tingkah hewan-hewan itu tidak seperti biasanya.
Kebanyakan hewan dapat merasakan gelombang elektromagnetik yang kuat. Oleh sebab itu binatang-binatang tersebut umumnya akan menghindar dan menyelamatkan diri terlebih dahulu sebelum gempa terjadi.

4. Munculnya cahaya gempa

Cahaya gempa ini walaupun sudah jarang terlihat mungkin saja merupakan pertanda bahwa akan timbul gempa yang sangat besar.
Cahaya ini hanya sekilas saja terlihatnya, dan biasanya kebanyakan orang akan menghubungkan kejadian ini dengan UFO aatu Alien.

Oleh karena itu, kalau kamu mendengar terkait dengan kabar perihal sinar yang tak biasanya yang nampak di tempat kamu, maka hendaknya kamu saiap saiaga tentang gempa yang kemungkinan akan terjadi.

5. Gempa kecil yang menjadikan isayarat akan terjadinya gempa yang lebih besar lagi

Tidak Hanya tanda-tanda alam di atas, ternyata gempa itu sendiri yang merupakan tandanya. Gempa yang menjadi tanda ini biasanya merupakan gempa kecil serta berlangsung singkat. Oleh karena itu jika di temapat kamu terjadi gempa ringan dan sebentar, kamu hendaknya perg dari dalam rumah dan tunggu sejenak untuk menghindari gempa susulan yang biasanya lebih besar.

Demikianlah materi tentang bencana alam, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.