Cara Cepat menguasai bahasa Inggris, Anti Mainstream Dan Praktis

Cara cepat menguasai bahasa inggris -Kayaknya udah frustasi aja nih belajar bahasa inggris, googling sana googling sini hasilnya nihil. Toh sarannya cuma gitu-gitu doang. Bayangkan kita belajar bahasa inggris selama 12 tahun sekolah ternyata lulus belum juga bisa ngomong inggris.

Tenang sob, kamu sekarang berada di artikel yang tepat karena saran yang akan aku tulis ini sudah kuterapkan. Terbukti hasilnya lumayan, bisa menambah beberapa kosakata dan skil listening bahasa inggrisku meningkat. Zaman sekarang segalanya harus cepat seperti halnya cara kita belajar agar lancar berbahasa inggris.

Bagi kalian yang masih pemula jangan risau, saran ini cukup praktis diikuti. Tinggal dibuktiin saja

Jangan Terlalu Menghafal Prosa Kata di Kamus

caridimari.blogspot.com

Lho kok bisa?

Bagaimana kita bisa ngomong kalau tanpa memakai prosa kata?

Tenang-tenang, semuanya harap tenang. Baiklah guys sebelum kamu mulai berdemonstrasi di depan rumah aku, akan kujelaskan.

Kalian percuma menghafal prosa kata dan artinya karena berdasarkan pengalamanku terkadang suatu prosa kata tersebut maknanya tidak sesuai di kamus, apalagi bagi kalian yang memiliki kamus yang abal-abal.

Mau contohnya?

Face dalam kamus mungkin berarti wajah tetapi jika dalam konteks tertentu bisa bermakna ‘menghadapi’, instead jika dalam kamus adalah ‘malahan’ tetapi dalam konteks biasa bermakna ‘sebaliknya’. Contoh lainnya adalah yet, ditambah not mungkin bermakna ‘belum’ tapi terkadang juga bermakna ‘namun’.

Banyak konteks kalimat lain yang tidak sesuai dengan yang di kamus

Terus bagaimana agar mendapatkan prosa kata?

Caranya sih gampang. Kalian yang sudah punya hp android silahkan download aplikasi google translate. Biasakanlah membaca artikel berbahasa inggris, nantinya jika kalian kesulitan memahami prosa kata tertentu bisa copas kata tersebut seketika google translate akan muncul.

Untuk memunculkan aplikasi tersebut di browser seperti di gambar pojok kanan atas, kamu harus buka setting di Google translate kemudian klik enable tap to translate.

Bagi yang ingin membaca melalui PC atau laptop bisa dengan memasang ekstensi Greasemonkey di browser Mozilla atau Chrome.

Cara ini terbukti ampuh. Alasan kenapa kamu harus banyakin membaca adalah melatih pemahaman kamu terhadap satu kalimat bukan pada satu kata, membedakan mana yang kata kerja dan mana yang kata subjek.

Di samping menambah wawasan informasi, jika kamu kontinu minimal 2 jam membaca artikel bahasa inggris selama 1 bulan, di jamin prosa katamu akan bertambah secara drastis.

Dengan metode ini juga kamu akan mendapatkan prosa kata yang tidak bisa ditemukan di kamus.

Ingat! kita bisa karena biasa, jadi jangan malas.

Menonton Film Luar Negeri

movieweb.com

Pasti diantara kalian sering mendengar saran kalau mau bisa bahasa inggris silahkan nonton film luar negeri tanpa subtitle.

Emang sih saran tersebut agak benar, namun bagiku itu kurang efektif dan efisien. Bayangkan pastinya kalian tidak mau bolak balik nonton film tersebut hanya sekedar memahami bahasanya, apalagi akan bosan karena sudah tahu alur ceritanya.

Baiklah saya punya solusi.

KAMU JANGAN NONTON FILM TANPA SUBTITLE!

Aku sarankan 2 alternatif solusi untukmu. Pertama kamu nonton film tapi memakai subtitle bahasa inggris.

Lho kok bisa?

Selain membantu listening dan cara pengucapan mereka (para pemain), juga kamu akan terbiasa kata-kata apa saja yang sering di ucapkan.

Coba fikirkan jika kamu nonton movie tanpa subtitle dan baru beberapa hari belajar bahasa inggris, hal tersebut akan menyulitkan kamu dan memudarkan semangat kamu karena belum punya dasar yang kuat.

Bahasa inggris saja banyak kata yang pengucapannya mirip apalagi mereka yang bicaranya sangat cepat, tambah susah lagi dibedakan (sekedar informasi saja bagi pemula, mereka (bule) kalau bicara satu kalimat pengucapan 2 kata digabung contohnya ‘all of us’ di ucapkan ‘alefes’ padahal ‘us’ kalau di baca ‘as’).

Saran kedua kamu boleh nonton film pakai subtitle bahasa indonesia, tapi ada syaratnya.

Kamu jangan terlalu sering membaca subtitlenya. Cobalah fokus mendengarkan ucapan para pemain, jika ada yang tidak di pahami baru kamu lihat subtitlenya.

Jika 2 cara tersebut sudah kamu lakukan secara berulang, baru deh jika dirasa yakin kamu bisa menonton tanpa subtitle.

Cukup praktis kan.

Dengarkan Musik

divertone.com

Selain sebagai hiburan disela-sela waktu luangmu, mendengarkan musik juga akan membiasakan dirimu untuk melatih skil listeningmu.

Tetapi menurutku cara ini jangan terlalu diandalkan untuk belajar bahasa inggris, gunakan saja sebagai cara sampingan dan sekedar hiburan. Kamu hanya mendapatkan sedikit sekali prosa kata jika hanya mengandalkan mendengarkan musik.

Nonton Youtube

hitpet.com

Cara ini termasuk efektif. Selain kesenangan menjelajahi video kita juga bisa belajar dari youtube.

Bagi kalian yang mau belajar dengan youtube siap-siapkan saja deh dana kalian (untuk kuota pastinya) tapi jika ada wifi di rumah kalian (aman sudah).

Jika di film-film percakapannya memang sudah diatur oleh sutradara dan mungkin terdapat istilah khusus bagi tema film tersebut tetapi di youtube lebih banyak kata-kata keseharian yang umum.

Kusarankan bagi kalian jika memang ingin efektif belajar bahasa inggris melalui Youtube, tontonlah video orang bule khususnya Vlog mereka.

Menonton dan mendengarkan Vlog mereka akan membantumu bagaimana sih kata-kata yang umumnya dipakai dalam keseharian mereka dan cara mereka mempresentasikan sesuatu.

Selain video Vlog, kamu juga bisa menonton video ceramah atau yang sejenisnya di Youtube.

Kalau memang kesulitan menangkap ucapan mereka, di youtube terdapat fitur subtitle yang bisa kamu pakai. Sayangnya, terkadang subtitle tidak sesuai dengan yang mereka ucapkan tapi lumayanlah bisa membantu.

Jangan Belajar Grammar Dulu

bienpensar.com

Berapa tahun kalian belajar grammar disekolah? masih ingatkah kamu materinya? lupa deh.

Bagi kamu yang masih pemula, aku memahami kamu (ciyee pengertian). Aku sudah tahu betapa bosannya belajar teori yang tidak praktis.

Ini ibaratnya kamu baru belajar main bola. Oleh pelatih dikasih aturan kamu tidak boleh ini kamu tidak boleh itu, kalau nendang kakinya harus begini, lama-lama ya gak jadi belajar main bola.

Inilah ironi pendidikan kita di indonesia, baru awal belajar sudah dikasih pembatasan.

Saya sarankan ke kamu untuk diawal-awal jangan menghafal grammar terlebih dahulu soalnya akan menurunkan semangatmu.

Aku yakin jika kamu mengikuti metode yang pertama yaitu banyakin membaca artikel pasti seiringnya waktu kamu akan otomatis tahu aturan grammar.

Solusi lainnya adalah jika kamu memang ingin mempelajari aturan grammar kamu diawal caranya ialah dengan mendengarkan cerita pendek yang sama tapi disampaikan dengan waktu yang berbeda (tenses).

Kalau kamu kesulitan bisa belajar dengan tutor berpengalaman caranya dengan memberikan dia cerita pendek dalam present tense kemudian suruh tutor tersebut menulis kembali dengan waktu (tenses) yang berbeda contohnya (Past Tense, Future Tense, Perfect Tense).

kalau ingin lebih simpel lagi ini aku ada gambarnya

Masing-masing kotak sudah mewakili tenses. contohnya i write a letter, kalimat tersebut mewakili dari simple present tense. Simple present tense menggunakan verb 1. Contoh lainnya adalah present continuous kala dijadikan kalimat akan menjadi i am writing a letter karena continuous tercantumkan verb ing.

Cukup simpel bukan? kalau kurang faham bisa komen dibawah.

Berbicara di Depan Cermin

hipwee.com

Yang bener nih? nanti disangkain gila dong?

Tapi memang benar guys, ketika kamu sudah terbiasa dengan mendengar dan memahami bahasa inggris, poin yang tidak kalah penting adalah berbicara. Percuma saja kan kamu faham bahasa inggris tapi tidak bisa ngomong.

Alasan baca sub judul diatas mungkin kalian malu nanti dianggap tidak waras atau kurang kerjaan, tapi jangan salah metode diatas berasal dari anak jenius berasal dari ambon bernama Gayatri yang menguasai 18 bahasa (tapi sayangnya sudah meninggal).

Kalau gak percaya lihat nih videonya

Benarkan? kalau malu ya tinggal masuk kamar saja terus kunci pintu, beres sudah.

Vlog Atau Ngeblog Dengan Bahasa Inggris

yoast.com

Ini tips terakhir dari aku supaya tetap menjaga bahasa inggris kamu. Sayang tuh sudah capek-capek belajar kalau gak dipelihara.

Salah satu caranya untuk tetap terpelihara adalah dengan ngeblog atau ngevlog memakai bahasa inggris, lumayankan bisa juga mendapatkan penghasilan juga dari sana.

Untuk membuat blog atau vlog tidak harus yang muluk, kamu bisa tuh berbagi tentang kesehariannmu atau sekedar curhatan, curhat kan tidak harus selalu update status di facebook.

 

praktis

Leave a Reply