Cara Membuat Anak Lengkap Disertai Video, Gambar, Praktek

CARA MEMBUAT ANAK – Jika anda lagi mencari artikel tentang bagaimana cara membuat anak khususnya kembar, yang efektif, efisien dan berhasil, maka anda tidak salah untuk mengunjungi artikel ini.
Kami akan menyajikan informasi lengkap dan jelas tentang tips dan cara apa saja yang harus anda lakukan supaya bagaimana anda bisa mengandung atau hamil dan memiliki anak, terlebih lagi anak kembar yang membuat anda semakin gemas dan bahagia. cara membuat anak
Saat ini hampir beberapa persen pasangan belum memiliki momongan, entah karena faktor pekerjaan, faktor penyakit, faktor keharmonisan, ataukah faktor hal lain yang menentukan kehamilan bagi seorang wanita.
Kenyataannya memang demikian, membuat anak itu gampang-gampang susah, mungkin terlihat mudah bagi beberapa pasangan, tetapi sebagian pasangan lain juga berpendapat susah.
Permasalahan juga tidak sampai situ saja, untuk mendidik dan membesarkan anak tidaklah segampang yang kita fikirkan. Oleh karenanya perlu ada kematangan bagi suatu pasangan yang benar-benar ingin memiliki seorang anak.
Bagaimana untuk mendapatkan tips cara mendidik dan membesarkan anak sesuai harapan kita? Anda bisa kunjungi dokter fetilisasi untuk mendapatkan konsultasi dan juga ahli parenting modern terkait tips-tips tersebut

Di artikel ini kita akan membahas tuntas tentang bagaimana cara agar mendapatkan anak kembar dimulai dari apa saja yang mempengaruhi kelahiran anak kembar, cara yang bisa dilakukan dan sebagainya.

Sebelum itu tahukah anda? tiap pasangan di dunia ini memiliki peluang sebanyak 3% agar bisa mendapatkan anak yang kembar. Prosentase kesempatan tersebut akan semakin bertambah apabila anda setidak-tidaknya memiliki salah satu ciri di bawah ini, diantaranya:

  1. Anda berpeluang mendapatkan kesempatan sebanyak 4x dari 3% tersebut, apabila dalam catatan keluarga anda terkait jalur nasab khususnya nasabnya ibu adanya riwayat kelahiran bayi kembar.
  2. Anda termasuk dari keturunan Afrika dan Eropa. Berdasarkan survey data kependudukan dunia, rata rata orang keturunan Afrika memiliki tingkat tinggi dalam kelahiran bayi kembar, dan kedua disusul oleh keturunan Eropa.Sedangkan untuk orang keturunan dari Hispanik dan Asia berada di peringkat bawah dalam hal kelahiran bayi kembar.
  3. Anda sering hamil dan sudah melahirkan setidaknya 3-4 kali. Kemungkinan besar akan ada peluang untuk kehamilan anak kembar saat kehamilan kelima.

Meskipun begitu, walaupun anda tidak mendapati diri anda pada kriteria diatas, anda jangan menyerah. Dengan doa dan juga ikhtiar berupa cara dibawah ini, ada kemungkinan anda memiliki anak kembar. Baiklah berikut ini adalah cara membuat anak khususnya anak kembar.

Agar anda lebih termotivasi lagi, berikut ini kami tayangkan terlebih dahulu video lucu anak kembar yang membuat kita gemas.

Cara Membuat Anak

Berikut beberapa cara membuat anak yang bisa dilakukan supaya bisa mendapatkan anak, khususnya anak kembar.

1. Hamil di usia tua

cara membuat anak yaitu hamil di usia tua

modelbusanaku.com

Kita ketahui sendiri bahwasanya akan sulit terjadinya kehamilan bagi seorang wanita yang sudah menginjak usia senja dan mulai mengalami menopause. Akan tetapi besar peluangnya mendapatkan anak kembar jika mereka bisa hamil. cara membuat anak

Peluangnya yang semula hanya 3% saja, meningkat drastis menjadi 7% ketika hamil di umur 4o tahun dan menjadi 17% jika berhasil hamil pada umur 45 tahun.

Namun begitu bagi anda yang ingin menerapkan cara ini, alangkah baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dari Konsultasi tersebut dokter akan membahas tentang rintangan atau hambatan untuk bisa hamil, diantara seperti umur sel yang tua sulit untuk berfungsi kembali.

Dan juga biasanya dokter akan memberitahukan apa saja yang harus anda lakukan dan hindari pada saat berencana hamil tua. Hal tersebut karena memang hamil tua lebih beresiko jika hamil muda disekitar 20 sampai 30 tahun.

Adapun resiko dan rintangan ketika berencana hamil di usia tua:

  • Pada saat umur sudah menginjak di atas 30 tahun, kualitas dan jumlah sel telur ada kemungkinan menurun, dan jarang mengalami ovulasi. Dan juga tidak seperti pria yang sepanjang hidupnya memproduksi sperma dalam tubuhnya, wanita hanya mempunyai sel telur yang terbatas. dengan demikian anda akan mengalami kesulitan untuk hamil
  • Meskipun berhasil hamil adan kemungkinan terdapat kecacatan pada janin karena mengalami kelainan kromosom seperti down syndrome
  • Tingkat keguguran tinggi
  • Wanita yang hamil tua berpeluang mengalami penyakit diabetel gestational
  • Sulit untuk melahirkan secara normal lewat jalur vagina, dan cara yang bisa dilakukan adalah dengan melahirkan melalui operasi caesar.

Jika anda memang berencana dan mantap untuk menggunakan cara ini, berikut beberapa tips yang harus anda lakukan supaya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan diatas, diantaranya ialah:

Berkonsultasi Dengan Dokter

Apabila anda sudah matang untuk berencana hamil di usia tua semisal di atas 35 tahun, konsultasi dengan dokter. Melalui konsultasi, dokter akan membantu anda dengan memberi penjelasan apakah tubuh anda dalam kondisi sehat dan juga apakah sudah siap untuk hamil.

Makan Diet Dengan Seimbang

ternyata dengan banyak makan tidak baik untuk tubuh. Makanlah sesuai proporsi saja, tidak lebih dan juga tidak kurang disertai makan makanan yang mengandung gizi yang tepat dan seimbang.

Contohnya Saja makanan itu setidaknya banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh semisal zat besi kalsium asam folat dan protein. Dengan begitu ketika anda sudah benar benar hamil di usia tua, anda akan terhindar dari berbagai macam resiko komplikasi.

Menjaga kesehatan tubuh

kesehatan tubuh harus tetap senantiasa terjaga. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kita akan melakukan rutinitas keseharian dengan normal, tugas selesai pada waktunya dan tak terbelangkai.

Ingat kenikmatan yang tidak ada harganya adalah nikmat sehat. Anda tahukan betapa mahal harganya semisal anda sakit dan terbaring di rumah sakit. Tak hanya itu waktu juga akan terbuang percuma hanya duduk diatas kasur.

Anda bisa melakukan olahraga baik yang berat atau yang supaya kondisi tubuh senantiasa terjaga dan  prima, dengan tubuh yang proposional. Selain itu dengan menjaga kesehatan tubuh anda akan  terhindar dari penyakit yang berbahaya semisal diabetes gestational karena obesitas.

Mengikuti Tes Pra Kehamilan

Cobalah anda sering-sering untuk mengikuti tes pra kehamilan di tempat terdekat. Pada saat tes pra kehamilan panitia atau dokter akan mengecek kondisi kesehatan rahim anda apakah di dalamnya ada gangguan atau tidak. itu dalam tes pra kehamilan juga Anda dijelaskan mengenai perencanaan selama menjalankan masa kehamilan.

Anda juga akan dicek kromosom pada bayi anda Apakah bayi yang anda kandung itu memiliki kelainan kromosom atau tidak dengan menjalani tes diagnostik contohnya amniosentesis dan chorionic villus sampling.

Hindari Zat Penghambat Kehamilan

Jangan sekali-kali anda menjadi seorang alcoholic pengguna obat-obatan terlarang dan perokok. Selain itu juga jangan mengkomsumsi makanan dan minuman instan semacam minuman bersoda, kopi, gorengan dan sejenisnya. Berbagai kasus membuktikan bahwa seseorang yang melakukan hal-hal tersebut kemungkinan sulit untuk hamil ataupun jika hamil maka janinnya tersebut tidak akan sehat.

Tetap Rileks

Anda harus senantiasa tetap rileks ketika berencana akan memiliki anak. Jika pikiran penuh dengan stress, kemungkinan anda akan sulit untuk hamil. Stress bisa berpengaruh langsung kepada hormon kesuburan (estrogen dan progesteron) yaitu mengganggu kestabilitasnya. Jika begitu maka yang terjadi adalah mengganggu siklus menstruasi, masa subur dan ovulasi, akibatnya sel telur sulit untuk berovulasi.

Anda harus hilangkan segala sesuatu yang bisa membuat fikiran tegang dan stress semisal beban pekerjaan, tekanan dari lingkungan, dan sebagainya. Dengan begitu anda akan bisa fokus untuk menyiapkan segala sesuatu untuk kehamilan

2. Komsumsi Asam Folat

komsumsi asam folat

pixabay.com

Dengan mengkomsumsi vitamin yang sesuai dengan proporsinya, pasti anda akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda. Sama juga dengan asam folat atau vitamin B9, dengan sering mengkomsumsi asam folat anda akan mendapatkan peluang untuk bisa mengandung anak kembar.

Saat sekarang anda tidak perlu susah-susah untuk mencari makanan yang mengandung asam folat, hanya membeli susu khusus untuk ibu hamil di toko terdekat anda sudah bisa mendapatkannya. Asam folat sendiri memiliki fungsi untuk menghindari bayi dari resiko lahir tak normal atau cacat. Meskipun begitu, anda jangan mengkomsumsi asam folat melebihi takaran yang dianjurkan oleh dokter yaitu lebih dari 1000mg/hari.

Jika anda malas untuk minum susu khusus untuk ibu bayi, ada banyak makanan diluar yang bisa anda gunakan sebagai pemenuhan asam folat saja. Kami akan merangkum beberapa makanan terbaik yang memiliki banyak kandungan asam folat, diantaranya:

A. Kacang-kacangan

Ternyata berbagai jenis kacang-kacangan banyak mengandung banyak Viatmin B9 atau  asam folat termasuk juga nutrisi lainnya contohnya protein, kalsium dan vitamin D. Ada berbagai jenis kacang-kacangan di dunia ini diantara kacang merah, kacang hijau, dan kacang tanah.

Berdasarkan penelitian juga diterangkan bahwasanya seseorang bisa memenuhi kebutuhan asam folatnya di tiap harinya hanya dengan mengkomsumsi 2 cangkir kacang. Berarti jika anda komsumsi 2 cangkir folat, anda sudah mendapatkan asupan sebanyak 360 mikogram, luar biasa bukan manfaatnya?

B. Buah-buahan

Jika anda gemar untuk mengkomsumsi buah disetiap harinya, silahkan diteruskan. Kenapa? ternyata buah-buahan adalah sumber alami dan paling utama asam folat dan berbagai vitamin utama lainnya. Adapun jenis buah-buahan yang paling banyak asam folatnya adalah pisang, melon, alpukat, mangga, dan kelurga citrus (Segala macam jeruk).

C. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga termasuk sumber yang paling lengkap dan diperlukan bagi ibu yang sedang menjalani kehamilan. Beberapa jenis sayuran berdaun hijau atau hijau gelap sangat kaya akan kandungan folat diantaranya  seperti asparagus, brokoli, kubis, selada, sawi dan bayam.

D. Hati hewan

Mungkin bagi sebagian kita yang sedang menjalani masa-masa diet agak antipati dengan jenis makanan ini, karena memang hati hewan banyak mengandung lemak dan kolesterol yang akan membuat badan menjadi gemuk.

Meskipun begitu tetap ada manfaaat yang terkandung dari hati hewan ini, yaitu tinggi akan kandungan asam folat dan zat serupa lainnya seperti DHA. Dengan begitu alangkah baiknya bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan ini untuk komsumsi hati hewan. Dengan begitu janin anda akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Kondisi gizi yang baik

kondisi gizi yang baik

konsultankolesterol.com

Berdasarkan pendapat dari para ahli gizi dunia mereka menemukan hipotes dari penelitian mereka. Dari hasil itu disimpulkan bahwa seorang wanita yang memiliki badan yang gemuk lebih memiliki peluang untuk melahirkan bayi kembar dibandingkan dengan wanita yang berperawakan kurus akan sulit untuk bisa melahirkan bayi yang kembar. Meskipun begitu, pernyataan itu hanya sekedar hipotesis saja, tidak sepenuhnya benar.

Sebenarnya yang bisa mempengaruhi kembar atau tidaknya suatu kelahiran lebih condong kepada nutrisi gizi yang dimakan oleh sang ibu. Cukup bermodalkan makanan yang mengandung nutrisi gizi yang cukup, baik anda yang kurus atau yang gemuk sama-sama memiliki peluang untuk mendapatkan bayi kembar.

Selain itu juga ketika anda rajin untuk mengkomsumsi makanan yang mengandung gizi, otomatis anda juga akan tercukupi kebutuhan akan nutrisi selama kehamilan.Dengan begitu tubuh anda dan janin yang ada dalam rahim tetap sehat . Adapun jenis jenis makanan yang bisa anda komsumsi diantaranya:

A. Kalori

Pada saat anda menjalani masa kehamilan, tubuh akan menghabiskan banyak sekali jumlah kalori. Oleh karena itu anda harus menambah jumlah konsumsi kalori tiap harinya kira-kira  300-400 KKAL.

Ada banyak sekali sumber kalori yang bisa anda dapatkan, baik berupa makanan ataupun dari bentuk suplemen. Sebaiknya anda memilih sumber kalori yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Contohnya anda bisa memperoleh kebutuhan kalori dari umbi-umbian, dan juga akan kebutuhan karbohidrat yang bisa kita peroleh dari makanan pokok yaitu nasi. Dan kebutuhan lainnya seperti lemak nabati dan hewani bisa kita dapatkan pada sayur-sayuran dan buah-buahan.

B. Asam Folat

Sama seperti saat kita bahas di bagian atas sebelumnya, bahwasanya nutrisi yang sangat penting bagi pembentukan dan perkembangan janin kembar adalah asam folat.

C. Protein

Mungkin dari kita bertanya-tanya kenapa sih ibu hamil harus perlu mengkomsumsi protein di saat sedang hamil? Jawabannya adalah asam amino yang ada dalam protein  membangun dan membentuk sel tubuh ibu hamil maupun calon bayi.

Berdasarkan data kesehatan ibu hamil, para dokter kandungan menerangkan bahwasanya seorang wanita disaat sebelum hamil, kebutuhan akan protein kira-kira 50 gram per hari. Kemudian ketika sudah menginjak masa hamil pada periode awal (trimester pertama), kebutuhan protein mulai meningkat menjadi 68 gram per hari. Lalu ketika sudah menginjak periode kedua yaitu trimester ke-2 dan ke-3, kebutuhan protein wanita hamil menjadi sekitar 70 gram per hari.

Adapun sumber protein hewani yang alami dan paling baik diantaranya daging sapi, unggas (ayam, bebek), ikan dan kerang, putih telur, susu, olahan susu (keju, dan yoghurt) dan makanan hamil lainnya. kandungan nutrisi protein hewani cukup lengkap karena tersedia semua 9 asam amino dibandingkan dengan protein nabati.

Adapun beberapa manfaat yang anda peroleh dari mengkomsumsi protein, diantaranya:

  • sumber kalori.
  • membantu pengembangan, pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh pada janin.
  • Membentuk darah janin dalam kandungan, selain membentuk cairan ketuban dan sel-sel janin supaya sempurna.
  • Membantu perkembangan otak janin
  • Menyediakan antibodi untuk sang ibu hamil dan janin.
  • Meningkatkan kesehatan tulang janin

D. Kalsium

Ketika sang ibu menjalani masa kehamilan, keberadaan akan kalsium penting sekali, hal ini dikarenakan janin memerlukan kalsium guna membentuk tulang dan ototnya supaya kuat. Selain itu juga kalsium juga berguna untuk merawat detak jantung tetap stabil dan saraf bisa sempurna secara fungsinya.

Badan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia menyarankan Ibu yang sedang hamil dan menyusui agar mengonsumsi setidaknya 1300 mg kalsium tiap harinya.  Ibu bisa memperoleh 1300 mg kalsium per tiap hari dari 4 porsi saji produk olahan susu dan makanan kaya kalsium.

Adapun beberapa manfaat yang anda dapatkan ketika rajin untuk mengkomsumsi kalsium pada tiap harinya, diantaranya adalah membentuk tulang, otot dan saraf janin agar berfungsi secara sempurna, dan manfaatnya untuk ibu adalah mencegah resiko osteoporis dan komplikasi saat menjalani kehamilan.

Beberapa makanan yang menjadi sumber makanan diantaranya susu sapi, wijen, susu Kedelai yang sudah difortifikasi, dan tahu.

E. Zat Besi

Zat besi memiliki manfaat bagi sang ibu dan calon bayi untuk mengurangi terjadinya anemia karena zat ini membantuk dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Pada saat usia janin sudah menginjak minggu kedua puluh, dia akan mulai membutuhkan zat besi. Untuk anjuran dokter, sebaiknya anda mengkomsumsi zat besi ini setidaknya 30 mg per harinya. Adapun daging, hati, dan ikan adalah sumber zat besi yang paling baik.

4. Minum Susu

Susu tidak hanya sebagai pelengkap kebutuhan energi dan zat gizi ibu yang sedang hamil, selain itu juga menyediakan kandungan gizi yang penting bagi calon bayi.

Menurut departemen agrikultur dari Amerika, mereka merekomendasikan ibu hamil agar mengkomsumsi susu minimal 3 gelas per hari sebagai pemenuhan kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D untuk sang janin.

Adapun manfaat dari susu ialah:

1. Berdasarkan  penelitian yang diterbitkan oleh  European Journal of Clinical Nutrition, melakukan penelitian terhadap 809 ibu hamil. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwasanya ibu yang minum susu lebih dari 150 ml per hari saat masa kehamilan mempunyai anak lebih tinggi saat remaja dibandingkan dengan anaknya ibu yangh saat masih hamil hanya minum susu kurang dari 150 ml.

2. Menurunkan risiko diabetes melitus yang umumnya terjadi pada ibu hamil.

3. Menambah berat badan sang bayi. Berdasarkan penelitian menunjukkan ibu hamil yang kurang minum susu 250 memiliki bayi yang berat badannya rendah, dibandingkan dengan ibu hamil yang banyak minum susu

Ada berbagai variasi jenis susu yang bisa anda coba saat kehamilan, untuk mengurangi kebosanan, diantaranya susu skim, susu whole cream atau full cream dan susu pasteurisasi.

5. Banyak mengonsumsi ubi-ubian

makan ubi ubian

klimg.com

Ternyata ada cara lain yang sama-sama efektif supaya bisa mengandung anak kembar yaitu banyak memakan ubi-ubian.

Ada survey dan penelitian yang dilakukan di Afrika. Di Afrika sana yang mana banyak terjadi angka kelahiran bayi kembar, didapatkan temuan fakta yang cukup mengejutkan. Diantara kebiasaan salah satu suku di Arika adalah banyak mengkomsumsi ubi liar atau singkong. Ternyata banyak mengkomsumsi singkong ada hubungan yang berbanding lurus dengan kelahiran anak kembar, hasilnya adalah 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata di seluruh dunia.

Ini tidak lain dikarenakan di dalam ubi-ubian terdapat nutrisi yang bisa menstimulasi ovarium agar bisa menghasilkan lebih dari satu sel telur ketika masih ovulasi.

6. Jangan Komsumsi Pil KB (Keluarga Berencana)

jangan menelan pil kb

sunthisepuri.com

Jika sampai saat ini anda masih mengkomsumsi pil KB sebaiknya mulai sekarang agar dihentikan. Hal ini dikarenakan pil KB menyulitkan tubuh supaya bisa hamil terlebih lagi anak kembar. Disaat wanita untuk pertama kali berhenti menelan pil KB, secara otomatis tubuh akan bekerja keras dan mati matian supaya bisa mengatur kembali hormon reproduksi.

Biasanya ketika anda sudah berhenti menelan pil KB, kira-kira pada bulan pertama dan ke-2 tubuh akan mulai ke kondisi normal, dengan ditunjukkannya peran ovarium dalam menggenjot produksi sel telur lebih banyak lagi. Dengan demikian anda sudah bisa untuk kembali hamil dan berencana untuk memiliki anak kembar.

7. Terus Menyusui

terus menyusui

yeutre.vn

Salah satu cara kontrasepsi yang paling alami adalah dengan cara menyusui, dikarenakan terdapat jumlah prolaktin yang sangat banyak. Seiring waktu setelah 6 bulan usia kelahiran, secara bertahap siklus menstruasi mulai berjalan normal kembali.

Jika anda memang benar-benar niat untuk membuat anak khususnya anak kembar, sebaiknya mulai untuk menyusui. Ketika anda menyusui, tubuh akan memproduksi sel telur dengan jumlah yang melimpah. Dengan begitu anda memiliki peluang lebih besar sebanyak 9 kali untuk memiliki anak kembar.

8. Berkonsultasi Dengan Dokter

berkonsultasi dengan dokter

alodokter.com

Ketika anda berkonsultasi dengan dokter terkait keinginan untuk membuat anak kembar, dokter akan memberikan anda beberapa alternatif cara membuat anak yang bisa dilakukan yaitu diantaranya:

  1. Memberikan anda suplemen hormon kesuburan, contohnya Clomiphene sitrat. Melalui pemberian suplemen hormon kesuburan tersebut, diharapkan tubuh akan meningkatkan ovulasi disertai lebih dari satu sel telur.
  2. Melakukan metode pembuatan bayi tabung (fertilasi in-vitro).
  3. Inseminasi Intracytoplasmic, yaitu menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim.

Meskipun begitu, kemungkinan dokter akan tetap memberikan anda masukkan bahwasanya cara-cara diatas tidak selalu 100% berhasil, tergantung kemampuan embrio untuk bisa bertahan hidup.

9. Melakukan Hubungan Secara Teratur

berhubungan secara teratur

sayap-imaji.com

Adapun kalau yang ini hal yang mesti dilakukan oleh pasangan suami istri. Setidaknya menurut anjuran dokter, anda disarankan untuk melakukan hubungan disaat masa subur setidaknya sebanyak 2 sampai 3 X dalam seminggu.

Pada saat masa subur, sel telur sudah siap untuk bisa dibuahi sperma, dikeluarkan dari indung telur menuju saluran indung telur. cara membuat anak

Dengan begitu ketika anda dan pasangan anda melakukan hubungan, ada kesempatan besar bagi sperma dan sel telur untuk bertemu, dan berpeluang untuk hamil.

Sayangnya di saat masa subur ini kemungkinan anda akan mengalami kesulitan. Diantara kesulitannya adalah terkadang siklus haid yang tidak teratur bertabrakan dengan masa subur tersebut.

Makanya saran terbaik yang direkomendasikan oleh dokter adalah melakukan hubungan sebanyak 2 sampai 3 kali di setiap minggunya.

10. Berolahraga

berolahraga secara teratur

obatherbaldiabetes.co

Cara lain yang tidak kalah penting adalah berolahraga secara teratur supaya bisa menunjang terjadinya kehamilan. Ketika anda rajin berolahraga, efeknya tidak hanya menjaga stabilitas metabolisme tubuh, membuat badan fit, menghindarkan obesitas akan tetapi juga fungsi organ-organ reproduksi menjadi optimal. cara membuat anak

Ketika fungsi organ-organ reproduksi tersebut sudah optimal, tubuh anda sudah bisa mengawali proses kehamilan seperti ovulasi dan pembuahan, dengan begitu anda bisa untuk cara membuat anak.

Berolahragalah anda dengan jenis olahraga yang ringan semacam yoga, senam, jalan pagi, aerobik dan semacamnya yang tidak menguras banyak tenaga.

Demikian tips dan cara membuat anak kembar, video cara membuat anak, cara membuat anak di kasur, dan gambar cara membuat anak, semoga bisa membantu anda bagaimana cara membuat anak yang benar dan efektif. Terima kasih.

Leave a Reply