cara membuat bunga dari kertas hvs

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Beserta Gambar dan Ide Lengkap

Cara membuat bunga dari kertas – Selamat datang di portal hidupsimpel, yak pada kesempatan kali ini kita semua akan membahas tentang bagaimana cara membuat bunga dari kertas.

Ngomong ngomong siapa sih diantara kita yang tidak suka dengan bunga? tentunya suka malahan suka banget. Hampir sebagian orang adalah penggemar bunga, khususnya bunga bank, wek.

Yak, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan cara membuat bunga dari kertas, kertas dari berbagai jenis. Untuk yang terbiasa membuat kerajinan tangan, pastinya tidak asing kembali dengan jenis bahan yang satu ini.

Kertas lazimnya kerap dipakai dalam membuat beragam kerajinan tangan dikarenakan teksturnya yang ringan untuk dibentuk dan biayanya yang tergolong murah. Disamping itu, terdapat sangat banyak pilihan warna yang dapat dipakai dari kerajinan tangan ini, jadi bisa dibuat bermacam macam karya yang menarik. Berikut ini adalah informasi tentang cara membuat bunga dari kertas.

Tutorial Cara Membuat Bunga Dari Kertas

Cara membua bunga dari kertas dapat diubah menjadi bermacam macam hiasan pada rumah maupun ruangan yang lain. Kamu tentunya mampu membuat bunga buat hiasan dinding maupun bunga sebagai hiasan di permukaan meja. Bunga hias tersebut bisa juga dipakai dalam mempercantik tampilan ruangan pesta maupun acara yang lain.

Terus apa saja bunga yang dapat dibentuk dari kertas krep? Mungkin itulah salah satu dari pertanyaan yang terlintas di fikiran Anda. Kurang lebih setiap bunga yang terkenal misalnya bunga sakura, mawar, tulip, melati, dan berbagai jenis bunga yang lain. Pastinya masing masing bunga tersebut mempunyai tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas dan Sedotan

cara membuat bunga dari kertas dan sedotan
pinterest.com

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bunga dengan bahan kertas dan juga sedotan. Untuk awal-awal siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Kertas
  2. Sedotan
  3. Lem Kertas
  4. Kawat

Pertama-tama kamu gulung kertas dengan sedotan, kemudian mampatkan kertasnya. Setelah mampat, baru deh kamu copot sedotannya tersebut. Agar lebih mudah membayangkannya, Coba lihat gambar di bawah.

cara membuat bunga dari kertas dan sedotan
gambar 1

Lakukan cara cara tadi secara berulang, hingga sampai mendapatkan beberapa buah bunga. Ketika sudah menghasilkan banyak bunga, baru deh kamu bentuk bunga tersebut menjadi lingkaran. Caranya yaitu dengan menyambungkan satu ujung dengan ujung yang lainnya.

Jangan lupa buat juga tangkai bunganya, adapun cara membuat tangkai bunga, bisa ikuti langkah langkah selanjutnya karena hampir mirip. Gampang banget kok.

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

cara membuat bunga dari kertas krep
flickr.com

Pertama tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan, dibawah ini adalah informasinya.

Alat-alat yang diperlukan:

  1. Gunting
  2. Pensil
  3. Penggaris
  4. Pot kecil

Bahan bahan yang Dibutuhkan

  1. Benang
  2. Isolasi warna
  3. kertas koran
  4. Kertas krep bermacam warna
  5. lem kertas
  6. benang

Bunga sakura sendiri adalah bunga khas yang berasal dari negara Jepang. Dalam pembuatan bunga sakura ini terbilang lumayan susah, alasannya bunga ini tidak cuma mempunyai satu buah tangkai saja. Pada satu tangkai biasanya ada banyak ranting dan bunga di dalamnya.

Untuk bikin tangkainya, Anda dapat memakai kawat lalui dililitkan dengan kertas atau benang supaya mirip dengan ranting asli. Namun apabila tidak ingin pusing, Anda bisa memakai ranting yang telah kering dan sudah diawetkan.

Disamping itu sediakan kertas krep dengan tiga warna yang berbeda-beda yaitu merah muda, hijau tua dan kuning. Sesudah kedua bahan tersebut siap, maka dalam membuat bunga kertas dapat membaca tahapan tahapannya di bawah ini.

Langkah  Membuat Bunga Sakura dari Kertas

  • Potong kertas krep warna kuning dan hijau menjadi ukuran 1 x 10 cm, lalu potong kertas warna merah muda menjadi ukuran 5 x 10 cm.
  • Kemudian lipat kertas krep warna pink, selanjutnya digunting menjadi lima bagian disertai bentuknya yang lonjong dan memanjang kayak bentuk kelopak bunga sakura.
  • Hasil dari pengguntingan tadi akan menghasilkan 5 bagian kelopak yang tiap tiap dari kelopak tersebut terdapat 2 tumpuk kelopak.
  • Langkah seterusnya ialah bentuk kertas krep berwarna kuning menjadi putik bunga. Bentuk lipatan kertas krep warna kuning sedikit panjang yang mana akan meringankan kita ketika melekatkan kelopak di ranting.
  • Apabila putik bunga sudah terbentuk, maka lengketkan satu per satu kelopak bunga di putik hingga jadi mirip mahkota.
  • Lalu tutup bagian putik dengan memakai kertas krep  yang berwarna hijau supaya ada kesan kayak sebuah tangkai bunga asli.
  • Lakukan secara berulang cara-cara di atas untuk membuat bunga sakura pada ranting lainnya. Ulangi cara tadi hingga seluruh ranting terisi dengan bunga yang indah.
Baca Juga  Cara Membuat Origami Bunga, Kupu kupu, Bintang Dll Beserta Gambar

Masih pusing dengan cara-cara di atas? Baiklah langsung aja kamu dapat menonton tutorialnya dalam bentuk video di bawah ini.

Supaya bunga yang dibentuk tampak mirip seperti pohon yang asli, lebih baik kamu bikin beberapa kuncup bunga sakura. Kertas krep yang berwarna merah muda bentuklah menjadi bulatan, lalu di lapisi dengan 3 kelopak bunga, serta jangan lupa bikin lapisan di bagian bawahnya dengan menggunakan kertas krep warna hijau.

Sesudah bunga sakura serta bunga kuncup yang dibentuk kamu rasa lumayan, waktu selanjutnya ialah merangkai bunga-bunga tersebut. Lekatkan bunga dan kuncup bunga yang sudah dibikin pada ranting dengan hati-hati. Pakai lem supaya kamu bisa melekatkannya.

Rekatkan dengan merata ke ranting supaya rantingnya itu penuh dengan bunga. Sebagai pelengkap, jangan lupa rekatkan pula kuncup bunga yang telah dibikin ke bagian ranting yang belum terisi bunga. Ketika telah rampung, kamu bisa menancapkan ranting ke pot atau media yang lain.

Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krep

cara membuat bunga tulip dari kertas krep
via blogspot.com

Baiklah, sesudah di latihan yang tadi kita belajar bagaimana bikin bunga sakura, sekarang kita mau membuat bunga tulip. Bunga tulip sendiri adalah bunga khas dari negeri yang dijuluki kincir angin, Yakni Belanda. Bentuk dan motif bunga tulip lumayan simpel, jadi dalam pembuatannya tidak butuh teknik khusus.

Bentuk dan warna bunga tulip indah dan anggun sekali, sehingga amat pas jika dipakai sebagai bunga hias. Dalam pembuatannya pula terbilang gampang, cuma perlu sejumlah bahan seperti kertas krep bermacam warna, serta kawat berukuran kecil yang digunakan untuk tangkainya.

Adapun dalam cara membuat bunga dari kertas ini bisa membaca tahapan tahapan di bawah ini.

Cara Membuat Bunga Tulip Dari Kertas

1. Sediakan kertas krep yang berukuran 6 x 10 inchi.

2. Gunting kertas itu jadi 5 bagian yang tiap tiap bagian tersebut memiliki ukuran 2 x 6 inchi.

3. Ambil satu kertas yang sudah digunting lalu bagian tengahnya kamu lipat hingga menjadi kelopak bunga.

4. Lakukan secara berulang langkah nomor 3 untuk membuat kelopak bunga yang lain sehingga terbentuk 5 buah kelopak bunga tulip.

5. Untuk bikin tangkai bunga tulip boleh memakai koran bekas yang digulung disertai ukuran serta panjang yang sesuai dengan ukuran bunga. Supaya gulungan tangkai tak gampang copot, anda gunakan lem untuk menempelkannya.

6. Apabila tidak ingin ribet, Anda juga bisa memakai kawat agar dibentuk menjadi tangkai bunga tulip.

7. Tahapan seterusnya ialah merekatkan satu per satu kelopak bunga pada tangkai bunga.

8. Gunakan benang untuk mengikat kelopak bunga yang satu dengan yang lain supaya tidak gampang lepas.

9. Supaya bunga tulip yang dibentuk jadi tampak rapi, Anda dapat menggunakan kertas krep warna hijau sebagai penutup tangkai atau boleh juga memakai isolasi yang warnanya hijau.

Disamping warna hijau Anda pula boleh memakai kertas warna coklat sebagai lapisan tangkai bunga. Agar lebih gamblang terkait cara membuat bunga tulip dari kertas krep boleh melihat video berikut ini.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krep

cara membuat bunga mawar dari kertas krep
penulispro.com

Cara membuat bunga dari kertas krep yang terakhir yang mau kita bikin ialah bunga mawar. Anda pastinya sudah sangat familiar kan dengan bunga mawar? Bunga yang sering dipakai sebagai tanda cinta ini memang lumayan populer di masyarakat. Di samping memiliki bentuk dan warna yang menarik, bunga mawar juga memiki bau yang wangi.

Tidak aneh jika mayoritas orang banyak yang mengagumi jenis bunga yang satu ini. Jika aslinya bunga tersebut umumnya ditanam pada pot bunga, maka bunga kertas ini amat pas apabila dimanfaatkan sebagai hiasan di dalam rumah.

Untuk cara membuat bunga dari kertas krep ini bisa dibilang lumayan mudah, Coba dikuti tahapan tahapannya berikut ini.

  • Sediakan kertas krep dengan berbagai warna favorit anda. Anda dapat juga memakai warna merah, merah muda, putih maupun warna ungu.
  • Potong kertas krep itu hingga jadi beberapa bagian disertai bentuk yang melengkung persis kelopak bunga mawar.
  • Bikin tangkai bunga dengan memakai gulungan kertas koran yang dilekatkan memakai lem atau boleh juga memakai kawat.
  • Gunakan lem untuk merekatkan kelopak bunga yang sudah di bentuk ke ujung tangkai.
  • Rekatkan lagi kelopak bunga yang lain dengan melingkar hingga menjadi satu buah mahkota bunga yang indah.
  • Sesudah rampung merekatkan kelopak bunga, bikin lapisan untuk bagian tangkai bunga memakai kertas krep warna coklat atau hijau. Supaya tampak lebih menawan Anda boleh memberi daun pada tangkai menggunakan kertas krep warna hijau.
Baca Juga  Cara Menghitung Persen dan Diskon | Rumus, Soal, Pembahasan

Agar lebih rincinya tentang langkah langkah membuat bunga mawar dari kertas krep, coba tonton video berikut ini.

Ada juga khusus bagi kamu yang sedikit kuota internetnya, boleh deh lihat gambar di bawah ini, dan coba saja ikuti langkah langkahnya.

cara membuat bunga mawar dari kertas krep

Cara Membuat Bunga dari Kertas Lipat

cara membuat bunga dari kertas berlapis

1. Sediakan 3 lembar kertas yang warna warni. Supaya hasilnya tampak lebih cerah, bedakan warna tiap tiap kertas tersebut, namun pastikan ketiga lembar tersebut adalah warna yang berbeda-beda misalnya kuning, ungu dan merah. Agar bunganya yang lebih awet dan keras, pakai saja kertas karton.

Namun jika tidak ada , kamu boleh saja memakai kertas lipat.

2. Nantinya masing masing kelopak tersebut terdapat dua lapisan, yaitu untuk bagian depan berukuran kecil sedangkan yang bagian belakang berukuran agak besar. Usahakan juga dua lapis itu warnanya berbeda. Adapun jumlah kelopaknya bisa kamu sesuaikan, entah mau berjumlah 4 atau 5 kelopak saja.

3. Kemudian satukan bunga yang berukuran kecil tadi dengan bunga yang berukuran besar, dengan posisi bunga kecil di depan bunga berukuran besar.

4. Baru deh kamu sediakan tangkai kemudian masukkan tepat ke bagian tengah bunga. Adapun tangkai yang lebih bagusnya yaitu kawat yang sudah dilapisi dengan selotip warna atau juga bisa kertas warna. Caranya yaitu kamu tinggal bikin lubang di bagian tengah bunga tersebut dengan menggunakan gunting atau jarum, kemudian masukkan tangkainya tersebut hingga sepanjang 1,3 cm.

5. Agar tangkainya tidak mudah lepas, anda cukup tekukkan atau bengkokkan atau juga bisa membuat simpul di ujung tangkai tersebut. Boleh juga memakai kancing, kalau mau sih.

Jadi sudah bunganya. Kamu tinggal masukkan saja ke vas bunga atau juga bisa di pot, lalu taruh di ruang tamu atau depan rumah kamu.

Membuat Bunga Dari Kertas Kado

cara membuat bunga dari kertas kado

Jika dilihat dari gambar di atas pastinya kamu sudah bisa membayangkan bagaimana cara membuat bunga dari kertas kado.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Kado

Yups, berikut ini adalah penjelasan singkatnya masing masing nomor gambar tersebut.

  1. Sediakan kertas kado, dan potong membentuk persegi. kemudian bikin garis melingkar tak beraturan.
  2. Guntinglah ikuti sesuai garis yang telah kamu buat sebelumnya.
  3. Sesudah selesai, selanjutnya ialah memulai bikin gulungan kecil dimulai dari ujungnya.
  4. Gulung terus serta jangan lupa kasih lem kertas pada bagian bawahnya sampai gulungan benar benar selesai.
  5. Sudah tampak kayak bunga
  6. Tancapkan saja di ranting buatan

Kamu bisa gunakan bunga dari kertas kado sebagai hiasan di depan rumah atau di ruangan tamu.

Membuat Bunga dari Kertas Karton

cara membuat bunga dari kertas karton
pinterest.com

Cara membuat bunga dari kertas karton bisa terbilang sangat mudah, kamu ikuti saja gambar di atas sudah bisa. Untuk awal awal siapkan terlebih dahulu kertas kartonnya. Kamu lipat menjadi segitiga seperti pada gambar 1. Kemudian ujung kanan dan kiri kamu lipat ke dalam.

Lipat lagi kedua ujungnya tersebut. Ikuti terus langkah langkah tersebut hingga selesai. Kamu bisa mencobanya sendiri.

Membuat Bunga Dari Kertas Kue

cara membuat bunga dari kertas kue
via blogspot.com

Adapun Cara membuat bunga dari kertas kue sebagai hiasan dinding berikut ini:

  • Carilah kertas kue yang bermacam macam warna seperlunya di toko kue terdekat.
  • Sediakan juga serangkaian, gunting, selotip, pisau cutter, dan paku payung bermacam macam warna.
  • Bikin bunga dari kertas kue dengan memakai gunting dan dibuat menjadi beberapa bentuk yang berbeda dan juga warna yang beda juga.
  • Lipat kertas kue jadi  4, 8 atau bisa lebih jadi 16. Kemudian gunting sedikit di ujung-ujung sudutnya.
  • Boleh juga anda bikin bentuk bunga yang cocok sama keinginan anda.
  • Rapikan dulu dinding yang hendak diberi hiasan bunga kertas kue. Bisa singkirkan meja, lemari, maupun barang apa saja.
  • Anda boleh merangkai bunga jadi berbagai warna sebelum dilekatkan di dinding pakai selotip
  • Sesudah masing masing bunga siap, baru anda tancapkan paku payung beraneka warna tersebut pas dibagian tengah bunga dari kertas kue.
  • Kalau anda susah untuk mendapatkan paku yang warna warni, maka anda bisa melekatkannya dengan memakai selotip.

Bunga Dari Kertas Koran

cara membuat bunga dari kertas karton
blogoinformasi.com

Apakah anda pernah mengalami bosan pada dinding kamar anda? Yups, biasanya dinding hanya dapat di hias dengan tempelan kertas origami dan frame foto. Baiklah, sekarang saya akan mengajak para pembaca berlatih bagaimana cara bikin hiasan dinding unik seperti bunga dengan bahan koran bekas.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran

Siapkan dahulu bahan serta alat yang dibutuhkan :

  • Koran bekas
  • Penggaris panjang
  • Pensil
  • Gunting
  • Cutter
  • Quilling needle ( jarum yang digunakan untuk membuat quilling paper)

Catatan : Apabila anda tidak mempunyai quiling paper anda dapat bikin sendiri dengan lidi, pembuatannya hanya dengan membelah lidi menggunakan pisau jadi dua bagian, akan tetapi jangan sampai ikut terpotong juga ujung lidinya.

Langkah-langkah yang harus dikerjakan :

1. Setelah kita sediakan alat dan bahan, maka langkah pertama ialah memotong koran dengan gunting menjadi berukuran kecil dengan lebar 7 mm. Upayakan supaya korang yang dipotong tersebut sama panjang serta rapi, supaya lebih rapi kamu bisa menggunakan penggaris.

Baca Juga  13+ Cara Membungkus Kado Berbagai Bentuk dan Bahan

2. Sesudah itu gulunglah koran dengan memakai bantuan quilling needle (atau lidi yang sudah dipotong tadi), kemudian renggangkanlah gulungan kurang lebih hingga berdiameter 1 cm.

3. Selanjutnya lipat mengerucut salah satu bagian atau sisi lingkaran hingga membentuk kelopak bunga.

4. Buatlah 5 kelopak yang sama dan susun secara melingkar hingga membentuk satu bunga dengan menggunakan lem sebagai perekatnya.

5. Buatlah beberapa bunga kayak begitu dan susun di tembok dengan merekatnya menggunakan lem.

6. Jadi sudah bunga hias dari koran yang bisa kamu pakai sebagai hiasan dinding.

Bunga dari Kertas Hvs

cara membuat bunga dari kertas hvs
kerajinan.id

Selanjutnya kita akan belajar tentang bagaimana cara membuat bunga dari kertas HVS. Latihan bikin bunga mawar kertas ini bisa selesai loh dengan waktu yang terbilang singkat, jadi anda bisa bikin satu buket bunga cuma dalam beberapa menit saja. Kamu juga bisa memprovisasi yang cocok dengan kemauan dan kreasi bahan motif yang anda pakai nantinya.

Adapun bahan yang di butuhkan untuk tutorial bikin bunga mawar kertas ini yaitu :

  • Kertas putih (HVS) atau berdasarkan selera kamu, mohon diperhatikan, semakin berat dan tebal kertas yang dipakai akan menyebabkan bunga jadi lebih kaku serta susah di bentuk.
  • Perekat atau lem.
  • Gunting atau cutter
  • Manik manik
  • Kawat kecil

Tahap paling awal sesudah seluruh bahan dari tutorial membuat bunga mawar kertas terkumpul ialah pastikan kertas yang akan di dipakai sudah dikasih warna menggunakan cat air.

Pemakaian pola cat air di sini sebetulnya tidaklah pasti, anda dapat mengubahnya dengan bermacam macam pola yang sesuai selera anda, misalnya gambar notasi musik atau malahan boleh di pakai kertas koran.

cara membuat bunga dari kertas hvs
kerajinan.id

Untuk awal-awal bikin sekurang kurangnya 3 buah kertas menyerupai kubus kira kira dengan ukuran panjang sisi paling tidak berkisar 6 cm. Kemudian lipat lewati garis diagonal disertai sisi berpola pada bagian dalam.

Lakukan dua kali lagi melipatnya sampai menjadi dua lipat segitiga. Potong sisi lebar segitiga dengan bentuk melengkung semacam ujung kelopak bunga. Lalu gunting bagian lancip atau puncak piramida segitiga itu supaya bikin lubang di bagian tengah kertas, disarkankan digunting sekecil mungkin. Ulangi cara tadi di seluruh kertas bahan.

Kemudian buka semua kertas kayak bunga yang rata.

cara membuat bunga dari kertas hvs

Dari kertas yang paling awal, kita potong satu bagian kelopak bunga berdasarkan bekas lipatan, kemudian dua kelopak untuk kertas yang kedua, serta tiga kelopak untuk kertas ketiga. Sisihkan dan biarkan potongan yang kecil tadi karena nantinya buat di pakai untuk bagian tengah bunga.

cara membuat bunga dari kertas hvs

cara membuat bunga dari kertas hvs

 

cara membuat bunga dari kertas hvsKasih lem ke potongan besar kelopak bunga dan kelopak terluar agar saling menumpuk. Begitu, akan menjadi lapisan yang terdiri dari 4, 5, hingga 6 kelopak bunga. Lalu sisi lebar kelopak bunga kamu Lipat ke luar agar ada efek merekah.cara membuat bunga dari kertas hvs

 

 

cara membuat bunga dari kertas hvsBuat bagian dalam, pakai bagian potongan kelopak berukuran kecil yang tadi sudah kita simpan. Bikin kayak corong kembali, namun cuma sedikit bagian yang dikasih lem supaya cuma sebagian kecil sisi kelopak yang saling menumpuk.

cara membuat bunga dari kertas hvs

Baiklah, di tahap ini bunganya sudah sedia mau disusun. Apabila anda mau bikin bunganya sama kawat buat di jadikan tangkai, maka siapkan kawat seperlunya, letakkan manik-manik pada tengah kawat kemudian buat simpul kawat tersebut agar manik manik itu terkunci. Tempelkan bagian corong kelopak berukuran paling mengitari kawat di bawah manik.

cara membuat bunga dari kertas hvs

Kasih lem di bagian bawah lapisan kelopak pertama dan lekatkan kelopak kedua pada bagian bawahnya. Sesudah tertempel, tahan sebenar sampai lemnya sudah benar benar melekat dengan baik. Lakukan secara berulang di setiap kelopak bunga seterusnya disertai sedikit putaran agar terdapat variasi dan efek selang seling di setiap lapisan kelopak bunga.

cara membuat bunga dari kertas hvs

Sesudah proses penempelan rampung, anda boleh meletakkan sebuah manik manik pada bagian bawah bunga agar bunganya tersebut terkunci dan tidak bergeser kemana-mana.

Masukkan bunga ke satu sisi kawat sampai benar benar menyentuh sisi bawah bunga dan putar dua kawat tersebut agar terkunci. Agar ada efek lebih nyata anda boleh melapisi kawat itu menggunakan kertas maupun isolasi yang warnanya hijau.

Bunga dari Kertas Origami

bunga dari kertas origami
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Bekas

bunga dari kertas bekas
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Minyak

 

Bunga dari Kertas Buffalo

bunga dari kertas buffalo
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Flanel

bunga dari kertas flannel
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Crep

bunga dari kertas crep
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Manila

bunga dari kertas manila
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Warna

bunga dari kertas warna
alwaysautumn.com

Bunga dari Kertas Kado

 

Bunga dari Kertas Hias

cara membuat bunga dari kertas hias

Untuk cara membuat bunga jenis ini nantinya akan menyusul dan akan diupdate lagi.

Membuat Bunga dari Kertas Quilling

cara membuat bunga dari kertas quilling
itsalwaysautumn.com

Membuat Bunga dari Kertas Tisu

cara membuat bunga dari kertas tisu
itsalwaysautumn.com

Membuat Bunga dari Kertas Lipat

cara membuat bunga dari kertas lipat
itsalwaysautumn.com

Demikianlah kumpulan tutorial cara membuat bunga dari kertas mulai dari kertas karton hingga kardus yang dapat anda coba di rumah. Aktitifitas ini lumayan efektif buat memanfaatkan waktu luang dan dapat juga dijadikan bisnis sampingan yang menarik dan potensial.

2 thoughts on “Cara Membuat Bunga Dari Kertas Beserta Gambar dan Ide Lengkap

Leave a Comment