Cara Mudah Membuat Fidget Spinner Sendiri Dengan Bahan Sederhana

Cara Membuat Fidget Spinner – Barangkali akhir-akhir ini kita sering mendengar permainan unik ini yang sedang ramai di media sosial. Ya, benar, permainan yang bentuknya menyerupai shuriken tersebut kita kenal namanya adalah Fidget Spinner dan saat ini para remaja dan anak-anak mulai membuat permainan ini populer. Lho terus apa itu Fidget Spinner sebenarnya? Bagaimana cara memainkan Fidget Spinner?

Fidget kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah cemas / gelisah, sedangkan kalau spinner artinya pemutar. Jadi kesimpulannya Fidget Spinner adalah alat pemutar yang bisa dimainkan dikala bosan.

Sebelum itu mari kita lihat dulu sejarah tentang Fidget Spinner. Sebenarnya guys, mainan ini sudah lama dan juga sudah ada yang mematenkannya. Orang pertama kali yang mengenalkan dan mematenkan permainan Fidget Spinner adalah Catherine A Hettinger tepatnya pada tahun 1996.

Uniknya dia membuat mainan keren tersebut, dengan tujuan supaya ketika seseorang sedang bosan karena tidak ada kerjaan, kebiasaan buruk mereka seperti menggigit kuku bisa terkurangi atau malahan kalau bisa dihilangkan.

Manfaat lain dari Fidget Spinner adalah bisa digunakan sebagai alat bantu bagi orang-orang yang mengalami gangguan psikologis contohnya cemas, susah fokus, dan hyperaktif.

Bagi kamu yang belum terlalu tahu dan paham bagaimana cara membuat fidget spinner atau bagaimana cara memainkan Fidget Spinner, tenang hidupsimpel akan menerangkannya secara gamblang, jelas dan mudah untuk kamu. Berikut tutorialnya

Cara Membuat Fidget Spinner

Seiringnya waktu dan berkembangnya berbagai referensi tentang cara bikin fidget spinner ini tergolong cukup mudah dicari dan diikuti langkah-langkahnya. Hidupsimpel akan memberikanmu langkah-langkah berbagai pembuatan fidget spinner dari berbagai sumber, pastinya dengan bahasa yang mudah dan simpel. Ok langsung saja berikut ini tutorialnya.

Membuat Fidget Spinner Sederhana

Alat dan Bahan Membuat Fidget Spinner Sederhana

  • Tutup botol minuman soda, bisa Coca-cola
  • Bearing sebagai pemutar, ukurannya lebih kecil dari soda.
  • Lem G atau yang sejenis, sebagai perekat bahan yang berlainan dari bearing
  • Cat Semprot, warnanya bebas, pilih sesuai dengan selera kamu
  • Selotip kertas
  • Pensil, untuk menandai ukuran
  • Pisau kecil
  • 3 buah metal nuts

Cara Membuat Fidget Spinner Sederhana

1. Taruh bearing dibagian permukaan atas tutup botol, dan tepat ditengah tutup botol tersebut.

2. Kemudian ketika bearing ditumpuk di atas tutup botol, buatlah garis lingkaran sesuai ukuran bearing dengan menggunakan pensil. Maka garis ukuran bearing sudah ada di bagian permukaan tutup botol.

3. Ambil pisau kecil, dan lubangi bagian botol yang sudah digarisi tadi, maka tutup botol sudah terlubangi. Jangan dibuang sisa potongan tadi, nanti digunakan sebagai pemegang

4. Potong bagian pinggir tutup botol tersebut hingga menyisakan tiga bagian, lalu tiga bagian tersebut tekuk ke atas, supaya tidak patah panaskan terlebih dahulu dengan menggunakan korek api. Lihat gambar di bawah

cara membuat spinner sendiri

5. Kemudian masukkan bearing tersebut ke dalam tutup botol tersebut, supaya tutup botol tidak kemana-mana, kasih perekat. Lem di tiap bagian pinggir bearing tersebut.

6. Masukkan 3 buah Metal Nuts di tiap tiga bagian tutup botol tersebut, kemudian kasih lem masing-masing.

7. Terakhir kasih lem untuk pinggiran bearing, dan tempel dengan sisa potongan tutup botol tersebut. Jadi sudah Fidget Spinner.

Membuat Fidget Spinner dari Tutup Botol

Alat dan Bahan Membuat Fidget Spinner dari Tutup Botol

membuat fidget spinner

alat dan bahan

  • Tutup botol plastik berjumlah 5 buah atau lebih
  • Lem yang bisa menempelkan dua bahan yang berbeda atau sama. Bisa lem tembak atau lem lainnya yang kuat perekatannya
  • 1 Buah tusuk gigi atau tusuk sate
  • paku dengan berukuran sedang, atau kalau tidak ada bisa memakai pisau yang ujungnya lancip dan obeng juga yang ujungnya lancip
  • Tiga bulatan karet bahan eva berbentuk lingkaran yang sama ukurannya dengan lubang tutup botol
  • Terakhir dua bulatan karet bahan eva yang ukurannnya lebih kecil dibandingkan dengan tiga eva sebelumnya.

Cara Membuat Fidget Spinner dari Tutup Botol

1. Pertama lubangi tutup botol dari plastik tersebut dibagian tengah-tengah dari masing-masing permukaan dengan menggunakan paku atau pisau atau obeng. Dua tutup botol yang kamu lubangi.

cara membuat fidget spinner tanpa bearing

langkah 1

2. Setelah tutup botol sudah selesai, maka langkah selanjutnya ialah menempelkan 2 tutup botol yang sudah dikasih lubang tersebut, dengan posisi yang berhadapan (berlawanan). Anggap saja ini tutup botol A.

cara membuat fidget spinner tanpa botol

langkah 2

3. Setelah dua tutup botol direkatkan seperti gambar diatas, maka selanjutnya tutup botol yang sudah direkatkan tersebut ditempeli lagi di bagian pinggirnya dengan 3 tutup botol lainnya. Diusakan pada langkah ini, kamu harus menyamakan jarak antara masing masing tutup botol tersebut.

cara membuat fidget spinner tanpa bearing

langkah 3

4. Kemudian kita tusuk dengan tusuk jari atau tusuk sate tepat pada bagian tengah-tengahnya tutup botol yang sudah kita rangkai tadi. Nah ketika sudah masuk, kita masukkan  lagi 2 bulatan karet ukuran kecil dengan arah ujung yang berbeda(sisi kanan dan kiri tusuk). 2 bulatan karet tersebut nanti gunanya adalah menjaga fidget supaya tidak gerak kemana-mana (goyah).

alat dan bahan cara membuat fidget spinner tanpa bearing

langkah 4

5. Kalau langkah 4 sudah selesai (sudah ditusuk dan posisi sudah pas), maka langkah selanjutnya adalah kita memotong kedua sisi tusuk tersebut (lebih mudahnya memakai gunting). Kira-kira jarak pemotongannya adalah 1 sampai 2 mm dari jarak bulatan karet.

6. Kemudian tiga bulatan karet berukuran sama dengan tutup botol kita masukkan ke dalam masing-masing tutup botol B. Tiga bulatan karet ini berfungsi sebagai pemberat fidget spinner, supaya nantinya bisa stabil dan tidak goyah saat diputar. Selain itu fidget spinner akan terlihat menarik tampilannya.

7. Langkah finishingnya yang terakhir adalah mempercantik kembali tampilannya. Pewarna tadi berupa pilox kita semprotkan ke fidget spinnernya. Bisa juga dengan menggunakan cat.

Jadi sudah cara pembuatan fidget spinner tanpa bearing. Bagaimana? indah bukan. Cocok bagi kamu yang agak malas atau susah untuk mencari bearing.

Membuat Fidget Spinner Dengan Tali Ties

cara membuat fidget spinner dari tali ties

Alat dan Bahan Membuat Fidget Spinner Dengan Tali Ties

  • 3 -4 buah bearing dengan ukuran masing-masing: satu buah bearing berdiameter 2,4 cm, dan dua buah bearing dengan diameter sekitar 2 cm.
  • kabel atau tali ties (4 sampai 9 buah)
  • Alat pemotong, bisa cutter dan gunting.
  • Cat warna, bisa pilox

Cara Membuat Fidget Spinner dengan Tali Ties

1. Buat atau rangkai tali ties dengan  bentuk segitiga, lebih mudahnya silahkan lihat di bawah

cara membuat fidget spinner dengan tali ties

langkah 1

2. Kemudian ketika kamu sudah membentuk tali ties dengan bentuk seperti gambar di atas, saatnya kamu pasang 3 laker di masing masing sudut segitiga tali ties yang sudah dibentuk tersebut.

Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

langkah 2

3. Setelah masing masing sudut tersebut sudah terpasang bearing, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengendurkan masing masing tali ties tersebut (tidak langsung over), dengan begitu kita akan lebih mudah untuk memasang bearing selanjutnya di bagian tengahnya.

Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

langkah 3

4. Baru setelah itu kamu pasang bearing tepat dibagian tengah. Masukkan saja langsung pada bagian tengahnya

Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

langkah 4

5. Nah, jika sudah masuk di bagian tengah bearignya, maka kamu harus kencangkan tiap ikatan tali tes tersebut supaya bearingnya tidak terlepas.

Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

langkah 5

6. Setelah semua tali di rasa kencang dan bearing di tengah terpasang dengan erat, maka selanjutnya tali-tali tersebut dirapikan. Potong tiap ujung tali ties dengan mengunakan cutter atau gunting.

Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

langkah 6

7. Agar terlihat keren dan menarik, kamu bisa tambahkan warna dengan cara menyemprotkan cat yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

8. Baiklah sekarang fidget spinner dari tali ties buatan kamu sudah jadi, silahkan untuk dimainkan.

Apabila tutorial diatas kurang jelas lagi, kamu bisa tonton video dibawah ini, dengan mengikuti tiap langkah-langkahnya tersebut.

Membuat Fidget Spinner dari Karton

Alat dan Bahan Membuat Fidget Spinner dari Karton

  • Karton. merupakan bahan utama dalam pembikinan spinner (karton bentuk kuat atau bekas perabotan)
  • Alat pemotong (pisau, cutter atau gunting)
  • Penggaris
  • Spidol atau pensil, untuk memberikan tanda bagian bahan yang akan dipotong
  • Tusuk sate atau tusuk gigi (pengganti bearing)
  • Jangka (pengukur lingkaran)
  • Uang koin atau logam lainnya yang berukuran bulat
  • Perekat atau lem (lem super atau lem tembak)

Cara Membuat Fidget Spinner dari Karton

1. Untuk langkah awal kita buat terlebih dahulu tubuh pemintal yang semuanya terbuat dari kertas karton. Ukur dengan menggunakan penggaris dan tandai hasil pengukuran itu dengan menggunakan pensil. Lihat gambar di bawah

cara membuat fidget spinner dari karton

langkah 1

2. Kemudian kertas karton yang sudah ditandai tersebut kita potong dengan menggunakan gunting. Bentuk pemotongan berbentuk persegi panjang. Kemudian tiap tiap ujung karton tersebut kita potong 2 sisinya mirip setengah lingkaran. Ini nantinya adalah sebagai badan spinnernya.

Cara Membuat Fidget Spinner

langkah 2

3. Setelah itu kita kasih 2 logam koin sebagai pemberat agar stabil ketika diputar. Sebaiknya ukuran koinnya agak ringan saja, jangan terlalu berat karena akan mengurangi ketahanan lama fidget spinner berputar. Kamu tempel dua logam tersebut di tiap ujung karton persegi panjang tersebut. Lihat gambar di bawah

cara membuat fidget spinner dari kardus

langkah 3

4. Setelah itu buat bentuk seperti bagian atas adalah karton, tengah koin, bagian bawah karton. Kemudian kita lubangi bagian tengahnya tepat dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate, lebih mudahnya lihat gambar di bawah ini

langkah langkah Cara Membuat fidget Spinner dari karton

langkah 4

5. Nah, langkah yang terakhir adalah kita buat tepat bagian tengahnya tempat pemutar fidget. Kecepatan dan ketahanan lama dari fidget spinner bergantung pada ketepatan kamu untuk melubangi bagian tengahnya. Jadi Sudah :D.

cara membuat fidget spinner dari karton

langkah 5

Membuat Fidget Spinner dari Kardus

Cara membuat fidget spinner dari kardus ini cukup terbilang sangat mudah dan tidak terlalu mengeluarkan banyak uang. Adapun caranya

Bahan Membuat Fidget Spinner dari Kardus

  • Tusuk Gigi atau tusuk sate
  • Perekat (gunakan lem tembak atau lem super atau lem putih dan lem stik)
  • Alat pemotong Gunting atau cutter
  • Jarum yang ada pentolannya
  • Kardus
  • Logam berbentuk bulat (koin uang)

Cara Membuat Fidget spinner dari Kardus

Adapun cara membuat fidget spinner dari kardus adalah

1. Langkah pertama adalah kamu cetak terlebih dahulu fidget spinner dengan memakai kertas HVS

2. Potong dengan menggunakan gunting semua cetakan pola fidget spinner di karton

3. Setelah dilakukan pemotongan, yang kita lakukan terlebih dahulu adalah dengan mempercantik tampilannya. Kamu bisa mendekorasinya, mewarnainya dengan menggunakan cat akrilik atau sekedar hanya menempelkan washitape.

4. Kemudian 4 potongan pola yang sudah digunting tadi dengan memakai lem. Tunggu hingga benar benar mengering

Membuat Fidget Spinner dari Bearing Bekas

cara membuat fidget spinner dari bearing bekas

youtube.com

Alat dan Bahan Membuat Fidget Spinner dari Bearing Bekas

alat dan bahan membuat fidget spinner dari bearing bekas

  • Bearing Bekas dengan jumlah 4 buah
  • Perekat, gunakan lem yang sangat kuat perekatannya, bisa lem tembak atau lem super

Cara Membuat Fidget Spinner dari Bearing Bekas

1. Silahkan kamu pilih diantara 4 bearing tersebut, mana yang akan dijadikan poros (ditaruh tengah)

2. Setelah itu kamu tempelkan 3 bearing lainnya di samping bearing poros fidget spinner dengan menggunakan lem kuat tadi, tunggulah sampai benar-benar mengering, kira-kira memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.

3. Setelah kamu yakin bearingnya sudah kering, barulah kamu pakai. Gimana sangat simpel sekali kan, hidup simpel :D.

Membuat Fidget Spinner dari Rantai Sepeda Motor

Cara membuat fidget spinner dari rantai sepeda motor sangat gampang sekali. lihat video ini

Membuat Fidget Spinner dari Lampu LED

Cara membuat fidget spinner dari lampu LED sangat mudah sekali, selain indah akan membuat kamu senang.

Membuat fidget Spinner Bisa Terbang

Adapun cara membuat fidget spinner bisa terbang adalah

Cara Membuat Fidget Spinner Berputar Lama

Sebelum itu kamu harus tahu, bahwasanya bearing logam yang dihasilkan dari pabrik dilumasi dengan pelumas supaya tidak berkarat. Karena kebanyakan bearing tersebut dilumasi kental, sehingga hal tersebutlah membuat putaran bearing berkurang dan tidak tahan lama. Maka caranya supaya lebih berputar lama atau mempercepat fidget spinner adalah dengan menghilangkan pelumas.

1. Kamu lepas terlebih dahulu bagian poros pada bearing yang berada di rangkaian fidget spinner. Kalau terdapat penutup maka kamu congkel terlebih dahulu.

cara membuat fidget spinner berputar lama

langkah 1

2. Kemudian kamu siapkan terlebih dahulu cairan atau pelarut dan ditempatkan dalam suatu wadah yang mana bearing bisa masuk ke dalamnya. Untuk cairan ada beberapa jenis yang bisa kamu pakai seperti campuran antara bensin, air sabun khusus untuk cuci piring, thinner, dan bahan lainnya.

cara membuat fidget spinner berputar lama

langkah 2

3. Alangkah baiknya kita memakai bensin saja sebagai pelarutnya karena maksimal ketika melarutkan pelumas yang ada di bearing berbahan logam. Silahkan anda masukkan bearing kedalam bensin, kemudian diamkan beberapa menit. Setelah itu angkat bearing dari bensin, dan putar-putar agar pelumasnya hilang.kemudian masukkan kembali ke dalam bensin. Lakukan hal tersebut sampai dirasa cukup.

Ketika sudah dirasa selesai, baru kamu keringkan bearing tersebut dengan menggunakan kain (jika ingin lebih cepat keringnya bisa memakai hair conditioner).

cara membuat bearing maksimal putarannya

langkah 3

4. Setelah benar-benar kering, coba kamu putar bearing tersebut. Apabila putarannya lama dan maksimal (lebih lama dari sebelumnya)maka sudah cukup, namun kalau kurang maksimal lagi putarannya, kamu bisa mengulangi kembali seperti langkah-langkah sebelumnya. Setelah itu pasang kembali bearing pada posisi semula di fidget spinner.

cara membuat fidget spinner berputar maksimal dan lama

langkah 4

Cara Memainkan Fidget Spinner

Whoa! Who wants one? 🔥 – Buy our spinners at www.fidgetster.com👈 – Link in @fidgetninjas bio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fidget (@fidgetninjas) pada

Benar-benar gampang dalam memainkan mainan  ini, yang kamu perlukan hanyalah memegang poros fidget spinner dengan jari dan ibu jari, kemudian tinggal kamu melakukan gerakan memutar pada fidget spinner dengan memakai jari tengah. Dengan begitu fidget spinner akan berputar otomatis.

Cara Mendapatkan Bearing

cara mendapatkan bearing

via blogspot.com

Bagi kamu yang masih belum tahu tempat yang tersedia bearing, paling mudahnya adalah coba kamu menuju ke tempat bengkel sepeda motor yang berada di tempatmu. Pada umumnya sih para bengkel-bengkel tersebut banyak menghasilkan bearing yang tak terpakai.

Akan tetapi di bengkel tersebut hanya menyediakan bearing berbahan logam saja, kamu yang pengen dapat yang lebih berkualitas lagi atau jenis bearing lainnya seperti dari keramik, coba cari di toko online dan coba untuk mengordernya. Nanti akan dikirim bergantung pada hari pengirimannya.

Itulah informasi seputar cara membuat fidget spinner sederhana, mainan spinner, dan mempercepatnya dengan tangan sendiri. Selamat mencoba.

Manfaat Fidget Spinner

manfaat fidget spinner

Mungkin kebosanan yang kita alami terkadang cara kita mengatasinya adalah dengan atau dalam bahasa Inggris yang gelisah yang secara tidak sadar kita lakukan bukanlah hal yang salah, tapi jika kita tidak bisa mengendalikannya maka itu masalahnya, terkadang kebosanan yang berlebihan justru membuat kita menjadi tidak produktif.

Fidget Spinner bisa menjadi solusi untuk mengendalikan kebosanan, meski dengan permainannya bisa memberi banyak manfaat tak terduga, berikut ini adalah keuntungan dari memainkan fidget spinner yaitu.

Manfaat Secara Psikologis

Ternyata permainan fidget spinner bisa membantu mengurangi penderitaan gangguan psikologi seseorang diantaranya susah fokus, kecemasan, dan ADHD.

Melatih Otak Kiri dan Kanan

Bermain spinner juga bisa membuat otak kita menjadi pintar dan tajam. Ketika kamu mainkan ini dengan cara memutar secara terarah dan teratur maka otak akan fokus sehingga bisa meningkatkan kemampuan belajar kita.

Meningkatkan Fokus dan Kurangi Stres

Berdasarkan penelitian yang dites oleh University of Hertfordshire, hasilnya cukup luar biasa. Fidget spinner mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal tes memori, mengurangi hormon stress yang berlebihan dan mengurangi tingkat kortisol.

Mengurangi Resiko Karyawan Yang Sering Duduk

Pada umumnya para karyawan yang bekerja di kantor akan berada di depan komputer dan duduk berjam-jam di tiap harinya. Hal tersebut tidaklah baik bagi kesehatan, terkadang kita perlu kegiatan lain. Nah permainan fidget spinner ini cocok banget bagi kamu yang termasuk dari karyawan kantoran.

Melancarkan Peredaran Darah

Seorang peneliti, ahli nutrisi dan pengurus departemen Fisiologi dari Amerika yang bernama Jaume Padilla, menjelaskan bahwasanya gerakan dari fidget spinner sebanyak 250 putaran per menitnya dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Demikianlah informasi dan tips cara membuat fidget spinner, mulai dari yang mudah, sendiri, sederhana, tanpa bearing, kertas karton, manfaat, memainkan, cara membuatnya berputar lama, bisa terbang dan videonya. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply