Cara Membuat Origami Bunga, Kupu kupu, Bintang Dll Beserta Gambar

Cara Membuat Origami – Selamat datang di portal hidupsimpel, apakah dari kalian tahu apa itu origami ? itu loh kertas yang biasanya bisa dibikin menjadi berbagai bentuk seperti pesawat-pesawatan, lalu ada pula yang membuat kertas origami menjadi bintang, burung, pesawat, dan bentuk sebagainya.

Yups, sudah pada tahu kan apa itu origami ? wah kebangetan sekali jika kamu tidak tahu apa itu kertas origami. Jika orang berkata sih, MKKB (Masa kecil Kurang Bahagia). Sedikit informasi saja, bahwa Origami sendiri termasuk dari kerajinan tangan.

Pada artikel ini kita nantinya membahas bagaimana cara membuat origami. Meskipun bentuk kertas origami Cuma segi empat, akan tetapi kertas tersebut bisa dibentuk apa saja lho.

Kertas origami pula benar benar bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas anak. Maka bagi kamu yang sudah membina rumah tangga dan telah mendapatkan momongan atau anak, maka alangkah baiknya anak anak kamu coba dilatih dalam membuat kerajinan tangan dari origami.

Yups, untuk kamu yang masih belum tahu caranya berikut ini adalah berbagai tutorial cara membuat kertas origami menjadi mainan lucu.

Ayo kita latihan bareng-bareng disini. Berikut ialah ulasan lebih lengkapnya.

Seni Melipat kertas

seni melipat kertas
500px.com

Kemunculan dari Seni melipat kertas origami berawal dari jepang sesudah diantara biksu bawa kertas yang berasal dari Tiongkok di abad ke-6. Seni melipat kertas origami pun pada waktu-waktu berikutnya menjadi suatu simbol yang begitu religius.
Waktu dari waktu akhirnya seni tersebut terus berkembang hingga sampai saat ini. Di jepang sendiri melipat kertas sudah termasuk budaya dan kegiatan mereka dan terkadang pula disana diadakan lomba dan ajang hiburan yang populer.

Pada akhirnya seiring ditemukannya teknologi pengolahan kertas, akhirnya kertas diproduksi secara besar-besaran dan harganya menjadi lebih murah.

Saat sekarang kertas origami sudah populer di segala penjuru dunia.

Dalam cara membuat origami amatlah gampang sekali, yang penting kamu mengerti langkah-langkahnya. Untuk kamu yang belum tahu cara tidak perlu risau. Di bawah ini ialah berbagai tutorial mengenai cara membuat origami. Berikut ini adalah berbagai tutorial membuat origami

Cara Membuat Origami Bunga

cara membuat origami bunga
500px.com

Origami bunga sendiri adalah origami paling kuno dan paling sering dibuat oleh para masyarakat. Terkait cara membuat bunga kertas dari origami tidaklah terlalu susah susah amat, namun begitu untuk kamu yang masih level pemula, kira kira nantinya agak sedikit merasa sulit ketika melipat kelopaknya.

Untuk kamu yang mempunyai pacar, kamu dapat memberikan kejutan kepadanya dengan hadiah bunga dari kertas origami ini. Pastinya kertas yang berkualitas dan bermutu.

Yakinkan pula pemilihan tekstur dan warna cocok dengan kesukaan pacar kamu.

Disamping bisa digunakan untuk hadiah, kamu bisa juga jadikan origami bunga ini untuk memperindah kamar kamu, kliping dan seterusnya.

Di bawah ini adalah kumpulan tutorialnya, mari kita ikuti langkah-langkahnya.

Cara Membuat Origami Bunga Tulip

Cara Membuat Origami Bunga Tulip
langkah1

1. Sediakan bahan dan alat

Adapun Alat dan bahan yang diperlukan guna membuat bunga dari kertas origami ialah :
• Kertas lipat yang memiliki ukuran 20 cm x 20 cm dan usahan warna masing masing kertas tersebut berbeda. Sesusai dengan kemauan yang kamu rencanakan nantinya.
• Contohnya warna depannya berwarna merah sedangkan untuk warna bagian belakangnya adalah warna biru. Maksudnya supaya kamu lebih mudah lagi dalam langkah-langkah pembuatannya.
• Pinset
• Pensil maupun ponsel untuk mencetak garis dan membuat sketsa kelopak bunga mawar.

2. Sediakan Kertas Lipat

cara membuat origami bunga tulip
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Langkah berikutnya ialah sediakan kertas lipat yang hendak kamu bikin untuk bunga mawarnya. Kemudian kita melipat kertas origami tersebut sampai menjadi sejumlah kotak persegi berukuran kecil. Poinnya, buatlah lipatannya hingga berukuran paling kecil.

3. Menebalkan Bekas Lipatan

cara membuat origami bunga tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Sesudah selesai kita melipat kertas origami jadi sejumlah kotak persegi berukuran kecil, langkah berikutnya ialah menebalkan garis lipatan tersebut memakai polpen maupun pensil yang sudah kamu sediakan sebelumnya.

Diusahakan warna pensil maupun bolpoinnya beda ya dengan garis yang pertama kali dibentuk tadi.

4. Lipat Kertas Sesuai dengan Gambar

cara membuat origami bunga tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Seusai kita tebalkan garis dengan pensil dan polpen, langkah berikutnya ialah kita lipat kertas origami di masing masing sudutnya. Lalu buka lipatannya dan ditebalkan. Langkah berikutnya kita lipat kembali keempat sudutnya tersebut berdasarkan dengan gambar.

Sesudah langkah itu kita kerjakan, pada kertas harus terdapat lipatan kebawah sesuai pada gambar nomor 4. Intinya lipatlah di bagian yang telah dikasih garis, cukup mudah bukan ?

Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Sesudah kita tebalkan lipatannya, kita balik kertas origami. Nah kita tebalkan lagi garis dengan memakai polpen sesuai pada gambar.

Maksudnya kenapa kita menebalkan garis dengan polpen, supaya kita lebih mudah lagi dalam melipat kertas origaminya.

Untuk kamu yang sudah ahli, tidak harus juga memerlukan garis bantu semacam itu. Apabila selesai, maka berikutnya lipatlah kertas sesuai pada garis itu.

Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Sekarang kita fokus di salah sudut lagi.

Bikin lipatan lembah sepanjang garis warna merah (lihat gambar). Kini kita tinggal fokus di garis kecil yang warna merah di gambar

Bikin lipatan lembah dengan membawa sudut kanan ke kiri, maka nantinya mirip dengan gambar nomor 3. Nah langkah selanjutnya yaitu kita balikkan lipatan sehingga pada sisi atasnya berbentuk segitiga baru di bawah lipatan terbalik sesuai pada gambar nomor 4.

Baca Juga  51+ Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Yang Bisa Dijual
Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Berikutnya kita buat lipatan lembah dengan garis yang ditampilkan pada gambar nomor 1. Lipat ke arah yang berlawanan sama seperti dengan langkah tadi supaya tampak seperti gambar 3.

caraaslan.blogspot.co.id

Coba lihat pada gambar di atas. Dengan berpusat ke garis yang ada pada gambar 1. Lipatlah ujung kertas sampai berbentuk kelopak (gambar 2). Langkah tersebut kita ulangi kembali untuk 3 sudut yang lain.

Di langkah ini kertas sudah tampak seperti origami bunga mawar sama dengan gambar 3.

Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id
Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Coba lihat pada gambar di atas. Bilamana kamu telah berada di langkah ini, maka bunganya kita balikkan ke bagian atas sama seperti pada gambar 1. Lalu kasih pada bagian atas bunga berupa tanda X sama dengan pada gambar 1 supaya memudahkan untuk langkah langkah selanjutnya.

Cara yang pertama adalah anda harus menekan dengan lembut dari 4 sisi pada bagian yang sudah ditandai dengan tanda x seperti yang sudah ditunjukan pada gambar nomor 2. Setelah itu tempatkan tangan anda pada bagian dalam yang sudah dilubangi dengan 4 lubang.

Setelah itu kamu harus menekan dengan cara perlahan lalu putar tanda x dengan bersamaan dengan searah dengan jarum jam sehingga dapat membentuk seperti gambar yang ada di nomor 3.

Jika anda ingin lebih mudah membuatnya maka bisa menggunakan pinset, jika anda menggunakan pinset maka putar yang pada bagian tengah bunganya dan lalu tekan dengan cara perlahan pada bagian pusat bunga yang seperti gambar pada nomor 4.

Pada langkah yang sudah dijelaskan diatas pasti anda akan kesulitan maka untuk mengurangi kerusakan anda harus melakukan dengan hati-hati, agar dapat mendapatkan kualitas bunga origami yang bagus dan baik.

Cara Membuat Origami Bunga Tulip
caraaslan.blogspot.co.id

Langkah yang berikutnya adalah, anda harus menggunakan pensil, letakkan pensil pada kelopak yang ada di bunga. Kemudian tahan pensil tersebut selama 40 detik sehingga akan membentuk kelopak yang baru seperti gambar yang ada di atas.

Lakukan hal sama pada sisi yang lain agar dapat membentuk kelopak bunga yang lebih banyak. Jika sudah selesai maka anda sesuaikan dengan gambar pada nomor 3. Jika anda origami yang anda buat sama dengan seperti pada gambar berarti anda telah berhasil untuk membuat origami berbentuk bunga.

Untuk dapat membuat rangkaian bunga maka anda bisa membuat bunga lebih banyak lagi dan setelah itu rangkailah bunga-bunga yang sudah jadi tersebut, makan origami ini akan menjadi lebih cantik. Bagaimana? mudah bukan cara membuat bunga dari kertas origami.

Cara Membuat Origami Kupu Kupu

cara membuat origami kupu kupu

500px.comYang selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat origami dengan bentuk seperti kupu-kupu. Langsung saja berikut ini adalah tutorial cara membuat origami berbentuk kupu-kupu.

Origami Kupu Kupu

cara membuat origami kupu kupu

hidupmulia.net1. Langkah yang paling pertama adalah anda harus menyiapkan terlebih dahulu kertas dan lem. Anda dapat memiliki warna kertas yang mana saja sesuai dengan selera kamu. Sangat perlu anda ketahui bahwa anda sebaik memilih warna yang lebih hidup agar jika kupu-kupu sudah jadi akan menghasilkan origami kupu-kupu yang lebih bagus dan baik.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

2. Setelah anda memiliki warna yang hidup, maka langkah yang harus lakukan selanjutnya adalah rapihkan kertas bagian atas dan bahwa agar sema rata, anda dapat melakukannya dengan tangan.

Setelah itu anda sudah dapat mulai melipat pada sisi diagonalnya sampai berbentuk segitiga. Kemudian anda dapat membuka lipatan tersebut. Sehingga ada bekas lipatan pada kertas origami tersebut. Anda dapat melihat gambar diatas untuk sebagai contoh.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

3. Langkah yang selanjutnya adalah anda haru melipat kertas pada bagian atas dan lalu dorong kertas secara berlawanan, atau lebih tepatnya pada sisi kanan dan sisi kiri, sebaiknya anda melakukan hal dengan menggunakan ibu jari, seperti contoh gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

4. Cara membuat origami kupu-kupu yang selanjutnya adalah, anda hanya perlu menyesuaikan letak tekukan pada arah sudut kertas sehingga menyerupai segitiga. Anda dapat mencontoh gambar yang sudah di atas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

5. Tata cara yang selanjutnya adalah, lipat kembali kertas origami anda yang dimulai dari bawah ke atas caranya sama seperti yang atas. Anda dapat menyamakan origami anda dengan gambar yang ada di atas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

6. Setelah langkah kelima anda lakukan, selanjutnya adalah balik kertas tersebut, lalu lipat bagian ujung pada atas kertas. anda melihatnya contohnya pada gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

7. Langkah yang berikutnya adalah anda harus menekan bagian belakang pada kertas. Agar lipatan yang sudah dilipat diawal tidak mudah terlepas, jika terlepas akan menjadi suatu masalah yang merepotkan.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

8. Langkah-langkah yang selanjutnya adalah, arahkan kertas agar tetap sejajar dengan sisi pada kertas. Namun anda harus melakukannya dengan cara sedikit dipaksa cara ini agar lipatan pada kertas tidak mudah terlepas.

Setelah selesai makanan lakukan hal yang sama pada bagian sisi belakang origami bentuk sampai menyerupai gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

9. Tahap yang kesembilan adalah anda harus melipat bagian atas origami. Langkah ini memiliki tujuan untuk membentuk bagian kepala dan badan kupu-kupu agar lebih dapat terbentuk.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

10. Langkah yang berikutnya adalah anda hanya perlu melipat kembali dan membentuk pada bagian lain pada origami kupu-kupu tersebut, anda dapa melihat gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

11. Proses pembuatan origami kupu-kupu yang selajutnya adalah, Pada garis yang ada di kanan dan kiri anda perlu melipat pada bagian kepala menuju bagian yang sudah ditandai dengan garis. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

12. Langkah-Langkah yang ini adalah langkah yang sedikit lebih mudah dibanding dengan langkah yang sebelumnya. Anda hanya perlu melipat atau patahkan pada bagian kanan dana kiri pada kertas dan bentuklah menjadi sayap. Lakukan dari bagian kiri dan kanan secara bersamaan dan perlahan.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

13. Setelah anda membuat sayap, maka sebaiknya anda merapihkan bentuk-bentuk yang sudah dilipat sebelumnya agar tidak mudah lepas. Seperti gambar yang ada di atas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

14. Akhirnya sampai pada tahap ini., lipat kertas yang sudah hampir menjadi kupu-kupu sama rata dengan bagian badannya. Hal ini dilakukan agar dapat menyempurnakan bagian sayapnya, untuk anda harus melipatnya dengan rapih dan sejajar.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

15. Tahapan membuat origami kupu-kupu yang selajutnya adalah, anda hanya perlu menahan  sebelahnya pada bagian lipatan supaya lipatan tersebut menjadi bentuk sayap yang lebih jelas dan sempurna.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

16. Sedikit lagi pembuatan origami kupu-kupu selesai. Langkah yang berikutnya adalah tahan kedua sisi origami tersebut dan lalu lipat. Anda dapat mencontoh gambar yang ada diatas.

cara membuat origami kupu kupu
hidupmulia.net

17. Akhirnya kita sudah pada tahap terakhir dalam proses pembuatan origami. Pada tahap ini anda harus memulainya dengan mengelem. Anda hanya perlu mengelem bagian-bagian yang menurut anda rentan copot, seperti contoh gambar yang ada di atas.

Cara Membuat Origami Bintang

cara membuat origami bintang
500px.com

Setelah membuat origami kupu-kupu sekarang kita anda membuat bintang. Pasti anda sangat ingin membuat origami dengan bentuk bintang. Makan dari itu kami akan memberi anda tutorial bagi anda.

Cara Membuat Origami Bintang Kecil

Sebelum kita memulai untuk membuat origami dengan bentuk bintang maka anda harus menyiapkan alat-alat berikut ini :

  • Pulpen
  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris

Berikut ini tata cara membuat origami dengan bentuk bintang kecil.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Untuk langkah yang pertama adalah anda perlu memotong kertas selebar 1 cm dan panjang kurang dari 10 cm. Mengapa dipotong, karena bitang yang akan kita buat adalah bintang kecil dengan ukuran mini.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Langkah berikutnya adalah, kamu bisa kasih tulisan pada kertas origami yang sudah kamu potong-potong tadi. Kalau enggak mau, kamu bisa skip langkah ini hehe. Isi tulisannya terserah kamu aja. Bisa itu berisi tentang quotes atau harapan dan cita-cita kamu.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Langkah-langkah yang berkutnya adalah anda perlu membentuk kertas seperti gambar yang ada di atas. Kemudian ujung yang ada di sebelah kiri anda masukkan ke dalam lubang tersebut. Dan jika ada sisi kertas bisa anda masukkan pada bagian belakang kertas.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Setelah itu ujung kiri yang ada dikertas bentuklah menjadi lima segi dengan suatu bagian yang sama.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Langkah-langkah yang selanjutnya adalah lipat kertas yang anda miliki dengan ke sisi kanan, Anda harus melipatnya dengan alur yang sudah terbentuk sebelumnya. Setelah proses tersebut selesai makan kertas akan berbentuk segi lima. Setelah itu anda perlu merapihkan lipatan kertas tersebut dengan menggunakan kuku anda.

cara membuat origami bintang
kikikikiamelia.blogspot.co.id

Gampang bukan membuat origami dengan bentuk bintang kecil atau mini, anda dapat membuatnya lebih banyak lagi agar terlihat labih bagus dan indah seperti gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken

Tutorial yang selanjutnya adalah tata cara membuat origami dengan bentuk shuriken. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat origami shuriken ini sangatlah sederhana. Anda hanya perlu mendapatkan origami dengan ukuran 6×6 inci. Langsung saja berikut ini tata cara membuat origami shuriken.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah anda diharuskan melipat kertas ketengan dengan cara mendatar atau horizontal. Anda harus membuatnya lipatan tersebut dengan kencang lalu lipat lagi kedalam dengan cara horizontal. Jika udah selesai maka kertas akan berbentuk seperti kertas yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Langkah berikutnya kamu harus melipat kertas tadi setengah vertikal. Seperti tadi, buatlah lipatan kertas dengan tegas. Maka lipatan tadi akan terbuka. Lalu lipat lagi bagian atas ke kiri di sepanjang titik lipatan tadi.

Belum selesai anda harus melipatnya lagi dari bagian bawah pada sisi kanan sepan titik lipatan yang yang dibentuk tadi. Jika sudah selesai melipat maka bentuk kertas anda akan sama seperti gambar yang ada di atas.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Setelah itu, balikkan kertas anda. Lalu lipat pada bagian yang ada kotak maka akan terbentuk segitiga. Setelah proses tersebut selesai maka kertas yang anda buat akan sama seperti gambar yang ada di atas.

Anda jangan lupa untuk ulangi proses yang sama sampai 3 kali. Sehingga anda mempunyi 2 lembar origami yang terbentuk seperti gambar diatas.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Jika anda sudah memiliki 2 kertas seperti gambar diatas, langkah yang pertama adalah anda haru menggabungkan kedua kertas tersebut sehingga dapat membentuk seperti shuriken.

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Langkah yang berikutnya adalah tekan kertas tersebut tadi sudah berbentuk segitiga, dan kemudian lipat secara segitiga sampai kedua kertas tersebut saling menindih.    

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken
sebentarsaja.com

Akhirnya kita sudah sampai ketahap terakhir, tahap terakhir ini yang anda harus lakukan adalah menyelipkan sisi sebelum akhir kedalam saku yang tealh dibuat di kertas tersebut.

Jika sudah selesai maka hasilnya akan sama dengan contoh gambar yang sudah ada diatas.

Cara Membuat Origami Love

Tidak akan ada habisnya kita akan terus memberi anda tutorial-tutorial cara membuat origami yang bagus dan indah. Maka kali ini kita akan memberi kalian tutorial yang terakhir yaitu tutorial cara membuat origami dengan bentuk love.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

1. Langkah pertama yang harus kita mulai adalah anda haru siapkan dahulu kertas origami yang ingin dibentuk menjadi love. Untuk warna sesuaikan saja dengan selera anda agar lebih bagus dipandang menurut anda.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

2. Langkah yang kedua adalah anda haru melipat origami seperti contoh gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

3. Lipat kertas yang ada dibagian bawah seperti contoh yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

4. Setelah itu anda harus melipat bagina bawah menuju arah tengah pada kertas origami seperti gambar yang ada di atas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

5. Langkah yang kelima adalah anda buka lipatan tersebut    

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

6. Setelah itu anda harus melipat bagian kiri dan kanan pada origami dengan cara melipat diagonal menuju kearah tengah pada kertas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

7. Setelah itu balikkan kertas tersebut.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

8. Lalu kertas tersebut pada bagian atas, yaitu sisi kanan dan kiri anda liapt seperti contoh gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

9. Jika proses kedelapan sudah selesai  maka hasilnya akan sama seperti gambar yang ada di atas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

10. Cara yang selanjutnya adalah pada bagian atas kertas, lipatlah sampai hingga berbentuk seperti diagonal. Lakukan seperti gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

11. Langkah berikutnya adalah anda harus melipat kertas kebawah sampai ujung kertas saling bertemu. Jika sudah maka hasilnya akan sama seperti gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

12. Setelah anda melakukan langkah yang diatas maka yang selanjutnya adalah anda harus mempertemukan kertas, kedalam agar kuat. Seperti gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

13. Setelah selesai maka anda hanya perlu merapihkannya.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

14. Kemudian lipat kedalam sampai membentuk seperti diagonal.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

15. Setelah itu pada ujung runcing yang ada diatas, silahkan anda lipat kebawah. Lakukan untuk sisi kiri dan sisi kanan maka hasilny seperti gambar yang ada diatas.

Cara Membuat Origami Love
darunnajah.blogspot.co.id

Cara Membuat Origami Burung Camar

cara membuat origami burung cemar
via blogspot.com

Hiasan dari kertas origami berbentuk burung ini sangat cocok diaplikasikan di dinding kamar tidur. Karena dengan origami berbentuk burung dapat membuat hati terasa tenang dan nyaman saat berada di kamar tidur. Cara membuat origami dengan bentuk burung

1. Sebelum kita memulai membuat origami dengan berbentuk burung maka anda harus menyiapkan terlebih dahulu kertas origami. Untuk warna sesuaikan saja dengan selera anda.

2. Setelah anda menyiapkan kertas sekarang anda sudah bisa memulainya yang pertama-tama adalah anda harus melipat kertas dengan bentuk segitiga.

3. Setelah itu anda harus mengambil 1 bagian sisi origami lalu anda lipat sebagai ke tengah.

4. Lipat bagian yang ada diujung atas pada kertas.

5. Anda harus melukukannya dengan posisi kertas terbalik.

6. Setelah itu anda haru melipat sesuai dengan gambar yang ada di nomor 6 diatas.

7. Setelah itu kamu harus membuat kepala burung dengan cara melipat kedalam.

8. Setelah itu lipatlah kertas yang ada dibagian bawah keatas.

9. Lipatlah bagian ekor dengan cara mengeluarkannya.

Setelah anda melakukan petunjuk-petunjuk yang telah diterangkan diatas. Maka anda akan berhasil untuk membuat kertas origami yang memiliki bentuk seperti burung Camar. 

Cara Membuat Kipas Dari Origami

cara membuat origami kipas
rumahlia.com

Tidak akan ada habisnya kami akan terus berbagi kepada para pembaca. Untuk kali ini kita akan memberi tahu cara bagaimana membuat origami dengan bentuk kipas. Pasti anda belum tahu sebelumnya. Nah langsung saja mari kita bahas dibawah ini.

Baca Juga  200+ Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Bisa Dijual

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menyiapkan terlebih dahulu kertas dan lem.

2. Setelah anda telah menyiapkan keduanya maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menggunting ujung kertas dengan miring.

3. Langkah-langkah yang berikutnya adalah, anda harus menekuk atau melipat semua bagian hingga seperti yang ada digambar nomor 3.

4. Jika anda sudah melipat kertas maka setelah itu anda haru mengelem kertas agar seperti gambar yang di nomor 4.

5. Jika anda sudah mengelem kertas origami tersebut maka langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah anda harus  menggabungkan seluruh kertas seperti gambar yang ada di atas pada nomor 5.

6. Jika kelima langkah yang ada diatas sudah anda lakukan maka anda sudah bisa memakainya.

Itulah cara membuat kertas origami yang memiliki bentuk kipas.

Cara Membuat Origami Naga

Tidak cuma hewan dari dunia nyata saja yang dapat dibuat menjadi origami, suatu hewan legendaris misalnya naga pun bisa kita buat menjadi origami. Beriut adalah cara membuat origami naga yang unik dan gampang untuk dibikin.

1. Awal awal, lipatlah kertas supaya menjadi berbentuk garis diagonal, langkah langkahnya yaitu lipat kertas jadi segitiga kemudian kita buka kembali.

2. Lantas kita lipat kertas dengan vertikal dan horisontal, lalu dibuka lagi, maka akan membentuk garis +

cara membuat origami naga
hellokids.com

3. Baru ketika sudah selesai melipatnya kita gabungkan masing masing sudut kertas yang berlawanan supaya terbentuk kotak yang ukurannya kecil.

4. Taruh bagian sisi kotak yang terbuka kemudian dihadapkan mengarah ke bawah sekaligus juga lipat ke atas sisi bagian bawah ke bagian dalam.

cara membuat origami naga
hellokids.com

5. Lipatlah sudut bagian atas menuju bawah.

Baca Juga  Cara Membuat Bunga Dari Kertas Beserta Gambar dan Ide Lengkap
cara membuat origami naga
hellokids.com

6. Buka lipatan di tiga lipatan yang terakhir, dengan begitu maka kertas berbentuk kotak kecil.

7. Lipat menuju atas sudut bagian bawah di lapisan paling atas, lalu diratakan supaya dapat bentuk mirip berlian.

cara membuat origami naga
hellokids.com

8. Lakukan secara berulang langkah ke 7 pada lapisan yang terbawah supaya menjadi bentuk kayak gambar berikut.

cara membuat origami naga
hellokids.com

9. Lipatlah dua kaki ke dalam dengan posisi sedikit miring ke arah samping.

cara membuat origami naga
hellokids.com
cara membuat origami naga
hellokids.com

10. Lipat ujung sisi bagian kiri menuju kedalam kemudian lipat kembali ujung lancip menuju atas, maka akan terbentuk tanduk dan kepala naga.

cara membuat origami naga
hellokids.com
cara membuat origami naga
hellokids.com

11. Kemudian kita Lipat sisi kanan menuju arah dalam, lalu lipat ke atas dalam serta ke bawah dalam kembali, kemudian kita lipat hingga tidak dapat dilipat kembali. Ini adalah bagian untuk ekor naga.

cara membuat origami naga
hellokids.com
cara membuat origami naga
hellokids.com

12. Kemudian langkah yang terakhir yaitu lipat ke bawah sayap serta lipat berbentuk semacam kipas kertas yang bentuknya segitiga. Lantas bentuk sayapnya tersebut kita bentangkan.

cara membuat origami naga
hellokids.com

13. Kita sudah selesai bikin origami naga, supaya tampak hidup dan ganas sebaiknya kita tambahkan mata menggunakan spidol atau kasih sebagian warna.

cara membuat origami naga
hellokids.com

Demikianlah artikel tentang cara membuat origami, semoga bermanfaat dan salam simpel.

Tinggalkan komentar