Contoh Abstrak Skripsi, Makalah, Pendidikan, Paper Lengkap

CONTOH ABSTRAK – Apakah kamu seorang mahasiswa semester akhir? Apakah kamu lagi cari contoh abstrak untuk selesain skripsimu? Iya kan, aku tahu apa yang kamu mau. Karena kita sama-sama menjalani status mahasiswa, maka ada baiknya kita saling tolong menolong.

Baca Juga : Contoh latar belakang

Contoh Abstrak

Di bawah ini, aku kasih beberapa contoh asbrak skripsi untuk kamu. Ndak usah ribet-ribet ngurusin formatnya. Langsung contoh aja InsyaAllah udah bener. Check this out!

Contoh Abstak Skripsi Sistem Kendali Robot Bioloid

contoh abstrak skripsi
nodna.ne

SISTEM PENGENDALI ROBOT BIOLOID MENGGUNAKAN MINI PC ODROID

Abstrak

Robot sepakbola merupakan permainan sepakbola yang dimainkan oleh robot bersistem autonomous robotic. Dengan kata lain, pergerakan dari robot tersebut dilakukan secara otomatis tanpa adanya kendali dan campur tangan dari manusia pada saat permainan dimulai.

Sistem kendali otomatis pada robot tersebut dilakukan dengan cara memberikan perintah kepada robot melalui program yang disusun sedemikian rupa, sehingga nantinya robot akan bergerak sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Dalam permainannya, robot sepakbola khususnya untuk kategori mirosot, setiap tim akan dimainkan oleh robot berdasarkan kedudukan dan posisi robot. Robot akan diberikan sebuah identitas yang akan menjadi ciri khusus dengan menggunakan model patch yang diambil melalui kamera.

Dimana dalam hal ini kamera berfungsi sebagai indra penglihatan pada robot.

Kalibrasi kamera menjadi salah satu komponen penting pada permainan robot sepakbola, semakin baik kualitas kalibrasi kamera yang dilakukan, semakin baik pula robot tersebut mampu menangkap informasi yang ada dan menjalankan instruksi yang diberikan secara tepat.

Sebaliknya, apabila kualitas kalibrasi kurang baik, tentunya performa robot juga akan terganggu karena adanya informasi yang tidak mampu ditangkap secara baik oleh robot.

Dalam prosesnya, kamera akan mengambil citra lapangan dan mengubahnya menjadi data koordinat yang akan menentukan kedudukan robot di lapangan.

Baca Juga  Kalimat Efektif Beserta Pengertian, Ciri ciri, dan Contohnya

Identitas robot ditentukan dengan desain patch yang menggunakan 4 warna dimana satu warna digunakan sebagai warna team, satu warna digunakan sebagai warna utama dan dua warna sebagai warna penunjang / kedua menggunakan teknik bloblinking.

Berikutnya dilakukan transformasi koordinat untuk menentukan koordinat robot yang sebenarnya dalam sistem komputer. Penentuan koordinat tersebut menggunakan penggabungan teknik zhang dan xiaobo.

Penelitian ini akan menghasilkan sebuah sistem kalibrasi pada robot sepakbola yang mampu mendeteksi sebelas bentuk identitas robot pada robot sepakbola ukuran besar 11 lawan 11 dan mentransformasikan koordinat nyata lapangan kedalam sistem komputer secara lebih cepat dan akurat.

Kata kunci : Robot Bioloid, Sistem Kendali, Robot Biolodi

 

Contoh Abstrak Skripsi Oli Losses

Contoh Abstrak Skripsi Oli Losses
marketwatch.com

APLIKASI EVALUASI PENENTUAN FAKTOR KOREKSI PRODUKSI PENYEBAB OIL-LOSSES

Abstrak

Didalam dunia perminyakan, proses pengiriman minyak mentah yang diproduksi selalu menggunakan pipa salur bersama melalui suatu Perjanjian Pemanfaatan Sistem Transportasi Bersama (yaitu “Pipeline Transportation Agreement” atau “Handling and Transportation Agreement”).

Sebagai dampak akan sistem pengiriman dengan pemakaian pipa salur yang sama tersebut, muncul permasalahan yakni adanya kehilangan minyak (oil losses) antara Stasiun Produksi (SP) sebagai delivery point dengan Pusat Pengumpul Produksi (PPP) sebagai sales point.

Hal tersebut menyebabkan masalah pada sistem transportasi minyak bumi menggunakan jaringan perpipaan karena sering kali terjadi klaim bahwa minyak bumi yang diterima volumenya lebih rendah dari pada minyak bumi yang dikirim.

Oleh karena itu perlu diadakan kajian evaluasi oil losses dalam rangka mengidentifikasi penyebab terjadinya losses, menentukan besarnya volume losses dan menetapkan Faktor Koreksi Produksi bagi masing-masing minyak mentah yang diserahkan oleh produsen di SP yang didasarkan pada sifat minyak bumi dari masing-masing lapangan yang mengakibatkan terjadinya penyusutan, penguapan dan emulsi minyak bumi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat mengevaluasi dan menentukan Faktor Koreksi Produksi penyebab oil-losses yang ditinjau dari Faktor Penyusutan minyak, Faktor Emulsi minyak dan Faktor Penguapan minyak.

Aplikasi ini akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. MySQL adalah teknologi yang di gunakan untuk database dari aplikasi ini.

Baca Juga  31+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu, Pengertian dan Strukturnya

Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Waterfall yang meliputi tahapan rekayasa sistem, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan tahap pengujian. Entitas yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu admin dan user.

Aplikasi ini mengoptimalkan metode evaluasi sebelumnya yang masih dilakukan secara manual. Data yang disajikan lebih akurat (human-error yang kecil), efisien dan dapat ter-update secara real time karena tersimpan di dalam database.

Hasil analisis dan evaluasi aplikasi ini dapat dijadikan acuan dalam membandingkan oil losses yang terjadi di lapangan dengan dengan hasil perhitungan matemastis sehingga menjadi bukti oleh Pusat Pengumpul Produksi (PPP) terhadap klaim yang sering terjadi.

Kata kunci : Oil Losses, Faktor Koreksi Produksi, Pencampuran Minyak, Emulsi Minyak, Penguapan Minyak.

Contoh Abstrak Skripsi Pengembangan

contoh Abstrak Skripsi Pengembangan

Format Abstrak

format abstrak
pixabay.com

Berikut ini adalah format abstrak atau susunan dan komponen yang wajib disertakan pada tulisan abstrak.

  1. Judul Tulisan Abstrak

Tentunya pada sebuah karya tulis terdapat bagian paling atas yang biasa kita sebut judul. Karena letaknya tersebut, berarti kita harus membuat judul tulisan abstrak dengan semenarik mungkin, dengan begitu bisa memikat para pembaca supaya lebih lama lagi untuk membaca hasil karya ilmiah anda.

Disamping mesti memperhatikan susunan kata yang baik dan juga menarik, hal yang perlu kita ketahui adalah pada umumnya terkait penulisan judul terdapat hal yang berisi tentang “apa” yang hendak didiskusikan pada tulisan abstrak.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat suatu kalimat yang bisa menimbulkan rasa pertanyaan dan penasaran bagi para pembaca tulisan kamu.

  1. Latar belakang Tulisan  Abstrak

Sesudah kita mengulas mengenai judul abstrak yang baik dan juga harus menarik para pembaca, berikutnya kita membahas latar belakang adanya pembuatan karya tulis.

Supaya ada nyambungnya terkait penjelasan yang ingin disampaikan kepada pembaca, maka kita harus memakai kata tanya “mengapa” pada kata kunci pembuatan latar belakang karya tulis abstrak.

  1. Gambaran Tulisan  Abstrak

Terkait gambaran tulisan abstrak sendiri dapat dikatakan lumayan luas, pada umumnya bergantung mengenai hal yang hendak disampaikan dari karya tulis.

Akan tetapi dilihat pada umumnya pembuatan gambaran tulisan abstrak, direkomendasikan anda menggunakan kata tanya atau kata kunci “Kapan?Dimana?Berapa?Bagaimana”.

Baca Juga  Bukan Cuma Bikin Ngakak, Kata-Kata Lucu Ini Bakal Bikin Kamu Mikir!

Alasan menggunakan kata tanya itu yaitu dengan tidak langsung akan menuntut kita supaya lebih memberikan penjelasan yang lebih singkat padat namun menyeluruh dan pastinya berdasarkan apa yang sepatutnya disampaikan.

  1. Kesimpulan Tulisan  Abstrak

Hal yang paling utama dan tidak kalah penting yaitu pada bagian terakhir ini. Tidak sekedar berisi mengenai rangkuman isi karya tulis abstrak, akan tetapi bahkan bisa lebih terkait solusi apa yang hendak diberikan mengenai permasalahan yang sudah dibahas atau dapat pula pelajaran apa saja yang bisa diambil dan dibahas untuk kedepannya.

Dengan begitu, berdasarkan penjelasan yang sudah kita baca, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya penilaian baik atau tidaknya suatu tulisan abstrak tergantung terpenuhi atau tidaknya asas jurnalistik yang berlaku. Kita biasa menamakannya “5 W 1 H”. yaitu

  • Who : Siapa?
  • What : Apa?
  • Why : Mengapa?
  • Where = Di Mana?
  • When : Kapan?
  • How : Bagaimana?
  • ditambah “1 H” lagi: How many : Berapa?

Sementara jika ditinjau dari sisi aturan penulisan, maka suatu abstrak harus indah dan juga singkat. Sama seperti yang telah kita bahas sebelumnya apabila tulisan abstrak tidak diperkenankan memiliki jumlah kata lebih dari 3000 kata atau dapat juga dikatakan paling tidak harus singkat sekali.

Dan walau singkat, akan tetapi mesti sesuai dengan aspek keindahan. Adapun diantara faktor keindahan suatu tulisan yaitu dari tata letak dan pemilihan kata dan bahasa yang dipakai dan juga tanda baca.

Kemudian untuk acuan untuk tulisan abstrak yang baik ialah isinya harus jelas atau gamblang, detail atau lengkap, singkat atau konsisten dan logis ? saling sesuai atau kohesi.

Dengan begitu, ada 4 aspek yang perlu dipenuhi terkait penulisan tulisan abstrak. Ada kemungkinan besar hasil karya tulisan anda sudah standar dan pantas untuk dilanjutkan.

 

Oke, 2 contoh abstrak di atas bisa kamu terapin di skripsi kamu. Aku do’ain semoga kamu cepat lulus dan dosenmu  berbaik hati menunjukan jalan yang lurus untuk kelulusanmu 🙂

  • contoh abstrak tugas akhir
  • contoh abstrak paper
  • contoh abstrak bahasa indonesia
  • contoh abstrak skripsi
  • contoh abstrak makalah pendidikan

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.