Contoh Berita Acara Kejadian, Serah Terima, Kegiatan, Barang

Contoh Berita Acara – Selamat datang di portal hidupsimpel. Hai teman-teman, pernahkah dari kalian menyusun berita acara ? Umumnya berita acara tersebut disusun sesudah kita mengerjakan sebuah aktifitas atau kegiatan. Adapun pengertian berita acara adalah suatu naskah dinas atau surat yang mana pada isinya tersebut mengandung pernyataan persetujuan dan peresmian mengenai kegiatan tertentu, rapat, kejadian, peristiwa, kerusakan serta serah terima barang.

Contoh berita acara tersebut benar benar diperlukan untuk mereka yang mengalami kesusahan dalam membikinnya atau juga malahan yang masih belum tahu dan paham apa itu berita acara.

Meskinya, setiap dari kita harus tahu, karena berita acara ini benar benar penting bagi kita terutama ketika hendak menjalin kerja sama dengan orang lain, entah itu dengan individu maupun kelompok.

Berita acara memuat keterangan yang begitu detail atau rinci tentang siapa saja termasuk, di mana kejadian yang sedang terjadi, kapan waktunya dan sebagainya.

Berita acara malahan kerap kali dibilang sebagai dokumen yang menerangkan kronologi maupun latar belakang buat kepentingan bisnis maupun hukum.

Pada artikel ini, nantinya kita akan mengulas mengenai berita acara dengan lebih rincinya. Diawali dari cara membuat berita acara yang betul, bagus dan menarik, contoh format berita acara, dan sejumlah berita acara yang dapat kamu gunakan untuk referensi

Cara Membuat Berita Acara

cara membuat berita acara

Sebagian perihal yang sebaiknya kamu cermati sebelum membuat berita acara. Apa saja hal itu? Inilah berbagai daftar lengkap dan penjelasannya.

  1. Segenap pihak yang termasuk pada maupun kegiatan perlu dicatat dengan rinci. Biasanya terbagi atas nama, tempat tinggal, tempat tanggal lahir, alamat rumah, pekerjaan dan poin poin yang lain yang setidaknya bisa memberikan keabsahan informasi tertentu. Contohnya nomor identitas (KTP / NPWP / SIM DSB )
  2. Tempat peristiwa yang perlu di catat meliputi alamat detail, meliputi pola kode posnya.
  3. Adanya tanda tangan dari pihak yang terlibat dalam acara.
  4. Anda pula dapat memberikan saksi apabila memang dibutuhkan demi menjagai keabsahan berita acara itu.
  5. Berita acara serah terima barang, jabatan, dan pekerjaan mesti lebih rinci terkait jenis-jenis barang yang hendak diserah terimakan.

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

contoh berita acara serah terima barang
jne.co

Berita acara serah terima barang merupakan termasuk dokumen penyerahan barang yang amat krusial. Alangkah baiknya apabila Surat ini secepatnya diberikan bubuhan tanda tangan ketika sedang prosesi penyerahan suatu barang oleh satu pihak tertuju pihak yang lain.

Jadi apabila suatu waktu terdapat permasalahan maupun perselisihan, maka berita acara ini dapat digunakan untuk bukti penyerahan barang-barang. Dokumen ini tentunya begitu simpel dan sederhana, namun begitu bukanlah sesimpel permasalahan yang dapat muncul di hari yang akan datang.

Oleh karena itu, janganlah bimbang dalam membuat berita acara serah terima barang apabila terdapat pemindahan barang. Jika kamu sama sekali tidak mengerti format dan rangkaian kalimatnya, inilah beberapa contoh surat berita acara serah terima yang dapat kamu gunakan untuk referensi.

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, Pada hari ini ……..Tanggal ….. Bulan …………. Tahun ….
Nama : ___________________________________
Jabatan : ___________________________________
Alamat : ___________________________________
Selanjutnya sebagai PIHAK PERTAMA

Nama : ___________________________________
Jabatan : ___________________________________
Alamat : ___________________________________
Selanjutnya sebagai PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

No. Nama Barang Jumlah
1 Laptop Macbook Pro 9 3 Unit
Baca Juga  Gambar Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana, Modern dan Pas

Demikianlah berita acara serah terima barang ini diadakan oleh masing masing belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam kondisi normal dan baik, semenjak penandatanganan berita acara ini, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara merawat dengan baik dan dipakai untuk kebutuhan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).
Yang Menyerahkan : Yang Menerima :
PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

(………………………..) (………………………..)

 

Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

contoh berita acara serah terima pekerjaan

 

Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan

PT. Mawar Melati
Ruko Permata Jingga Blok A9 No. 21 Jl. Raya Jenderal Soedirman. 3,8 Jakarta 98831
Telp. 0822 531 762 Fax. 022 675432 Mobile. 09762478925
Website: www.lengkapedia.com Email: [email protected]
SURAT SERAH TERIMA
No. 21/SAA/PSAB/XII/21
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Muhammad Luthfan Pamungkas Angga Jaya
Jabatan : Manager Pemasaran PT. Mawar Melati
NIP : 9316412
Alamat : Jl. Melati Merah No.21 Jakarta
No. KTP/SIM : 3173556865757889
Sudah melaksanakan serah terima tugas selaku Manager Pemasaran PT. Indo Segar Rahayu kepada :
Nama : Sintia Dewi Maharani
Jabatan : Asisten Manager Pemasaran PT. Mawar Melati
NIP : 42134579
Alamat : Jl. Pondok Sari 3 No. 122 Jakarta
No. KTP/SIM : 21356773112365450
Serah terima tugas ini dilaksanakan berkaitan dengan pengadaan Cuti lantaran ada kepentingan keluarga yang hendak diadakan pada tanggal 21 Agustus hingga menjelang 30 Agustus 2017. Demikianlah berita acara ini kami susun untuk dijadikan bahan seperlunya.Dibuat di : Jakarta
Tanggal : 14 November 2016Yang menerima                 Yang MenyerahkanSintia Dewi Maharani   Muhammad Luthfan Pamungkas Angga JayaMengetahuiDirektur Utama PT. Mawar MelatiKhoirul Hafidz Reza Dwi P.

———————————————–

Patut kita ketahui bersama kalau masing-masing perusahaan memiliki format yang berbeda. Akan tetapi kita dapat bikin format sendiri untuk alat bantu apabila sekretaris lagi berhalangan untuk datang atau hadir.

Surat tanda terima ini benar benar menolong kita ketika ada masalah yang berhubungan dengan penerimaan dan penyerahan barang. Surat ini pula membantu untuk melakukan transaksi di periode selanjutnya.

Ketika menyerahkan suatu hal, entah itu berupa dokumen, jabatan, maupun yang lain kepada rekan kerja kita, oleh karena itu terlebih dahulu rekan kerja kita patut menandatangani di kolom yang sudah tersedia untuk bukti kalau dia telah menerimanya.

Contoh Berita Acara Rapat

POKJA BUDIDAYA LAHAN PEKARANGAN RUMAH

PNPM MANDIRI PERDESAAN POLA KHUSUS MP3KI

PROGRAM PENDAMPINGAN

 

Berkaitan dengan rencana pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI untuk Tahun Anggaran 2016 di Kecamatan Dau, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur , maka pada hari ini :

Hari / Tanggal : ……………………………………

Waktu : 09.00 s/d Selesai

Tempat : Desa Sumberejo Dau Balikpapan

Telah dilaksanakan Pelatihan Budidaya Garut Program Budidaya Lahan Pekarangan Kegiatan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI skema percepatan yang didatangi oleh peserta dari wakil-wakil kelompok atau dusun dan unsur lain yang termasuk di Kecamatan, sebagaimana tercatat di dalam Daftar Hadir Terlampir.

Materi atau topik yang dibahas pada forum ini serta yang bertugas sebagai unsur pimpinan rapat dan nara sumber adalah :

  1. Materi atau topik

……………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………….

  1. Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber:

Pimpinan Rapat : …………………………

Sekretaris /

Notulis : ………………………………..

Narasumber

  1. . ………………………….. dari …………………………
  2. ……………………….. dari …………………………
  3. . ………………….….. dari ……………………

dan seterusnya

Sesudah dilaksanakan pembahasan dan diskusi terkait materi atau topik diatas berikutnya seluruh peserta menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketepatan menjadi keputusan Akhir acara ini, yaitu :

………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………….

Demikianlah Berita Acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang,

……………………….

Pemimpin Rapat Notulis / Sekretaris

(______________________) (______________________)

Mengetahui

Camat Bupati Balikpapan

( .)

NIP.

Mengetahui dan Menyetujui

Wakil dari Peserta Musyawarah

Nama Alamat Tanda Tangan

  1. ………………………….. ……………………………….. ………………
  2. ………………………….. ……………………………….. ………………
  3. ………………………….. ……………………………….. ………………
Baca Juga  Desain Taman Minimalis Depan, Belakang & Dalam Rumah

 

Contoh Berita Acara Pemeriksaan

POLRI  KOTA BESAR MALANG RAYA

SEKTOR KOTA MALANG KOTA

                         

 PRO JUSTITIA :

BERITA ACARA PEMERIKSAAN

SAKSI

—– Pada hari ini Selasa tanggal 17 bulan Februari Tahun 2011 Tujuh sekira jam 14.00 Wib, Saya  : ———————————————————————————————————–

———————————————-Prita Angga Dewi, SH ————————————–

—– Pangkat AIPDA Nrp 12040323 sebagai Penyidik pembantu pada kantor tersebut di atas menurut Surat Keputusan Kapolda Riau No.Pol.: Skep / 143 / VI / 2005, tanggal 30 juni 2005, sudah menjalankan Pemeriksaan terhadap satu orang Perempuan  yang tidak dikenal mengaku bernama : ————————————————————–

———————————– Vita Alamsyah Als. Vita Binti Andre————————–

Tempat tanggal lahir Pekalongan / 31 Februari 1989, Umur 28 Tahun, Agama Islam , Kewarganegaraan Indonesia, Pekerjaan Wiraswasta, Alamat Jl. Apel No. 05 Malang Nomor Hp. 083172904883 / 0761-7024750———————————————

 —– Ia diperiksa untuk diminta dan disimak penjelasan sebagai Saksi korban berkaitan dengan Perkara yang diduga telah terdapat Penganiayaan , kejadian di Jl. Soekarno depan  Studio Band Anggun Malang, sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 351 KUHP , sehubungan dengan Laporan Polisi No.Pol.:LP/          / III /2007/Polsek, tanggal 19 Maret 2007. ——————————————————————————-

—– Atas pertanyaan–pertanyaan Pemeriksa yang diperiksa memberikan keterangan dan jawaban sebagai berikut dibawah ini : ————————————————————-

                       PERTANYAAN                                                       JAWABAN

1.    Apakah Saudari dalam kondisi sehat jasmani ataupun rohani pada saat sekarang ini, Maukah untuk diperiksa dan akan memberikan keterangan yang sebenarnya? .——-

—– 1.  Saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani pada saat sekarang ini, bersedia diperiksa dan akan memberikan keterangan yang sebenarnya . ——–

2.    Saudari dimintai keterangan selaku Saksi dalam perkara Penganiayaan

Apakah saudari berkenan dan dapat memberikan keterangan dalam pemeriksaan sekarang ini Jelaskan ? .———————————————————————————

—–2.   Ya , Saya berkenan dan bisa memberikan keterangan dalam pemeriksaan sekarang ini. ————————————————————————————-

3.    Bilamana , Dimana tempat terjadinya Penganiayaan tersebut Jelaskan ? .——————–

—–3. Kejadiannya pada hari Minggu tanggal 18 Maret 2007 kira-kira jam 12.00 Wib di Jl. Soekarno Depan Studio Band Anggun Malang ———————————–

4.   Kemungkinan apakah anda tahu pihak yang melakukan Penganiayaan tersebut terhadap Saudari di saat itu , apakah Saudari kenal dengan laki–laki tersebut , Jelaskan ?.————————————————

4.   Yang melakukan Penganiayaan kepada diri saya tidak mengenali akan tetapi teman biasa menyebutnya AAN .———————————————————————

5.  Dengan cara apa laki-laki tersebut melakukan penganiayaan kepada Saudara, Jelaskan ?————————————————————————————————-

5.   Saya daniaya dengan cara menghantamkan sebuah Stik Drum secara kuat serta terkena pada bagian Punggung samping  ———————————————————-

6.   Apakah dampaknya kepada saudari dengan saudari dihantam oleh laki-laki tersebut, tolong jelaskan ?————————————————————————————————–

6.   dampaknya pada diri saya dengan saya dipukul dengan menggunakan stik saya mengalami sakit dan punggung saya berdarah dan ada patah tulang di sebelah rusuk kiri sampai saat ini——

7.   Apakah dengan Saudari mendapatkan penganiayaan dari seorang laki – laki yang tidak anda dikenal tersebut Saudari bisa menjalankan aktifitas sehari – hari atau menjalankan pekerjaaan  , Jelaskan ? . ————————————————————————————————-

—–7.   Karena Saya mendapatkan penganiayaan dari seorang laki – laki yang saya tidak kenal tersebut saya tidak mampu untuk menjalankan pekerjaan saya dan saya merasa masih sakit—————————————————————————————-

8.   Apakah Saudari ada dirawat atau di Opname di Rumah Sakit , Bila ada dimana dan berapa waktu Saudari diOpname , Jelaskan ?.———————————————————-

—–8.   Saya dirawat dan berada di rumah sakit namun tidak di opname, kira-kira hampir satu minggu, akibat mendapat penganiayaan dari laki-laki tersebut, kemudian saya kembali pulang ke rumah dan beristrirahat kembali karena kondisi masih belum fit  ———————————————————————————————

9.   Apakah Saudari sudah mendapatkan pengecekan dari Dokter dan hasilnya bagaimana, Jelaskan ?.——————

—–9.   Saya sudah di periksa oleh Dokter di Rumah sakit Polisi dan saya masih belum tahu mengenai hasilnya, akan tetapi tetap dianjurkan untuk beristrirahat. ——————————————————-

10.Berapa kali Saudari mendapatkan pukulan dari laki-laki tersebut dan juga alat apa yang digunakan, Jelaskan ?.—————————————————————————————————

—–10.Saya mendapatkan pukulan sebanyak 10 (sepuluh) kali dengan memakai Alat Stik drum.———-

11.Dimanakah  Saudari berada ketika dipukul oleh laki – laki tersebut , adakah orang lain yang menyaksikannya , apabila ada siapa, Jelaskan ? . ———————————————————-

11.Saya di pukul di Jl. Soekarno depan Studio Band Anggun malang di saat itu ada banyak orang yang menyaksikan dan salah seorang adalah bernama LINA dan ARI —

12. Mengapa Saudari di pukul oleh laki – laki tersebut , apa yang menjadi asal usul penyebabnya , Jelaskan?.—————————————————————————————————

12.Pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2011 kira-kira jam 21.00 Wib , Saya jalan-jalan dengan LINA untuk bermain dan biasa berkumpul dengan teman – teman dan berikutnya menempatkan kendaraan di parkiran, kemudian tiba – tiba muncul laki – laki tersebut dan juga memarkirkan kendaraan dan ketika itu saya hendak pulang dan teman laki-laki itu duduk di atas kendaraan saya lalu saya permisi dengan yang duduk di kendaraan saya dan bilang“ Bang permisi ya “ , kemudian dijawab “ Ya Dek” , terus ada yang berkata “ Bajunya bagus seperti kayak orangnya , Tetapi masih ada kurangnya, Dadanya kurang besar “ , kemudian saya tidak terima dan bilang“ Apa kamu bilang dan saya akhirnya mendorong laki-laki itu” lalu saya tibat-tiba dihantam menggunakan 2 buah stik drum yang mengarah ke punggung saya bagian ujung stik tersebut dan mengenai punggung saya dengan berkali-kali dan waktu itu saya hendak melawan akan tetapi di tarik oleh Ari dan Lina dan terjadilah perang mulut dan seterusnya kemudian saya pergi untuk pulang ———————————————————————————————–

13. Sudah benarkah seluruh keterangan yang Saudari kasih berkaitan dengan kejadian yang dilaporkan tersebut  dan bisa dipertanggung jawabkan selanjutnya didepan persidangan , Jelaskan ?.——————————————————————————–

—–13.Seluruh keterangan yang Saya jelaskan ini yaitu benar dan bisa dimintai pertanggung jawaban nantinya di depan persidangan  —————————–

14. Apakah masih ada keterangan lain yang Saudari perlu jelaskan dan tambahkan berkaitan dengan perkara Penganiayaan tersebut , Jelaskan  ? .—————————————-

—–14.Keterangan lain yang perlu saya berikan serta tambahkan berkaitan dengan perkara Penganiyaan tersebut sudah tidak ada lagi  ——————————————-

—– Sampai disini Berita Acara Pemeriksaan dihentikan , Lalu kembali dibacakan kepada yang diperiksa dengan bahasa yang bisa dipahami yakni bahasa Indonesia , seusai dibaca Ia berkata setuju dan memberikan tanda tangan dibawah ini .—————————————————————————————

               Yang diperiksa

 Vita alamsyah Als. Vita Binti Andre

—– Demikian Berita Acara Pemeriksaan ini disusun dengan apa adanya dengan kekuatan sumpah jabatan saya sekarang ini , Lalu ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal tersebut diatas di Malang.———————————

Penyidik Pembantu

Prita Angga Dewi, SH

AIPDA NRP 0402222659

Contoh Berita Acara Kejadian

contoh berita acara kejadian

 

Baca Juga  Pakaian Adat Bali Pria dan Wanita Lengkap | Penjelasan

Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

contoh berita acara penyelesaian pekerjaan

Contoh Berita Acara Pembayaran

contoh berita acara pembayaran

Nah itulah pembahasan singkat mengenai apa itu berita acara dan contoh berita acara yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Membahas mengenai contoh kurang lengkap jika tidak membahas contoh surat kuasa

  • Contoh berita acara
  • Contoh berita acara kejadian
  • Contoh berita acara serah terima
  • Contoh berita acara rapat
  • Contoh berita acara kegiatan
  • Contoh berita acara kehilangan
  • Contoh berita acara penyelesaian pekerjaan

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.