Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Contoh paragraf deduktif – Selamat datang di portal hidupsimpel, pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh paragraf deduktif. Di semua dunia pelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia, tentunya dibahas tentang paragraf deduktif. Lewat pemahaman yang mendalam mengenai berbagai jenis paragraf khususnya paragraf deduktif akan memudahkan kita untuk mencari inti dari suatu kalimat.

Di samping itu, untuk kalian yang nantinya hendak menulis suatu karangan dengan mengerti ciri cirinya akan mudah sekali dalam mengerjakannya.

Pengertian Paragraf Deduktif

pengertian paragraf deduktif
africanleadership.co.uk

Pengertian paragraf sendiri yaitu bagian dari suatu tulisan yang berisi satu kalimat utama dan terdiri dari kalimat pendukung atau penjelas.

Kalimat deduktif tergantung pada penempatan kalimat utamanya. Pada umumnya letak kalimat utama ada di awal paragraf dan kemudian disusul dengan kalimat penjelas.

Intinya adalah terkait format paragraf yakni dari yang umum menuju yang khusus. Sehingga kedepannya nanti akan memudahkan bagi kita ketika akan menulis suatu karangan atau artikel dengan memakai format paragraf deduktif, lantaran inti dari informasi yang kita tulis di awal paragraf pada artikel tersebut.

Supaya bisa membedakan antara paragraf deduktif dengan jenis paragraf yang lain, kita bisa mengidentifikasinya pada ciri ciri yang terdapat di paragraf deduktif.

Salah satu cirinya yaitu kalimat utama paragraf deduktif terletak di awal paragraf, ditambah lagi susunan kalimat pada paragraf deduktif yaitu dari yang umum ke khusus.

Supaya lebih gampang untuk memahami paragraf deduktif serta apa saja yang menjadi pembeda dengan jenis paragraf yang lain, berikut ini akan saya jelaskan contoh contohnya.

Contoh Paragraf Deduktif

contoh paragraf deduktif
rnib.co.uk

Berikut ini adalah kumpulan contoh dari kalimat paragraf deduktif yang bisa kalian analisa, silahkan dibaca.

Baca Juga  Sejarah Dunia Yang Disembunyikan, Konspirasi di Balik Dunia

Contoh paragraf Deduktif Tentang Teknologi

contoh paragraf deduktif tentang teknologi
waktuku.com

Kegunaan Smartphone sendiri amatlah penting bagi keseharian manusia. Alat komunikasi ini bisa jadi alat komunikasi yang efektif dan efisien. Dahulunya manusia harus kirim mengirim surat lewat pos dan memakan waktu yang lama, sekarang hanya dengan handphone waktunya sangat cepat walaupun jarak diantara keduanya amat jauh.

Yang dahulunya sekedar berfungsi untuk komunikasi saja, sekarang banyak sekali kegunaan lainnya untuk meringankan pekerjaan manusia. Diantara tambahan fungsi tersebut yaitu kalkulator, GPS, penyimpanan foto, aplikasi, memo, kamera dan sebagainya.

Tentunya dengan berbagai fitur fitur tersebut, cukup dengan menggenggam handphone, maka segala urusan manusia akan dipermudah, contohnya ketika manusia sedang tersesat di suatu tempat, cukup dengan membuka handphone maka dia akan menemukan jalan keluarnya.

Berdasarkan paragraf di atas, pola pengembangan pikirannya yaitu dengan pola deduksi, di bawah ini adalah penjelasannya.

Kegunaan handphone sendiri sangatlah penting… (Gagasan utama atau umum).

Alat komunikasi ini (pendukung utama 1 atau khusus)

Dahulunya manusia. . .(pendukung tambahan 1 atau khusus)

Yang dahulunya sekedar . . . (pendukung utama 2 atau khusus)

Di antara tambahan fitur fitur tersebut yaitu (Pendukung tambahan 2,1 atau khusus)

Tentunya dengan berbagai fitur fitur tersebut (pendukung tambahan 2.2 atau khusus)

Keterangan :

Gagasan utama atau khusus adalah topik dari pembahasan, pendukung utama yaitu kalimat pendukung atau penjelasan dari gagasan utama, pendukung tambahan yaitu kalimat pendukung dan penjelasan lebih lanjut dari gagasan pendukung.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lalu Lintas

contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas
blurbpoint.com

Masalah kemacetan sudah merupakan hal yang biasa di kota kota besar khususnya Ibukota Jakarta. Ada banyak faktor penyebab dari kemacetan sendiri yaitu antara jumlah kendaraan dengan luas jalan di ibukota tidak seimbang.

Yang kedua, kurang kedisiplinan dan kesadaran dari masing masing pengguna jalan raya. Yang ketiga, hadirnya area area yang bisa menambah kemacetan seperti rel kereta api, banjir, pasar, halte yang sudah tidak berfungsi, pedagang kaki lima, dan contoh yang lainnya.

Yang paling akhir yaitu minimnya ketegasan dari pihak yang memiliki kewenangan untuk memberikan tindakan atau sanksi bagi mereka yang melanggar.

Baca Juga  Pengertian Bencana Alam Beserta Cara Penanggulannya

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Para pemuda dari desa Bendosari menetapkan kebijakan waktu pelaksanaan jam belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib. Sebelum pemberlakuan kebijakan tersebut, terdapat banyak anak sekolah yang diabaikan keluyuran di luar rumah, dan cuma duduk di pinggir jalan ketika tengah masuk jam belajar.

Pemuda-pemuda tersebut nantinya akan datang ke rumah orang tua mereka dan menyampaikan pengertian terkait pentingnya belajar bagi anak anak mereka.

Apabila warga menjumpai anak-anak lagi berkumpul di pinggir jalan disaat jam belajar, maka mereka akan diberikan peringatan lalu diajak untuk belajar bareng bareng.

Menurut kebijakan tersebut, pemberlakuan jam belajar masyarakat di mulai dari jam 18.00 sampai jam 20.00.

Keterangan : pada paragraf diatas, kalimat utamanya yaitu kalimat pertama, pada kalimat Para pemuda dari desa Bendosari menetapkan kebijakan pelaksanaan jam belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

contoh paragraf deduktif tentang lingkungan
pernikdunia.com

Tikus termasuk dari musuh petani yang sangat meresahkan dan mengganggu. Berbagai sawah dan ladang yang luasnya berhektar hektar di berbagai daerah terancam gagal panen akibat dari banyaknya tanaman padi yang dilahap tikus.

Tanaman lainnya seperti singkong juga tidak lewat jadi sasaran, malahan buah petai China yang sudah dewasa sudah luds dimakan hewan pengerat ini. Tidak sekedar itu saja, jenis hewan ternak lainnya seperti ayam, bebek pun pula jadi sasaran tikus.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

contoh paragraf deduktif tentang kesehatan
studying-in-us.org

Penyalahgunaan narkoba amatlah berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita. Narkoba memiliki efek seperti ketagihan dan masing masing jenis narkoba memiliki efek yang tidak sama satu dengan yang lainnya contohnya seperti membuat detak jantung jadi cepat dari kondisi normalnya dan juga jumlah kasus kematian pemakai narkoba amatlah tinggi karena disebabkan overdosis.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan

contoh paragraf deduktif tentang kebersihan
sunlight.co.id

Menjaga kebersihan merupakan hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, kita mesti menjaga kebersihan pakaian yang kita pakai ataupun lingkungan tempat untuk kita tinggali. banyak sekali kasus orang yang terjangkit penyakit lantaran minimnya menjaga kebersihan.

Baca Juga  Contoh Paragraf Deskripsi | Spasial, Subjektif, Objetif Lengkap

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial Budaya

contoh paragraf deduktif tentang sosial budaya
via blogspot.com

Indonesia adalah negeri yang sangat majemuk. Ada banyak sekali kepercayaan atau agama, suku budaya yang beraneka ragam seperti suku Madura, Ambon, Jawa, Batak dan sebagainya yang mempunyai ciri keunikan tersendiri.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah

contoh paragraf deduktif tentang sekolah
bbc.com

Memiliki pola fikir yang ilmiah dapat diterapkan pada siswa semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. Terus Bagaimana langkah-langkahnya? Contohnya saja, siswa diajak untuk melihat dan mencatat jenis dan jumlah tanaman bonsai yang ada di area sekolah.

Ketika sudah beranjak di bangku SMP, ajaklah siswa untuk melakukan penelitian skala kecil dengan membuat eksperimen sederhana.

ketika siswa sudah berada di bangku SMA, fokus pengajaran berfikir ilmiah lebih ditujukan pada pengerjaan pelatihan, yang lebih beragam atau pengembangannnya.

Maksudnya, supaya dapat berfikir ilmiah dalam belajar, siswa tidak diharuskan lagi menunggu sampai jadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Contoh paragraf Deduktif Tentang Kedisiplinan

Aturan lalu lintas sudah semestinya ditaati oleh semua pihak dengan sebaik mungkin. Pembuatan aturan sendiri bukanlah untuk menyulitkan bagi para pengendara jalan raya disaat mengemudikan kendaraannya di jalanan. Akan tetapi, aturan dibuat supaya menjaga ketertiban dan keamanan bersama.

Namun faktanya, masih ada saja berbagai kasus kecelakaan disebabkan kelalaian dan tidak patuhnya pengguna jalan. Misalnya saja, banyak pengguna kendaraan bermotor menyerobot saja palang kereta api.

Akibat melanggar lalu lintas tersebut, sudah banyak yang mengalami kecelakaan. Semestinya sabar menunggu kereta api lewat yang cuma sebentar saja adalah hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan semuanya.

Disamping itu juga, yang perlu jadi perhatian lagi yaitu lengkapnya semua atribut berkendara seperti helm, STNK, SIM, Spion san sebagainya. Dengan demikian, kedepannya bisa lebih meningkat kembali ketertiban dan juga keamanan di jalan raya.

Dengan memahami semua jenis paragraf tentunya sangatlah membantu sekali ketika hendak mengidentifikasi suatu kalimat. Demikianlah informasi tentang contoh paragraf deduktif, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment