9+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Contoh Teks Eksposisi – Selamat datang di portal hidupsimpel, yah pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai contoh teks eksposisi. Tentunya teks eksposisi sangat dekat relasinya dengan pelajaran bahasa Indonesia. Teks eksposisi sendiri adalah diantara dari berbagai macam macam teks yang ada, selain teks narasi, teks deskripsi, teks prosedur dll.

Seperti halnya dengan jenis teks yang lain, teks eksposisi juga memilki karakter tertentu, struktur kalimat, jenis, unsur kebahasaan, contoh serta yang lainnya yang membuat perbedaan teks eksposisi dibandingkan teks yang lainnya.

Baiklah, marilah langsung saja kita jelaskan secara penuh.

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI

teks eksposisi adalah
500px.com

Teks Eksposisi adalah salah satu diantara bentuk tulisan atau karangan yang isinya berusaha untuk menjelaskan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut dengan gaya penulisan yang singkat, padat serta jelas.

CIRI-CIRI TEKS EKSPOSISI

ciri ciri teks eksposisi
500px.com
  • Berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran
  • Bahasa yang digunakan ialah bahasa yang informatif
  • Penyampaian isinya secara gamblang, lugas dan penggunaan bahasa yang baku
  • Menjelaskan berbagai informasi-informasi berbasis pengetahuan
  • Bersifat objektif atau netral maksudnya tidak memihak siapapun. Bisa juga tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Penjelasannya disertai data-data yang bisa dipertanggung jawabkan dan akurat
  • Menunjukkan sebuah fakta yang berfungsi sebagai alat konkritasi dan kontribusi

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

struktur teks eksposisi
bbc.com

1. TESIS ATAU PERNYATAAN PENDAPAT

Bagian pertama pada teks eksposisi adalah tesis yang memuat pandangan atau prediksi penulis. Atau juga bisa Tesis ialah bagian teks eksposisi yang memuat isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas topiknya.

Pastinya suatu tesis berdasarkan dari sebuah bentuk pernyataan yang nantinya akan didukung dengan sebuah argumen. Pada umumnya tesis berada di awal teks eksposisi, meskipun terkadang ada kemungkinan kita bisa juga menemukannya pada bagian akhir suatu teks eksposisi. Tesis sangatlah penting untuk merangkai contoh teks eksposisi

2.  ARGUMENTASI

Argumentasi dalam teks eksposisi terdiri atas kalimat-kalimat yang memuat argumentasi pendukung tesis yang telah disampaikan oleh penulis pada bagian pendahuluan.

Ciri-ciri argumentasi yang baik adalah argumentasi yang mengungkapkan satu sisi argumentasi, berisi argumentasi dan penjelasan untuk mendukung pandangan atau perkiraan dalam tesis, menyertakan bukti pendukung dan hasil data yang diraih.

Pada prakteknya, argumentasi juga dapat dipakai untuk menyanggah bahkan menolak suatu pernyataan dari pihak lain.

3. PENEGASAN ULANG PENDAPAT

Dalam bagian penegasan ulang pendapat berisikan pernyataan pandangan atau prediksi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang memuat fakta-fakta dalam argumentasi

Bagian ini adalah suatu kesimpulan yang memberikan penegasan kembali dari tesis yang didiskusikan di awal teks eksposisi dan pendukung argumentasi yang disertakan dengan fakta.

JENIS-JENIS TEKS EKSPOSISI

jenis teks eksposisi
holmen.com

1. Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi definisi adalah jenis paragraf eksposisi yang hanya menjelaskan pengertian / definisi pada satu topik tertentu secara mendalam.

2. Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi proses adalah langkah-langkah / cara-cara dalam melakukan sesuatu secara urut dari awal sampai akhir atau selesai.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi ilustrasi yaitu suatu jenis paragraf yang memaparkan informasi atau pembahasan-pembahasan suatu topik dengan metode menampilkan gambaran atau penjelasan yang simpel terkait sebuah topik dengan topik yang lainnya yang memiliki persamaan baik sifat atau kemiripan dalam suatu hal tertentu.

4. Teks Eksposisi Laporan

Teks Eksposisi laporan ialah jenis dari paragraf eksposisi yang menjelaskan laporan dari suatu peristiwa atau dari suatu penelitian yang ditentukan.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi perbandingan adalah jenis paragraf eksposisi yang ide ataupun gagasan utamanya dikemukakan dengan cara memberikan perbandingan atau membandingkan dengan suatu hal lain yang berbeda atau sama.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi pertentangan ialah suatu jenis paragraf atau karangan yang memuat tentang hal pertentangan berkaitan suatu hal dengan hal yang lain.

KAIDAH TEKS EKSPOSISI

kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah
harvest.com

Unsur kebahasaan ialah bagian yang merangkai suatu teks eksposisi. Unsur kebahasaan yang terdapat di  teks eksposisi diantaranya adalah pronomina, kalimat, konjungsi, proses morfologis dan kata leksikal.

1. PRONOMINA

Pronomina ialah kata ganti orang yang dapat dipakai terlebih ketika pernyataan pendapat pribadi ditampilkan. Pronomina dapat dibagi menjadi dua bagian :

  1. Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu persona tunggal. Diantara contohnya : , Aku, Ia, Dia, Anda, Kamu, Saudara, ananda, -nya, -mu, -ku, si-, -ku Dan persona jamak misal seperti : Kalian,Kita, Mereka, Kami, Saudara-saudari, Hadirin,dan Para.
  2. Pronomina Nonpersona (kata ganti selain orang) yaitu pronomina penunjuk, misal diantaranya : Ini, Itu, Sini, Sana, Situ. Dan pronomina penanya, contohnya : Apa, Siapa dan Mana.

2. KALIMAT

Kalimat terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

-Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdapat satu pola kalimat yang memiliki satu subjek dan satu predikat yang diperluas dengan berbagai keterangan. Kalimat tunggal hanya terdiri atas satu subjek, satu predikat dan objek atau keterangan (seandainya ada).

-Kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki dua pola kalimat atau lebih. Kalimat majemuk ini terbagi dari induk kalimat dan anak kalimat. Cara membedakan anak kalimat dan induk kalimat yaitu dengan melihat letak konjungsi.

Baca Juga  Resep & Cara Membuat Mie Ayam Lengkap | Basah, Kering, Istimewa

Induk kalimat tidak berisi konjungsi di dalamnya, konjungsi hanya terdapat pada anak kalimat. Setiap kalimat majemuk memiliki kata penghubung yang berbeda, oleh karenanya jenis kalimat tersebut dapat diketahui dengan cara melihat kata penghubung yang digunakan.

3. KONJUNGSI

Konjungsi atau kata penghubung berarti kata digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat atau klausa dengan klausa dalam teks eksposisi untuk mendukung argumentasi.

Dengan adanya konjungsi teks yang disajikan akan lebih menjelaskan tentang sebuah tujuan. Sama halnya dengan teks eskposisi yang memuat tiga struktur yaitu tesis, argumentasi, dan penegasan ulang akan lebih jelas jika diberi kata sambung untuk menjelaskan maksud dari paragraf atau kalimat selanjutnya.

Konjungsi terbagi menjadi 2 yaitu konjungsi eksternal dan konjungsi internal

Berikut penjelasannya

-Konjungsi eksternal adalah konjungsi yang menghubungkan dua kejadian, deskripsi benda, atau kausalitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. Konjungsi eksternal banyak dipakai pada genre atau jenis teks seperti laporan, deskripsi, eksplanasi, rekonstruksi, dan prosedur. Hal tersebut disebabkan kelima genre tersebut merupakan pengungkapan deskripsi peristiwa dan kualitas konjungsi eksternal dapat dibagi lagi menjadi 4 kategori lagi yaitu:

*Penambahan (dan, atau)

*Perbandingan (tetapi, sementara)

*Waktu (setelah, sebelum, sejak, ketika)

*Sebab akibat (sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun)

-Konjungsi internal adalah konjungsi yang menghubungkan argumen atau ide yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua kelompok klausa. Konjungsi internal banyak dipakai dalam genre atau jenis teks eksposisi, diskusi, atau eksploitasi. Hal tersebut terjadi disebabkan ketiga genre tersebut secara utuh adalah ekspresi penyampaian gagasan dengan memakai argumentasi. Konjungsi internal dapat dbagi menjadi 4 kategori makna, diantaranya

1 penambahan (selain itu, disamping itu, lebih lanjut)

2 perbandingan (akan tetapi, sebaliknya, sementara itu, disisi lain)

3 Waktu (pertama, kedua,..dst, kemudian, lalu, berikutnya)

4 Sebab akibat (sebagai akibat, akibatnya, jadi, hasilnya)

Berikut berbagai konjungsi yang ada pada teks eksposisi

  1. Konjungsi waktu : sebelum, kemudian, setelah itu, sesudah, lalu, setelah, akhirnya
  2. Konjungsi gabungan : dan serta, dengan,
  3. Konjungsi pembatasan : selain, kecuali asal
  4. Konjungsi tujuan : agar, untuk, supaya
  5. Konjungsi persyaratan : bilamana, asalkan, apabila jikalau, jika, apabila, bila, andaikan
  6. Konjungsi perincian :, yaitu, adalah, antara lain, ialah, yakni
  7. Konjungsi sebab-akibat : sebab, akibat, akibatnya, , karena, sehingga
  8. Konjungsi pertentangan : melainkan, namun, tetapi, akan tetapi, sedangkan
  9. Konjungsi pilihan : atau
  10. Konjungsi penguatan/penegasan : apalagi, hanya, lagi pula, bahkan itu pun,
  11. Konjungsi penjelasan : bahwa
  12. Konjungsi perbandingan : serupa, seperti, bagai, ibarat, mirip
  13. Konjungsi penyimpulan : oleh karena itu, jadi, oleh sebab itu, dengan demikian,

4. KATA LEKSIKAL

  1. Nomina : kata yang berhubungan pada benda, baik berupa benda nyata atau juga abstrak.
  2. Verba : kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses atau keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv : kata yang digunakani untuk menggambarkan sifat atau keadaan orang, benda dan binatang.
  4. Adverbia : kata yang melengkapi atau memaparkan informasi berupa keterangan tempat, waktu, suasana, alat, cara dan lain sebagainya.

CONTOH TEKS EKSPOSISI

contoh teks eksposisi lengkap bahasa indonesia
500px.com

Berikut berbagai contoh teks eksposisi berbagai bidang.

1. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG EKONOMI

contoh teks eksposisi singkat tentang ekonomi
okezone.com

Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis:

Di waktu keadaan perekonomian global yang dilandai krisis, pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menorehkan hasil yang baik.

Padahal ekonomi Indonesia tumbuh kurang lebih 6,4 persen Apabila dibandingkan, pada triwulan ke-2 tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini masih tetap terfokus di Pulau Jawa dengan penambahan sekitar 57,5%. Seandainya diakumulasikan dan dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3% pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 menjadi lebih baik.

Argumentasi:

Meskipun begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap berada pada anomali atau bias. Hal tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng,. Ia berkata bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi ini tidak diimbangi dengan pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Tak cukup sekedar itu, Daeng juga menunjukkan, setidak-tidaknya terdapat 4 faktor yang menyebabkan ekonomi Indonesia terjadinya bias.

Pertama,nilai utang asing terus meningkat nilai pada perekonomian Indonesia yang lebih banyak ditengarai.

“Akumulasi utang Indonesia lebih dari Rp. 2.865 triliun dan setiap tahunnya Utang asing pemerintah terus meningkat. Utang tersebut termasuk dari bagian sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi penyokong meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” Kata Daeng.

Kedua, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk juga ikutnya peningkatan konsumsi masyarakat. Adapun sumber peningkatan Konsumsi masyarakat adalah berasal dari kenaikan harga sandang pangan, dan juga didorong oleh pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didukung oleh ekspor bahan mentah, misalnya hasil bahan tambang perkebunan, hutan dan migas, oleh karenanya sangat minim menghasilkan nilai tambah dan penyediaan lowongan pekerjaan.

Faktor terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh penanaman modal asing yang membuat sumber daya alam Indonesia semakin dipegang oleh pihak asing.

Di lain sisi, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono, menjelaskan sektor domestik berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan pendapatnya, pada tahun ini terlebih pada kuartal ke-3 dan ke-4efek krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan menurunnya ekspor baru akan terlihat. Ia beranggapan keterlibatan ekspor terhadap PDB tidaklah terlalu tinggi.

Sejalan dengan hal tersebut, ekonom Mirza Adityaswara menilai bahwasanya tumbuhnya sejumlah sektor ekonomi dalam negeri disebabkan ditopang oleh suku bunga rendah. Hal tersebut terlihat dari bertambahnya tingkat kredit yang sampai 26-28% dalam waktu yang sama didorong oleh harga BBM yang rendah karena sampai sekarang terus pemerintah yang mensubsidi.

Pada waktu yang sama juga Mirza mengatakan, sektor yang mengutamakan dalam negeri merasakan tinggi pertumbuhan, seperti manufaktur, otomotif, perdagangan, komunikasi transportasi.

Efek  peningkatan tingkat pertumbuhan sektor yang orientasinya dalam negeri mempunyai kecondongan semakin besarnya jumlah defisit neraca perdagangan.

Baca Juga  Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Penegasan Ulang:

Berdasarkan pendapat A Tony Prasetiantono, lebih besar dan cepatnya pengeluaran pemerintah juga sangat menopang peningkatan. Sejalan dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang ada di bawah 5 % dirasa bisa menolong, meskipun pada akhirnya tetap terdapat dampaknya, yaitu terus membengkaknya nilai subsidi energi sebenarnya tak sehat.

———————————————————————————————————————–

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi yang ke-2

Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

Tesis:

Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

Argumentasi:

Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.

Penegasan ulang:

Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.

———————————————————————————————————————–

2. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG HUKUM

contoh teks eksposisi singkat tentang hukum
lintasparlemen.com

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Seharusnya hukum di Indonesia seperti yang sudah ditetapkan pada Undang-undang telah dengan tegas menetapkan hukuman bagi setiap pelaku tindak kriminal.

Meskipun begitu, realitanya acapkali sering terealisasikan ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak pihak. Hukum mungkin dapat saja tegas, tetapi berubah sekejab menjadi tumpul pada saat dilaksanakan pada para koruptor, itulah yang terjadi saat sekarang ini.

Argumentasi:

Tidak termasuk rahasia umum lagi ketika para koruptor di Indonesia mendapatkan vonis hukuman yang levelnya tergolong tidak berat, dan ternyata juga ada koruptor yang menerima berbagai tunjangan fasilitas mewah meskipun sudah dinilai menyebabkan kerugian pada negara.

kerapkali kita menyaksikan berita tentang seorang pencopet, maling dan penjambret dikeroyok massa sampai meninggal. tetapi, belum pernah kita mendapati berita para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga benar-benar tewas.

Penegasan Ulang:

Bisa dikatakan bahwa hukum di Indonesia menjadi tegas ketika dihadapkan rakyat kecil. misalnya masalah kasus yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.

Kasusnya padahal sekedar disebabkan dituduh mencuri kayu, akhirnya ia menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 tahun penjara. Terus terang benar-benar ironi dan tidak bijak, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang akan didapatkan oleh para koruptor.

———————————————————————————————————————–

3. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN

contoh teks eksposisi tentang pendidikan
klimg.com

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sekarang ini sistem pendidikan Indonesia mendapatkan pergantian yang sangat terasa. pergantian tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang tentu saja, kurikulum 2006 yang sudah cukup berumur dilaksanakan diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak seluruh sekolah menerapkan kurikulum itu.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada suatu waktu menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada setiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.

Daerah yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian syarat kepada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.

Tidak sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap relasi antara proses pendidikan dengan rasa syukur kepada pemberian Tuhan Yang Maha esa pada ciptaannya yang telah dikasih karunia untuk mengolah dan memanfaatkan alam semesta ini.

Terlebih lagi mendorong dalam proses belajar mengajar yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, dan mencoba atau membuat.

selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim berkata, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek dibandingkan dengan menghafal.

Karena sampai saat ini, sistem hafalan banyak membebani murid yang malahan dianggap minim mengembangkan kreativitas.

Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah memiliki tujuan menciptakan anak bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif dan afektif. Melalui kurikulum 2013 semua dari siswa diajarkan supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan,karakter sikap dan tingkah laku.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta berpendapat bahwasanya sistem pendidikan kurikulum 2013 ini memilki suatu visi dan misi dalam menghasilkan karakter generasi yang bermutu berkualitas, cinta tanah air dan negerinya.

Tidak sekedat itu saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa melalui proses pembelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan tetap memiliki jati diri sebagai negeri Indonesia yang berkualitas.

Penegasan Ulang:

Meskipun begitu, tetap ada saja dari beberapa golongan masyarakat yang tidak menerima pelaksanaan kurikulum 2013 ini. pergantian kurikulum tersebut dianggap sangat tiba-tiba dan condong ada pemaksaan.

Terlebih lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kurang fokus karena mengkombinasikan 2 mata pelajaran yang terdapat substansi pokok yang tidak sama.

meskipun pengajaran mata pelajaran akan dikemas lebih sederhana, nyatanya tingkat pemahaman dan pengetahuan yang akan didapatkan siswa akan menjadi menurun sebab semua mata pelajaran tersebut tidak diajarkan secara total dan dilakukan secara terpisah pisah.

———————————————————————————————————————–

4. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG POLITIK

contoh teks eksposisi tentang politik
khittah.co

Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Tesis:

Partai politik yang mau bergabung dalam pemilihan umum, seharusnya memilki standar dalam menerima calon anggota legislatif yang ketat dan tegas.

Baca Juga  Kerajinan dari Kain Flanel

Pemenuhan syarat calon wakil rakyat itu mesti gamblang dan dapat menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kurang baik sudah jadi.

misalnya, caleg yang terdapat track record kasus korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon calon legislatif. Hal tersebut menjadi krusial dalam meyakinkan calon anggota dewan itu sungguh-sungguh orang baik yang memiliki intregritas, kapabilitas dan kredibilitas.

pastinya saja setiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berkaitan tentang fit and proper test. Kriterianya dapat saja tidak mirip untuk seluruh partai politik. Namun setidaknya, terdapat prinsip umum yang mesti dipakai seluruh partai politik untuk memilih dan merekrut anggotanya.

Argumentasi:

Hal ini menjadi krusial sebab berdasarkan hasil survey terdapat bukti, bahwa parlemen di tingkat pusat ataupun regional dianggap menjadi lembaga paling korupsi.

Hal ini dijelaskan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh dari masing-masing partai politik yang nanti meraih suara rakyat melalui masing-masing pemilu.

Penegasan Ulang :

penerapan kriteria caleg kriteria yang jelas dan tegas oleh masing-masing partai politik benar-benar diharapkan karena berhubungan dengan siapa saja pihak yang layak untuk direkrut menjadi calon wakil rakyat.

Anti korupsi termsauk hal primer yang harus dimasukkan dalam standar menfilter caleg. Sebab-akibatnya, caleg yang memiliki track record masalah korupsi tidak dapat direkrut menjadi caleg.

Tak hanya anti korupsi yang harus juga dipertimbangkan ialah pelanggar HAM, hal tersebut adalah termasuk dari bagian peninggalan reformasi yang sampai sekarang masih tidak rampung.

Caleg yang mempunyai rekam jejak pelanggar HAM dalam kasus apa pun sepatutnya tidak dipromosikan menjadi bakal caleg karena tugas wakil rakyat diantaranya ialah menjalankan advokasi kepada setiap pelanggaran-pelanggaran HAM dengan legislasi.

———————————————————————————————————————–

5. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG KESEHATAN

contoh teks eksposisi tentang kesehatan
lidah-buaya.com

Manfaat Lidah Buaya

Tesis:

Semenjak zaman purbakala, nenek moyang kita sudah mengetahui tumbuhan lidah buaya beserta dengan manfaat yang ada dalam kandungannya. Manfaat tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe Vera itu bukan  sekedar termasuk bahan perbaikan rambut, tapi  juga berguna untuk kesehatan tubuh pada manusia.

Adapun ciri-ciri Lidah buaya diantaranya : bentuk daunnya panjang, tebal, dan warnanya hijau. Terdapat kandungan serat bening pada daunnya sebagai daging.

Argumentasi:

Meskipun semenjak dulu diketahui terdapat banyak manfaat, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu jika tumbuhan tersebut dapat sebagai komoditas yang cukup membawa keuntungan.

Beberapa peneliti menambahkan terdapat banyak manfaat yang berasal dari tanaman serba guna tersebut. Pada bagian di bawah ini akan dirangkum  berkaitan tentang manfaat lidah buaya ini.

1. Bebeberapa Bagian dari tanaman ini bisa diubah menjadi obat yang sangat baik untuk membantu proses pemulihan pada luka. Lidah buaya dianggap sangat bagus dalam memulihkan bekas luka, luka bakar serta luka disebabkan cedera.

2. Lidah buaya juga terkenal akan sifat anti-inflamasinya. Maksudnya ialah, tumbuhan tersebut memiliki keunggulan dalam proses memperlambat peradangan disebabkan terdapat adanya asam lemak yang menumpuk. mengusapkan gel lidah buaya mampu menolak atau mencegah peradangan karena adanya cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan contoh lainnya.

3. Membantu melancarkan pencernaan dan mendukung detoksifikasi tubuh. Tidak sekedar itu saja, lidah buaya termasuk pencahar yang efektif dan benar-benar menolong ketika kita bermasalah dengan sembelit.

4. Pada Lidah buaya terdapat efek anti bakteri serta anti jamur. Sifat tersebut menjadikan lidah buaya termasuk dari produk sehat yang alami, antioksidan yang cukup kuat, menolak radikal bebas dan membuat tubuh terlindungi.

5. Gel ataupun jus yang berasal dari tanaman lidah buaya ditinjau secara tradisional dipakai menjadi obat bagi diabetes, dikarenakan sifatnya yang mampu merendahkan kadar gula di dalam darah manusia.

Penegasan Ulang:

Sudah cukup gamblang, lidah buaya tidak sekedar bermanfaat untuk  ramuan penyubur rambut, tapi juga bisa menjadi makanan alami yang sehat. nyatanya persediaannya di alam ini sangat melimpah bagi kita.

9. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN

contoh teks eksposisi tentang kebersihan
tokopedia.com

Kebersihan di Lingkungan Kerja

Tesis:

Kebersihan di tempat kerja termasuk dari beberapa diantara faktor utama supaya terwujudnya kenyamanan dalam bekerja. Tak hanya itu, keindahan serta kebersihan disekeliling lingkungan kerja juga dapat berpengaruh pada prestasi kerja seorang individu.

sepantasnya, kebersihan lingkungan  kerja patut ditekankan ke masing-masing karyawan. Metode yang sangat  simpel ialah dengan membuang sampah (plastik, kertas, kertas cartoon dll) menuju tempat pembuangan sampah.

lalu setelah jam kerja membersihkan ruangan yang digunakansebagai tempat kerja.

Argumentasi:

Pembagian tugas piket harian telah menjadi beberapa metode yang diaplikasikan dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat bekerja. Masing-masing karywan yang sudah diberi tugas pada biasanya mengerjakan tugas berdasarkan yang sudah disetujui bersama.

contohnya menyapu ruang kerja, mengambil suatu kotoran di meja kerja, membersihkan kaca dan mengepel lantai. di masing akhir pekan juga rutin dilaksanakan piket bersama-bersama dengan membersihkan semua sudut area ruang kerja.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan kerja tidak dapat dipisah dari kehidupan kerja seseorang, sebab hal tersebut termasuk faktor utama untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan di lingkungan kerja.

Serta juga, bekerja merupakan diantara manifestasi ibadah dan menjaga kebersihan ialah termasuk dari karakter orang beriman. Oleh karena itu, apabila seseorang bekerja disertai juga menjaga kebersihan tempat kerjanya maka dia akan terlihat baik di hadapan Tuhan dia.

———————————————————————————————————————–

Yak, itulah beberapa informasi singkat berkaitan tentang pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, kaidah teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, dan jenis jenis teks eksposisi. Disertai juga dengan contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan, Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum, Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik, Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi, Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan.

3 thoughts on “9+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Leave a Comment