Tuntunan Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Tata Cara Lengkap

Doa Sholat Tahajud – Selamat datang kawan-kawan yang saya cintai pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bacaan doa sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, bacaan doa setelah sholat tahajud, manfaat sholat tahajud beserta keutamaan sholat tahajud.

Saudara-saudariku, apakah dari kalian tahu bahwasanya sholat yang termasuk sunah yang sangat dianjurkan ini begitu banyak sekali mengenai keutamaannya yang akan diperoleh bagi mereka yang mendirikannya dan istiqomah, beserta berbagai syarat tata cara sholat tahajud yang benar.

Sesudah mendirikan sholat tahajud, jangan lewatkan pula untuk berdoa minta segala keinginan dan kebutuhan kita pada Allah SWT. lantaran dengan mendirikan sholat tahajud, tentunya kamu akan memperoleh keajaiban sholat tahajud dan tentunya sebagian besar orang memiliki keinginan supaya menjadi kaya & bahagia lewat sholat tahajud.

Berikut ini adalah informasinya, silahkan disimak.

Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud
bacaansholatlengkap.com

للّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ،

وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Berikut ini adalah bacaan doa qunut latin

Baca Juga  Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab | Arti, Latin, Nazilah, Wirid, Terjemahan

bacaan doa qunut latin

Arti Doa Sholat Tahajud

arti doa sholat tahajud

 

Lantaran bacaan doa tahajud termasuk doa yang bacaannya lumayan panjang, maka memerlukan waktu yang lumayan lama untuk menghafalnya. Kamu cukup dengan membacanya berulang ulang sampai 100 kali, Insya Allah akan mudah terhafal.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Oh iya saudara saudariku, anda pula dapat menambah bebeberapa macam doa doa setelah membaca doa sholat tahajud di atas. Misalnya seperti doa saat memohon keselamatan dunia dan akhirat, lantaran doa pun dapat untuk memohon ampunan untuk kedua orang tua kita maupun dapat pula doa orang tua cuma bagi kebaikan anak serta keturunan kita.

Niat Sholat Tahajud

Sebenarnya niat mengerjakan sholat tahajud lumayan sebentar, makanya mudah sekali jika kita menghafalkannya.

Berikut ini adalah niat sholat tahajud bahasa Arabnya

niat sholat tahajud

Adapun bacaan latin niat sholat tahajud yaitu Ushollii sunnata ttahajjudi rok’atayni lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku berniat sholat tahajud 2 rokaat karena Allah Ta’ala”.

Baca juga : Niat puasa senin kamis

Tata Cara Sholat Tahajud

tata cara sholat tahajud

Supaya dapat mengerjakan sholat tahajud yang benar dan diterima sahnya, maka berikut ini adalah tata cara sholat tahajud yang perlu kita ketahui bersama:

  1. Melafadzkan niat shalat tahajud dalam hati atau suara lirih lalu dihayati maknanya didalam hati
  2. Membaca Allahuakbar atau takbir lalu kedua tangan diangkat sebagaimana takbir pada umumnya.
  3. Baca doa sunah yaitu doa Iftitah
  4. Baca Alfatihah
  5. Surat Pendek
  6. Mengerjakan gerakan I’tidal, ruku’, sujud sampai salam disertai menggumamkan bacaan gerakan itu.
  7. Untuk rokaat berikutnya, lakukan kembali langkah 2 sampai 6.
  8. Seusai salam,

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

jumlah rakaat sholat tahajud
informasiana.com

jumlah rakaat Paling minimal pada saat tahajud yakni dua rokaat dan dua kali salam sementara dalam batas maksimalnya yaitu dapat ditentukan dan di kondisikan berdasarkan kemampuannya masing-masing.

Baca Juga  1001 Kata-kata Bijak Singkat: Semangat, Kesuksesan dan Cinta Sejati

Rasulullah mendirikan sholat tahajud dengan jumlah 1 hingga 3 rakaat witir. Beliau juga pernah sholat tahajud 8 rokaat dengan 3 rokaat witir. Bahkan beliau pernah mendirikan sholat tahajud 8 / 10 rokaat dengan 1 rokaat witir.

Anjuran sholat tahajud

Anjuran shalat tahajud di antaranya yaitu pelaksanaan dua rakaat 1 salam. Sementara, peraturan tata cara melaksanakan shalat witirnya disesuaikan dengan jumlah rokaat yang hendak dilakukan. Contohnya terdapat dua pilihan yang dapat dilaksanakan pertama 3 rokaat sekaligus dengan satu salam dua rokaat daun salam lalu 1 rokaat lalu salam.

Waktu sholat tahajud

waktu sholat tahajud
media.ihram.asia

Terdapat beberapa panduan terkait waktu yang pas untuk mengerjakan sholat tahajud. biasanya, pelaksanaan sholat tahajud dilakukan sesuai salat isya dan sesudah bangun tidur. Lebih jelasnya yaitu sepertiga malam pertama yakni antara waktu isya’ & pukul 10 malam.

Waktu kedua yaitu tengah malam atau dua pertiga malam antara jam 10 malam & 1 pagi.

Pilihan yang terakhir yaitu malam antara 1 dini hari hingga waktu datang subuh.

menurut beberapa sumber waktu yang terakhir ini adalah waktu yang diutamakan untuk melakukan sholat tahajud. Seperti penjelasan hadist nabi yang menerangkan bahwasanya sepertiga malam terakhir adalah saat saat yang mana rahmat Allah turun secara langsung ke bumi, dengan begitu panjatan doa dari para hamba hambanya akan dikabulkan, permohonan ampun akan diampuni, dan permintaan akan dikasih oleh Allah SWT.

Keutamaan Sholat Tahajud

keutamaan sholat tahajud

1. Menjadikan diri kita sebagai pribadi yang mudah untuk bersyukur.

Sholat tahajud adalah shalat sunah pada malam hari yang bisa mendatangkan berbagai fadhilah dan keutamaan untuk orang yang istiqomah mendirikannya. Keutamaan shola tahajud yang diperoleh dari mendirikan sholat tahajud pada umumnya dapat kita uraikan lewat aspek aspek berikut ini.

Baca Juga  Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

2. Doa doa kita dikabulkan

Keutamaan yang pertama ini bukanlah tidak disertai dengan alasan kuat. Keutamaan ini seperti yang telah diterangkan bahwa Jabir. R.A bilang bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya seorang muslim yang memintan kebaikan dunia dan akhirat pada Allah di malam hari hari itu, Allah akan mengijabahkan doanya.

Terlebih lagi, hal ini dapat dikerjakan setiap malam.

3. Sholat sunnah yang paling utama setelah Sholat Fardhu

Berdasarkan hadist riwayat Muslim pernah diterangkan sebelumnya terkait Sholat tahajud. Yang mana isi hadist Rasulullah adalah paling utamanya shalat setelah sholat fardhu ialah sholat sunah pada malam hari.

4. Dijanjikan surga bagi mereka yang mendirikan sholat tahajud,

Sebagaimana yang diterangkan dalam hadist riwayat Tirmidzhi yang menjelaskan bahwa Rasulullah memerintahkan 3 hal supaya selamat dan dimasukkan ke dalam surga, diantaranya yaitu agar menyebarkan salam ke sesama umat manusia, membagikan makan, dan senantiasa mendirikan sholat sunah malam saat saat dimana kebanyakan orang tengah tidur.

Diantara keutamaan diatas meyakinkan bagi kita terkait sholat tahajud. Dengan demikian maka sudah seharusnya bagi kita supaya rajin untuk mendirikan sholat tahajud pada malam hari. Memang diawal terasa susah, karena kita tidak terbiasa, akan tetapi lama kelamaan akan menjadi enteng dikerjakan kalau terus dibiasakan. Apakah dari kita sudah membiasan diri kita untuk mendirikan sholat tahajud?

Itulah informasi terkait panduan sholat tahajud beserta niat, doa sholat tahajud, artinya, keutamaan dan manfaatnya yang ada. Semoga setelah membaca ulasan tadi, bagi kita yang berkeinginan mengetahui amalan dan pelaksanaan sholat tahajud ini memperoleh manfaatnya, menjaga sholat sunah, tahajud kedepannya dapat memberikan berbagai manfaat mulai dari melindungi diri, merawat iman, sampai mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tinggalkan komentar