11 Fakta Hiu Megalodon Beserta Penampakannya | Gambar, Video

Hiu Megalodon – Selamat datang di zona hidupsimpel, kali ini kita akan membahas yang simpel-simpel aja yaitu tentang fakta unik Hiu Megalodon, ikan hiu terbesar di dunia.

Ya guys, hiu megaladon ini luar biasa besarnya, sampai-sampai paus adalah makanannya. Bisa kebayangkan, paus gedenya segitu saja jadi makanannya, apalagi kita, hehe. Baiklah, tanpa berbasa-basi berikut ini adalah fakta ikan terbesar di dunia, yaitu hiu Megaladon.

Fakta Tentang Hiu Megaladon

1. Hiu Megalodon Merupakan Predator Terbesar Yang Pernah Hidup

besarnya hiu megalodon
youtube.com

Hiu Megaladon bisa Mencapai panjang hingga 60 kaki dan berat maksimum yang diperkirakan lebih dari 60 ton, Megalodon adalah predator terbesar yang diketahui dalam sejarah Bumi. Mungkin sekarang paus yang kita kenal seperti Paus Sperma modern lebih panjang, tapi mungkin beratnya tidak seberat Megalodon.

Sebagai pembandingan lagi, sekarang hiu terbesar yang masih hidup adalah Hiu Putih dengan besar maksimal sekitar 23 kaki dan 3 ½ ton. Namun ukuran tersebut tidak bisa mengalahkan hiu Megalodon karena Megalodon hampir 3 kali lebih panjang, dan 20 kali dan berat seperti Hiu Putih Besar.

Namun Untuk dibandingkan dengan reptil laut besar yang sudah punah seperti Mosasaurus, Tylosaurus dan Liopleurodon, berat hiu Megalodon terbilang kalah.

Disebabkan Karena kerangka hiu terbuat dari tulang rawan yang tidak mudah disimulasikan dalam bentuk seperti kerangka utuh, para ilmuwan hanya meneliti giginya saja untuk memperkirakan ukuran maksimum dari hiu ini.

Akhirnya banyak dari para ilmuwan yang berbeda-beda dalam masalah hasil pengukurannya karena berbedanya cara atau metodologi dalam pengukurannya. namun ukuran maksimum yang paling diterima secara ilmiah ditetapkan dalam kisaran 50 sampai 60 kaki.

2. Gigi Hiu Megalodon Bisa Mencapai Ukuran Lebih dari 7 inci.

gigi hiu megalodon
independent.co.uk

Pada umumnya kebanyakan dari gigi hiu Megalodon dewasa berkisar antara 4-5 inci. Beberapa gigi fosil besar yang sudah berhasil ditemukan adalah lebih dari 7 inci.  Gigi hiu Megalodon terbesar yang dapat dipertanggung jawabkan adalah gigi dengan ukuran 7,48 inci yang ditemukan di dekat daerah Ocucaje, Peru.

Bandingkan saja dengan hiu putih besar yang giginya mencapai ukuran maksimal dibawah 3 inci untuk paling besar. Dari Rekonstruksi rahang Megalodon bisa menunjukkan bahwasanya rahang megalodon mencapai ukuran 7 kaki.

3.  Hiu Megalodon Tidak Sama dengan Hiu Putih Besar

hiu putih besar
nationalgeographic.com

Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat umum, dari bukti fosil menunjukkan bahwa hiu Megalodon sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hiu putih besar. Ketika hiu Megalodon pertama kali dideskripsikan berdasarkan gigi fosil pada tahun 1843, ia dimasukkan ke dalam genus yang sama dengan Hiu Putih Besar, genus Carcharodon.

kedua hiu tersebut sama-sama memiliki gigi besar bergerigi dan merupakan predator puncak laut pada zaman mereka. Jadi, apakah kedua hiu tersebut sama? seiring perkembangan ilmu tentang taksonomi hiu telah berkembang dan penemuan fosil baru membuka pencerahan bagi masalah tersebut dan secara jelas asumsi tersebut tidak benar, akhirnya genus Carcharocles baru diciptakan.

Hiu Megalodon kemungkinan adalah generasi terakhir dari genus chronospecies, atau satu garis evolusi yang dapat ditelusuri kembali hampir 60 juta tahun ke hiu Otodus. Pada saat yang sama penelitian telah menunjukkan bahwa hiu Mako dan hiu putih memiliki kesamaan.

Baca Juga  Sejarah Perang Dingin lengkap Beserta Foto dan Penjelasannya, Beda Sama Yang Lain Pokoknya

Fosil menunjukkan bahwa kedua hiu tersebut kemungkinan adalah hasil evolusi dari Broad Tooth Mako yang telah punah (Isurus hastalis), yang bercabang sekitar 5 juta tahun yang lalu. Jadi, berdasarkan apa yang dibawa oleh berita atau media populer lainnya yang menunjukkan bahwa Megalodon dan hiu terkait erat, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan bukti fosil atau pandangan konsensus di antara para periset.

4. Makanan Hiu Megalodon adalah Paus

makanan hiu megalodon
pinterest.com

Hiu raksasa ini jelas membutuhkan energi yang besar dan otomatis jumlah makanan juga besar. Diperkirakan hiu Megalodon dewasa mungkin harus mengkonsumsi lebih dari satu ton makanan per hari untuk asupan energinya. Dari bukti fosil menunjukkan bahwasanya hiu Megalodon memangsa paus dan mamalia laut besar lainnya seperti Sapi Laut dan Singa Laut. Banyak fosil tulang ikan paus telah ditemukan sebagai bukti yang jelas dari tanda gigitan besar yang dibuat oleh gigi yang sesuai dengan penggalian fosil Megalodon lainnya. Ditemukan gigi Megalodon yang tergeletak di samping sisa ikan yang dikunyah.

5. Gigi Megalodon Berharga Fantastis

hiu megalodon
abcactionnews.com

Luar biasa bukan? konon gigi Megalodon 7 inci yang sangat langka tersebut hampir bisa dijual dengan harga 50.000 USD atau kalau dikurskan ke rupiah bisa sekitar 700 juta. Sedangkan untuk gigi Megalodon yang berukuran kecil atau sudah patah dihargai murah. Sekarang banyak sekali kolektor yang memburunya yang digunakan untuk koleksi antik mereka.

Faktanya, seperti pada hiu umumnya, gigi dari Hiu Megalodon juga bisa patah dan aus seiring pertumbuhannya, jadi sulit untuk menemukan yang benar-benar utuh. Ciri-ciri giginya adalah sangat padat dan mudah disimulasikan pada komputer.

6. Fosil Megalodon Tersebar di Seluruh Dunia

fosil hiu megalodon
megalodonswag.com

Gigi fosil Megalodon sudah ditemukan di seluruh dunia dari wilayah Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, serta Puerto Riko, Kuba, Jamaika, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, Grenadines dan India.

Tampaknya dia tinggal di samudra mana saja asalkan tempatnya cukup hangat dan adanya sumber makanan yang melimpah untuk menopang hidupnya.

7. Megalodon Sudah Punah Sekitar 2,6 Juta Tahun Lalu

hiu megalodon
theconversation.com

Sayangnya hiu Megalodon sudah punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Penyebabnya adalah pada masa itu, Bumi sedang mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrem yang mana secara signifikan mempengaruhi kehidupan hiu Megalodon. Samudra sangat dingin dan permukaan air laut turun, akhirnya banyak mamalia laut besar yang mana Megalodon bergantung kepadanya sebagai makanan menjadi hilang selama perkiraan waktu itu.

Baca Juga  31+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu, Pengertian dan Strukturnya

8. Megalodon Punya Gigitan Paling Kuat dari Hewan yang Pernah Ada

hiu megalodon
fossilesa.com

Megalodon diyakini memiliki gigitan paling kuat dari hewan apapun. Meskipun hampir mendekati, sebuah simulasi komputer memperkirakan kekuatan gigitan Megalodon antara 24.000 sampai 40.000 pound (10.900 sampai 18.100 kilogram).

Dari situ kekuatan gigitannya adalah 6 sampai 10 kali kekuatan gigitan hiu putih dan buaya. Bahkan katanya kekuatannya sebanding dengan kekuata 2-3 kali dari perkiraan kekuatan gigitan 12.800 Pound T-Rex dan Mosasaurus. Kekuatan gigitan yang sangat besar tersebut benar-benar bisa sekali menggigit paus kecil menjadi dua bagian.

9. Ilmuwan Mencoba Membuat Bibit-bibit Hiu Megalodon

yah, benar. Saat sekarang ada beberapa ilmuwan yang mencoba untuk menghidupkan lagi spesies ini dengan cara mengembangkan lagi bibitnya, bahkan Beberapa Wilayah pembibitan Megalodon Telah Ditemukan

Berdasarkan asumsi peneliti, Megalodon melahirkan anak-anaknya di lingkungan perairan yang dangkal dan mereka mencoba mensimulasikannya. Beberapa daerah pembibitan yang dibuat berdasarkan konsentrasi tinggi gigi Megalodon kecil, panjangnya hanya sekitar 1 ½ inci.

Wilayah yang menurut sumber digunakan untuk pembibitan Megalodon mencakup wilayahb Lembah Bone di Florida, Tebing Calvert di Maryland dan pembibitan yang baru-baru ini dijelaskan ada di Panama.

10. Megalodon Memiliki 276 Gigi dalam 5 ruas

hiu megalodon
fossilera.com

Seperti jenis hiu sekarang yang masih hidup, Megalodon sering melepas giginya saat mulai aus. Hiu Megalodon kemungkinan memiliki 5 ruas gigi, yang cara kerjanya seperti ban berjalan. Apabila ada gigi yang hilang maka bisa diganti dengan cepat, kemungkinan dalam waktu 24-48 jam.

Sementara tingkat kehilangan gigi kurang dipahami bahkan hiu sekarang, kemungkinan Megalodon kehilangan ribuan gigi selama masa hidupnya. Sebagian besar gigi Megalodon fosil yang dikumpulkan menunjukkan keausan makanan yang signifikan di ujungnya, yang diantaranya ada yang tergores karena mengunyah tulang atau gigi lainnya saat sedang menyusui.

11. Apakah Megalodon Masih Ada?

Beberapa kali, ada laporan tentang hiu monster yang dicurigai sebagai hiu megalodon. Namun, para ilmuwan tidak yakin. Beberapa penelitian telah dipublikasikan dengan menyatakan bahwa megalodon telah punah, dan sudah berlangsung selama dua atau tiga juta tahun yang lalu.

Andaikan masih hidup, hiu atau paus yang kita kenal sekarang kemungkinan tidak akan banyak jumlahnya karena mereka pasti sudah dimakan olehnya.

Video Penampakan Hiu Megalodon

Gambar Hiu Megalodon

Baca Juga  Pengertian Bencana Alam Beserta Cara Penanggulannya

Berikut adalah beberapa gambar hiu megalodon:

gambar hiu megalodon
sharkopedia.com
gambar hiu megalodon
emaze.com
gambar hiu megalodon
mediamaya.net

Demikianlah beberapa fakta hiu Megalodon dan gambarnya, semoga bisa menambah wawasan kita. Terima kasih. Oh ya jangan lupa baca juga : ikan cupang

2 thoughts on “11 Fakta Hiu Megalodon Beserta Penampakannya | Gambar, Video

Leave a Comment