Ini Dia Permainan Masa Kecil Aku Yang Kocak dan Ngangenin, Pernah Nyoba?

Permainan Masa Kecil – Tiba-tiba aku terbayang sesuatu ketika lagi di kamar mandi. Aku tertawa sendiri ketika membayangkan masa kecilku bermain permainan dengan teman-temanku.

Masa kecil memang menyenangkan, teramat bagi kita yang belum mengenal gadget pada saat itu. Mulai dari mainan sendiri sampai yang bisa di mainkan bersama-sama. Baiklah pada kesempatan ini kita akan bernostalgia dan menceritakan jenis-jenis permainan masa kecil yang kocak dan ngangenin.

Berikut ini ceritanya, selamat menyaksikan.

Permainan Masa Kecil

Balapan di Kertas

ibeagra.blogspot.co.id

Terkadang jika tidak ada kegiatan di kelas apalagi jika diajar oleh guru yang sangat sabar dan berbicaranya 1 paragraf penuh membuat kami bosan. Ada banyak cara untuk mengatasi kebosanan salah satunya yaitu balapan di kertas.

Permainan ini tidaklah terlalu ribet, cukup siapkan 2 alat tulis bolpoin atau pensil, terserah kemudian gambarlah arena jalan di sebuah kertas atau di buku.

Setidaknya bisa mengatasi kebosanan kami.

Tebak-tebakan Dapat Mobil

newblogriki.blogspot.com

Kalau yang ini sangat seru dan dijamin bikin php. Permainan ini terinspirasi dari acara tv ‘super deal 2 milyar’. Bayangkan kita hanya disuruh milih, pas waktu dapat hadiah, hadiahnya gak ada.

Si pemberi penebak dapat menulis hadiah sesuai dengan seleranya, bahkan lucunya ada temanku menulis hadiah ‘ dapat istri dan serumah-rumahnya’ eh ternyata kambingnya mau dinikahkan.

Balapan Liar ala Motogp

Kami biasa ketika kecil balapan liar dengan sepeda ontel. Biasanya ketika hari minggu semua anak berkumpul dengan membawa sepedanya masing-masing.

Saat itu terdapat jalan yang memanjang dan tidak terlalu ramai, jadi kami gunakan untuk balapan. Dari sepeda onta sampai sepeda gunung, temanku ada yang memakainya. Sepedaku lumayan sih karena ada operan giginya dari 1 sampai 6.

Baca Juga  PKI ( Praktek Kerja Di Lapangan ) Pujon City Part 2

Agar terlihat keren terkadang kami mengganjal ban sepeda ontel kami dengan botol Aqua agar suaranya menarik.

Permainan Bola Api

theplunplun.com

Permainan ini dilakukan ketika malam hari. Ketika ada acara-acara tertentu desa mengadakan lomba bola api. Bisa dibilang permainan ini cukup ekstrem, kamu harus berani dan tahan terhadap panas bolanya itu.

Temanku pernah ketika menyundul bola, rambutnya terbakar. Untung sudah disiapkan ember, seketika disiramkan ke seluruh tubuhnya.

Permainan ini bisa ditambahkan semacam variasi, misal jika sudah disetelkan musik semua para pemain diwajibkan untuk berjoget dan tidak boleh mendekati bola, jika musik sudah dimatikan permainan lanjut kembali.

Adu Kelereng

triptus.com

Ketika di Masaku kelereng adalah benda yang berharga dan mahal. Aku pernah mengoleksi sekitar 2 toples penuh dengan kelereng, sekarang entah di mana. Dulunya aku sering dijuluki temanku sebagai raja kelereng karena selalu menang dalam pertaruhan.

Jika ada suatu permainan, aku datang tanpa membawa kelereng satu biji pun. Biasanya kalau mau ikut aku pinjam dulu salah satu dari mereka.

Dari 2 kelereng yang aku pinjam, pulang-pulang bisa membawa 2 kantong penuh di saku kanan dan saku kiri. Beberapa darinya laku terjual dan sebagiannya aku koleksi.

Berperang Dengan Pistol Bambu

permainan masa kecil
permainan-tradisional.com

Cukup dengan bersenjata pistol ini kami sudah bisa pergi berperang. Pelurunya dari biji bambu atau kalau ingin gak terlalu sakit bisa dari kertas basah.

Layaknya pertempuran seperti di film-film televisi, kami juga memakai peralatan lengkap seperti helm dari batok kelapa dan bom berwadah plastik yang berisi air.

Enggrang

permainan masa kecil
smatenws.blogspot.com

Permainan ini cukup populer di desaku. Biasanya anak-anak main enggrang musiman, terkadang satu tahun sekali atau jika ada lomba banyak yang mainkan alat ini.

Membuat enggrang tidak terlalu susah. Kita cukup mencari 2 buah bambu yang kuat dan sama-sama panjang kemudian 20 cm dari ujung kita lubangi untuk dipasang kayu yang berfungsi sebagai alas.

Baca Juga  PKI ( Praktek Kerja di Lapangan ) di Pujon City

Di desaku ketika ada acara perlombaan cuma ada 2 jenis perlombaan. Pertama adalah lomba sepak bola enggrang dan kedua balapan lari enggrang.

Petak Umpet

permainan masa kecil
permainan-tradisional.blogspot.com

Apakah kalian pernah main petak umpet? kalau pernah, tepuk tangan untuk kalian. permainan masa kecil ini sekarang jarang dimainkan meskipun di desa.

Di waktu luang kami biasa bermain petak umpet baik dengan teman laki-laki maupun perempuan. Permainan ini sangat seru, ketika yang kalah di suruh memejamkan matanya dan mulai menghitung sampai 10.

Ketika hitungan mendekati akhir kepanikan mulai merasuki, kami cepat-cepat mencari tempat yang aman. Pernah dulu ketika kami semua sudah ditemukan kecuali satu yang belum, eh ternyata setelah dicari lama-lama ngumpetnya di sungai.

Kami juga pernah menjahili yang kalah dengan bersembunyi di belakangnya. Ketika hitungannya sudah selesai kami ramai-ramai pencet agar dia kalah lagi.

Aku juga pernah dijahili ketika aku yang kalah. Hitungan sudah selesai dan aku mulai mencari mereka. Aku tahu biasanya tempat strategis di mana biasanya mereka bersembunyi, namun setelah kucek tidak ada satupun yang bersembunyi di sana.

Hampir setengah jam aku mencari-cari, tidak ada satupun yang ketemu. Sebenarnya mereka bersembunyi di mana sih?

Kurang ajar?!

ternyata mereka pulang ke rumahnya masing-masing, pantesan aku cari-cari gak ketemu.

Perosotan di Tanah Terjal

permainan masa kecil
catwalkus.wordpress.com

Main perosotan bagiku adalah permainan masa kecil yang mengasyikan. Dulu kita biasa perosotan dengan daun kelapa sebagai alas atau tanpa alas dengan mengandalkan celana,bahkan kami perosotan sampai celananya bolong di bagian belakang.

Aku teringat dulu akan kejadian ketika aku nekat untuk perosotan di tanah yang sangat terjal. Dengan keberanian yang sangat tinggi aku mencoba melakukannya. Ternyata tidak sesuai dengan harapanku, ketika aku turun bukannya meluncur malahan badanku memutar-mutar ke depan.

Nenekku yang melihat kejadian itu langsung panik dan memarahi aku. Tubuhku langsung melemah dan kepalaku pusing.

Baca Juga  Kejahilan-Kejahilan Semasa Jahiliyah Kami, Jangan Terinspirasi!

Berburu Burung dengan Ketapel

permainan masa kecil
jhonthit.blogspot.co.id

Lokasi di Desaku dekat dengan hutan dan pegunungan jadi untuk masalah stok burung aman terkendali. Terkadang jika sekolah libur kami mengisinya denganĀ  berburu. Ketapelku sering hilang, walaupun ada tapi sudah dimakan rayap.

Kami memutuskan untuk membuat ketapel lagi. Untuk pentielnya kami membeli di toko-toko yang menyediakannya dan untuk mencari ganggangnya kami agak kesulitan untuk mendapatkannya.

Ganggang yang kuat biasanya berasal dari kayu pohon kopi atau pohon nangka. Kalau pohon nangka lumayan susah karena kami harus memanjat, jadi kami putuskan untuk mencari pohon kopi.

Bentuk ganggang yang bagus adalah bentuk huruf Y. Tidak semua pohon kopi kayunya berbentuk y, hanya pohon tertentu saja.

permainan masa kecil Ketapel sudah jadi saatnya berburu. Penggunaan ketapel harus hati-hati karena lontarannya yang sangat keras bisa melukai. Kira-kira berdasarkan ingatanku, kami pernah mendapatkan ayam hutan beserta telur-telurnya dan burung pipit.

Berburu Ikan di Sungai Dengan Obat Tani

permainan masa kecil
tribunnews.com

KalauĀ permainan masa kecil ini jangan ditiru ya karena akan merusak lingkungan.

Sekedar berbagi pengalaman saja waktu kecil aku pernah ikut warga ramai-ramain ke sungai. Kami tidak membawa peralatan pancing hanya membawa sebotol pestisida.

Botol pestisida dituangkan dari atas sungai agar mengalir ke bawah.

1 2 3… Lets goooo!

Kami langsung melompat ke sungai dan menangkap ikan yang muncul ke permukaan karena mabok kena obat. Dulu dipancing jarang kami dapat ikan besar namun setelah diobat semuanya pada bermunculan.

Namanya pembantaian dan tidak berperi kehewanan, kami dapat sekitar 2 karung penuh berisi ikan dan kepiting.

Luar biasa.

Kesimpulan

Permainan masa kecil adalah hal yang sangat menyenangkan, sayang jika dilewatkan. Kesenangan tidak harus selalu di depan laptop masih banyak hiburan di luar sana yang jauh lebih mengasyikan sebenarnya.

Jangan jadi MKKB, oke.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment