Jika Internet Browser Adalah Mobil, Menurutmu Seperti Apa Mereka?

gSetiap harinya pasti kita tidak luput dengan namanya internet, dan tentu saja kita pakai browser. Coba kamu Bayangkan seandainya browser itu adalah mobil, akan seperti apa mereka?

Oke langsung saja ini pendapat dari beberapa referensi.

  1. Internet explorer : Volkswagen Golf

carbuyer.com

Ini mobil termasuk yang populer. Mungkin salah satunya default pilihan yang aman dan tidak membutuhkan tenaga pikiran untuk otak-atik( IE terinstal dengan windows ).

Orang-orang banyak yang lupa kalau mobil ini aslinya dibuat NAZI ketika perang dunia ke 2 ( Microsoft dibangun dan membuat IE untuk mendorong browser NEtscape keluar dari bisnis selama perang dunia antar browser ).

Meskipun industri German dan mobil ini sukses, Volkswagen golf agak kurang dalam rekor kehandalan performanya ( meskipun penjualan microsoft mendominasi, IE kurang handal 😀 ).

Kebanyakan mekanik cenderung tidak menyukainya karena produsen Volkswage berfikir dengan cara mereka sendiri, sehingga produsen cenderung menghabiskan banyak biaya untuk komponen spesifik VW seperti VAG-COM ( Internet explorer agak tidak mengikuti standar web sehingga developer menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki IE).

VW memiliki masalah kelegalan, Tapi kayaknya berita administrasi pemerintah mencari alternatif lain (Microsoft menjadi sasaran litigasi antitrust pada tahun 1990).

Microsoft Edge : Audi A3

otomotifcar.com

Ini brand model baru dengan nama keren dan enak dipandang, tapi dibalik semua itu ini hanya versi baru dari merk golf (Microsoft Edge sendiri adalah versi terbaru dari Internet Explorer). Masih enak di pandang dan ada peningkatan untuk antar muka layar sentuh.

Baca Juga  Ternyata Pembicara di Depan Umum Punya Trik Mengatasi Grogi, Mau Tahu Caranya?

Firefox : Jeep  Wrangler

aolcdn.com

Semua orang tahu kalau kendaraan ini di namai ” jeep,” Tapi sebelumnya dinamai “willys” ( Firefox dulunya adalah Netscape). Mobil willys juga muncul ketika perang dunia 2 dan sebenarnya ini berlawanan arah dengan mobil Volkswagen ( Netscape adalah musuh Internet Explorer).

 

Mobil ini adalah simbol kebebasan, individualis dan keetosan, sehingga banyak penggemarnya karena masalah prinsip itu ( dukungan open source ).

Jujur mobil ini loyo, kurang efisien,dan sedikit antusiasme produk yang di keluarkan, tapi mobil ini punya pasar dan peminat yang besar dan para pemilik bisa memodifikasinya sesuai keinginan ( mozilla bisa menjadi lambat tapi dia punya ribuan add-ons yang populer). Menurut beberapa orang mobil ini adalah suatu kebanggaan dan gaya hidup.

 

Umumnya desainnya terlihat kuno, namun masih terasa inovatif dengan updatenya mesin yang powerful (Mozilla punya spawned rust dan spidermonkey). Brand jeep sebelumnya sudah dimiliki beberapa perusahaan; AMC, Chrysler, DaimlerChrysler, FiatChrysler, dan sekarang adalah Wrangler (Netscape, sekarang Mozilla foundation).

Chrome : Tesla Model S p85D

pinimg.com

Mobil ini sangat cepat, teknologi canggih terbaru, dan dibuat dari awal oleh perusahaan yang baru berdiri di lembah silikon amerika.

Pepatah lama mengatakan bahwa perusahaan startup kecil tidak dapat bersaing dengan perusahaan besar, namun orang-orang pada terkejut ketika Tesla membuat Mobil yang bisa bersaing ( orang-orang berkata sama seperti ketika google membuat Chrome).

 

Tidak hanya bisa bersaing, tetapi juga sangat cepat dan paling efisien di kelasnya. Selain itu tesla juga membangun tempat pengisian, panel surya, dan servis yang bekerja sama-sama mencakup semua dan beberapa tambahan sistem ( sama seperti Google chrome cocok dengan Chromebook, Chrome Cast, Google Apps, dll).

Baca Juga  50 Orang Terpintar di Dunia Sepanjang Masa Beserta Informasi Singkat Mereka

Sejauh ini mobil ini terlihat sederhana, namun karena berasal dari perusahaan yang menjanjikan kayaknya akan laku di beberapa tempat.

Apple safari : Toyota corolla

toyota.com

Seperti Golf, ini adalah pilhan default yang aman bagi semua orang, juga termasuk mobil yang terkenal di dunia. Corolla di desain agar mudah untuk dipakai dan ini pilihan bagus bagi pengendara baru atau yang sudah lama ( Safari adalah pilihan default untuk iOS dan Mac ).

Pecinta mobil cenderung meremehkan mobil ini karena kurangnya tenaga dan fitur yang menarik ( Hampir seluruh pengguna Apple selalu menginstal browser lain). Tapi mobil ini layak mendapat penghormatan karena memenuhi kebutuhan transportasi jutaan manusia ( Banyak pengguna Apple bergantung kepada safari).

Mesin dan desain suspensinya sebenarnya agak tua tapi semuanya sesuai dengan tujuannya jadi tidak terlalu bermasalah ( sebenarnya Safari berdasarkan Webkit engine dari browser konqueror dan merupakan versi awal dari google chrome).

Opera : Volvo station wagon

cdn.co

Mobil Volvo station wagon merupakan jenis mobil yang sudah lama, tapi sayangnya bukan merupakan mobil yang populer ( Opera bertahan dengan pangsa pasar yang kecil sejak lama). Mobil yang agak lambat dan efisien, namun sayangnya sedikit penjualannya ( Opera sebenarnya ringan namun masalahnya kecepatannya kurang dengan kecepatan komputer saat ini).

Mobil ini adalah produk yang cocok bagi sebagian orang,uniknya kebanyakan orang tidak tahu kalau mobil ini masih ada, dan mereka mempercayai kalau perusahaannya sudah bangkrut dari dulu (sudah jarang orang pakai opera).

 

Mobil ini memiliki sedikit pengguna tapi pengguna yang setia. Penggunanya  bukan para orang kuno pengoleksi mobil jadul tapi memang mereka yang membutuhkan mobil itu (Beberapa pengguna tetap setia dengan opera).

Baca Juga  pengalaman bisnisku waktu di sma

Selama beberapa waktu Volvo adalah perusahaan independen, tapi baru-baru ini mereka diakuisisi oleh perusahaan china. Waktu akan menjawab apakah Volvo tetap mempertahankan karakter uniknya atau tidak ( perusahaan Ditto akusisi opera).

Netscape Navigator : 1978 Oldsmobile 88

quora.com

Mobil model lama dan brand baru di tahun 1978. Mobil ini lambat dan tua tapi ini milik kamu dan kamu menyukainya. Kamu tidak memperdulikan perubahan zaman. Mobil ini akan kamu kendarai sampai kamu meninggal kelak.

WorldWideWeb (Nexus) : Benz patent-Motorwagen

quora.com

Ini sangat jelas. WorldWideWeb berganti namanya menjadi Nexus dan merupakan browser pertama di dunia sama seperti mobil Benz Patent-Motorwagen adalah mobil pertama yang masuk produksi dengan mesin pembakaran internal.

Opera : Mini Cooper

http://cdn2.tstatic.net

Mobil ini merupakan kendaraan yang di pakai Mr Bean. Browser Opera di ketahui tidak compatible dengan website tertentu seperti Cooper yang tidak cocok dengan setiap orang.

Demikian pendapat beberapa orang tentang browser mereka, bagaimana dengan kamu?

Leave a Comment