Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan

Jumlah Provinsi di Indonesia – Indonesia adalah negara kepulauan serta kesatuan daerah kekuasaan yang sangat luas. Luas keseluruhan dari bagian wilayah teritorial Indonesia dapat mencapai lebih dari 1.905 juta km².

Sungguh-sungguh merupakan sebuah anugerah yang luar biasa dari Tuhan yang sudah menyerahkannya kepada kita selaku penduduk Indonesia. Maka patut bagi kita untuk bersyukur.

Adapun pengelompokan serta pembagian daerah provinsi di Indonesia sudah mengalami sejumlah fase pemekaran. Di tahun 1945, terdapat hanya 8 provinsi saja dalam pembagian provinsi Indonesia meliputi Sumatra Jawa Barat Jawa Timur Jawa Tengah Sunda Kecil Sulawesi Borneo dan Maluku.

Kemudian selanjutnya ketika di tahun 1949 lagi lagi dirancang suatu pergantian di sejumlah wilayah. Pada masa ini Indonesia didaulat dan disahkan menjadi negara Republik Indonesia yang berupa Serikat. Ataukah cara pula kita kenal sebagai negara Republik Indonesia Serikat RIS.

Jumlah Provinsi Di Indonesia

jumlah provinsi di indonesia
via blogspot.com

Junlah provinsi di Indonesia sendiri di Indonesia totalnya ada 35. Berikut beberapa daftarnya:

Kepulauan di Pulau Sumatera

1. Provinsi Aceh / Nangroe Aceh Darussalam Dengan Ibukota Banda Aceh

2. Provinsi Sumatera Barat Dengan Ibukota Padang

3. Provinsi Sumatera Utara Dengan Ibukota Medan

4. Provinsi Kepulauan Riau Dengan Ibukota Tanjung Pinang

5. Provinsi Riau (Daratan) Dengan Ibukota Pekanbaru

6. Provinsi Jambi Dengan Ibukota Jambi

7. Provinsi Sumatera Selatan Dengan Ibukota Palembang

8. Provinsi Bangka Belitung Dengan Ibukota Pangkal Pinang

9. Provinsi Bengkulu yang Dengan Ibukota Bengkulu

10. Provinsi Lampung Dengan Ibu kota Bandar Lampung

Kepulauan di Pulau Jawa 

11. Provinsi DKI Jakarta Dengan Ibu kotanya Jakarta. 

12. Provinsi Jawa Barat Dengan Ibu kotanya Bandung

13. Provinsi Jawa Tengah Dengan Ibu kotanya Semarang

14. Provinsi Jawa Timur Dengan Ibu kotanya Surabaya

15. Provinsi Banten Dengan Ibu kotanya Serang

16. Provinsi DI Yogyakarta Dengan Ibu kotanya Yogyakarta

Kepulauan di Pulau Bali dan Nusa Tenggara 

17. Provinsi Bali Dengan Ibu kotanya di Denpasar

18. Provinsi Nusa Tenggara Timur Dengan Ibu kotanya di Kupang

19. Provinsi Nusa Tenggara Barat Dengan Ibu kotanya di Mataram

Kepulauan di Pulau Kalimantan 

20. Provinsi Kalimantan Barat Dengan Ibu kotanya di Pontianak

21. Provinsi Kalimantan Utara Dengan Ibu kotanya di Tanjung Selor

Baca Juga  Belajar SEO Secara Gratis dari Para Mastah Indonesia

22. Provinsi Kalimantan Selatan Dengan Ibu kotanya di Banjarmasin

23. Provinsi Kalimantan Tengah Dengan Ibu kotanya di Palangkaraya

24. Provinsi Kalimantan Timur Dengan Ibu kotanya di Samarinda

Kepulauan di Pulau Sulawesi 

25. Provinsi Sulawesi Barat Dengan Ibu kotanya : Mamuju

26. Provinsi Sulawesi Tengah Dengan Ibu kotanya : Palu

27. Provinsi Sulawesi Utara Dengan Ibu kotanya : Manado

28. Provinsi Sulawesi Tenggara Dengan Ibu kotanya : Kendari

29. Provinsi Gorontalo Dengan Ibu kotanya di Gorontalo

30. Provinsi Sulawesi Selatan Dengan Ibu kotanya :  Makassar

Kepulauan di Kepulauan Maluku dan Papua 
31. Provinsi Maluku Ibukotanya : Ambon

32. Provinsi Maluku Utara Ibukota : Ternate

33. Provinsi Papua Barat Ibukotanya : Manokwari

34. Provinsi Papua Ibukotanya : Jayapura

35. Provinsi Teluk Cendrawasihibukotanya : Serui

Daerah Istimewa Yogyakarta

jumlah provinsi di indonesia
ugm.ac.id

Mulai dari provinsi inilah kemudian pelabelan nama Daerah Istimewa Yogyakarta diberikan bagi provinsi yang masih menerapkan sistem pemerintahan Kesultanan sampai saat sekarang ini. Tidak hanya itu saja pada tahun ini juga wilayah yang sangat luas selain provinsi Jawa yaitu Sumatra dipecah menjadi tiga provinsi besar.

Beberapa provinsi-provinsi tersebut contohnya adalah Sumatera Tengah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, jadi total jumlah saat itu yakni hanya 11 provinsi.

Lalu selanjutnya di tahun 1953 provinsi Borneo kemudian diubah namanya menjadi Kalimantan. Namun sampai saat sekarang istilah Borneo tetap dipakai dan diucapkan oleh orang-orang barat untuk menunjukkan pulau Kalimantan.

3 tahun berselang yaitu sekitar tahun 1956 si Aceh mulai terbentuk dan memisahkan wilayahnya kekuasaannya dari provinsi Sumatera Utara.

Wilayah Pulau Kalimantan

provinsi di indonesia
vjv.com

Sementara di wilayah Kalimantan sendiri baru memulai menerapkan pemekaran. Dengan memecah Kalimantan menjadi 3 provinsi pada akhir tahun 1956, ada 3 provinsi yang kemudian meliputi mantan Timur Kalimantan Selatan serta Kalimantan Barat. Jadi jumlah provinsi di pulau Kalimantan saat itu yaitu berjumlah 11 provinsi.

Di tahun 1958 diterapkan lagi pemekaran. Sumatera menerapkan pemekaran jangan memecah provinsi Sumatera Tengah menjadi tiga provinsi meliputi Jambi Riau dan terakhir Sumatera Barat. Pada tahun yang sama ada lagi pemekaran terhadap Provinsi Sunda Kecil.

Adapun Provinsi Sunda Kecil dipecah menjadi tiga provinsi meliputi Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur dan terakhir adalah provinsi Bali. Jadi total jumlah provinsi di tahun 1958 adalah 18 provinsi yang merata di semua wilayah Indonesia.

Di tahun 1959 kalimantan Selatan dipecah dan Salah satu hasil pemekaran tersebut yaitu terbentuklah Provinsi Kalimantan tengah. Sementara di pulau Sumatera di akhir akhir tahun 1959 Aceh di daulat menjadi Daerah Istimewa sama seperti Yogyakarta dan dinamakan Daerah Istimewa Aceh sebab provinsi tersebut melaksanakan syariat Islam untuk sumber hukumnya. Oleh karena itu sehingga di tahun tersebut terdapat 19 provinsi di wilayah kesatuan Indonesia.

Baca Juga  51+ Motif Batik Modern Nusantara | Gambar, Desain, Sederhana

Tahun selanjutnya yaitu yaitu di tahun 1960 kemudian wilayah Sulawesi dipecah menjadi dua provinsi yakni Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Jadi total jumlah provinsi sampai tahun tersebut berjumlah 19 provinsi

Berdirinya DKI Jakarta

jumlah provinsi di indonesia
ourglobaltrek.com

Lalu Setahun kemudian yaitu tepatnya 1961 Masehi ibuku sekarang yakni Kota Jakarta tato yang luna dinamakan Batavia secara resmi memisahkan diri dari provinsi Jawa Barat dan menjadikan dirinya sebagai provinsi tersendiri. Selain itu Jakarta diserahkan sebutan dengan nama daerah khusus Ibukota Jakarta Raya. Jadi sampai saat itu total provinsi Indonesia berjumlah 21.

Pada tahun selanjutnya yaitu di tahun 1964 terbentuk kembali provinsi-provinsi baru di Pulau Sumatera dan Sulawesi meliputi provinsi Lampung hasil pemekaran Sumatera Selatan dilanjut Provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan hasil pemekaran provinsi Sulawesi Utara dan terakhir Sulawesi Tenggara yang merupakan buah dari pemekaran Sulawesi Selatan.

Dengan begitu total provinsi di indonesia di tahun 1964 berjumlah 24 provinsi. Pada saat yang sama harta secara resmi disebut sebagai ibukota Republik Indone

Provinsi Bengkulu

provinsi bengkulu
thejakartapost.com

Di tahun 1968 Masehi, diterapkan kembali pembagian wilayah pulau Sumatera, Kemudian menghasilkan beberapa hasil pemekaran sumatera Selatan, salah satunya adalah jadinya Provinsi Bengkulu. Dengan penambahan Bengkulu sebagai provinsi yang baru, maka total provinsi di Indonesia pada tahun 1968 berjumlah 25 provinsi.

Pada tahun 1969, setelah terselengaranya Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat), dengan resmi wilayah Irian Barat dijadikan termasuk dari wilayah dari NKRI dan termasuk juga salah satu provinsi di Indonesia, maka total provinsinya berjumlah 26.

Provinsi Timor Timur

provinsi di indonesia
amazingpict.com

Di tahun 1973 terjadi pemugaran nama Provinsi Irian Barat yang kemudian berganti menjadi Irian Jaya. Saat akhir tahun 1975, Indonesia sukses mengendalikan wilayah Timor Timur yang selanjutnya pada tahun 1976, secara resmi Timor Timur adalah bagian dari wilayah NKRI dan merupakan salah satu provinsi Indonesia, maka total provinsi di Indonesia berjumlah 27 provinsi.

Akan tetapi, sayang beribu sayang sekitar tahun 1999, diselenggarakan pemungutan pendapat (referendum) di Timor Timur, yang kemudian sebagaimana yang kita ketahu sampai saat ini, bahwa pada akhirnya Timor Timur secara resmi tidak termasuk lagi wilayah NKRI, dan membuat negara sendiri dengan nama Timur Leste.

Baca Juga  Cara Membuat Anak Lengkap Disertai Video, Gambar, Praktek

Tetapi di tahun ini juga kembali terjadi pemekaran kembali. Pada akhir tahun 1999, kepulauan Maluku di mekarkan lagi menjadi 2 Provinsi. Yaitu Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku yang dulunya merupakan provinsi tunggal di wilayah kepulauan Maluku ini. Sehingga Jumlah provinsi di Indonesia menjadi 27.

Provinsi Banten

provinsi banten
banten.prov

Di awal tahun 2000, Provinsi Irian Jaya namanya diubah dengan nama baru yaitu Provinsi Papua. Sementara di Pulau Jawa, terbentuk Provinsi baru. Banten secara resmi menjadi provinsi tersendiri, memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat yang kemudian terkenal dengan panggilan Bumi Sunda.

Jadi total Jumlah provinsi di Indonesia menjadi 28.

Di tahun 2001, dilakukan kembali pemekaran. Yang mana Kepulauan Bangka Belitung kemudian dipisahkan dari Sumatera Selatan serta Gorontalo dipisahkan dari Sulawesi Utara. Di tahun yang sama pula diadakan perubahan nama Daerah Istimewa Aceh menjadi nama baru yaitu Nanggroe Aceh Darussalam.

Di waktu sampai sekarang kini, aceh diserahkan kewenangan dalam mengadakan Otonomi yang khusus, yang mana uniknya, provinsi ini menggabungkan Undang-undang pemerintah pusat dengan syariat Islam. Provinsi Papua sekaligus pula diserahkan status Otonomi Khusus, didasarkan dengan kehidupan sosial budaya di sana.

Di tahun 2003, Provinsi Papua yang terlihat wilayahnya yang sangat luas dengan hanya satu provinsi akhirnya oleh pemerintah dimekarkan. Irian Jaya Barat dibentuk yang merupakan hasil pemekaran Provinsi Papua, jadi saat itu total keseluruhan jumlah provinsi di Indonesia berjumlah 31 provinsi.

Satu tahun sesudahnya, tepat di tahun 2004, jumlah provinsi di Indonesia mencapai 33 provinsi. Lagi lagi secara resmi didirikan 2 provinsi baru, yakni Kepulauan Riau yang dari hasil pemekaran Provinsi Riau, dan Sulawesi Barat dari hasil pemekaran Sulawesi Selatan.

Di tahun 2007, Provinsi Irian Jaya Barat yang baru dibentuk pada tahun 2003 dan berganti namanya jadi Provinsi Papua Barat. Oleh sebab itu, jadi total jumlah provinsi di Indonesia ada 33 provinsi sampai saat ini.

Begitulah pembagian jumlah provinsi di Indonesia dari waktu ke waktu. Semoga bisa memperluas cakrawala kita, dan menjadikan kita bertambah bersyukut dengan segala hal yang sudah dianugerahkan ke kita.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.