Kalimat Efektif Beserta Pengertian, Ciri ciri, dan Contohnya

Kalimat efektif – Selamat datang di portal hidup simpel, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kalimat efektif. Tahukah kalian apa itu kalimat efektif itu? Mari kita melihat apa pengertian kalimat efektif beserta penjelasannya.

Pengertian kalimat Efektif

pengertian kalimat efektif
zikrullah.cf

Kalimat efektif merupakan suatu kalimat yang kata katanya tersusun berdasarkan dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Ada beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia yang dapat dikatakan standar yaitu salah satunya memenuhi EYD sebagai acuan atau patokan suatu kalimat dapat dikatakan baik.

Bilamana terdapat suatu kalimat yang tidak memenuhi unsur EYD, maka dapat dikatakan kalimat tersebut belum termasuk efektif.

Syarat Kalimat Efektif

syarat kalimat efektif
pixabay.com

Pada intinya, terdapat 4 syarat-syarat utama suatu kalimat bisa dinilai efektif atau tidak.

Berikut ini penjelasannya.

1. Sesuai EYD

sesuai eyd
dapurimajinasi.blogspot.co.id

Suatu kalimat efektif seharusnya memakai ejaan ataupun tanda baca yang sesuai. Kata baku juga harus dicermati supaya tidak ditemukan kata yang kita tulis, namun salah dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia.

2. Sistematis

kalimat efektif yang sistematis
muslihatunfitri.blogspot.co.id

Suatu kalimat yang paling sederhana ialah terdapat susunan subyek dan predikat, lalu ditambahkan dengan obyek pelengkap, dan terakhir adalah keterangan. Harus diperhatikan pula, kalau bisa tulislah suatu kalimat yang urutan dan susunannya tidak bikin pusing pembaca untuk mengefektifkan kalimat.

Walaupun seandainay tidak terdapat kata kata penegasan, sebaiknya peletakan kata subyek dan predikat tetap ditempatkan pada bagian awal kalimat.

3. Tidak Boros dan Bertele-tele

boros kata dalam kalimat efektif
pexels.com

Jangan menulis kalimat yang jumlahnya terlalu banyak dan terkesan menghambur-hamburkan kata atau bertele-tele. Sebisa mungkin buatkan rumusan dan susunan kalimat yang pasti dan ringkas supaya para pembacanya gampang untuk menangkap dan memahami gagasan yang kalian tulis.

Baca Juga  Contoh Cerpen Cinta dan Persahabatan

4. Tidak Ambigu

ambigu dalam kalimat efektif
hipwee.com

Syarat kalimat efektif yang paling akhir. Kegunaan kalimat efektif sendiri amatlah penting supaya pembaca kita tidak terjebak dalam hal Multitafsir atau banyak tafsiran. Dengan suatu susunan kata yang sistematis, ringkas, padat dan memenuhi kaidah kebahasaan. Dengan memenuhi hal hal tersebut tentunya akan memudahkan para pembaca untuk memaknakan ide dari kalimat kita, dengan begitu tidak terkesan ambigu.

Ciri ciri kalimat Efektif

ciri ciri kalimat efektif
pexels.com

Dalam menulis suatu kalimat efektif tidaklah terlalu susah yang penting kita sudah mengerti ciri ciri sebuah kalimat dapat dibilang efektif. Di bawah ini adalah penjelasan terkait tentang suatu kalimat bisa kita nilai efektif.

1. Kesepadanan Struktur Kalimat

kepadanan struktur kalimat efektif
pexels.com

Hal pertama yang perlu kita jadikan perhatian yaitu kesepadanan struktur atau pengertiannya adalah struktur yang lengkap dan hal pemakaiannya. Berikut ini yaitu hal hal yang terkait dengan ciri ciri tersebut.

a. Kita pastikan membuat kalimat yang terdapat unsur klausa minimal yang lengkap, yakni subyek dan predikat. Suatu kalimat dapat dikatakan efektif bilamana terpenuhinya unsur objek maupun keterangan.

b. Jangan tempatkan preposisi atau kata depan depan subyek lantaran dapat membuat pengaburan pelaku pada kalimat tersebut.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Untuk seluruh hadirin dimohon datang di waktu yang tepat (tidak efektif)

Seluruh hadirin dimohon datang tepat waktu (efektif)

c. Waspadalah pada pemakaian konjungsi yang ditempatkan sebelum predikat sebab dapat membuatnya jadi perluasan subyek.

Contoh:

Dia Yang Kabur Membawa Dompet Saya. (tidak efektif)

Dia kabur membawa dompet saya. (Efektif)

d. Subyeknya tidak ganda, bukan bermaksud subyek tidak boleh lebih dari satu, akan tetapi bermaksud menggabungkan subyek yang sama.

Contoh:

Kakak Sakit sehingga kakak tidak bisa datang ke sekolah. (tidak efektif)

Baca Juga  Pengertian Komunikasi Secara Umum Menurut Para Ahli

Kakak sakit sehingga tidak bisa datang ke sekolah. (efektif)

2. kehematan kata

kehematan kata
t-nation.com

Lantaran diantara syarat-syarat suatu kalimat dikatan efektif yaitu tidak bertele-tele dan ringkas, maka kita tidak diperkenankan menulis kata kata yang maknanya sama di dalam suatu kalimat. Terdapat duaw hal yang dapat dikatakan suatu kalimat adalah kalimat yang boros sehingga tidak efektif.

Pertama yaitu terkait penggunaan kata jamak serta yang selanjutnya yaitu terkait kata kata sinonim. Untuk terhindar dari hal tersebut, maka dibawah ini yaitu conoth tentang kekeliruan dalam kata jamak dan penggunaan sinonim yang membuat suatu kalimat menjadi tidak efektif.

Contoh Kata jamak

Para murid-murid tengah menghadapi tes ujian masuk perguruan tinggi. (Tidak efektif)

Murid-murid tengah menghadapi tes ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)

Adanya ketidak efektifan pada kalimat diatas yaitu kata para yang menunjukkan jumlah jamak, sedangkan murid murid pula menunjukkan jumlah murid yang lebih dari satu. Sehingga kita hapus saja salah satu kata dari keduanya pada hal jamak tersebut.

Contoh Kata Sinonim

Ani Masuk kedalam ruang kelas. (Tidak Efektif)

Ani masuk ruang kelas.

adanya ketidakefektifan pada contoh kalimat tersebut yaitu ketika terdapat kata masuk dan frasa ke dalam yang sama sama merujuk arti sama. Akan tetapi, kata masuk lebih sesuai menjadikan kalimat tersebut efektif lantaran sifatnya yaitu kata kerja serta bisa dijadikan predikat.

Sedangkan apabila ingin menghilangkan kata masuk dan memakai kata ke dalam berari – ia ke dalam ruang kelas –  kalimat tersebut terkesan rancu karena tidak ada predikat dan tidak bisa dikategorikan kalimat efektif sesuai prinsip Kesepadanan kata.

3. Kesejajaran Bentuk

kesejajaran bentuk
pexels.com

Ciri ciri yang satu ini berhubungan dengan imbuhan dalam kata kata yang terdapat pada suatu kalimat. Menurut kedudukan di dalam kalimat tersebut. Pada pokoknya kalimat efektif mestilah terdapat imbuhan konsisten dan paralel. Apabila pada suatu fungsi dipakai imbuhan me- maka berikutnya imbuhan yang sama dipakai untuk fungsi yang sama.

Baca Juga  Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Contoh:

Perihal yang perlu menjadi perhatikan terkait masalah sampah yaitu cara membuang, mengelola serta pemilahannya. (tidak efektif).

Perihal yang perlu menjadi perhatian terkait masalah sampah yaitu cara membuang, mengelolan dan memilahnya. (Efektif)

4. Ketegasan makna

ketegasan makna
pexels.com

Tidak seterusnya subyek mesti ditempatkan pada awal kalimat, akan tetapi untuk peletakan subyek memang sepatutnya selalu sebelum predikat. Namun begitu, dalam beberapa contoh, kalian boleh saja menempatkan keterangan pada awal kalimat supaya terdapat kesan penegakan. Hal tersebut supaya pembaca bisa secara langsung faham akan gagasan utama pada kalimat tersebut.

Biasanya kita dapat menjumpai penegasan kalimat pada jenis kalimat larangan, perintah, maupun anjuran yang biasanya diikuti partikel lah atau pun.

Contoh:

Kamu bersihkan Jendela rumah supaya bersih! (tidak efektif)

Bersihkan jendela rumahmu supaya bersih! (efektif)

5. Kelogisan Kalimat

kelogisan kalimat efektif
pexels.com

Ciri ciri kalimat efektif yang paling akhir yang sangat penting yaitu terkait kelogisan kalimat yang kita tulis.  Peran kelogisan suatu kalimat sangatlah penting supaya tidak terkesan ambigu pada kalimat. Oleh karena itu, susunlah kalimat dengan gagasan yang gampang untuk dipahami dan masuk akal supaya pembaca bisa bisa dengan gampang juga untuk memahami makna pada kalimat tersebut.

Contohnya:

Kepada Ibu Kepala Sekolah, tempat dan waktu kami persilahkan. (tidak efektif)

Ibu Kepala Sekolah dipersilahkan menyampaikan pidato sekarang. (efektif)

6. Kepaduan

Kalimat efektif mempunyai kepaduan pernyataan yang bertujuan supaya informasi yang diutarakan tak terpecah-pecah.

Contoh:

Ani Bercerita tentang pengalaman di desa (Tidak efektif)

Ani bercerita pengalaman di desa (efektif)

Demikianlah materi tentang kalimat efektif, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment