kenapa Bisa Hebat? Teori Orthogenesis dan Hukum 10000 jam Akan Membuktikan

Pernahkah kamu menonton one punch man? dan  siapakah bill gates ? tahukah kamu michael jordan? apa itu the beatless dan bagaimana fenomenanya di era 1960-1970?. teori orthogenesis dan hukum 10000 jam akan menjawab kenapa bisa hebat.

Berdasarkan buku outliers karya malcolm gladwell yang aku baca, aku menemukan banyak sekali orang yang sangat sukses dibidangnya.

Di dalamnya dijelaskan kenapa bill gates bisa sukses, the beatless yang mendunia di era 1960-1970 yang sampai sekarang karyanya masih dinikmati oleh beberapa orang.

Kita menganggap seolah mereka memang dilahirkan dengan bakat istimewa.

ternyata tidak!

penasaran? inilah jawabannya

Apa Itu Orthogenesis ?

vimeo.com

Orthogenesis adalah perubahan makhluk hidup yang memiliki kecenderungan bawaan untuk berkembang menuju satu arah karena paksaan dari luar.

Dari teori tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa suatu makhluk hidup bisa berubah karena faktor tubuh atau paksaan yang dilakukan oleh makhluk hidup tersebut yang hanya fokus satu arah.

Contoh orthogenesis

nationalpost.com

Etnis yahudi-  Kita tahu yahudi adalah kaum yang tercerdas. Dilihat dari banyaknya peraih nobel dikalangan mereka dan teknologi yang mereka ciptakan. Mark zukerberg, Albert einstein dan Sergey brin termasuk contoh diantaranya.

Ribuan tahun yang lalu Bangsa yahudi sudah muncul. Dari penindasan di zaman fir’aun sampai pembantaian besar-besaran oleh NAZI membuat bangsa yahudi menjadi lebih kuat

Karena sejarah kelam tersebut akhirnya bangsa yahudi memiliki satu tujuan yang kuat, yakni menjadi tercerdas untuk menguasai dunia. Tujuannya terfokus dan akhirnya melahirkan aturan dan tradisi yang khas bagi mereka.

Baca Juga  Ternyata Pembicara di Depan Umum Punya Trik Mengatasi Grogi, Mau Tahu Caranya?

– Ketika ibu hamil mereka akan mengerjakan soal matematika

– Keturunan mereka sangat dijaga, tidak boleh ada yang menikah di luar yahudi

– Sejak masih kecil sudah diajarkan matematika

Contoh lain dalam skala kecil pesepak bola cristiano ronaldo, programmer bill gates, ilmuwan stephen hawking, gitaris seperti sungha jung dll.

Apa Itu Hukum 10000 Jam?

bp.blospot.com

Dalam buku outliers dijelaskan tentang hukum 10000 jam bahwa sesuatu yang dikerjakan secara fokus selama 10000 jam baru bisa dikatakan sebagai pakar. Hukum 10000 jam adalah syarat bagi kita untuk sukses.

Sampai sini teori orthogenesis dan hukum 10000 jam berkaitan sangat erat.

Kenapa Saitama Bisa Sangat kuat?

Mari kita analisis berdasarkan teori orthogenesis dan hukum 10000 jam

Keinginan kuat dan sangat fokus

Kita tahu dari ceritanya saitama bolak balik ditolak kerjaannya dan dari situ dia menjadi pengangguran. Sejak bertemu dengan monster kepiting yang awalnya adalah manusia karena sering makan kepiting akhirnya saitama bertekad untuk menjadi pahlawan terkuat dengan hanya satu pukulan.

 

latihan Sampai Botak

pinimg.com

selama 3 tahun dia terus berlatih tanpa berhenti. Sejak latihan tersebut akhirnya dia memiliki kekuatan yang dia inginkan. Berarti saitama telah melewati hukum 10000 jam terbukti dia latihan terus selama 3 tahun.

Analisa kesuksesan bill gates

amazonaws.com

Sejak kecil bill Gates sudah menyukai komputer dan obsesinya selalu berhubungan dengan komputer. Didalam buku outliers dijelaskan kenapa bill gates bisa menjadi programmer hebat. Ternyata ia terus berlatih selama 20-30 jam perminggu di lab sekolahannya selama lebih dari 7 tahun. Berarti dia telah menghabiskan waktu lebih dari 10000 jam.

Bayangkan itu!

bosan,

capek,

melelahkan,

tapi, ada tapinya

Baca Juga  4 Cara Keluar dari Zona Nyamanmu

 

Dia menjadi jutawan diumurnya yang ke 20 dan menjadi milyarder ketika umurnya sudah 30 tahun.

Fenomena The Beatles

popmatters.com

Tidak disangka band yang beranggota 4 personil tersebut menjadi fenomena bagi remaja era 60 an. Kelompok yang terdiri dari john lennon, paul mcCartney, george harisson dan Ringo Starr ini memulai debut di hamburg.

Mereka dipaksa manajer tampil selama 8 jam setiap harinya selama 2 tahun. Bayangkan kamu harus tampil selama 8 jam dengan lagu yang berbeda? bagaimana caranya penonton tidak bosan? The Beatles mampu melakukannya. Sehingga penampilan musik mereka sangat baik dan jiwa entertainmentnya terasah.

Michael J0rdan Legendaris Nomor 4 Pengumpulan Poin Terbanyak

popmatters.com

Ada hal yang menarik tentang kisah Michael Jordan. Dia dulunya hanya seorang pembersih lapangan basket. Disela-sela waktunya bekerja dia juga berlatih melempar bola basket ke tiang. Katanya sih dia berlatih bahkan sering 20 jam perhari.

 

Dari latihan kerasnya akhirnya dia menjadi legendaris bola basket. Diumurnya yang sudah menginjak 50 tahun dia sudah menjadi milyarder dari hobinya tersebut.

Pastinya dia sudah melewati 10000 jam dan orthogenesis dalam tubuhnya sudah terbentuk.

kesimpulan

Memang Hukum 10000 jam dan teori orthogenesis bukanlah pernyataan yang pasti.

Namun beberapa contoh diatas bisa meyakinkan kita bahwa, jika kita fokus dalam waktu yang lama dibidang yang kita sukai pasti suatu saat kita akan menikmati hasilnya.

Jika kamu ingin sukses kamu harus fokus dan melewati hukum 10000 jam ini. Bahkan tidak harus sampai 10000 jam pun seseorang bisa sukses. Tetap berusaha dan jangan menyerah. Jangan lupa baca macam macam interaksi sosial

Apa itu orthogenesis?

Leave a Comment