23 Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Dari Bentuk Bunga Sampai Mainan

Kerajinan Tangan Dari Sedotan – Halo, selamat berjumpa dengan hidup simpel. Yak kali ini Mr Simpel akan memberikan ide ke kalian, tak nanggung-nanggung ada  ide kerajinan tangan dari sedotan bekas yang bisa kamu buat dengan gampang dan pastinya juga simpel.
Kan sayang tuh, botol bekas kita buang-buang, mendingan dimanfaatin deh, atau bisa sih dijual supaya dapat untung, hehehe.
Baiklah berikut  ide kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kamu tiru.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Daripada dibuang-buang kan sayang tu, nih ada ide macam macam kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kamu jadikan referensi di rumah. Di daftar ini kamu akan mendapatkan berbagai bentuk dari kerajinan biasa sampai kerajinan yang bisa bernilai ekonomi, berikut informasinya tentang kerajinan tangan dari sedotan.

1. Blower dari Sedotan

kerajinan tangan

hative.com

Wah keren nih. Mungkin kamu bisa membuat blower ini ketika ada salah satu anggotamu atau mungkin kamu yang akan mengadakan pesta. Untuk mengadakan pesta kamu tidak perlu repot-repot membeli alat dari luar, karena cukup bermodalkan sedotan saja kamu sudah bisa berpesta.

Cara membuatnya lumayan gampang. Sediakan saja tisu, kertas yang bermotif, lem, pensil, penggaris, klip kecil dan lainnya.
cara membuat blower dari sedotan

hative.com

2.  Vas Bunga dari Sedotan

kerajinan tangan vas bunga

hative.com

Tidak punya banyak uang untuk memiliki vas bunga. Tenang, hidup simpel ada ide tentang kerajinan tangan dari vas bunga. Untuk awal-awal kamu pilih warna sedotan yang kamu sukai, sediakan lem kemudian tempelkan masing-masing sedotan tersebut.

3. Kerajinan Tangan Segitiga dari Sedotan

cara membuat kerajinan segitiga dari esdotan botol

hative.com

Yang membuat paling menarik dari kerajinan segitiga ini adalah dalam pemilihan warna dan pola. Kamu bisa mencampurnya atau mencocokkan masing-masing warna dan pola tersebut kalau dirasa perlu.

Yang kamu butuhkan hanyalah sedotan, lem, dan gunting saja. Langkah pertama adalah, kamu membuat bentuk A dan dibagian depan dibuat kuda-kuda.

Masing-masing ujung tersebut kamu tempelkan.

Meskipun bentuknya yang indah, tetapi ada fungsinya loe ya. Kamu bisa tempelkan tulisan di depannya, sehingga menambah nilai estetika tulisan tersebut.

Lihat seperti gambar di bawah ini

cara membuat triangle

hative.com

4.  Bingkai Foto dari Sedotan

cara membuat bingkai dari sedotan bekas

hative.com

Ini loe buatan mudah yang kamu bisa buat di rumah. Cukup bahan dari kertas, kemudian buat melingkar seperti sedotan. Bingkai foto dari botol kertas tersebut bisa dijadikan pemercantik dekoratif pada pesta pernikahan atau pesta lainnya.

Kamu juga bisa pakai sedotan kertas ini untuk mempercantik tempat makan dan meja agar tamu semakin dimanjakan.

5. Sedotan Cokelat

kerajinan tangan sedot cokelat dari sedotan

hative.com

Sedotan kertas gampang nih buatnya. Biasanya sih ini dibuat untuk acara makan-makan, hehehe. Bahan yang disiapkan adalah coklat, terserah mau coklat hitam, coklat susu tergantung seleramu, kertas jerami dan taburan sereal.

Pertama, lelehkan cokelatnya. Setelah dirasa meleleh, tuangkan coklat ke nampan es batu. Kemudian Kocok nampan es batu tersebut. Setelah tiu biarkan dingin selama beberapa menit.

Baru deh setelah didinginkan, letakkan kertas jerami di setiap kubus. Sebenarnya sih gak harus pakai kertas jerami, kamu bbisa juga pakai batang es krim, sendok plastik, atau pengaduk lainnya.

Lalu taburkan meses sereal tadi disekitar cokelat tersebut. Ada baiknya mesesnya itu berwarna warna-warni

Sampai di situ jangan dimakan dulu, tunggulah sampai mengeras. Dibutuhkan sekitar satu malam untuk benar-benar mengeras. Saat sudah siap, langsung saja disikat.

6. Kue Ucapan Selamat

kue ucapan selamat

hative.com

Wah keren juga Kerajinan tangan dari sedotan ini. 2 Sedotan kamu tancapkan di kue, kemudian di tengah-tengahnya kamu kasih tulisan ucapan terserah, misalnya selamat ulang tahun kemudian. Lalu ikat kedua ujung tulisan tersebut dan ikat talinya di antara 2 ujung sedotan tersebut.

7. Bentuk Bintang

kerajinan tangan bintang dari sedotan

hative.com

Kerajinan tangan dari sedotan banyak sekali idenya, salah satunya adalah membuat bentuk bintang. Kamu bisa gunakan ini untuk mempercantik ruanganmu dan pastinya tanpa harus rogoh gojeh dalam-dalam. Apalagi ketika menjelang tahun baru, lebih bagus lagi kamu pasangi lampu neon disetiap pinggirannya. Wah semakin menambah keseruan tahun baru nih.

8.  Bendera dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan untuk membuat bendera

hative.com

Model kue cuma gitu-gitu doang. Ahay hidup simpel menemukan lagi nih jenis kerajinan tangan dari sedotan yaitu sedotan bendera kertas. Supaya kue tar yang kita buat lebih cantik lagi, kita bisa letakkan bendera di ujung atas kue tar. Cukup praktis kan hanya bermodalkan sedotan kita sudah bisa buat. Untuk benderanya kamu bisa buat dengan bahan kertas jerami.

9. Bunga Mawar Dari Sedotan

Membuat kerajinan tangan bunga mawar dari sedotan plastik

blogoinformasi.com

Kamu malas punya bunga hidup tetapi selalu layu? tenang, tanpa perlu berepot-repot menyiraminya setiap hari kita bisa buat bunga mawar tiruan. Lumayankan, kamu tinggal taruh saja di ruang tamu, nanti tamu akan mengira kalau itu bunga sungguhan.

Siapkan bahan-bahan diantaranya yaitu kertas pom, pita kecil, lem tembak, kuas cat, dan sedotan kertas. Biasanya sih anak-anak kecil sangat suka dengan bunga dari sedotan ini.

10.  Anyaman Sedotan Plastik Buat Nampan

kerajinan tangan nampan dari sedotan

hative.com

Kerajinan tangan dari sedotan selanjutnya adalah anyaman sedotan untuk kita gunakan sebagai nampan. Selain keren motifnya yang bisa kita sesuaikan, nampan tersebut akan membuat kagum tamu kita.

Sebaiknya kita memilih sedotan yang agak kuat atau gak buat sebisa mungkin untuk rapat dipinggir-pinggirannya, sehingga ketika nanti menopang gelas tidak akan tumpah.

11.  Panah Cinta Dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Jenis kerajinan tangan dari sedotan ini sangat bagus untuk mendekorasi kamar kamu terkhusus bagi kamu yang perempuan. Panah cinta bisa dipasang di antara tembok-tembok supaya ada suasana cinta dalam rumah. Biar bagus pilihlah warna pink karena warna tersebut identik dengan cinta.

12. Sedotan Kertas Kepingan Salju

kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Nah, ada lagi nih jenis kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kamu gunakan untuk dekorasi rumah di saat ada acara tertentu. Pastinya tidak perlu merogok gocek dalam-dalam, kamu sudah bisa menghiasi rumahmu dengan sedotan kertas kepingan salju (jadi teringat lagunya frozen nih). Tapi memang sih cocoknya jenis ornamen ini diperuntukkan bagi mereka yang tinggal di daerah salju.
Tapi tidak apa-apakan, sekali-kali kamu cobalah bagaimana sensasi di rumah ada salju. Agar kelihatan seperti keping salju beneran, kamu pilih sedotan yang berwarna putih dan abu-abu. Ya iyalah, kalau warna merah ya bukan salju :D.

13. Konstruksi Bangunan dari Sedotan

cara membuat kerajinan tangan dari sedotan untuk konstruksi bangunan
Kalau ini  bukan untuk konstruksi bangunan beneran loe yah, nanti ya roboh rumahnya. Bagi kamu yang punya adik, jangan biarin deh mantengin smartphone terus-menerus, sekali-kali ajak main , salah satunya bisa membuat konstruksi bangunan dari sedotan.
Selain menyenangkan, membuat konstruksi bangunan dari sedotan juga melatih fikiran dan kekreatifitasan kita bagaimana membuat konstruksi yang bagus dan menarik.
Bentuknya bisa berbagai macam seperti tower atau menara, jembatan, atau kandang burung 😀 . Untuk menempelkan antar sedotan kamu bisa gunakan lem atau solasi.

14. Kalung dari Sedotan

kalung salah satu kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Wah keren banget nih salah satu jenis kerajinan tangan dari sedotan yang aku sukai adalah kalung ini. Bahannya cukup gampang, kamu cari sedotan yang ada tengkuknya, biasanya sih tengkuknya itu fleksibel. Sedotan yang ada tengkuknya bisa kita dapatkan dari botol susu.
Setelah kumpulin banyak sedotan, saatnya kita membuat. Kalung ini bisa kita buat jenisnya seperti sambungan dari beberapa segitiga sedotan. Untuk masing segitiga terdapat 3 tengkuk sedotan. Untuk bentuk lainnya, kita bisa lubangi kedua ujung sedotan dan disambungkan tiap sedotan memakai besi, jadi deh kalung sedotannya. Lebih gampangnya bisa lihat di bawah.
cara membuat kalung dari sedotn

hative.com

15. Anyaman dari Sedotan

cara buat anyaman dari sedotan

hative.com

Kayaknya ini paling keren. Kalau kamu punya persediaan sedotan yang melimpah, bisa tuh buat anyaman dari bahan sedotan. Memang sih agak memakan waktu yang lama, tapi kalau sudah jadi kamu akan merasakan sensasi bagaimana membuat karya sendiri.
Kegunaannya bisa bermacam-macam, kamu bisa gunakan untuk tempat tisu, hp bahkan untuk sabun pun bisa. Tertarik Mencoba?

16. Permainan Jalan Keluar dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Asyik juga nih. Siapa nih yang setuju kalau kita buat permainan jalan keluar?

Bahan pertama yang bisa kamu siapkan adalah kardus bekas sepatu atau bisa bekas wadah ipad, kemudian kertas karton.

Hal pertama yang kita lakukan adalah kasih lem di salah satu sisi karton tersebut secara menyeluruh. Sebelum itu usahakan kertas seukuran dengan karton.

kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Kemudian tempel kertas karton tersebut ke kardus secara merata. Pada bagian pojok kasih lubang sebesar kelereng, terserah bagian mana yang kamu suka.

Kemudian gambar jalan apa saja yang bisa dilalui dan kasih juga jalan menjebak. Setelah itu kasih lem garis yang kamu gambar tersebut dan kasih sedotan.

cara membuat kerajinan tangan dari sedotan dan kardus

hative.com

Selain mengasyikan, permainan kerajinan tangan dari sedotan ini juga melatih kecerdasan dan kejelian anak-anak.

17. Tas dari Sedotan

 

kerajinan tas dari sedotan

satujam.com

Kayaknya beli tas tidak harus mahal-mahal ya, soalnya kita hanya bermodalkan sedotan sudah bisa membuat tas. Kamu bisa memvariasikan berbagai bahan seperti kain dan bunga plastik sebagai tambahan. Sebenarnya banyak sekali model-model yang kamu bisa bentuk, bergantung seleramu. Mantapkan tas sedotannya.

18. Ikan dari Sedotan

cara membuat kerajinan tangan ikan dari sedotan

ruangtanya.com

Jenis kerajinan tangan dari sedotan yang paling unyuk adalah bentuk ikan. Kamu bisa gunakan model tersebut untuk jadikan hiasan gantung di ruang tamu atau mungkin di dalam kamarmu. Sebenarnya tidak terlalu sulit sih, kalau kamu sudah bisa buat tas otomatis kamu sudah bisa membuat ikan, tinggal belajar bentuk saja

19. Kerajinan Tangan Taplak Meja dari Sedotan

Kerajinan Tangan Taplak Meja dari Sedotan

masfikr.com

Kamu capek nyuci taplak tiap habis makan? tenang hidup simpel ada ide tentang taplak yang terbuat dari sedotan. Kita tahu sifat taplak dari kain sangat beda banget dengan taplak dari sedotan. Gak perlu sampai dicuci pakai sabun, tinggal di kasih air sudah bersih, praktis bukan?

20. Kerajinan Tangan Sandal dari Sedotan

kalung salah satu kerajinan tangan dari sedotan

hative.com

Kamu capek selalu kehilangan sandal terus menerus? hehehe, kerajinan tangan dari sedotan ini bisa jadi jawabannya. Ketika di bawa ke masjid atau bertemu teman-temanmu, sandal kamu akan terlihat unik dan pastinya keren. Ngomong-ngomong kamu bisa kombinasikan dengan bahan yang lain supaya sandal tetap awet.

21. Kerajinan Tirai dari Sedotan

 

cara membuat tirai jendela dari sedotan

pinterest.com

Kayaknya tampilan jendela kita gitu-gitu aja sih, gimana biar tampak berbeda. Pasang saja tirai jendela dari sedotan, yah daripada beli mahal-mahal korden. Pembuatan kerajinan tirai dari sedotan ini lumayan gampang kok, mungkin hanya untuk buat bunganya saja. Tempatnya bisa kamu sesuaikan, bisa di ruang tamu, ruang belajar, ataupun ruang tidur.

22. Penutup Lampu Gantung dari Sedotan

cara membuat kerajinan tangan dari sedotan penutup lampu

the3rs.wordpress.com

Mungkin cahaya lampu rumahmu terlalu terang, atau supaya ingin terlihat menarik. Yak, inilah jenis kerajinan dari sedotan ini sangat pas sekali bagaimana dimanfaatkan penutup lampu gantung. Kamu bisa kumpulkan sedotan yang panjang, dan kemudian dipotong sesuai ukuran yang bervariasi, asyik bukan. Kayak kelihatan di istana-istana gitu. Mantapkan penutup lampu gantungnya.

23. Manusia dari Sedotan

cara membuat kerajinan tangan dari sedotan

pinterest.com

Bosen, buat bentuk mainan yang gitu-gitu aja, jenis kerajinan tangan dari sedotan ini bisa kamu coba. Mulai bentuk wajah, badan, kaki dan tangan bisa dengan mudah kita buat untuk membuat manusia sedotan ini. Selain bisa untuk ornamen menarik, kamu juga bisa buat hiasan kamarmu biar kelihatan lebih menarik dan seru.

24. Tempat Pensil dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan

farahaulia11.wordpress.com

Wah, ini mantap nih, kamu bisa buat tempat pensil di samping meja belajarmu. Berikut ini cara pembuatannya.

  1. Kamu kumpulkan botol minuman seperti Aqua dan sedotan
  2. Botol Aqua tersebut kamu potong tengah-tengahnya dengan menggunakan gunting kira-kira 1/4 dari bawah
  3. UKur sedotan dengan panjang potongan botol tersebut
  4. Kemudian sedotan yang sudah kamu ukur tersebut kamu runcingkan salah satu ujungnya dan samakan panjangnyan dengan botol lainnya
  5. Cat bagian dalam botol tersebut dengan warna yang kamu sukai
  6. Setelah itu sambung semua sedotan tersebut satu sama lain, dengan membentuk huruf WWW, jangan lupa sambungnya pakai lem
  7. Setelah itu kamu kasih pinggiran sedotan itu dengan ornamen terserah
  8. Baru deh sedotan itu kamu selimutkan ke potongan botol tersebut di bagian luarnya dengan menggunakan lem
  9. Jadi sudah tempat pensil dari sedotan dan botol.

25. Hiasan Gantung Spiral dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan

youtube.com

Gimana, tertarik? tenang saya akan bantu kamu gimana cara membuat gantungan dari sedotan.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yaitu:

  1. Sedotan minuman
  2. Lem tembak, usahakan ada
  3. Jarum
  4. Gunting
  5. Benang

Ambil sedotan dan potong menjadi sekitar 5 dan 1/2 inci tiap panjangnya. Kemudian potong sedotan yang tersisa dengan panjang yang sama (dikira-kirain lah). Lihat gambar di bawah

kerajinan tangan dari sedotan

Kemudian ambil benang panjang sekitar 40 inchi, lalu ambil jarum dan masukkan benang tersebut ke dalamnya. Ambil sedotan dan tekuk menjadi 2 tepat di bagian tengahnya.

Masukkan jarum tepat di tengah lekukan tersebut. Pegang sedotan berikutnya di dekat sedotan berikutnya dan masukkan jarum tepat di tengah lekukan sedotan tersebut selanjutnya. Lakukan hal tersebut berulang kali sampai semua sedotan tergabung.

Lebih bagusnya sih warna sedotannya bervariasi misalnya menggunakan 7 warna, 14 sedotan masing-masing tiap warna 98 sedotan.

Untuk mengakhiri ikatan, silahkan ambil sedotan berukuran kecil dan ikatlah sedotan tersebut dengan benang secara memutar. Sedotan kecil ini mudahnya kita anggap sebagai stopper atau pemberhenti.

Pegang sedotan pertama dengan ibu jari dan dorong sedotan yang tersisa untuk membuat celah.

Kemudian tempelkan sedotan berikutnya dengan sudut kira-kira 20 derajat. Lihat gambar di bawah

kerajinan tangan dari sedotan

Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang (lem dan tempelkan semua sedotan semua sampai habis). Jadi sudah gantungan spiralnya. Seandainya ingin menghilangkan stoppernya anda cukup dengan menariknya saja.

Video cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Demikianlah ide kerajinan tangan dari sedotan mulai dari  macam-macam kerajinan tangan dari sedotan, cara membuat gantungan dari sedotan, cara membuat hiasan dinding dari sedotan plastik, kerajinan tirai dari sedotan, cara membuat gantungan kunci dari sedotan, kerajinan tangan taplak meja dari sedotan cara membuat keranjang dari sedotan

semoga bermanfaat. oh ya baca juga kerajinan tangan dari stik es krim

     Kerajinan tangan dari sedotan

Leave a Reply