200+ Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Bisa Dijual

kerajinan tangan unik – Mungkin diantara kita sering memandang dan meremehkan Barang bekas. Akhirnya karena dirasa tak berguna kita langsung saja buang ataupun kalau tidak kita bawa ke pengumpul barang bekas untuk dijual dengan harga yang sangat murah sekali.

Apabila anda mau berfikir berbeda dan kreatif pasti barang bekas tersebut sudah bisa berubah menjadi barang yang lebih bernilai dan bisa dijual lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Adapun beberapa bentuk yang bisa dibuat dari barang bekas adalah  dengan membuat kerajinan tangan yang mempunyai banyak kegunaan.

Yaa, sekarang lagi ngetren-ngtrendnya bagi pebisnis lokal khususnya kalangan menengah dalam bisnis. Diantara beberapa faktor yang menjadi penyebab populernya adalah mempunyai nilai ekonomis, bahan yang mudah didapat dan melimpah serta tentunya bisa mengurangi keberadaan sampah yang tidak bisa di daur ulang.

Baiklah tanpa bertele-tele, berikut kami kumpulkan berbagai referensi tentang kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai barang bekas.

daftar isi

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kaset CD

Kerajinan dari CD Bentuk Beruang

kerajinan tangan cd bentuk beruang
theawesomer.com

Kerajinan tangan yang pertama kita bahas adalah beruang dari cd bekas. Yak, bagus banget bukan. Entah bagaimana caranya namun dari gambar tersebut setidaknya seniman tersebut membutuhkan waktu yang tidak lama untuk menyelesaikannya. Potongan Cd yang dibuat kecil-kecil kemudian ditempel-tempelkan membuat semakin keren dan unik.

Biasanya kita dapat menaruhnya di ruang tamu atau sekedar sebagai pajangan di ruang tidur. Lebih bagus lagi apabila kamu tambah dengan warna yang bervariasi supaya enak untuk dilihat dan tidak membosankan.

Kerajinan dari CD Bentuk Burung

kerajinan dari bentuk burung cd
earthporm.com

Kalau kerajinan tangan yang pertama ini bener bener bikin mata kagum. Ya, entah siapa yang membuat, hebatnya dia bisa merangkai kepingan-kepingan kaset CD yang sudah tak terpakai menjadi bentuk burung yang menarik.

Dengan begitu, barang yang memiliki seni tinggi tidak harus dari bahan yang mahal, tetapi juga bisa dari barang yang sudah tak terpakai.

Panel Surya dari Kaset CD

panel surya dari cd bekas
wikia.com

Kamu baru tahu kalau kaset cd bekas bisa diubah menjadi panel surya yang bisa menghasilkan energi listrik untuk rumah kita? panel surya ini beneran loh guys, maksudnya bukan mainan.

kaset sendiri memiliki sifat pengantar panas yang bagus, so sangat cocok jika dipakai untuk panel surya yang bisa menampung panas matahari. Jadi kalau kamu memiliki kaset yang banyak jangan dibuang. manfaatkan saja sebagai panel surya.

Lukisan Pita Dari Kaset Cd

lukisan keren dari kaset cd
kinciakincia.com

Kayaknya kamu pernah menonton video klipnya Bruno Mars yang berjudul the way you are. Yak, melihat gambar diatas mengingatkan kita pada video klip tersebut. Saat sekarang tentunya sudah tidak zaman lagi menggunakan kaset yang ada pitanya, benar bukan?

Yah, mungkin saja saudara kamu, bapak kamu yang pecinta lagu lawas kemudian kasetnya sudah rusak dan dibuang begitu saja, bisa tuh kamu manfaatkan menjadi lukisan seperti gambar di atas. Cara membuatnya sih terbilang agak rumit juga sih, tapi itu bukan jadi alasan kamu untuk tidak membuatnya bukan. Kamu tinggal membuat sketsanya dulu ditembok, kemudian tempelkan pita cd tersebut sesuai dengan motifnya.

Gitar Unik dari CD Bekas

gitar dari cd bekas
pinterest.com

Selain bentuk burung dari cd yang sangat menarik, dari kepingan cd juga bisa dibuat menjadi bentuk gitar yang indah. Selain kamu bisa menikmati suara indah, kamu juga akan menikmati keindahan tampilan susunan motif-motif klasik dari pecahan-pecahan cd pada gitar tersebut.

Mozaik Dari Kaset Cd

mozaik dari cd bekas
via blogspot.com

Dari kita mungkin mengira bahwa kegunaan cd hanya untuk itu itu saja, nyatanya cd pun bisa dikumpulkan di buat menjadi mozaik  yang indah dan bernilai seni tinggi. Pecahan cd biasanya dibuang, kalaupun dibuang cd termasuk dari jenis sampah yang sulit untuk diuraikan atau membutuhkan waktu yang lama untuk teruari.

Pastinya dengan menghiasi dinding rumah kamu dengan mozaik ini tentunya akan terlihat menjadi lebih indah. Untuk tutorialnya gampang sekali sob, kamu tinggal saja cari di youtube dan ikuti langkahnya satu persatu.

Lampu Unik Dari CD Bekas

kerajinan tangan lampu dari cd bekas
pinterest.com

Kalau sebelumnya kita membahas tentang kerajinan tangan yang berasal dari pecahan cd, sekarang kita akan membahas kerajinan tangan yang berasal dari bentuk cd yang masih utuh. Yups, lampu gantung dari cd bekas ini terlihat elegan dan keren, cocok dipasang di ruangan kamu atau depan teras rumah kamu.

Tatakan Dari Cd Bekas

tatakan dari cd bekas
pinterest.com

Biasanya kita mendapatkan tatakan yang bahan bahannya dari itu-itu saja. Coba pakai yang anti mainstream. yah, benar tatakan dari cd bekas ini bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Cukup siapkan 2 bahan saja seperti batu kerikil yang halus dan juga kaset cd. Masing masing kerikil halus tersebut kamu taruh diatas, sebelumnya jangan lupa untuk kasih lem terlebih dahulu.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol  atau kaleng bekas bisa kamu pakai untuk bahan kerajinan tangan yang unik dan juga kreatif. Dengan hanya keseriusan dan juga pemikiran kreatif kamu mampu menghasilkan kerajinan dari botol dengan berbagai berbagai jenis dan fungsi. Banyak sekali Jenis sampah dari botol tak terpakai yang bisa di buat seperti botol usang minuman bersoda, botol bekas untuk ngepel lantai serta botol bekas yang berasal dari kaca.

Dengan memanfaatkan botol bekas itu pastinya kita secara tidak langsung juga terlibat dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah dan limbah. Untuk lihat beberapa kerajinan dari botol bekas yang lain kamu bisa menyimak artikel tentang kerajinan tangan dari botol usang.

Lampu Gantung dari Botol Bekas

lampu gantung dari botol plastik
bouf.com

Setelah membahas habis dan tuntas tentang berbagai kerajinan tangan dari kaset cd bekas, saatnya kita beralih untuk membahas kerajinan kerajinan yang dibuat dari botol bekas. Yak, salah satunya adalah lampu dari botol bekas ini. Terlihat mewah terutama kamu yang tinggal di rumah yang minimalis. Ada baiknya lampu dari botol bekas ini kamu taruh di ruangan dapur atau depan teras rumah.

 

Barang Antik Kapal dari Botol Bekas

barang antik dari botol bekas
bicolshop.com

Biasanya sih suatu benda kalau dimasukkan ke dalam botol sudah dikatakan kalau benda tersebut unik. Yah, bagi kamu yang memiliki miniatur kapal berukuran kecil bisa untuk masukkan ke dalam botol tersebut. Sebelum itu pastinya tidak muat kan kalau dimasukkan ke dalam mulutnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan,  satu cara untuk mengakalinya yaitu terlebih dahulu kamu pecah bagian pinggir botol tersebut kemudian masukkan miniatur kapalnya ke dalamnya. Sesudah masuk, kamu tinggal merekatkan kembali pecahan kaca tersebut dengan memakai lem super atau lem tembak.

Lampu Neon dari Botol Bekas

lampu neon dari botol bekas
bestoutofwaste.org

Bagi kamu yang ingin mendekorasi rumah kamu, di saat ada perayaan tahun baru atau perayaan lainnya seperti pernikahan, sunatan atau sekedar pesta keluarga, tidak salahnya kalau kamu menghias rumah kamu dengan menggunakan lampu neon dari botol bekas ini. kamu bisa memvariasikan dengan berbagai warna lainnya seperti warna kuning, ungu, biru, hijau dan warna lainnya.

 

Minion Dari Botol Bekas

minion dari botol bekas
artsymomma.com

Penggemar minion mana suaranya? pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan karakter yang satu ini. Bermata satu, warnanya kuning, dan kalau bicara tidak jelas. karakter minion ini lucu banget, so coba buat minion dari botol bekas ini untuk membuktikan kalau kamu memang benar-benar penggemar karakter minion.

Dompet Dari Botol Bekas

dompet dari botol bekas
sarungpreneur.com

kalau dilihat dari gambar diatas kayaknya uang kertas tidak akan muat, kalaupun dipaksa pastinya uangnya tersebut akan kusut. Beda kalau kamu yang punya banyak uang koin atau yang malas memegang uang receh. Satu persatu masukkan ke dompet dari botol bekas tersebut, nanti lama lama uang kamu akan bertambah.

Cara membuatnya tergolong sederhana, kamu tinggal beli resleting serta kumpulkan beberapa botol dan diambil bagian paling bawahnya.

Tempat Makan Burung Dari Botol Bekas

tempat makan burung dari botol bekas
disney.com

Bagi kamu yang malas untuk membersihkan tempat makan burung setiap hari karena pasti ada kotorannya, coba pakai tempat makan burung seperti di atas. Kamu tinggal menggantungnya saja, dan burung dengan sendirinya akan mendatanginya. Selain kepraktisannya, kamu yang memelihara lebih dari satu burung pun tidak akan berebutan mengambil makanan, karena sudah ada tempatnya masing-masing.

Sapu Dari Botol Bekas

sapu dari botol bekas
wirasejati.com

tidak salahnya coba kamu sekali-kali mencoba membuat sapu dari botol bekas ini. Dilihat langkah-langkah pembuatan gambar diatas sudah termasuk mudah. Kamu hanya gunting secara kecil-kecil dan kemudian cari kayu yang sesuai dengan ukuran tutup botol tersebut supaya bisa masuk. Pastinya rumah kamu akan menjadi lebih bersih lagi jika menggunakan sapu ini.

Mozaik Cantik dari Tutup Botol

mozaik cantik dari tutup botol bekas
boredpanda.com

Ada-ada saja tingkah laku orang dari luar negeri ini. Mereka mengumpulkan banyak sekali botol kemudian dipasang di tembok dengan menggunakan motif tertentu dan bahan warna yang berbeda. Kalau biasanya kita jumpai di tembok tembok grafiti, di situ malahan adalah kumpulan tutup botol yang unik.

Kamu coba saja kalau bisa, setidaknya kamu membutuhkan lebih dari seribu botol supaya bisa seperti gambar diatas, dan juga kamu perlu tim supaya proyek kamu bisa secepatnya jadi. Kalau sendirian sih kamu memerlukan waktu yang lama.

Boneka Lucu Dari Botol Bekas

boneka lucu dari botol bekas
topinspired.com

Boneka lucu tidak selalu harus berasal dari kain. Faktanya botol bekas yang sudah jelek kelihatannya bisa diubah menjadi boneka yang lucu dan menggemaskan. Gambar diatas adalah miniatur sumo yang melambangkan pegulat dari negara Jepang. Benar benar kerajinan tangan yang tampil beda.

Pot Tanaman dari Botol Bekas

pot tanaman dari botol bekas
googleplay.com

Jika tidak ada ruangan lagi untuk jenis tanamanmu yang lain, cobalah pot tanaman dari botol bekas ini. Kamu bisa menggantungnya di antara tembok-tembok. Dengan begitu kamu akan menyimpan ruangan yang bisa kamu maksimalkan untuk tanaman yang lain.

Masih dengan topik bagaimana memakai barang bekas dari botol menjadi kerajinan tangan yang nantinya selesai. Andai kamu mau mendesain tampilan halaman rumah, kamu dapat menghasilkan taman berukuran kecil. Biar taman yang kamu ciptakan memiliki tampilan yang asri, kamu mampu memakai pot unik dari botol bekas tersebut.

Botol plastik bekas minuman ringan bisa kamu manfaatkan menjadi pot tanaman yang cantik. Untuk menciptakan kerajinan tangan pot cantik ini dibutuhkan beberapa bahan-bahan contohnya botol usang, CD kaset juga cat semprot untuk mempercantik tampilan. Untuk membuatnya sangat ringan sekali.

andai ada perempuan datang, wanita yang mengamati pot bunga ini tentu langsung bilang “keren bangets” :v. Pot ini sangat sederhana enggak membutuhkan bahan lainnyatambahan, tapi kamu dipaksa supaya kreatif membuat karakter lucu pada pot. Kehebatan menggambar yang kamu miliki akan berefek pada langkah akhir.

Buah Palsu Dari Botol Bekas

buah palsu dari botol bekas
dailymotion.com

Kalau yang ini jangan dimakan loh ya. Memang sip bentuknya sangat mirip sekali dengan buah yang asli. Kamu bisa taruh ini di meja ruang tamu sebagai hiasan. Untuk warnanya kamu bisa sesuaikan dengan warna buah aslinya.

Pagar Rumah Dari Susunan Botol

pagar rumah dari botol bekas
designruls.com

Saat sekarang memiliki pagar rumah tidak harus berasal dari besi atau alumunium. Dengan bermodalkan botol habis pakai saja kamu sudah bisa membuat pagar yang elegan dan pastinya menarik. Sebenarnya pagar rumah ini tidak terlalu terkenal di Indonesia, namun jika kamu terapkan dengan baik

Miniatur Kursi Dari Botol Bekas

kursi dari botol bekas
pinterest.com

Ini adalah miniatur kursi yang berasal dari botol. Untuk Bahannya cukup sediakan sejumlah kain lembut dan bentuk menjadi kursi seperti pada gambar di atas. Kamu bisa gunakan miniatur kursi ini untuk hanya sekedar pajangan atau juga bisa dipakai untuk tempat duduk mainan mainan kamu.

Mainan kura kura Dari Botol Bekas

mainan dari botol bekas

Ujung dari botol bekas bisa kamu potong dan buat cangkang dari kura kura mainan ini. Untuk badannya kamu bisa membuatnya dari kertas karton atau kertas lainnya. Jangan lupa buat matanya, dan motif lainnya seperti kuku dan sebagainya.

Tirai Dari Botol

tirai dari botol bekas
michellebrand.com

Tirai untuk jendela tidak harus dari yang itu-itu saja. Nyatanya hanya menggunakan bahan dari botol bekas saja sudah terlihat anggun dan cantik. Kamu buat motif seperti gambar di atas atau bisa yang lainnya dan juga jangan lupa untuk menyambungnya dengan menggunakan benang atau tali yang lain.

Kursi Dari Botol

sofa dari botol bekas
boredpanda.com

Kalau sebelumnya kita membahas tentang miniatur kursi dari botol bekas, sekarang kita membahas tentang kursi yang betulan, maksudnya bisa untuk kita duduki. Sebenarnya fungsi dari botol ini sendiri adalah sebagai penyangga atau rangka untuk kursi tersebut. Botol yang sudah dikumpulkan disatukan dengan menggunakan triplek.

Kemudian setelah itu triplek tersebut kita lapisi dengan memakai gabus atau kain yang lembut. Baru deh kita lapisi yang kedua dengan menggunakan bahan kain yang lainnya.

Mobil Dari Kaleng Bekas

mainan mobil dari botol kaleng
bubr.ru

Botol khususnya kaleng sering sekali kita lalaikan. Sehabis kita minum minuman bersoda seperti coca cola biasanya kita langsung buang ke tong sampah. Kalau kamu mau berfikir kreatif pastinya ada solusi bahkan bisa untuk dijadikan sebagai uang tambahan kita. Orang orang pastinya ada yang tertarik dengan kerajinan tangan buatan kamu itu.

Adapun kalau ingin membuatnya, kamu bisa tonton video ini sejenak

Boneka Lucu dari Botol Pewangi Pakaian

boneka lucu dari botol pewangi pakaian
hidupsimpel.com

Botol-botol bekas pewangi pakaian, botol usang obat kumur mulut, atau botol bekas oli motor kalau kamu memiliki salah satu dari botol-botol ini berarti kamu dapat menghasilkan boneka lucu yang satu ini. Kamu mampu merubah botol tersebut menjadi kerajinan tangan boneka dengan beberapa gambar yang lucu serta unik.

Jadi kamu gak harus pula membeli mainan yang tidak murah untuk anak-anak di rumah. Cukup dengan membuat kreasi dari botol-botol itu kamu sudah bisa membuat aneka mainan yang imut. Buatlah boneka tokoh idola kamu, jangan lupa sesuaikan ukuran botol dengan tokoh yang cocok untuk kamu ciptakan.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Kardus bekas kadang menjadi sekedar benda yang ditumpuk dan memenuhi tempat kamu, dan kerap malah dapat berakhir di tong sampah. Saat ini banyak sekali kardus usang yang berada di lingkungan kita. Itu sebab hampir masing barang kebutuhan kita setiap hari pakai kardus sebagai bungkusnya.

Ketimbang kardus-kardus tersebut jadi suatu barang yang enggak berguna dan hanya berupa sampah, alangkah lebih baik jika kamu membuat kardus itu jadi satu buah kerajinan unik dan juga terdapat nilai seni yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa kerajinan tangan dari barang bekas kardus.

Gundam Dari Kardus Bekas

gundam dari kardus bekas
bisnisborneo.com

Apakah kamu pernah menonton serial film gundam di televisi? yup benar sekali. Bentuk kardus di atas merupakan salah satu robot di film gundam tersebut. Selain badannya kamu juga bisa membuat atributnya seperti senjata tembaknya, dua sayap di belakangnya, dan yang lainnya.

Lampu Gantung Dari Kardus

lampu gantung dari kardus bekas
masfikr.com

Faktanya dengan kardus usang kamu mampu menciptakan suatu hiasan sebuah lampu gantung eksklusif. Bagaimana kemungkinan kamu tertarik dengan lampu gantung hias tersebut kamu bisa mempelajari langkah-langkah membuatnya pada artikel saya yang lain.

Untuk membuat lampu ini memang gak bisa dibuatnya dengan tangan biasanya, untuk desainnya saja biasanya dijadikan dengan menjalankan software CAD 123D untuk cara membuatnya.

Miniatur Rumah Dari Kardus Bekas

rumah dari kardus bekas
satujam.com

Bagi kamu penggemar rumah-rumahan tidak ada salahnya untuk mencoba yang satu ini. Yak, benar miniatur rumah dari kardus ini bisa menjawab kegalauan kamu. Cara membuatnya terbilang sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menyiapkan kardus dan lem saja. Selan itu nantinya kamu juga buat juga denah dalam rumah tersebut

Mobil dari Kardus Bekas

mobil dari kardus bekas
via blogspot.com

Mobil kardus merupakan karya kerajinan tangan yang mudah dan menyenangkan untuk kamu dan juga adik-adik kamu. Kardus yang berukuran besar bisa dijadikan mobil seusai dengan besarnya anak anda, untuk mobil yang ukurannya kecil juga bisa. Jika di rumah anda melimpah persediaan kardusnya cobalah untuk membuatnya menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai tinggi.

Rumah Kucing dari Kardus Bekas

rumah kucing dari kardus bekas
fatinia.com

Kamu dapat memakai kardus tak terpakai kamu untuk dijadikan menjadi miniatur rumah mini dan bisa dipakai sebagai kandang kucing yang kamu pelihara. Dengan menghasilkan rumah mini yang nyaman dan unik ini tentumau membuat kucing kesayangan kamu nyaman tinggal di kandangnya. Amatilah kucing peliharaan kamu tentu nantinya merasa kerasan dan nyaman di dalam kandang yang telah kamu bentuk dan buat tersebut.

Sepeda Motor dari Kardus Bekas

sepeda motor dari kardus bekas
blogspot.com

Selain mobil keren dari kardus bekas kamu juga bisa membuatnya menjadi sepeda motor keren dengan bahan hanya bermodalkan kardus saja. Pastinya yang membuat di atas tersebut sudah sangat ahli sekali dalam masalah kerajinan tangan dan menghabiskan waktu bertahun tahun untuk membuatnya. Kamu pasti bisa membuatnya jika kamu tekun.

Labirin dari Kardus

labirim dari kardus bekas
liputan6.com

Mainan yang asyik tidak harus yang mahal apalagi zaman sekarang pada gadget saja. Padahal hanya dengan kardus saja kamu sudah bisa membuat mainan yang asyik dan bisa kamu mainkan secara bareng bareng dengan teman teman kamu di rumah. Memasuki lorong untuk mencari jalan keluar yang tepat.

Boneka Danbo dari Kardus Bekas

boneka danbo dari kardus bekas
ruangtanya.com

Nama Danbo mungkin agak terdengar kurang familiar ya. Danbo sendiri berasal dari kata ”Danboard” artinya papan karton atau kardus. Boneka kardus tersebut merupakan hasil kreasi dari Azuma Kiyohiko, yang merupakan seorang komikus dari Jepang, Azuma Kiyohiko.

Waktu ke waktu boneka ini menjadi terkenal di Asia khususnyaIndonesia.Boneka danbo adalah boneka yang memiliki ciri khas yaitu sebagian badan dan kepalanya berbentuk kotak.

Alat Dokter dari Kardus

miniatur dokter gigi dari kardus bekas
bloginformasi.com

Bagi kamu yang bercita cita ingin menjadi dokter gigi bisa tuh mencoba bereksperimen dengan menggunakan alat dokter gigi dari kardus tersebut. Adapun komponen komponennya diantaranya adalah kursi, tempat peralatan dokter dan juga lampu lampuan supaya kamu bisa melihat gigi pasien kamu yang sakit.

Robot dari Kardus Bekas

robot dari kardus bekas
via blogspot.com

Sebelumnya kita membahas tentang gundam dari kardus, saatnya kita membahas tentang robot dari kardus ini. Bisa dibilang kerajinan tangan dari kardus ini unik keren dan juga ukurannya hampir sama dengan seukuran kamu. Untuk membuatnya kamu bisa lihat contoh gambar di atas, atau juga bisa dengan melihat tutorial di youtube.

Kamera Unik Dari kardus Bekas

kamera unik dari kardus bekas
pinterest.com

Pastinya ini adalah kamera mainan ya, bukan kamera betulan. Ini adalah replika dari kamera masa kini. Adapun kalau ingin belajar membuatnya, kamu bisa langsung berguru dengan Seorang seniman yang berasal dari Amerika, Kiel Johnson . Orangnya tersebut memiliki hobi dan juga skill yang hebat dan unik. Dia berhasil menciptakan karya dari bentuk kamera dengan menggunakan bahan karton saja. Selain kamera ada juga hasil kerajinan tangan di yang lainnya seperti kamera SLR, kamera Polaroid, lensa kamera dan yang lainnya.

Binatang Dari Kardus Bekas

kambing dari kardus bekas
pinterest.com
babi dari kardus bekas
pinterest.com
unta dari kardus bekas
pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki adik yang masih kecil tidak ada salahnya tuh kamu buatkan mainan dari kardus ini. Selain bisa membuatnya senang, pastinya juga membuat dia jadi pintar karena kamu ajari dia nama-nama bentuk hewan tersebut. Meskipun dia tidak melihat hewan aslinya.

Kapal Dari Kardus Bekas

kerajinan tangan kapal dari kardus bekas
ruangtanya.com

Kapal dari kardus ini luar biasa sekali indahnya. Mungkin orang yang membuatnya membutuhkan waktu bertahun tahun untuk membuatnya. Kamu pun sebenarnya bisa untuk membuatnya. Baiklah berikut ini aku kasih kamu sedikit bocorannya tentang bagaimana cara membuat kapal dari kardus bekas.

Untuk langkah pertama, sediakan alat dan banyak seperti 2 kardus bekas air mineral, cutter, gunting yang tajam, selotip,pensil, lem fox, dan kertas origami. Pertama Buat pola untuk alas bagian bawah kapal, lalu buatlah untuk sisi-sisinya 2 buah, yaitu sisi kanan serta sisi kiri. Selanjutnya gunakan selotip untuk menempelkan sisi sisinya.

Sesudah itu, cetak karton kedua untuk bagian atas kapal, kemudian potong dan pasang di atas bagian kapal dengan menetapkan jarak 1 cm ujung kardus. 

Selotip semuanya hingga jadi bagian badan kapalnya. Untuk sisa kardus yang lainnya, bisa kamu buat kotak berukuran kecil, dan pasang di bagian atas kapas menggunakan selotip.

Nah, sesudah itu, baru kamu lapisi semua bagian kapal tersebut memakai kertas origami. Langkahnya yaitu kasih semua permukaan kapal menggunakan lem fox, lalu dengan hati-hati lapisi dengan kertas origami.

Komedi Putar Dari Kardus Bekas

komedi putar dari kardus bekas
bisnisborneo.com

Untuk kamu yang biasanya bepergian ke alun alun atau ke tempat hiburan terdekat pasti tidak asing dengan namanya komedi putar. Kamu pun juga bisa membuatnya, caranya yaitu dengan menyiapkan kardus yang berukuran bundar dan juga peralatan elektronik kecil seperti dinamo dan kabelnya. Nanti dinamo tersebutlah yang membuat komedi putarnya bergerak.

Pesawat Dari Kardus Bekas

pesawat dari kardus bekas
walpapperz.info

Cobalah latih kekreatifitasan kamu dengan membuat mainan pesawat miniatur dari kardus ini. Dari bentuknya yang simpel pastinya kamu akan merasa mudah untuk membikinnya apalagi jika dibantu oleh teman kamu.

Jam Dinding Dari Kardus Bekas

jam tangan dari kardus bekas
.stitchcraftcreate.co.uk

Kardus pula dapat dibikin jadi jam dinding yang unik dan juga imut. Melalui pembuatan bentuk yang bervariasi dan dikasih juga karakter yang menggemaskan, pastinya anak anak anda akan senang dan tertarik.

Kamu dapat bikin terlebih dulu rangka maupun tempat sebagai penempatan mesin jam tersebut. Bikin sesuatu yang berbeda agar jam dinding anda terlihat unik. Seandainya ingin lebih gampang, bikin terlebih dulu pola yang mau kamu bikin, nah lalu di gunting pola tersebut menjadi sebuah jam dinding.

Topeng Dari Kardus Bekas

topeng dari kardus bekas
via blogspot.com

Ternyata ada juga loh Topeng dari kardus, justru bentuknya sangat sesuai jika dibandingkan dengan karakter yang asli. Kamu dapat bikin beragam jenis bentuk topeng yang tentunya dicocokkan dengan bentuk yang kamu mau serta skil kamu untuk membuat kerajinan tangan ini.

Pedang Dari Kardus Bekas

pedang dari kardus bekas
deviantart.com

Jika kamu pecinta game Minecraft, pastinya telah tak asing lagi dengan pedang pada gambar di atas tersebut. Pedang itu adalah salah satu di antara pedang yang terdapat di game Minecraft. Kamu juga mampu loh untuk mempunyai pedang itu, Terus bagaimana caranya?

Cara supaya mendapatkan pedang tersebut ya hanya bikin saja, kok repot :D. Untuk motif dan bentuk pedangnya tidak terlalu susah kok, kamu tentunya dapat bikin sendiri di rumah dengan para saudaramu.

Meja Dari Kardus Bekas

tempat meja dari kardus bekas
lingkarwarna.com

Meja kardus tersebut sangat sesuai untuk kamu yang terbiasa mengatur ruangan atau senang bekerja di luar. Tidak seperti meja yang berbahan kayu, jadi tidak terlalu berat dan juga tentunya kamu dengan gampang untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kamu pun dapat membikinnya jadi beragam jenis bentuk yang pastinya dapat kamu ciptakan sesuai keinginan kamu.

Meja kardus dapat kamu bentuk menggunakan bahan kardus yang bekas maupun yang baru. Namun, supaya bisa menemukan bentuk yang lebih bagus, disarankan memakai kardus yang masih baru. Di samping masih baik, kardus yang baru pastinya amat kuat ketika dijadikan sebagai meja.

Perahu dari Kardus Bekas

perahu dari kardus bekas
bisnisborneo.com

Perahu ini sangat bagus sekali, macam seperti di film film bajak laut. Bermotif naga, yang mana kepalanya ada di bagian depan perahu sedangkan untuk ekornya berada di bagian belakang perahu. Meskipun ini perahu, namun jangan ditaruh ke dalam air yah, soalnya bisa membuat kapalnya ini tenggelam karena basah.

Gitar Dari Kardus

gitar dari kardus bekas
via blogspot.com

Sebelumnya kita membahas tentang gitar yang berasal dari bahan daur ulang kaset cd bekas, sekarang kita membahas tentang gitar dari kardus. Asyik bukan, yang perlu kamu siapkan adalah satu kotak box kardus kemudian kasih lubang tepat di bagian tengahnya.

Untuk ujung yang satunya kamu juga kasih lubang yang seukuran dengan penampangnya. Baru deh kamu kasih senarnya. Ketika kamu getarkan senarnya tersebut maka otomatis gitar akan berbunyi.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sedotan yaitu salah satu barang yang berharga rendah dan gampang untuk didapatkan. Biasanya sedotan digunakan jadi alat bantu untuk minum dengan cara menyedotnya.

Pada umumnya sedotan habis dipakai hanya jadi sampah plastik yang mengotori lingkungan. Seperti yang kamu telah pelajari bahwa sampah plastik termasuk jenis sampah yang benar-benar susah untuk diurai oleh tanah. Berikut ini adalah beberapa kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kamu hasilkan dari sedotan usang.

Mainan Dari Sedotan

mainan unik dari sedotan
japanesemusicid.com

Bagi kamu pecinta film laga maupun kartun dari jepang pasti pernah melihat karakter seperti di atas. Keren bukan, dari sedotan yang kelihatannya bukan apa apa menjadi sesuatu benda yang enak untuk dilihat dan bisa juga untuk dimainkan.

Bola Dunia Dari Sedotan Bekas

bola dunia dari sedotan bekas
ruangtanya.com

Sebenarnya ini bukan bola dunia kalau bisa disebut, namun hanya bola biasa karena tidak terdapat peta di bagian permukaannya. Tapi kamu bisa tambahkan dengan beberapa peta juga jika bisa.

Taplak Meja dari sedotan

taplak meja dari sedotan
hidupsimpel.com

Kamu lelah membersihkan taplak meja tiap selesai makan? calm dowm hidupsimpel punya ide tentang bagaimana membuat taplak meja dari sedotan. Tidak memerlukan pencucian dengan memakai sabun, karena sekali dibilas langsung dengan menggunakan air sudah otomatis bersih. Bagaimana, mau mencoba?

Pesawat Mainan dari Sedotan

pesawat mainan dari sedotan
masfikr.com

Bentuk miniatur pesawat tidak hanya bisa dibuat dari bahan kerajinan tangan lainnya seperti kardus, stik es krim, ataupun kertas. Nyatanya kamu dapat juga membuat miniatur pesawat dari sedotan ini. Pastinya kamu harus menganyam terlebih dulu sedotan sedotan tersebut sebelum menjadi bentuk miniatur pesawat yang utuh.

Gelang Dari Sedotan

gelang tangan dari sedotan
pinterest.com

Kamu suka bergaya, atau kamu suka dengan trendi fashion masa kini. Cobalah bikin gelang dari sedotan ini. Pastinya mudah, karena hanya tinggal menyambungkan saja dari satu ke sedotan yang lainnya. Lebih bagus lagi jika kamu variasikan dengan berbagai warna dan bentuk.

Bunga Dari Sedotan

bunga dari sedotan
aqieb.com

Bunga dari sedotan merupakan diantara kerajinan tangan yang paling sering untuk dijadikan. Sedotan yaitu bahan yang benar-benar unik dikarenakan terdapat elastisitas dan juga warna yang bermacam-macam akhirnya dapat dibuat berbagai kerajinan yang menarik serta keren.

Capung Dari Sedotan

mainan kecapung dari sedotan
via blogspot.com

Kamu bisa memainkan capung dari sedotan ini. Motifnya sama seperti pada ikan capung pada umumnya. Kamu juga bisa memberikan variasi seperti warna yang berbeda atau yang lainnya sesuai dengan seleramu. Untuk langkah pembuatannya bisa kamu lihat di youtube.

Sepeda Dari Sedotan

sepeda dari sedotan
via blogspot.com

Apakah kamu benar benar tertarik untuk membuat sepeda dari sedotan tersebut. Baiklah berikut ini sedikit tutorialnya untuk kamu semua.

Pertama, kamu Siapkan sedotan bekas susu yang ada lehernya. Sudah 😀

Gaun Pesta Dari Sedotan

gaun pesta dari sedotan
blogoinformasi.com

Jika  ada acara acara pesta yang diadakan oleh temanmu, kamu bisa tuh memakai gaun dari sedotan tersebut. Pastinya selain unik, juga kamu akan menjadi pusat perhatian orang orang yang berada di pesta. Oh, yah kalau kamu mampu untuk membuatnya, cobalah untuk menjualnya karena harganya bisa sangat tinggi.

Lampu Meja Dari Sedotan

lampu meja dari sedotan

Lampu kristal yang keren ini bisa kamu buat dari sedotan habis pakai. Dengan kreasi ternyata bekas sedotan plastik bisa dibuat satu buah lampu yang cantik dan juga unik. Dengan lampu kristal ini tentu tempat kamu nantinya jadi cantik, indah dan nyaman.

Ikan Dari Sedotan

ikan dari sedotan
pinterest.com

jenis kerajinan tangan dari sedotan yang amat unik dan lucu yaitu bentuk ikan ini. Kamu dapat memakai bentuk itu sebagai hiasan gantung di kamar tidur kamu atau bisa ruang tamu kamu. Sebetulnya tak sulit sulit amat dalam pembuatannya, jika kamu telah mampu bikin tas, otomatis juga kamu telah dapat membuat ikan tersebut. Hanya ikuti saja bentuk dan modelnya saja.

Gantungan Pot Dari Sedotan

gantungan pot dari sedotan
brit.co

Sebenarnya pot tidak semuanya ditaruh di atas permukaan tanah. Seandainya kamu sudah kehabisan ruangan untuk bunga yang baru kamu bisa gantungkan pot bunga tersebut di antara langit langit. Adapun sedotan bisa sebagai gantungannya. Kamu bisa letakkan pot ini di dalam rumah atau juga bisa ditaruh di luar rumah sesuai dengan seleramu.

Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

Kanopi Dari Tutup Botol

kanopi dari tutup botol bekas
wirasejati.com

Hebat amat ya yang menciptakan kanopi ini, tersusun satu persatu, dengan pelan, hingga akhirnya terbentuk benda yang cantik. Yups, disebut pula kerajinan tangan, hebat amat tangannya.

Kanopi sejenis gambar diatas bagus loh, sebab dapat mengurangi terik panas, namun tidak juga tertutupi seluruhnya dari terik sinar matahari. Untuk kamu yang merasa tertarik buat sejenis ini, mesti dengan kemauan yang besar dimulai dari zero.

Kemungkinan untuk negara yang memiliki musim penghujan yang cukup sering kayaknya ada yang harus diperhatikan. sedikit susah memang ketika datang musim hujan. Kamu tidak perlu khawatir, karena Bisa sih disiasati dengan memberikan lubang di bagian paling bawah.

Tong Sampah Dari Tutup Botol

tong sampah dari tutup botol
unsyiah.ac.id

Kita pastinya tidak harus membeli lagi ketika akan bikin tempat sampah/keranjang. Sebab melalui pembelian barang baru justru bukannya menurunkan jumlah limbah sampah, melainkan malahan meningkatkan jumlahnya. Gimana coba? ya nanti seandainya telah rusak menjadi sampah lagi. Sebaiknya kita daur ulang lagi sampah tersebut menjadi keranjang dan barang yang bisa berguna yang lain.

Hiasan dinding Dari Tutup Botol Bekas

hiasan dinding dari tutup botol bekas
duniaq.com

Sering mengkomsumsi minuman misalnya coca cola atau sprite? Apabila iya, apakah kamu pernah berfikir untuk memanfaatkan barang bisa habis pakai dari minuman yang baru saja kamu minum? Berdasarkan situasi seperti ini, kita dapat memakai botol minuman dengan juga tutup botolnya. Diskusi mengenai botol minuman beserta gambarnya akan kita diskusikan di artikel yang lainnya, saat sekarang admin berfokus membahas kerajinan yang umum saja.

Tetapi apakah kamu tahu, jika kamu memiliki persediaan tutup botol dalam jumlah yang besar kamu bisa menyusunnya menjadi seni hiasan dinding dari tutup botol.

Ular Mainan Dari Tutup Botol Plastik

mainan ular dari tutup botol plastik
via wordpress.com

Jika kamu memiliki banyak persediaan tutup botol yang melimpah di rumah kamu, cobalah untuk membuat ular. Sebenarnya membuat ular dari tutup botol ini tidaklah terlalu susah amat, kamu tinggal menyambungkan antara satu botol dengan botol yang lain dengan menggunakan lem yang super kuat agar tidak mudah putus. Jangan lupa juga di kasih kepala dan lidahnya supaya terlihat seperti aslinya.

Keranjang Dari Tutup Botol Bekas

keranjang dari tutup botol
pinterest.com

Kalau sebelumnya ada tong sampah dari botol bekas, ini juga ada keranjang dari tutup botol namun dalam bentuk yang berbeda dengan sebelumnya.

Hiasan Gantung Dari Tutup Botol Bekas

hiasan gantung dari tutup botol bekas
mostepicstuf.com

Bikinlah hiasan gantung yang bisa mengeluarkan suara merdu dari tutup botol bekas kamu. Untuk langkah langkahnya terbilang mudah, bikinlah lubang di masing bagian tepi tutup botol dan susun dengan memakai kawat atau peniti. Agar supaya kuat pajangan tersebut, pakailah keranjang kecil yang sudah tidak digunakan lagi. Sesudah itu, baru deh kamu gantung hiasan gantung tersebut pada teras rumah supaya ketika datang angin yang berhembus, akan terdengar suara syahdu yang muncul.

Hiasan Depan Pintu dari Tutup Botol

hiasan depan pintu dari tutup botol
hipwee.com

Buat rumah yang cantik tidak mesti membeli properti yang harganya gede, kamu bisa memanfaatkan tutup botol bekas ini. Caranya, bikin hiasan pintu yang bentuknya lingkaran dengan kayu serta rotan. Ikat menggunakan kawat agar jadi kuat. Sesudah itu, pasang beberapa tutup botol pada daerah permukaan memakai  lem yang solid. Usahakan kamu menempatkannya dengan rapi yah.

Supaya dapat dengan gampang digantung  di depan rumah kasih juga gantungan dari tali rotan di permukaan yang atas. Nah sudah jadi kan. gampang bukan? Tamu yang akan berkunjung ke rumahmu tentu jadi penasaran ketika melihat hiasan yang ada di depan pintu rumah kamu.

Jam Dinding Dari Tutup Botol

jam dinding dari tutup botol
hipwee.com

Daripada tutup botol terbuang percuma begitu, lebih kamu kamu gunakan untuk bikin hiasan jam dinding. Cara bikinnya gampang kok, pertama pasang tutup botol padabagian tepi jam dinding dengan lem yang kuat. Bisa juga memasangkannya pada bingkai jam untuk pengganti penunjuk angka. Tentunya jam kamu tersebut unik dan berbeda dengan jam pada umumnya.

Anting anting dari Tutup Botol Soda

anting anting dari tutup botol
hipwee.com

Dijamin Anting-anting dari tutup botol ini bisa bikin gayamu stand out. Kamu tinggal siapkan bahan anting pengait yang dapat kamu temukan di toko aksesoris. Pakai lem untuk merekatnya, jadi sudah sepasang anting unik yang bergerak manja pada telingamu. Kalau begitu kemungkinan kamu jadi trendsetter yang modif. Kemungkinan sesudah kamu kenakan anting tersebut teman kamu pada ikut ikutan.

Tempat Lilin dari Tutup Botol

tempat lilin dari tutup botol
hipwee.com

Indah bukan, apalagi kalau ini dihidupkan di malam hari, wuih terasa banget suasananya. Jika kamu berencana makan malam yang romantis dengan si doi, bikin saja lilin dari tutup botol ini sendiri. Ditimbang capek mikir milih tempat kencan dimana, mendingan kalian bisa mengadakannya di rumah. Untuk bikinnya mudah loh, awal awal kamu harus cairkan krayon dengan memasukkannya pada kaleng dan panaskan juga di atas api.

Lalu, lelehan krayon tersebut cukup kamu masukkan saja pada tutup botol yang telah kamu bersihkan, jangan lupa sebelumnya kasih sumbu juga. Biarkan beberapa menit dan lilin siap untuk kamu pakai.

Hiasan Cermin dari Tutup Botol

hiasan cermin dari tutup botol
caseirices.com

Jika kamu mempunyai hobi berlama-lama di depan kaca, kamu perlu hiasan semacam ini biar diamati sehari hari. Agar cerminmu lebih cantik, pasang saja tutup botol bekas di sekitarnya. Disamping terlihat unik, kamu pastinya akan tambah betah untuk berlama lama berkaca.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kain perca merupakan variasi kain yang berasal dari limbah tekstil yang telah gak digunakan dan biasanya ditempatkan ke tempat pembuangan sampah.

tetapi jika kamu mempunyai kain perca kamu jangan bergegas untuk membuangnya, kamu bisa memakai kain ini menjadi beberapa barang kerajinan yang memiliki nilai seni serta nilai jual cukup tinggi. Berikut ini yaitu beberapa contoh kerajinan tangan dari kain perca yang kreatif serta unik.

Tempat Pensil Dari Kain Flanel

tempat pensil dari kain flanel
qolbunhadi.com

Apabila kamu tidak berkeinginan supaya mempunyai tempat pensil yang mirip dengan kawan kamu, bikin aja wadah pensil kamu sendiri dengan memakai kain flanel ini. Kamu tentunya mampu membuat wadah pensil dengan bentuk dan desain yang dapat kamu cocokan dengan selera kamu sendiri.

 

Telur Hias Dari Kain Flanel

telur hias dari kain flanel
qolbunhadi.com

Hari gini telur berasal dari cangkang? ya iyalah :D. Ini nih inspirasi buat kamu ketika lagi bosan melihat telur yang gitu gitu saja, tidak salahnya kamu mencoba membuat telur dari kain flanel ini. Kamu tentunya terserah mau menentukkan warna yang mana sesuai dengan keinginanmu.

Roti Dari Kain Flanel

roti dari kain flanel
kaskus.id

Eh, ngomong ngomong jangan dimakan loh ya rotinya? soalnya itu cuma roti rotian, maksudnya ya roti yang gak bisa dimakan. Pastinya ketika kamu melihat roti itu akan menjadi lapar, hehe. Jangan khawatir kamu coba saja membuat roti dari kain flanel ini. Kerajinan tangan ini bisa kamu jadikan menjadi hiasan di ruang tamu kamu.

Lambang Klub Sepak Bola Dari Kain Flanel

lambang klub sepak bola dari kain flanel
wahyunianshar.blogspot.com

Mana penggemarnya Real Madrid? Mana penggemarnya Barcelona? Ahay jangan mengaku kalian semua para penggemar fanatiknya jika belum mengoleksi berbagai lambang klub sepak bola mereka. Lambang klub sepak bola tidak harus bahannya dari situ situ aja, karena dengan kain flanel saja kamu sudah bisa membuatnya. So, kapan lagi. Ayo buat sekarang

Ayam Dari Kain Flanel

ayam dari kain flanel
fatinia.com

Hiasan yang lucu tersebut mempunyai bentuk yang terlihat sama seperti ayam. Melalui pencampuran beragam warna kain flanel yang ada, kamu dapat mengembangkannya dengan beragam variasi warna yang berbeda. Cara bikin flanel ini pula tidak terlalu susah amat, yang penting saat sekarang kamu faham tentang acara menjahit kain flanel yang benar, kamu pastinya dapat bikin jenis kerajinan tangan dari kain flanel ini.

Jepitan Rambut Dari Kain Flanel

penjepit rambut dari kain flanel
via wordpress.com

Untuk kamu yang perempuan kayaknya akan tambah cantik apabila menggunakan jepitan dari kain flanel ini. Selain  unik dan unyu, tentunya kamu akan menjadi pusat perhatian bagi mereka yang memerhatikan kamu.

Penutup Polpen Dari Kain Flanel

tutup bolpoin dari kain flanel
tandapagar.com

Bosan dengan penutup bolpoin yang gitu gitu aja. Yups, salah satu kerajinan tangan dari kain flanel ini bisa menjawab permasalahan kamu. Kamu tentu akan semangat lagi untuk belajar karena memiliki bolpoin tampilannya cantik. Tentu teman kamu banyak yang iri kepadamu.

Sepatu Bayi Dari Kain Flanel

sepatu bayi dari kain flanel
tandapagar.com

Diantara kerajinan tangan dari kain flanel selanjutnya yaitu sepatu bayi. Dengan memakai bahan bahan kain flanel yang teksturnya halus, amat sesuai untuk bikin sepatu bagi sang bayi.

Kamu dapat bikin sepatu bagi si buah hati dengan motif dan desain yang anda favoritkan. Langkah langkah pembuatannya pun tidak serumit yang kita bayangkan seperti bikin sepatu orang dewasa.

Gantungan Nama Dari Kain Flanel

gantungan kunci nama dari kain flanel
windowsnesia.com

Kayaknya jenis kerajinan tangan yang satu ini adalah gantungan kunci yang lebih beragam, yang mana kamu dapat membikinnya berdasarkan orderan dan permintaan sang pembeli, atau kerap pula kita sebut sebagai customer. 

Untuk contoh, kamu dapat bikin gantungan kunci nama ini dengan memakai nama kamu atau pembeli kamu. Tampak keren, unik dan lucu bukan?

Bando Dari Kain Flanel

bando dari kain flanel
ruangtanya.com

Wawh ingin tampil gaya dengan teman teman kamu, pakai saja nih bando dari kain flanel ini. Tentunya kamu harus membuatnya terlebih dahulu supaya bisa untuk menggunakannya. Jangan lupa dikasih motif yang lainnya supaya terlihat lebih menarik lagi.

Boneka Dari Kain Flanel

boneka dari kain flanel
harrani.com

Apa kamu pernah membayangkan menghasilkan boneka lucu ini dari kain perca? Ya, kain perca sangat cocok untuk menciptakan beberapa kreasi yang lucu serta unik. Beberapa contohnya merupakan boneka ini, dengan mengkombinasikan beberapa motif kain perca menciptakan boneka hias ini bertambah keren.

Topeng Spiderman Dari Kain Flanel

topeng spiderman dari kain flanel
pinterest.com

Bagi kamu pencinta film spiderman mulai dari yang film jadul sampai yang dirilis akhir akhir ini pastinya setelah menonton akan timbul efek untuk menirunya? benar bukan. Coba saja kamu buat topeng spiderman ini dan ikuti semua aksi dan gayanya.

Hiasan Pintu Dari Kain Flanel

hiasan pintu dari kain flanel
via blogspot.com

Bagi kamu yang ingin memberi pesan kepada orang yang berkunjung rumah kamu misalnya ketuk dulu atau memberi tahu kalau ini rumahnya si bapak Z maka kamu bisa menggunakan hiasan pintu dari kain flanel ini. Kamu bisa tambahkan ornamen misalnya strawberi atau sebagainya.

Pohon Dari Kain Flanel

satujam.com

Pohon pohonan dari kain flanel? Tidak masalah. Nih pohon flanel yang bisa kamu manfaatkan menjadi barang yang bernilai tinggi. Ini juga sangat cocok ketika diadakan pesta pesta di rumah. Bagaimana? tertarik mencoba bikin pohon dari kain flanel?

Sarung Hp Dari Kain Flanel

sarung hp dari kain flanel
fatinia.com

Kerajinan kain flanel dari tempat hp– Sarung hp semacam gambar diatas adalah diantara satu kerajinan tangan dari kain flanel yang lumayan gampang untuk dibikin. Sekedar dengan bahan sejumlah lembar kain flanel aja, kamu telah mampu bikin sarung hp seperti pada gambar di atas loh.

Adapun hiasan pada bagian luar sarung hp pula dapat kamu bikin berdasarkan kemauan kamu, mau dibikin ikon kupu kupu, bunga, apel maupun ikon yang imut pun dapat kamu lakukan.

Dadu Dari Kain Flanel

dadu dari kain flanel
via blogspot.com

Dadu kain flanel ini diperuntukkan bagi mainan bayi. Sebab teksturnya yang halus, ditambah lagi disaat bayi masih usia dibawah 2tahun yang kerapkali memakan apa saja ke dalam mulutnya.

Dengan memakai mainan dadu yang bahannya  berasal dari kain flanel ini dan terdapat ukuran yang lumayan besar, kamu tidak harus khawatir seandainya mainan ini tertelan dan pula tidak membahayakan keselamatan si buah hati.

Miniatur Vespa dari Kain Flanel

miniatur vespa dari kain flanel
sarungpreneur.com

Miniatur sendiri adalah imitasi dari suatu barang maupun makhluk hidup yang dapat dibikin sesuai dengan yang asli, cuma aja dibikin dengan ukuran yang kecil. Terdapat banyak juga objek yang dapat dibikin menjadi miniatur misalnya motor, mobil, hewan, kota, negara bahkan bumi pun bisa.

Namun pada umumnya untuk pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel pada umumnya bikin miniatur sederhana misalnya miniatur motor Vespa kayak gambar di atas.

Bunga  Dari Kain Flanel

bunga dari kain flanel
fatinia.com

Bros bunga yang menarik ini diciptakan dengan menggunakan kain sisa sampah konveksi. Dengan memakai kreativitas kamu dapat menghasilkan kreasi bros dengan macam warna. Buatlah bros bunga ini dengan berbagai motif kain serta berilah sentuhan akhir untuk menambah keindahannya.

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Perahu Dari Stik Es Krim

perahu dari stik es krim
pinterest.com

Keren banget bukan? kalau perahu dari stik es krim ini baru kamu bisa untuk dilayarkan di permukaan air, beda dengan perahu yang terbuat dari kardus. Cara bikinnya sangat mudah sekali, kamu hanya tinggal kumpulkan stik es krim dan susun sesuai dengan gambar di atas.

Panah Dari Stik Es Krim

panah dari stik es krim
artexplorez.com

Untuk anak anak kecil tentunya es krim termasuk dari makanan favorit mereka. Selain rasanya yang enak dan lezat, ternyata stiknya tersebut dapat kita manfaatkan menjadi suatu mainan yang mengasyikan. Adapun mainan yang mengasyikan tersebut adalah panah dari stik es krim. Kamu perlu menyiapkan senarnya sebagai pelontar panah supaya anak panah tersebut bisa melesat.

Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim

miniatur rumah dari stik es krim
hidupsimpel.com

Rumah sendiri adalah kebutuhan pokok dari setiap orang yang hidup di muka bumi ini. Adapun miniatur rumah dari stik es krim ini dapat kamu buat dengan cara yang simpel dan pastinya mudah. Kemungkinan kamu menghabiskan waktu berhari hari untuk menyelesaikan rumah ini. Namun dengan ketekunan pastinya kamu bisa.

Burung Merak Dari Stik Es Krim

burung merak dari stik es krim
sarungpreneur.com

Indah sekali bukan burung meraknya? Kamu pun bisa membuatnya. Yang kamu perlu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuat kepalanya sesuai dengan gambar di atas. Kemudian kamu kasih matanya dan juga paruhnya. Lalu setelah itu baru deh kamu buat ekornya layaknya seperti kipas.

Escavator Dari Stik Es Krim

escavator dari stik es krim
youtube.com

Unik bukan. Escavator dari stik es krim ini benar benar beda dengan yang lain. Adapun cara pembuatannya pertama kamu siapkan terlebih dahulu berbagai alat dan bahannya seperti stik es krim, suntikkan bekas, selang dan lem.

Hiasan Vas Bunga Dari Stik Es Krim

hiasan vas bunga dari stik es krim
infoana.com

Dengan menggunakan stik es krim, pastinya kamu bisa berkreasi dengan barang barang yang lain, misalnya tentang membuat hiasan vas bunga dari stik es krim ini. Yang kemudian dikombinasikan dengan memakai vas bunga kaca yang bening.

Cara membuat vas bunga dari stik es krim, yang perlu dipersiapkan hanyalah, stik es krim yang direbus. Sehingga setelah stik es krim berhasil menjadi lunak, maka akan mudah di sesuaikan bentuk dengan vas bunga diatas.

Miniatur Sepeda Bmx Dari Stik Es Krim

miniatur sepeda bmx dari stik es krim
masfikr.com

Ada ada aja seniman yang satu ini. Dia ingin tampil beda dengan pengrajin lainnya dengan cara membuat sepeda bmx yang bahnnya berasal dari kumpulan stik es krim. Uniknya beberapa bagian sepeda motor seperti rantai, roda, bahkan kerangkanya dari stik es krim semua. Wah gimana jalannya itu bang?

Masjid Dari Stik Es Krim

masjid dari stik es krim
izismile.com

Miniatur masjid dari stik es krim di atas adalah diperuntukkkan buat kamu yang sholeh dan sholehah. Kamu bisa tambahkan ornamen lainnya seperti speakernya, orang atau jamaah yang sedang sholat dan yang lainnya. Bagusnya ini ditaruh di sudut masjid, supaya nantinya para jamaah yang datang tahu kalau ini adalah miniatur masjid tersebut.

Rumah Stik Es Krim

miniatur rumah dari stik es krim
pinterest.com

Rumah adalah kebutuhan paling penting setelah makan. Bagi kamu yang bercita cita menjadi seorang desainer rumah atau ingin memiliki rumah idaman tidak salahnya kamu menuangkannya menjadi suatu kerajinan yang unik misalnya saja miniatur rumah dari stik es krim. Sudah banyak tutorial yang bisa kamu dapatkan. Disini kami hanya mereview saja.

Jembatan Dari Stik Es Krim

jembatan dari stik es krim
hidupsimpel.com

Salah satu kerajinan dari stik es krim favoritku adalah jembatan ini. Yak, benar sekali, kamu perlu merangkainya satu persatu dari awal dulu kemudian di kasih lem yang kuat supaya jembatannya tidak mudah untuk roboh. Adapun juga kalau ingin jadi, sebaiknya kamu membuatnya dengan para tim kamu.

Gerobak Dari Stik Es Krim

gerobak mini dari stik es krim
bukalapak.com

Bentuk Kuda Dari Stik Es Krim

bentuk kuda dari stik es krim
via blogspot.com

kayaknya hanya sekilas melihat saja kamu sudah merasa tertantang untuk membuatnya. Ya, bisa dibilang inilah kerajinan dari stik es krim yang paling mudah untuk dibuat selain kerajinan yang lain. Cobalah membuatnya, lama kelamaan nanti kamu akan tertantang untuk membuat bentuk kuda yang lebih kompleks atau rumit lagi.

Bangunan Keren Dari Stik Es Krim

bangunan keren dari stik es krim
via blogspot.com

Kalau saya sarankan nih sebaiknya kamu berguru saja kepada seniman yang sudah berpengalaman atau jam terbang nya tinggi dalam membuat kerajinan tangan semacam ini. Bayangin berapa banyak stik es krim yang dia habiskan untuk membuat bangunan yang keren tersebut.

Menara Dari Stik Es Krim

menara dari stik es krim
via blogspot.com

Jika ada tugas dari guru seni kamu supaya membuat suatu kerajinan maka cobalah membuat gurumu tersebut terkesan dan kagum akan buah kerajinan kamu tersebut. Yah, aku sendiri merekomendasikan kamu untuk buat menara dari stik es krim karena dijamin terlihat beda dan unik dibandingkan dengan buatan teman teman kamu.

Kerajinan Tangan Dari Kertas Koran

Miniatur Tank dari Kertas Karton

miniatur tank dari kertas karton
gitar-hijau.blogspot.com

Miniatur tank dari koran? memang ada? ya ada lah. Tuh buktinya ada gambar miniatur tank dari koran. Bisa dibilang ini termasuk yang agak atau lumayan untuk dibuat, akan tetapi jangan menyerah, ada kemauan pasti disitu ada jalan.

Gajah Dari Kertas

youtube.com

Wuih, bikin gemes banget tuh gajah dari kertasnya. Aku rasa inilah kerajinan tangan dari kertas yang paling simpel dan sangat gampang untuk di buat. Untuk awal-awal kamu siapkan kertas kartun dengan warna terserah. Kemudian kamu buat terlebih dahulu kepalanya. Adapun caranya yaitu gulung seperti gambar di atas lalu digambar wajahnya. Untuk kakinya juga sama. Kamu buat gulungan kemudian kasih motifnya.

Pop-up Book Dari Kertas

pop-up book dari kertas
scad.edu

Selanjutnya Kerajinan tangan dari kertas yaitu pop-up buku. Kertas yang telah di proses dan di bikin jadi suatu bentuk kertas yang dapat muncul. Pastinya kerajinan tangan ini dapat dikatakan sebagai kerajinan tangan yang kreatif ya teman-teman, dengan hanya memakai bahan dari kertas saja.

Kerajinan tangan unik yang jenis ini, banyak disenangi oleh anak remaja. Karena pop-up buku merupakan seni yang mempertunjukkan gambar yang tiba tiba muncul di kertas.

Bentuknya saja tiga dimensi jadi anak-anak menjadi suka sebab disaat mau membaca buku, dan ketika bukunya di buka muncul gambar yang timbul. Buku ini pula meningkatkan keahlian dan imajinasi anak . Terdapat juga buku dongeng yang dibuat seperti buku pop up tersebut.

Untuk masing masing orang tua yang menginginkan anaknya supaya giat belajar, bisa mencobanya. Caranya yaitu dengan membelinya dari toko toko terdekat.

Origami Rubah dari Kertas

bentuk origami rubah dari kertas
thisiscolossal.com

Terdapat sejumlah origami yang bentuknya sama seperti rubah, kucing, badak dan yang lainnya. Pastinya Tentu origami rubah tersebut juga bukanlah orang indonesia yang bikin, pastinya orang luar negeri.

Serta banyak lagi contoh kerajinan tangan dari kertas yang jenis origami, seperti pohon, kuda, robot, kupu kupu, ikan pedang dan yang lainnya ada pohon, ada robot, kupu-kupu, permen ikan, pedang dan sebagainya.

Tentu apabila kamu mau bikin origami yang unik, mesti perbanyak latihan, seandainya tak menemukan pelatih dengan langsung, kamu dapat mengamati video di youtube, maupun kamu pula dapat menuju website yang yang secara detail membahas pembikinan origami.

Keranjang dari Koran Bekas

keranjang dari kertas koran bekas
bintang.com

Koran bekas yang semula adalah termasuk sampah, ternyata setelah kita manfaatkan bisa dibuat menjadi tong sampah atau keranjang sampah yang bisa bernilai tinggi. Motifnya lebih unik dibandingkan dengan keranjang pada umumnya.

Hiasan Dinding Kepala Hewan

hiasan dinding dari kertas
mbribik.com

Biasanya kita sering tuh bertamu ke rumah orang, dan melihat di tembok rumah orang tersebut ada kepala hewan rusa. Mungkin kalau kita cari akan kesusahan, namun jika ingin tidak repot dan ngebet pingin punya kamu bisa buat kepala rusa ini dari kertas saja.

Pop Up Card Dari Kardus Bekas

craftcrossing.com

Sebelumnya kita membahas tentang pop up buku yang bisa membuat anak anak rajin untuk belajar dan membaca. Sekarang kita membahas pop up card. Pop up card ini sangat cocok sekali untuk undangan pernikahan atau undangan ualng tahun kamu, adik kamu, atau saudaramu yang lain. Juga bisa digunakan untuk mainan.

Origami Bunga Dari Kertas

bunga dari kertas
tandapagar.com

Kerajinan tangan yang paling umum dan paling banyak dicari adalah bunga dari kertas atau kita sebut sebagai origami bunga. Sudah banyak sumber tutorial tutorial yang bisa kamu dapatkan, misalnya di beberapa blog atau langsung di youtube bagi kamu yang lagi banyak kuotanya.

Origami Naga dari Kertas

origami naga dari kertas
tandapagar.com

Ada juga salah satu hewan mitos favorit aku yang mana terinspirasi oleh film film yang bergenre mitologi khususnya yang ada naga naganya. So, kalau kamu ada tugas dari gurumu untuk buat origami, ya sebaiknya buat saja bentuk naga seperti pada gambar di atas. Tidak rumit rumit amat kok, yang penting kamu telaten saja.

Seni Kertas Rumit di Dinding

hiasan dinding dari kertas
via blogspot.com

Seniman biasanya kalau sudah levelnya tingkat tinggi dan berpengalaman dalam membuat segala jenis seni yang rumit, tentunya akan membuat dirinya semakin tertantang untuk buat suatu seni yang lebih rumit lagi. Yak, contohnya seperti seniman di atas. Kalau kita sih perlu waktu bertahun tahun untuk membuatnya.

Naga dari Koran Bekas

dinosaurus dari kertas koran
bintang.com

Saya tidak bisa membayangkan berapa lama orang tersebut menyelesaikan bentuk dinosaurus tersebut. Kemungkinan bisa berbulan bulan lamanya. Tapi setelah jadi, maka pastinya akan timbul perasaan puas. Yak, ini cuma referensi saja buat kamu, kalau ingin buat silahkan kalau tidak mau ya dilihat saja.

Hiasan Gantung Hati dari Kertas Koran

hiasan gantung dari kertas majalah
kerajinantangantop.blogspot.com

Bingung mau mencari referensi untuk hiasan gantung buat kamar kamu atau salah satu ruangan di rumah kamu? ya saya sih merekomendasikan buat aja hiasan gantung dari kertas itu. Cukup terbilang simpel bukan.

Piramida dari Kertas Koran

piramida terbalik dari kertas koran
masfikr.com

Bentuk piramid terbalik ini memakai bahan dari kertas, perlu level tinggi dalam hal teknik serta hati hati, kecermatan dan kesabaran. Kelihatannya gampang, namun nyatanya motifnya sangat rumit, bayangin bagaimana caranya tekniknya seperti itu. Coba saja jangan menyerah.

Kerajinan Tangan Dari Kayu

Tempat Pensil Dari kayu

tempat pensil dari kayu
sarungpreneur.com

Untuk kamu yang sering sekali kehilangan pensil bolpoin atau peralatan sekolah yang lainnya, kayaknya harus coba tempat pensil dari kayu. Selain praktis, pastinya kamu akan mudah untuk meletakkanya karena tinggal ditancapkan saja.

Kura-kura Dari kayu

kura kura dari kayu
tokopedia.com

Kura kura seperti gambar di atas lumayan mirip dengan bentuk aslinya ya. Gambar di atas kura kuranya masih polosan, belum dikasih warna. Coba bayangkan kalau dikasih warna hijau, pastinya akan terlihat benar benar hidup.

Mobil Dari Kayu

mobil dari kayu
via blogspot.com

Selain mobil dari bahan kerajinan tangan yang lain, yang tidak kalah terkenal adalah mobil dari kayu. Bentuknya yang unik karena berukuran mini, selain itu mobil ini rodanya juga bisa berputar, jadi selain sebagi hiasan juga dapat dibuat menjadi mainan.

Kapal Dari Kayu

perahu dari kayu
indonesianetwork.co.id

Kapal merupakan kendaraan untuk angkutan penumpang dan barang di laut sama halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kerajinan tangan miniatur kapal ini adalah barang antik yang sangat digemari oleh para pecinta koleksi antik antik. Kamu perlu jam terbang tinggi untuk bisa membuatnya.

Koper dari Kayu

koper dari kayu
via ebay.com

Koper dari kayu ini sangat bermanfaat banget buat kamu terlebih lagi ketika kamu memiliki banyak sekali uang dan tidak mau menyimpannya ke dalam bank. Selain uang pastinya kamu dapat menyimpan benda benda berharga lainnya seperti emas, intan, dan sejenisnya.

Speaker Hp dari Kayu

speaker dari kayu
blibli.com

Buat kamu para pecinta musik dan tidak bisa lepas dari alunan musik, kayaknya patut mencoba spekar hp dari kau ini. Pastinya kamu tidak perlu menghabiskan banyak daya listrik untuk sekedar mendengarkan musik dengan volume yang keras. Sangat simpel sekali bukan. Untuk mendapatkannya tidak susah, kamu tinggal cari saja secara online, nanti barangnya akan diantar ke rumah kamu.

Kacamata dari Kayu

kacamata dari kayu
pinterest.com

Benda antik ini merupakan kerajinan tangan yang paling banyak di cari baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Bentuknya unik, warna serta serat kayunya juga keren. Biasanya bahan pembuatan kacamata dari kayu ini adalah Kayu Endemik Jawa, salah satu jenis kayu yang amat susah untuk ditemukan atau Langka.

Jam Tangan Dari Kayu

jam tangan dari kayu
thegadgetflow.com

Tahun tahun sebelumnya jam tangan dari kayu ini sangatlah booming, sampai sampai yang membuat kerajinan tangan ini mendadak kaya. Sampai sekarang kemungkinan trendnya masih berlanjut. Tapi bagi kita yang masih newbie, ya sebaiknya membeli aja, soalnya bikinnya juga termasuk susah.

Gelang dari Kayu

gelang kayu dari kayu
madehearth.com

Inilah souvenir yang paling banyak dicari oleh para pelancong dari berbagai luar negeri. Kamu jika memiliki keahlian untuk membuat kerajinan tangan atau bisa menjualnya pastilah banyak orderan nantinya. Supaya lebih indah dan harganya kamu bisa naikkan, kamu tambahkan berbagai motif lainnya.

Keyboard Dari Kayu

keyboard dari kayu
ilmupengetahuan.org

Ada ada aja nih, masa ada keyboard komputer dari kayu. Iya bro benar sekali, meskipundari kayu tapi keyboard ini benar benar bisa digunakan untuk mengetik loh. Sekali kali nyobalah kamu untuk menggunakannya, dijamin kamu akan merasakan sensasi yang berbeda.

Miniatur Sepeda dari Kayu

miniatur sepeda dari kayu
pinterest.com

Miniatur sepeda motor ini pastinya bisa kamu jual dengan harga tinggi loh. Kamu bisa menjualnya di tempat atau pasar yang banyak didatangi pelancong dari luar negeri. Selain unik, pastinya sepeda motor miniatur ini sangat indah untuk dijadikan pajangan di rumah kamu.

Helm dari Anyaman Kayu

helm dari anyaman kayu
via blogspot.com

Kayaknya antimainstream bentu nih yang mau pakai helm ini. Biasanya helm berasal dari bahan atom, eh uniknya helm ini terbuat dari anyaman kayu. Meskipun begitu tetap aman aja kok helm ini. Yang penting kamu taati saja rambu lalu lintas.

Kerajinan Tangan Dari Sendok Plastik

Hiasan Cermin Dari Sendok Plastik

hiasan cermin dari sendok plastik
rooang.com

Penggunaan cermin tidak sekedar buat berhias maupun ketika kamu mencoba pakaian. Cermin juga dapat dipakai buat mendekorasi rumah. Di samping menjadi elemen yang mempercantik ruangan, cermin yang memiliki ukuran agak lebar dapat menjadikan ruangan kamu terlhiat lebih luas dan elegan.

Sayangnya, harga cermin dekoratif cukup mahal. dibandingkan kamu mengeluarkan banyak uang, tidak ada salahnya apabila bikin sendiri cermin dekoratif dari bahan yang sudah habis pakai. Diantaranya adalah kamu bisa menggunakan sendok plastik ini sebagai penghias cermin tersebut.

Hewan Semut dari Sendok Plastik

hewan semut dari sendok plastik
via blogspot.com

Ternyata sendok plastik jika kita gali terus bisa menjadi sesuatu yang unik dan tidak terfikirkan sebelumnya. Ya, benar sekali, hewan semut tersebut sangat mirip dengan yang aslinya, kamu bisa pakai sendok yang berwarna hitam. Namun jika adanya yang putih saja kamu bisa warnai sendok tersebut dengan warna hitam.

Burung Merak dari Sendok Plastik

burung merak dari sendok plastik
via blogspot.com

Jika kamu punya sendok plastik yang tertumpuk tidak terpakai, coba saja buat bentuk burung merak. Hampir semua bentuk burung merak di atas adalah berasal dari sendok plastik, mulai dari kepalanya, badannya hingga sayapnya. Pastinya kamu bisa membuatnya. cobalah sendiri di rumah yah.

Kerajinan Tangan Dari Elektronik Bekas

Sepeda Dari Elektronik Bekas

sepeda motor dari elektronik bekas
via wordpress.com

Ternyata komponen komponen peralatan listrik yang sudah tak terpakai dapat digunakan menjadi suatu barang kerajinan yang unik dan menarik. Contohnya saja seperti pada gambar di atas, miniatur sepeda motor tersebut benar benar asli seperti pada sepeda motor pada umumnya.

Jika kamu menemukan peralatan elektronik yang sudah tak terpakai coba saja bongkar dan bentuk komponennya tersebut menjadi kerajinan tangan sesuai dengan kekreatifitasan kamu.

Lilin dari Bohlam Bekas

lilin dari bohlam lampu bekas
kafeer.blogspot.com

Jika ada mati listrik kamu bisa gunakan lilin dari bohlam bekas saja. Untuk bahan yang bisa membuatnya menyala bisa minyak tanah. Kemudian kamu cari kain yang mana dapat menjadi perantara minyak tanah tersebut. Silahkan mencoba.

Kerajinan Tangan Dari Cangkang Telur

Bentuk ayam dari Cangkang Telur

ayam dari cangkang telur
via blogspot.com

Telur ayam berasal dari ayam kemudian dibuat menjadi ayam lagi, kreatif juga yah. Yak bro ayam ini seratus persen asli dari cangkang telur. Luar biasa banget ya, senimannya bisa membuatnya. Kemungkinan bentuk ayam dari telur ini membutuhkan lumayan banyak sekali bahan cangkang telur.

Pot dari Cangkang Telur

pot tanaman dari cangkang telur
ruangtanya.com

Pot simpel dan mudah untuk didapatkan. yah, benar sekali, bagi kamu yang sukanya masak telur, kan itu cangkangnya mau kamu buang. Mendingan jangan, karena kamu bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan tangan pot untuk bunga yang berukuran kecil atau bibit bunga.

Demikianlah berbagai kerajinan tangan di dunia ini yang bisa kamu buat menjadi barang unik atau bisa menjadi barang yang bernilai tinggi. Semoga bermanfaat, jangan pula share.