Lukisan Pablo Picasso | penjelasan Beserta yang Termahal

Lukisan Pablo Picasso – Pablo Picasso merupakan pelukis terkenal di dunia asal Spanyol yang sudah menelurkan 20,000 karya sepanjang hidupnya, luar biasa bukan. Pablo Picasso adalah orang yang mengenalkan aliran kubisme, meskipun begitu banyak juga lukisannya yang tidak hanya kubisme, tapi ada juga yang aliran lain. Karena hebatnya dalam bidang seni rupa khususnya melukis, banyak pelukis kontemporer yang berkiblat kepadanya.

Berikut kumpulan lukisan Pablo Picasso yang terkenal, selamat melihat.

Lukisan Pablo Picasso

Kubisme

lukisan pablo picasso aliran kubisme
art.com

Kayaknya ini karya Mr. Pablo yang termasuk abstrak. lukisan dengan bentuk kotak-kotak itu beraliran kubisme. Kita lihat motifnya saja kebanyakan adalah garis lurus dan sedikit ada yang berbentuk lingkaran menandakan memang kalau lukisan ini memang benar-benar aliran kubisme. terdiri dari berbagai campuran warna dari biru, kuning, orange, ungu, merah dan coklat. Tidak seperti lukisan yang lain, lukisan ini tidak terlalu terkenal. Meskipun begitu tetap harus diacungi jempol.

Picasso Dogs

lukisan pablo picasso
wikiart.com

Lukisan ini juga termasuk salah satu lukisan Pablo Picasso beraliran Kubisme. Terlihat jelas kalau kita lihat gambar diatas, semua terdiri dari garis-garis saja. Lukisan itu kalau kita lihat secara jelas menggambarkan bentuk anjing. Kedua sisi telinga berbeda warna yaitu merah dan merah muda. Mungkin Pablo membuatnya dengan memakai krayon karena kita tahu sendiri, kalau pakai krayon warna terlihat tidak begitu merata.

Black Jug and Skull

karya pablo picasso hitam putih
tate.org.uk

Lukisan ini di dalamnya hanya ada dua warna yaitu cuma hitam dan putih. Ada buku, tengkorak, meja, dan sebuah kendi, maksudnya apa?

Berdasarkan referensi yang saya baca, ternyata picasso membuat lukisan ini di studio Lithograper Fernand Mourlot di kota Paris. Katanya Pablo melukis ini hanya memakai krayon Litograf dan tinta. Di beberapa bagian gamba tersebut digoreskan beberapa kali supaya kelihatan lebih tajam.

Baca Juga  Sejarah Batu Hajar Aswad di Mekkah Secara Lengkap Dengan Ceritanya

Garcon A La Pipe

lukisan Pablo Picasso termahal

Inilah karya terbaik serta karya termahal dari Pablo Picasso. Lukisan yang menggambarkan seorang anak yang sedang merokok dengan pipa ini awalnya adalah inspirasi Pablo Picasso, ketika ia melihat anak tersebut bekerja di Kota paris. Waktu itu dia masih berumur 24 tahun, dan dia melukis lukisan tersebut karena pada saat itu di Francis lagi periode mawar. Maka tidak heran apabila kalau kita lihat lukisan itu, anak tersebut memakai mahkota dari bunga Mawar.

Lukisan ini pada beberapa website berita yang saya baca laku terjual dalam pelelangan sekitar 120 juta USD atau 2,5 triliunan. Angka yang sangat fantastis.

Dora Maar Au Chat

 

lukisan pablo picasso terbaik di dunia
cloudfront.net

Unik bukan, sebuah lukisan wanita sedang duduk dan di bahunya ada seekor kucing warna hitam. Bentuk muka gak jelas, ciri khas dari lukisan beraliran kubisme. Katanya sih wanita dalam lukisan tersebut adalah gambaran dari kekasih gelap Pablo Picasso.

Pablo berhubungan dengan wanita ini hampir satu dekade. Awalnya di saat Pablo masih berumur 29 tahun dia jatuh cinta pada wanita tersebut, dan butuh 26 tahun atau di usianya yang 55 tahun  baru bisa mereka berkumpul bersama dan menjalani hubungan resmi.

Lukisan tersebut saat sekarang harganya ditaksir sekitar USD 95,200.000.

Three Musician

lukisan Pablo Picasso
pablopicasso.org

Three Musician adalah nama lukisan tersebut. Lukisan tersebut dibuat dengan minyak di atas kanvas dan termasuk lukisan yang beraliran kubisme. Lukisan ini selesai dibuat pada tahun 1921 Masehi di Prancis. Sekarang lukisan tersebut ada di Museum of Modern Art (MoMA) di Kota New York, dan versi lainnya ditemukan di Philadelphia Museum of Art.

Tiga orang dalam lukisan tersebut menurut beberapa pengamat kesenian Picasso, Guillaume Apollinaire, dan Max Jacob. Apollinaire dan Jacob, keduanya adalah penyair dan merupakan teman dekat Pablo di tahun 1910. Sayangnya, Apollinaire meninggal karena flu Spanyol pada tahun 1918, sementara Jacob memutuskan untuk menjadi Biarawan.

Guernica

lukisan karya pablo picasso hitam putih
wikiart.com

Guernica ini adalah nama lukisan hitam putih yang dilukis dengan minyak berukuran mural di atas kanvas oleh seniman Spanyol Pablo Picasso. Selesai pada bulan Juni 1937, di rumahnya di Rue des Grands Augustins, di Paris. Lukisan tersebut katanya menggunakan palet abu-abu, hitam, dan putih.

Baca Juga  Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

Menurut para kritikus pada saat itu, lukisan ini berperan untuk menyampaikan kritik di masa perang. Terlihat jelas dalam gambar tersebut terdapat orang yang menderita karena kekerasan dan kerusakan. Gambar yang paling menonjol adalah kuda yang mengamuk, banteng dan api.

Seekor banteng tampaknya menanduk kuda dari bawahnya. Kepala banteng dibentuk terutama oleh kaki depan kuda yang memiliki lutut di tanah. Tutup lutut kaki membentuk hidung kepala. Sebuah tanduk muncul di dada kuda.

Tafsiran itu memang benar karena pada saat itu adalah masa perang, dan lukisan itu dibuat sebagai tanggapan atas kekejaman NAZI yang tega mengebom daerah Guernica, sebuah desa yang berada di bagian Utara Spanyol.

Les Noces de Pierrette

lukisan Pablo Picasso
pablopicasso.org

Lukisan ini di buat Pablo Picasso untuk mengambarkan suasana pernikahan di tahun 1905. Lukisan ini di buat di mana saat itu adalah periode birunya. Makanya tidak heran jika lukisan itu dominan dengan warna biru.

Awalnya Lukisan tersebut dimiliki oleh teman Pablo sendiri yaitu Josef Stránský kemudian akhirnya berpindah tangan ke seorang pengusaha real estate, Tomonori Tsurumaki dengan membeli lukisan itu seharga $ 51.670.000

Sampai ketika harganya sudah sangat mahal, pengusaha tersebut menjualnya. Sekarang lukisan Les Noces de Pierrette diamankan di lemari besi Mitsui Trust Bank.

Cat Catching a Bird

lukisan Pablo Picasso
wikiart.org

Menurutmu bagaimana? Apa makna lukisan tersebut?

Lukisan itu dibuat Selama tiga bulan pertama tahun 1939, di saat kota-kota Madrid, Barcelona dan Valencia jatuh di tangan pasukan Franco, sementara Hitler melakukan terobosan ke Eropa Timur.

Pada tahun itu, ibu Picasso meninggal pada 13 Januari. Peristiwa politik dan pribadi saat itu ia gabungkan dalam imajinasinya untuk menemukan ekspresi dalam gambar tersiksa yang penuh dengan resonansi alegoris.

Picasso berkata tentang lukisannya itu: “Saya tidak melukis lukisan perang karena saya bukanlah pelukis yang mencari mata pelajaran, seperti fotografer. Tapi tidak ada keraguan bahwa perang hadir dalam lukisan yang saya lakukan saat itu. , Mungkin, sejarawan akan menunjukkan bahwa pekerjaan saya berubah di bawah pengaruh perang. ”

Baca Juga  Cara Cepat menguasai bahasa Inggris, Anti Mainstream Dan Praktis

Kucing dan burung dalam lukisan tersebut memang kurang begitu nyambung tetapi Pablo berkata kalau kucing dan burung pada saat itu membuatnya sangat terobsesi.

Kalau kita lihat Kucing di lukisan tersebut sedang memegang seekor burung dengan rahangnya. Burung itu berjuang mati-matian untuk melepaskan diri dari siksaan kucing itu. Skema warna agak digelapkan, Cokelat kusam diselingi dengan garis-garis putih yang menonjolkan cakar yang kejam, mata yang bersinar, dan sayap burung yang rusak, yang menunjukkan luka mentah.

Netralitas latar belakang tidak mengurangi horor pemandangan. Ilustrasi Kucing itu berdiri dan menangkap burung itu membuat kita berfikir, apakah burung itu akan selamat atau tidak?

Portrait of Ambroise Vollard

lukisan pablo picasso aliran kubisme
modernart2011.blogspot.com

Ambroise Vollard (1867-1939) merupakan seorang dealer seni terbesar di abad 20. Dia adalah orang yang memperjuangkan karya Paul Cézanne, Van Gogh, Renoir, Gauguin dan Henri Matisse supaya terkenal. Dia juga adalah orang penting yang mempromosikan periode biru dan mawar Picasso.

Kalau kita lihat dalam lukisan itu, di situ terdapat Potret Ambroise Vollard, mata tajamnya yang tampak tertutup, kepalanya yang botak, hidungnya yang bundar dan bentuk jenggotnya yang segitiga berwarna gelap. Picasso dengan hebat mengubah aspek kepala Vollard, kubahnya yang masif merupakan gambaran yang paling mengesankan tentang dirinya.

Awalnya Vollard tidak terlalu tertarik dengan gaya lukisannya Pablo, namun karena Pablo sering menjelaskannya akan arti dan keindahan dari Kubisme, akhirnya dia tertarik. Untuk mengenang jasa Vollard tersebut, maka dibuatlah lukisannya dengan gaya aliran Kubisme.

Selain diatas berikut beberapa lukisan Pablo Picasso

lukisan Pablo Picasso
fashionwtf.com
lukisan Pablo Picaso
dhresource.com
lukisan Pablo Picaso
wikimedia.org
lukisan Pablo Picasso
biography.com
lukisan Pablo Picasso
blognana.com
lukisan Pablo Picasso
pinterest.com
lukisan Pablo Picasso
metmuseum.org

Itulah beberapa lukisan Pablo Picasso yang terkenal. sebenarnya masih banyak lukisan lainnya, namun karena saya sudah capek 😀 saya hentikan sampai sini, kita sambung lain waktu lagi. Terima kasih telah berkunjung. Baca juga Gambar Wayang

Leave a Comment