Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung

Macam macam bahasa pemrograman -Hallo guys, kembali lagi bersama hidup simpel. Kali ini aku akan memberikanmu info tentang macam macam bahasa pemrograman beserta tingkat kesulitan dan kegunaannya.

Di era sekarang ini kemajuan teknologi merajalela tak terkecuali dengan teknologi informasi. Teknologi informasi pastinya tidak terlepas dengan namanya program dan program tidak terlepas dari aktifitas ngoding.

Berdasarkan informasi dari tokoh journalis teknologi terkenal, James Bacon menyatakan bahwa di abad 21 programmer dan insinyur akan hidup sejahtera dibandingkan dengan pengacara dan profesi lainnya.

Kita tahu alasan di balik pernyataannya adalah saat sekarang kita lihat banyaknya muncul perusahaan startup berbasis teknologi. Di Indonesia sendiri ada Lazada, Go-jek, Traveloka dan sebagainya, pastinya mereka membutuhkan namanya programmer.

Berikut penjelasannya untukmu tentang macam macam bahasa pemrograman .

Macam macam Bahasa Pemrograman

Berikut saya rangkum beberapa macam macam bahasa pemrograman yang ada di dunia ini. Berikut materinya tentang macam macam bahasa pemrograman

Bahasa Pemrograman Phyton

teknojurnal.com

Ini adalah bahasa pemrograman termudah diantara yang lainnya. Dibuat oleh programmer asal Belanda bernama Guido Van Rossum pada tahun 1991. Phyton sendiri open source, praktis, berorientasi objek dan pastinya mudah dipelajari.

Kalau gak percaya nih perbandingan kode Phyton dengan yang lainnya untuk menampilkan ‘hello world!’

codepolitan.com

Bagi kamu yang ingin membuat game, bisa menggunakan phyton sebagai andalan karena mendukung semua platform. Phyton juga bagi beberapa perusahaan digunakan untuk mengembangkan softwarenya.

Phyton mendadak populer disebabkan sudah mampu membuat program berbasis web seperti layaknya bahasa HTML dan Php karena sudah dibuatkan platform bernama Raspberry pi.

Tapi jangan senang dulu, meskipun ada kelebihan tetap ada kekurangan.

  1. Untuk masalah compile data masih lambat dibandingkan dengan bahasa yang lainnya.
  2. Hanya beberapa aplikasi smartphone yang memakai Phyton, jadi sangat lemah dalam komputasi mobile.
  3. sering terjadi error pada saat running

Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya ternyata Phyton pernah digunakan untuk pengembangan aplikasi terkenal seperti Instagram, Youtube dan streaming musik Spotify.

Jika kamu memang ingin fokus belajar bahasa pemrograman ini, kemungkinan kamu bisa bekerja di Google karena Phyton adalah bahasa resmi di perusahaan tersebut. Perusahaan Dell, Amazon dan Intel sendiri di dominasi oleh para Programmer Phyton

Bahasa Pemrograman Java

instructables.com

Kalau yang ini jangan ditanya lagi. Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai oleh para programmer khususnya di Indonesia.

Diciptakan pada tahun 1995 oleh James Gosling. Nama java sendiri diambil karena memang Gosling menyukai kopi tubruk dan konon biji kopi tersebut berasal dari Jawa.

Tingkat kesulitannya menengah. Program Java sendiri merupakan turunan dari bahasa C++.

Java banyak sekali kegunaannya seperti pengembangan aplikasi Android dan IOS, video game dan pengembangan software PC.

Dilansir dari situs Dice.com bahwa Pogrammer java menempati urutan pertama dalam hal permintaan para perusahaan. Tingginya permintaan disebabkan karena semua yang berhubungan dengan android baik sisetem operasinya maupun aplikasinya dikembangkan dengan java.

Namun sayangnya ada kekurangan, diantaranya adalah memakan banyak memori di laptop karena baik media koding dan compilernya berukuran besar. Dalam pembuatan aplikasi android untuk menjalankan simulator agak lambat. Bahasa pemrograman ini tidak gampang dipelajari namun sebenarnya juga tidak terlalu susah.

Baca Juga  Cara Membuat Anak Lengkap Disertai Video, Gambar, Praktek

Java sendiri juga digunakan untuk membangun aplikasi terkenal seperti Gmail dan game Minecraft. Baru-baru ini kemampuan java yang dikembangkan adalah mampu menjelajahi secara online virtual 360 derajat.

Gimana? tertarik mempelajari Java?

Bahasa Pemrograman C

macam macam bahasa pemrograman
betanews.com

Bahasa ini termasuk dalam bahasa tingkat rendah karena merupakan salah satu generasi awal munculnya bahasa pemrograman. Dibuat pada tahun 1972 oleh Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie di AT & T Laboratories.

Bahasa C ini terdapat di semua komputer baik di komputer besar maupun komputer kecil sehingga bersifat portabel, maksudnya aplikasi yang ditulis yang ditujukan untuk komputer tertentu dapat digunakan untuk komputer yang lain dengan sedikit modifikasi.

C termasuk bahasa yang terstruktur karena menggunakan fungsi, sehingga memudahkan untuk membuat program dan melacak kesalahan yang terjadi.

C juga ternyata adalah nenek moyangnya dari bahasa pemograman tingkat tinggi lainnya seperti C++, java dan Phyton. Jadi seandainya nih kamu kuasai bahasa ini, kamu akan mendapatkan tiket untuk mengetahui semua bahasa pemrograman.

Apa itu bahasa tingkat tinggi dan tingkat rendah?

Maaf aku belum menjelaskan di awal perbedaan di antara keduanya. Bahasa tingkat tinggi itu memiliki sifat lebih mudah digunakan, diadaptasikan antar platform, dan lebih abstrak dari bahasa tingkat rendah.

Lebih mudahnya bahasa tingkat rendah itu adalah bahasa mesin sedangkan bahasa tingkat tinggi sudah di atur secara default dalam urusan mesin,  jadi lebih fokus ke operasi.

Jadi sebenarnya C adalah bahasa mesin.

Sebenarnya bahasa ini sangat kecil ukurannya dan bisa ditanamkan ke dalam mikro prosessor, bahkan tahukah kamu jika lemari es, jam alarm, tv dan alat elektronika lainnya bisa diatur karena didalamnya terdapat perintah dari bahasa C.

Sayangnya bahasa ini tidak mendukung program berorientasi objek makanya diciptakanlah c++ yang merupakan pengembangan dari bahasa ini. Selain itu kamu akan susah untuk mengecek jika terdapat eror dalam mekanismenya.

Bahasa C bisa digunakan untuk membuat sistem operasi salah satunya adalah Linux. Ebook amazon kindle dan  open GL juga menggunakan C untuk pemrogramannya.

Bahasa PEmrograman C++

macam bahasa pemrograman
udemy.com

Saatnya kita beralih pada anaknya bahasa pemrograman C yaitu C++. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa bahasa C++ adalah bahasa yang berorientasi pada objek. Bahasa ini menurutku yang terbaik dalam pembuatan aplikasi berskala besar.

C++ diciptakan pada tahun 1983 oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan hasil pengembangan dari bahasa C. Awalnya C++ dibuat sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem operasi Unix.

Bahasa C++ banyak sekali kegunaannya terutama pada program yang sangat komplek seperti sistem operasi, video game berbasis PC, Xbox dan playstation serta mesin pencari. Sat ini bahasa C++ sudah compatible dengan semua sistem operasi layaknya Android, IOS, Windows Phone dan Blackberry.

Fakta yang menarik di sini adalah bahwa Search engine Google ternyata membangun algoritmanya dengan menggunakan bahasa ini sehingga cukup terbukti akan kehandalannya, selain itu Microsof Outlook diantara aplikasi windows juga menggunakan bahasa C++.

Dibalik semua itu pasti terbersit di fikiranmu untuk menguasai bahasa ini, namun ada tapinya.

Bahasa C++ adalah bahasa yang paling susah di antara semua bahasa yang ada. Bahkan nenek moyangnya pun bahasa C masih kalah 1 poin dalam hal kesulitan. Hebatnya jika kamu sangat menguasai bahasa ini kamu berada di atas level dibandingkan dengan programmer lainnya dan dianggap istimewa.

Bahasa Pemrograman JavaScript

macam macam bahasa pemrograman
acadecap.org

Menurutku ini adalah bahasa pemrograman dengan tingkat kesulitan level 2 dan cukup populer di kalangan para programmer khususnya master pembuatan website. Bahasa ini berjalan di sisi client, maksudnya Javascript bisa disisipkan kedalam kode bahasa lainnya misalnya HTML.

Baca Juga  Sejarah Perang Dingin lengkap Beserta Foto dan Penjelasannya, Beda Sama Yang Lain Pokoknya

NEtScape adalah perusahaan yang menciptakan JavaScript di tahun 1995 setelah para pendirinya berseteru dengan pemilik Java.

Fungsi Javascript bermacam-macam beberapa diantaranya adalah untuk mempercantik tampilan website, sebagai alat analisa, widget, dan membangun website yang interaktif.

Salah satu Library yang terkenal dari JavaScript adalah Jquery. Hampir 68.5 % website di seluruh dunia menggunakan Jquery dalam beberapa bentuk.

Contoh website terkenal yang pembuatannya dengan Javascript adalah Paypal dan Youtube, bisa dilihatkan tampilan dari kedua website tersebut menarik dan interaktif.

Beberapa kelebihan lain dari Javascript adalah pada hal kecepatan, JavaScript sangat cepat karena code fungsi yang kamu tulis sudah bisa langsung dieksekusi tanpa harus menyambung ke server atau menunggu jawaban.

JavaScript lumayan simpel dipelajari dan mudah diimplementasi. Fleksibel karena bisa digabungkan dengan berbagai program dan banyaknya variasi dalam pengaplikasiannya.

Tetapi terdapat banyak kekurangan.

Untuk masalah keamanan kurang bagus karena kodenya dieksekusi oleh komputer pengguna. Dalam beberapa kasus bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk tujuan malware, makanya inilah alasan kenapa beberapa orang memilih mematikan JavaScript. Pada tampilan juga terkadang dari browser dengan browser lainnya berbeda.

Bahasa Pemrograman c#

beberapa macam macam bahasa pemrograman terbaik di dunia
udemy.org

Ini dia bahasa pemograman milik perusahaan Microsoft. Diciptakan pada tahun 2000 oleh karyawan Microsoft sendiri yaitu Anders Hejlsberg.

Sangat populer semenjak diperkenalkannya aplikasi Microsoft visual. Bahasa ini sangat powerful dan seperti bahasa pemograman yang lainnya bisa untuk membuat bermacam-macam aplikasi seperti aplikasi windows, pengembangan software dan aplikasi bisnis.

Beberapa keunggulan C# diantaranya

  1. Sudah terintegrasi dengan Net library
  2. Mudah dipindahkan, C adalah dasar bahasa dari bahasa C#, jadi struktur bisa dipindahkan ke bahasa lainnya seperti Java C PHP dan C++
  3. Banyak permintaan, C# sama seperti Java. Programmernya banyak dimintai sebagai karyawan

Selain kelebihannya ada juga kelemahannya, yaitu

  1.  tidak cocok untuk pemula, C# bukan bahasa terbaik untuk pemula yang baru mengenal pemrograman.
  2. Tidak multiplatform, C# sendiri Memang didesain untuk aplikasi Windows

Banyak aplikasi terkenal yang dibuat dengan bahasa ini beberapa di antaranya adalah stackoverflow dan Evernote.

Bahasa Pemrograman Ruby

Inilah satu-satunya bahasa pemrograman yang dibuat dari orang Asia tepatnya di Jepang yaitu Yukihiro Matz Matsumoto.

Bahasa  ini terbilang cukup mudah berbasis objek dan cukup dinamis. Bahasa ini cocok bagi kamu yang baru memulai belajar pemograman.

Ruby sendiri merupakan campuran dari bahasa pemrograman Lisp, Smalltalk, Ada, Perl dan Eiffel.

Aplikasi ini banyak kegunaannya diantaranya tampilan antarmuka pengguna membuat aplikasi berbasis web dan pengembangan website.

berikut keunggulan dari Ruby

  1. Sangat mudah dipelajari bagi pemula sama seperti bahasa python
  2. Banyaknya libraries.  Terdapat banyak libraries  dan tool lainnya membuat kita lebih mudah dalam membuat suatu aplikasi.
  3. Banyaknya komunitas. Setiap negara di dunia memiliki komunitas bahasa Ruby yang setiap saat selalu berdiskusi. Bahkan bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang paling populer di situs media khusus coding seperti Github

Kekurangan bahasa Ruby diantaranya

  1. Performa bahasa ini terbilang cukup lambat

Beberapa perusahaan yang menggunakan Ruby untuk membangun aplikasinya  diantaranya adalah Hulu, Groupon dan Airbnb.

Bahasa Pemrograman PHP

Kalau ini bukan pemberi harapan palsu lo ya. PHP sendiri kepanjangan dari hypertext preprocessor.

Dibuat pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf yang mana dikembangkan yang digunakan untuk memelihara tampilan websitenya.

Bahasa ini bersifat open source dan gratis, dan merupakan server Side yang dibuat untuk pembuatan dan pengembangan website.  meskipun khusus untuk Website namun juga bisa untuk tujuan umum program lainnya.

Baca Juga  Peninggalan Zaman Praaksara lengkap dengan Gambar dan Pembagian Tiga Zaman

Umumnya PHP digunakan diantaranya seperti plugin untuk WordPress, pengembangan Web dan juga bisa untuk membuat basis data.

Beberapa kelebihan yang dimiliki PHP

  1. Mudah dan serba guna.
  2. Komunitasnya besar. Jika kamu mendapatkan kesulitan dalam mempelajari bahasa ini kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan mereka.
  3. Bekerja sangat baik dengan database system gambar dan lainnya.

Kekurangan

  1. Tidak terlalu mudah dipelajari,  alasannya banyak kode yang membingungkan. Beberapa faktor diantaranya ternyata kode open source sudah lebih dari 10 tahun lamanya tidak dikembangkan.
  2. Bahasa ini tergolong lambat di interpreternya dan pada dasarnya bukan compiler.
  3. Cukup terbilang susah untuk mengatasi error  dibandingkan dengan bahasa yang lain. Alasannya kembali lagi pada sejarah pengembangan bahasa tersebut dan memang didukung oleh fungsi yang paling tua.

Ngomong-ngomong bahasa ini cukup terbukti handal di antaranya perusahaan Facebook dan WordPress membangun platformnya dengan bahasa ini.

Bahasa Pemrograman [C]

Kalau ini kita baca C Objek. Inilah bahasa pemograman eksklusif dan paling utama yang digunakan perusahaan Apple untuk membangun sistem operasi dan aplikasinya.

Bahasa ini aslinya dikembangkan awal tahun 1980 oleh Brad Cox dan Tom Love.

Bisa digunakan untuk tujuan umum dan sudah berbasis objek.

Jika kamu hanya ingin fokus untuk mengembangkan aplikasi IOS atau OS X, bahasa ini adalah jawabannya dan memang sudah dijelaskan sebelumnya Kalau ini adalah bahasa yang utama yang digunakan Apple untuk membuat Mac OS dan  iOS.

Beberapa keunggulan [C]

  1. Banyaknya libraries. Bahasa ini memang dikembangkan secara spesifik untuk bisa terintegrasi dengan framework pemrograman.

beberapa kekurangannya diantaranya

  1. Penggunaannya dibatasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa ini memang didesain khusus untuk produk Apple jadi kita tidak bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi platform lainnya seperti Android.
  2. Termasuk bahasa yang susah dipelajari. Bahasa ini merupakan turunan dari bahasa C jadi  kita harus mengetahui sedikit basic dari bahasa C.
  3. Berbeda cara dan metodologi dalam membuat sesuatu.  Apple memang mendesain bahasa ini dengan caranya sendiri yang mana berbeda dengan bahasa yang lainnya.

Kesimpulan Macam macam Bahasa Pemrograman

Setelah membaca semua info masih di atas Pasti kalian bertanya-tanya bahasa pemograman Apa yang harus saya pilih?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berpikir tujuan kamu memilih bahasa pemograman itu untuk apa.

Kemudian yang kedua berfikir apa yang ingin kamu lakukan dengan bahasa pemrograman tersebut.

Berikut saya rangkum supaya mudah kamu untuk memilih:

  1. Membangun dan mengedit halaman website yang paling cocok adalah PHP HTML5 dan CSS.
  2. Untuk membuat aplikasi iPhone yang paling cocok adalah [C]  untuk membuat aplikasi Android adalah C plus plus dan Java
  3. Untuk membangun halaman website yang interaktif bisa memakai JavaScript
  4. Untuk membuat video game bisa memakai C Java dan Phyton
  5. Membangun software bisa menggunakan C#  dan C++
  6. Menyimpan info dan data pengguna bisa memakai PHP,  Python dan Ruby.

Yang paling mudah dipelajari adalah Phyton,  yang paling bisa diandalkan adalah C++ dan yang paling luas adalah Java.

Apapun bahasa pemrograman yang kamu pilih untuk dipelajari, pasti akan banyak permintaan nantinya. Perusahaan besar di dunia akan membayar dengan gaji yang tinggi bagi para programmer yang ahli dan mau selalu belajar.

Demikianlah tentang macam macam bahasa pemrograman yang bisa saya bagikan terima kasih.

                 Macam macam bahasa Pemrograman, Macam macam bahasa Pemrograman

2 thoughts on “Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung

Leave a Comment