Macam macam Interaksi Sosial Beserta Penjelasan Pengertian Contoh dan Gambarnya

Macam Macam Interaksi Sosial– Halo guys, jumpa lagi bersama hidup simpel. Pada pembelajaran hari ini kita akan membahas lengkap materi interaksi sosial tentang penjelasan pengertian macam-macam interaksi sosial beserta contoh, syarat-syarat, ciri-ciri, dan gambarnya.

Langsung saja, cekidot.

Pengertian Interaksi Sosial

macam macam bentuk sosial
atclassroom.blogspot.com

Manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Pakar sosiologi, Auguste Comte menyatakan bahwa pengertian interaksi sosial adalah interaksi sosial muncul untuk memenuhi kebutuhan dam kepentingan manusia itu sendiri.

Macam macam interaksi sosial

Macam macam interaksi sosial itu banyak sekali macamnya, namun kita akan mengelompokkannya berdasarkan subjek, cara, dan bentuk. Berikut macam macam interaksi sosial.

1. Macam macam Interaksi Sosial Menurut Subjek

macam-macam-interaksi-sosial
antonfathoni.com

Mbak Muryati dan koleganya, Suryawati pada tahun 2003 membagi interaksi menurut subjeknya. yaitu:

  1. Interaksi individu dengan indvidu, contohnya kamu dimarahi ibumu.
  2. Interaksi antar individu dengan kelompok, kamu dikeroyok sendirian oleh geng tetangga sebelah.
  3. Interaksi kelompok dengan kelompok, contohnya geng kamu melawan geng tetangga sebelah.

Tidak interaksi sosial orang dengan hewan atau tumbuhan loe ya, bisa bisa dianggap kurang waras nantinya 😀 .

Semua interaksi tersebut bisa berupa hubungan yang positif jika mereka saling menguntungkan namun juga bisa bermakna negatif jika mereka saling tawuran dan merugikan satu sama lain.

2. Macam macam Interaksi Sosial Menurut Caranya

macam-macam-interaksi-sosial
pixabay.com

1. Interaksi Langsung. Maksudnya ya langsung, Dilakukan tanpa perantara atau pihak ketiga. bisa dalam bentuk interaksi fisik seperti bergulat baik diatas ring atau diatas kasur 😀 .

2. Interaksi Tak Langsung. kalau ini dilakukan melalui perantara atau alat bantuan komunikasi. contohnya orang chattingan, nelpon, cowok nitip salam ke mantannya lewat temannya, dan paling jadul yang dilakukan orang generasi 80an yaitu saling suratan.

Baca Juga  Jenis Jenis Musik Tradisional Nusantara Beserta Pengertian dan Contohnya

3. Macam macam Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif

macam macam interaksi sosial
pixabay.com

mungkin ini ya yang kalian cari? Kalau ini sih panjang banget penjelasannya, tapi tidak apa saya jelaskan secara simpel supaya mudah dipahami dan dihafal.

Para sosiolog membagi secara umum macam macam interaksi sosial menurut bentuknya yaitu asosiatif dan disosiatif.

  • Asosiatif hasil hubungan positif dan menghasilkan persatuan.
  • Disosiatif hasil hubungan negatif dan mengarah pada perpecahan.

Asosiatif

macam macam interaksi sosial
ujiansma.com

Berikut macam macam interaksi sosial asosiatif:

1. Kooperasi

Kooperasi atau kerja sama adalah usaha bersama antar orang untuk tujuan bersama. Biasanya di dalam kerja sama para individu bersama-sama saling mendukung, membantu dan bersinergi dengan lainnya.

Dari kerja sama itu nantinya menghasilkan kerukunan. Biasanya sih kooperasi paling sering kita jumpai di masyarakat pedesaan seperti gotong royong membangun salah satu rumah warga.

2. Akomodasi

macam macam interaksi sosial
aintitcool.com

Jika semua masyarakat sama-sama mematuhi norma yang berlaku di daerahnya berarti kita anggap sebagai akomodasi.

Akomodasi ini banyak sekali bentuknya sampai saya pusing. Saya tetap lengkapkan tapi saya simpelkan diantaranya:

  1. Koersi (pemaksaan), ex perbudakan
  2. kompromi (masing-masing pihak mengurangi tuntutan)
  3. Mediasi (pihak ketiga)
  4. konsiliasi (penyelesaian perbedaan)
  5. adjudikasi ( judge: pengadilan)
  6. segregasi (pemisahan dua pihak)
  7. eliminasi (salah satu pihak mengalah)

adapun tujuan akomodasi adalah

  • menyatukan pemahaman antar kelompok agar tidak bertikai
  • Meleburkan kelompok yang terbagi
  • Agar mudah di atur

3. Asimilasi

Asimilasi adalah meleburnya dua kebudayaan yang berbeda menjadi satu kebudayaan yang baru karena adanya kepentingan dan tujuan bersama.

Jika dua kelompok ini bersatu maka hilang sudah pembatas dan pembeda diantara mereka.

kenapa kok mereka mau berasimilasi?

ini penyebabnya bung

  1. adanya toleransi yang tinggi diantara dua kelompok tersebut
  2. mereka bersedia menghormati dan menghargai orang asing dan budaya yang dibawanya
  3. Pemimpin mereka memiliki sikap terbuka dengan budaya luar
  4. pernikahan antar kelompok beda budaya
  5. dua kelompok tersebut memiliki musuh yang sama.

4. Akulturasi

Nah kalau yang ini hampir mirip sama yang asimilasi tapi bedanya kebudayaan asli masing masing kelompok masih ada.

Pengertian akulturasi sendiri adalah perpaduan budaya yang menghasilkan budaya baru tanpa menghilangkan budaya asli.

Contohnya di Indonesia, seperti adanya boyband tanah air yang menirukan boyband asal negara Korea Selatan, Tidak hanya nari ala boybandnya saja tetapi juga gaya rambut dan busana, meskipun begitu nyanyi tetap pakai bahasa indonesia (ane nunggu boyband nari jaran kepang sama nyanyi ala sinden).

Baca Juga  Pengertian Inflasi Beserta Teori, Biaya dan Dampaknya

Disosiatif

macam macam interaksi sosial
sukahoki.com

Berikut macam macam interaksi sosial Disosiatif:

1. Oposisi

Oposisi ini adalah individu atau kelompok yang menentang dan menyalahkan sesuatu yang sudah lama. Pelaku oposisi kita namakan oposan. Jika kamu sering menemui temanmu yang sering menentang sesuatu baik peraturan sekolah atau pendapatmu tanpa disertai alasan logis berarti dia oposan (harus di ru’yah).

Oposan ini selalu seenaknya sendiri, dia menentang pendapat orang lain yang tidak sesuai fikirannya. Kalau dibiarkan, akibatnya timbul perpecahan dalam skala besar dan bisa berujung permusuhan.

Oposisi ini sering terjadi dalam dunia politik apalagi kayak di negara kita ini yang pemerintahannya menganut sistem parlemen.

Sejarah sudah membuktikan bung!

Pada masa Pak Soekarno sering sekali gonta-ganti pemerintahan, bahkan di buku sejarah kita lihat daftar panjang kabinet berkuasa di masa pemerintahannya (bikin beban hafalan saja). Akibatnya, bukannya meringankan beban rakyat tetapi malah menambah beban rakyat karena banyak pembangunan yang tidak selesai masa itu.

Untungnya pemerintah belajar dari sejarah, akhirnya sekarang Indonesia tidak mengenal oposisi (tepuk tangan).

2. Kompetisi

Kompetisi adalah Usaha untuk meraih prestasi dari sang kompetitor dengan meningkatkan performa dan kualitasnya untuk menentukan siapa yang lebih baik. Kompetisi ini sangat penting karena merupakan sarana supaya masyarakat bisa tumbuh dan berkembang kemampuannya.

Di kelasmu juga ada kan kompetisi, misal kalian berlomba untuk meraih rangking 1 di dalam kelas.

Kompetisi sendiri pasti ada di semua bidang. Berikut kompetisi yang dimaksud dalam bidang tersebut.

1. Kompetisi Sosial

Kalau ini kompetisi untuk meraih kedudukan di dalam masyarakat. Kedudukan prestisius seperti presiden, lurah, dan lainnya. Biasanya sih motifnya supaya di kenal masyarakat dan dihormati.

Makanya jangan heran jika ketika ada musim pemilu banyak yang mencalonkan diri dan melabeli dirinya dengan kata-kata ‘jujur, amanah, merakyat’ dan kata lainnya. tidak peduli biaya kampanye berapa, toh nanti kalau kalah ujungnya ya memutuskan mengakhiri hidup (backsong see you again wiz khalifa) 😀 .

Baca Juga  Sampah organik dan non organik lengkap beserta contoh dan cara mengolahnya

2. Kompetisi Kebudayaan

Kalau ini sih kompetisi yang lebih ditujukan untuk memamerkan budayanya ke khalayak umum. Masing-masing kelompok mengklaim kalau budayanya lebih baik daripada budaya kelompok lainnya.

Kalau sekarang yang paling menonjol adalah persaingan antara musik barat dengan musik korea dan jepang.

3. Kompetisi Teknologi

Kalau ini sangat bermanfaat sekali dampaknya karena banyak inovasi-inovasi nantinya yang ditemukan. Dengan banyaknya orang cerdas dan berdirinya perusahaan berbasis teknologi otomatis kompetisi akan tinggi. Contoh sangat banyak kita jumpai dalam dunia nyata ini diantaranya bertarungnya antara Samsung dan Apple untuk menentukan siapa merk Smartphone terbaik dan dominan di dunia.

3. Kontravensi

Nah kalau yang ini adalah tengah-tengahnya antara oposisi dan kompetisi, unik bukan?

Kontraversi memungkinkan individu bimbang dan ragu-ragu tentang ketidakpastian anggapannya terhadap individu lain, intinya disembunyikan perasaannya.

Contohnya nih. Ketika kamu menjabat sebagai ketua kelas, kamu mengusulkan bahwa harus melepas sepatu ketika masuk kelas. Tetapi ternyata kelasmu tidak menyetujui kebijakanmu itu karena alasan repot harus masang dan lepas sepatu. Tapi ceritanya nih kamu sangat disegani oleh temannmu sehingga mereka tidak berani menentangmu dan masih menyembunyikan unek unek mereka.

Contoh Interaksi Sosial

Banyak sekali contoh interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, berikut contohnya

Contoh Interaksi Sosial Kelompok Dengan Kelompok

  1. Adanya grup cerdas cermat, yang mana kelompok A bertanding dengan kelompok B
  2. Tawuran antar geng
  3. polisi dan TNI  bersatu melawan penjahat

Contoh Interaksi Sosial Individu Dengan Kelompok

  1. Seseorang yang melakukan presentasi di hadapan banyak audien
  2. Presiden berorator di hadapan rakyatnya
  3. Seorang khotib yang berkhotbah di hari jumat

Contoh Interaksi Sosial Individu Dengan Individu

  1. Seseorang yang melakukan komunikasi melalui smartphone baik telepon atau chatting
  2. Seorang guru yang mengajari salah satu muridnya
  3. Si A berkelahi dengan si B

Dampak Interaksi Sosial Terhadap Perkembangan Zaman

  1. Adanya persaingan antara beberapa pihak
  2. Adanya kriminalitas
  3. Apabila berinteraksi dengan pihak luar maka akan bisa masuk budaya asing ke dalam negeri
  4. adanya demonstrasi
  5. Adanya perkelahian

Demikianlah macam macam interaksi sosial, Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. jika kurang faham bisa bertanya dengan berbagai metode pembelajaran yang ada.

2 thoughts on “Macam macam Interaksi Sosial Beserta Penjelasan Pengertian Contoh dan Gambarnya

Leave a Comment