Macam macam Search Engine Beserta pengertian dan kronologi

Macam macam search engine – Selamat datang kembali guys, kali ini admin akan memberikan informasi yang super lengkap tentang macam macam Search Engine dan perkembangannya saat ini.

Perkembangan internet sekarang sudah tak terbendung. Setiap detik selalu muncul informasi baru. Mungkin kalau dikira-kira jumlahnya sudah bertriliunan semua file di dunia ini.

Untuk memudahkan pencarian suatu file akhirnya dibuatlah berbagai mesin pencari atau  macam macam search engine.

Dalam benak kalian pasti mesin pencari itu ya google, emang sih google sekarang sudah mendunia sampai ada istilah baru namanya “googling” atau “mbah google”.

Ok langsung saja tanpa basa basi ini dia informasinya tentang macam macam search Engine

Pengertian Search Engine

practicweb.com

Mesin pencari adalah program alat bantu untuk mencari informasi yang relevan di internet melalui database yang dimilikinya. Database memuat item dan halaman-halaman web yang telah diindex dengan bantu alat seperti spider, bot, dan crawler (wikipedia).

Jenis Search Engine Berdasarkan Pengumpulan Informasi

seo-hacker.com

Didasarkan pada cara mengumpulkan informasi macam macam search engine dibagi menjadi 4 yaitu;

 1. Human Organized Search Engine

Ditangani secara manual oleh manusia dengan mengelompokkan situs sesuai bidangnya. Informasi yang relevan berdasarkan permintaan dari pengunjung

2. Computer  Created Search Engine

Menggunakan program Spider Software dan kemudian program tersebut akan menjelajahi situs web untuk mengumpulkan informasi, namun untuk pengelompokkannya sedikit dengan bantuan manusia

3.  Hybrid Search Engine

Untuk mesin pencari jenis ini sudah menggunakan program komputerisasi dan sepenuhnya dengan algoritma sehingga bisa menampilkan informasi yang akurat.

Untuk peran manusia hanya sekedar mengoreksi kumpulan database halaman situs. Google termasuk dari jenis ini

4. Metasearch

Jenis ini hanya sekedar perantara, ketika pengunjung mencari lewat mesin pencari ini Meta search akan menampilkan informasi dari referensi kumpulan mesin pencari lainnya.

Macam macam Search Engine berdasarkan Tahun Kemunculannya

makewebsitehub.com

 

 Search Engine Tahun 1990

Archie

http://specblo.com

 

Pada tahun ini internet sudah mulai berkembang dan sudah muncul macam macam search engine pertama di dunia bernama “Archie” yang berasal dari kata “Archive”. Dibuat oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch ketika masih kuliah di jurusan ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat.

Berbeda dengan mesin mencari lainnya yang mencari konten di web, Archie lebih seperti mencari nama file di berbagai server. Dikarenakan belum adanya browser berbasis www maka dalam penggunaan internet pun terbatas. Archie termasuk situs berbasis FTP yang sudah mengindex alamat url yang bisa didownload.

 Search Engine Tahun 1991

Ghoper

sites.google.com

Selang setahun kemudian muncul mesin pencari baru bernama “Ghoper”. Diciptakan oleh Mark Mccahill di universitas Minnesota. Berbeda dengan Archie yang mengindex file di internet Ghoper malahan mengindeks teks dokumen.

Pada tahun tersebut sudah tercipta World Wide Web sehingga semua situs di Ghoper sudah menjadi website. Ghoper juga memilik program di dalamnya yaitu “Veronica” dan “Jughead” yang berfungsi untuk mencari file di dalam sistem Ghoper.

 Search Engine Tahun 1993

Ditahun inilah berbagai macam macam search engine mulai bermunculan.

1993 (Februari)

Excite

makeuseof.com

Hadir mesin pencari baru lagi bernama Excite yang di umumkan pada Februari 1993. Dikerjakan oleh 6 orang lulusan universitas Standford yaitu Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried. Pembuatan mesin pencari itu didasarkan oleh analisis statistik hubungan kata.

Mesin pencari ini termasuk revolusioner di masanya karena mampu menerima operasi logika Boolean. Operasi logika Boolean yang diterima adalah or, and dan not.

Sebelum Mesin  pencari ini pernah dijual ke perusahaan @home senilai 6,5 bilion USD pada tahun 1999, tak berselang lama dijual kembali kepada perusahaan InfoSpace setelah mengalami kebangkrutan di tahun 2001.

Baca Juga  Cara Penulisan Gelar yang Baik dan Benar Sesuai dengan EYD

1993 (Jun)

World Wide Wanderer

slidesharecdn.com

World Wide Wanderer juga mesin pencari yang muncul di tahun tersebut. Merupakan hasil karya dari alumni MIT Matthew Gray. Yang unik dari mesin ini adalah ia memiliki robot yang berkeliaran di internet, menghitung jumlah web server yang aktif, dan mengukur pertumbuhan internet. Robot tersebut juga menyaring informasi dan menyimpan url dalam bentuk directory yang disebut dengan “Wandex”.

Sebelum diperbaiki, robot terdahulunya memiliki masalah seperti menyimpan ribuan judul url yang sama setiap harinya  yang menyebabkan kelambatan.

1993 (Oktober)

Aliweb

nexor.com

4 bulan kemudian hadir mesin pencari bernama Aliweb yang dirilis oleh Martjin Koster. Sistem dari mesin pencari ini adalah mampu index dan crawler jika pemilik website mengumpulkan meta deskripsinya. Aliweb merupakan standarisasi dari semua mesin pencari yang ada. Saat ini mesin pencari ini masih aktif.

1993 (Desember)

Primitive Web Search

searchenginehistory.com

 

Hanya berjarak 2 bulan dari Aliweb muncul Primitive Web Search. Mesin pencari ini menyediakan informasi berdasarkan judul halaman dan Header ,juga sudah ada sistem rangking halaman namun masih belum sempurna karenanya pengguna akan kesulitan jika tidak menemukan kata kunci yang sesuai.

 Search Engine Tahun 1994

1994 (Jan)

Pada awal tahun 1994 sudah muncul 3 mesin pencari baru yaitu Infoseek, ELnet Galaxy, Dan Altavista.

accounts.smccd.edu

Infoseek muncul di awal tahun tersebut. Memperbolehkan pengguna untuk mengumpulkan halaman mereka ke mesin pencari. Pada tahun 1995 Desember Infoseek menjadi pencarian default di internet browser Netscape.

Elnet Galaxy

verticalwind.com

Elnet Galaxy merupakan mesin pencari paling efisien namun sayangnya banyak fitur yang tidak terlalu berguna didalamnya.

Altavista

neweurope.eu

Pada bulan yang sama juga peneliti dari Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory membuat mesin pencari Altavista dengan tujuan memudahkan masyarakat mencari file yang dibutuhkannya. Merupakan mesin pencari pertama yang menawarkan bandwith tak terbatas dan perintah dengan berbagai bahasa.

Altavista juga membolehkan pengguna untuk menambah dan menghapus urlnya selama 24 jam.

Sebelumnya ada perdebatan tentang siapa yang memiliki ide tentang mesin pencari tersebut namun berdasarkan referensi ada dua nama yang tercantum yaitu Louis Monier pembuat crawler dan Michael Burrow pembuat pengindex.

Sayangnya ketika Google dan Yahoo muncul membuat masa depan Altavista tidak jelas. Pada tahun 2003 mesin pencari ini dibeli oleh Overture dengan total aset 140 juta USD. Pada tahun berikutnya Overture akhirnya dibeli oleh Yahoo!.

1994 (Apr)

WebCrawler

wikimedia.org

Webcrawler mesin pencari pertama yang bisa mengindex seluruh halaman di internet. Pada eranya mesin ini sangat populer dan efektif sehingga nyaris tidak ada mesin pencari yang bisa untuk menyainginya karena kompleks dan detailnya informasi yang disediakan.

Cara kerja ini mesin pencari ini adalah ketika mengunjungi suatu laman web ia akan membaca hyperlink, teks yang terlihat, dan konten berbagai tag di meta tag yang mengandung banyak keyword. Informasi akan dipilih dan mengindex halamannya yang selanjutnya akan dimasukkan kedalam database untuk penentuan peringkat.

Pada tahun 1995 mesin pencari ini dibeli oleh AOl dan 2 tahun kemudian tepatnya 1997 dibeli lagi oleh Excite.

Yahoo!

i4u.com

Tahun tersebut juga merupakan kemunculan mesin pencari raksasa Yahoo! yang dikembangkan oleh Jerri Yang dan David Filo. Pada awalnya Yahoo! hanya semacam bookmark (petunjuk halaman web) dan kemudian bokmark tersebut dikumpulkan dalam daftar besar-besaran dan dan dikelompokkan berdasarkan subjek.

Nama Yahoo sendiri berasal dari novel  Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift ketika menemukan kata yang bermakna “primitif, kuno, kasar”. Yahoo juga merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Sejarah dari Yahoo sendiri sangat panjang. Ketika Akhir tahun 1994, Yahoo  sudah mendapatkan sekitar satu juta pengunjung, sebuah prestasi yang langka bagi mesin pencari yang baru muncul. Akhirnya Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995. Tanggal 12 April 1996, Yahoo menjual 2,6 juta USD dengan harga 13 USD perlembarnya dan dan laku sebesar 33,8 juta USD.

pctren.com

Melakukan experimen hampir 2 tahun akhirnya Tanggal 21 juli 1999 Yahoo berhasil menyelesaikan proyeknya yang bernama Yahoo! Messenger.

Sepanjang perjalanannya Yahoo banyak mengakuisisi portal  dan perusahaan internet lainnya yang lebih kecil salah satunya perusahaan layanan komunikasi online yang bernama Four11. Salah satu produk Four11 yang terkenal adalah Rocketmail yang kemudian diubah menjadi Yahoomail.

inilah daftar perusahaan dan portal yang diakuisisi oleh Yahoo

  • 1998; ClassicGames.com menjadi YahooGame.
  • 1998; GeoCities eGrup diubah menjadi Yahoo! Groups.
  • Akhir 2002 membeli Inktomi
  • Bulan Februari 2003 membeli Konfabulator diubah menjadi Yahoo! Widgets
  • Juli 2003 mengambil alih saham Overture Services, Inc perusahaan pengelola AltaVista dan AlltheWeb.
Baca Juga  Gunung Tertinggi di Dunia Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan

1994 (Juli)

Lycos

aflah7.files.wordpress.com

Lycos muncul dan go publik dengan memiliki 54.000 dokumen di servernya. Diperkenalkan oleh Michael Loren Mauldin alumni Universitas Carnegie Mellon.

Mesin pencari ini sudah memiliki fungsi seperti hubungan antar rangking website, pendekatan kata kunci, dan fitur pencocokan diawal dan ada fitur unik seperti “Fun Search” yang memang ditujukan untuk kaum muda. Dari 54.000 dokumen menjadi 60 juta dokumen hanya kurang dari 2 tahun, pencapaian yang lebih dari mesin pencari lainnya.

Pernah dibeli oleh perusahaan internet di korea namun dilepas lagi. Saat ini Lycos masih aktif dan termasuk mesin pencari tertua di dunia.

 Search Engine Tahun 1995

LOOKSMART

searchenginejournal.com

Hadir kembali mesin pencari bernama LOOKSMART yang memiliki tujuan untuk menandingi Yahoo! dengan menambahkan penyertaan rangking halaman.

LOOKSMART sendiri adalah pelopor industri periklanan secara online di mesin pencarian, MSN dan Ask termasuk sponsor dari LOOKSMART. Pay per Klik adalah salah satu metodenya yang sekarang diadopsi oleh Google.

 Search Engine Tahun 1996

Macam macam search engine juga bermunculan di tahun tersebut. berikut penjelasannya.

1996 (Jan)

Google

peakpositions.com

Inilah yang kita tunggu sejarah tentang mesin pencari terkenal dan memiliki pangsa pasar terbesar didunia.

Google sendiri didirikan oleh dua yaitu Larry Page dan Sergey Brin ketika masih duduk dibangku kuliah universitas Standford. Berawal dari proyek kuliahan, mereka memiliki ide untuk membuat mesin pencari bernama BackRub. Backrub sendiri didasarkan atas penghitungan backlink dan teknologi page rank untuk membantu menemukan halaman tertentu yang relevan.

seobythesea.com

Mesin pencari Backrub sudah beroperasi di servernya Standford selama 1 tahun, namun karena terlalu banyak mengambil bandwidth akhirnya mereka berencana untuk mendirikan sebuah perusahaan.

Mulai mencari investor dan ternyata investornya tidak jauh-jauh dari teman asramanya yaitu Andy Bechtolsheim, pendiri Sun Microsystems. Dapat suntikan dana 100 ribu dolar AS atas nama perusahaan google. Dana lain mereka dapatkan sekitar 1 juta dolar dari kalangan orang-orang terdekat.

perusahaan Google berdiri pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California. Nama Google sendiri berasal dari kata “googol” yang menunjukkan bilangan yang tak terbatas.

Dalam perkembangannya Google sudah memiliki produk yang sangat banyak dengan produk utama sebagai mesin pencari.

Ini adalah daftar produk dari google

  1. Aplikasi pencarian dibagi menjadi google search, Google Map, Google Earth dan Google Book.
  2. Komunikasi ; Gmail, Google Drive, Google Docs, dan browser bernama Google Chrome.
  3. Hiburan ; youtube, Play Store.
  4. Lainnya ; Google Analytic dan Google SMS.

Saat ini Google sudah menguasai hampir 85% pangsa pasar di seluruh dunia dan disusul oleh Yahoo dan Baidu.

1996 (Mei)

Inktomi

http://pi87.blogspot.co.id

Inktomi:Hotbot mesin pencari yang hadir setelah Google. Dibeli oleh Yahoo pada akhir tahun 2002 dengan mahar sekitar 235 juta $.

 Search Engine Tahun 1997

Ask

http://michaelzimmer.org

Ask yang memiliki arti indonesia ” Tanyakan”  ini didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” artinya adalah pelayan. Cara kerjanya sudah hampir mirip dengan Google dan Yahoo.

Ide awal untuk mesin pencari ini adalah untuk membantu pengguna untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan sehari-hari dengan berbagai bahasa. Pengguna bisa memasukkan perintah menggunakan kalimat lengkap bukan hanya kata kunci. Pada bulan maret 2005 IAC membeli As.com sekitar 2 billion USD. Ask.com sendiri memiliki kantor pusat di Oakland, California.

 Search Engine Tahun 1998

MSN

askdavetaylor.com

 

Ingin masuk bisnis internet yang sebelumnya hanya berfokus pada komputer akhirnya perusahaan raksasa Microsoft merilis mesin pencari pertamanya bernama MSN search. Sistem MSN awalnya didasarkan pada mesin pencari Overture, LOOKSMART dan Inktomi.

Setelah itu Microsoft terus mengupdate algoritmanya sampai pada februari 2005 sudah sampai pada tahap beta dan memiliki pencarian untuk gambar yang dimotori oleh Picsearch.

 Search Engine Tahun 1999

ALLTHEWEB

bp.blogspot.com

Mesin pencari ini berdasarkan tesis oleh Professor Tor Egge dari universitas norwegia. Mesin pencari ini dikhususkan untuk pencarian file dengan Ftp server, kerjanya sama seperti mesin pencari Archie.

 

 Search Engine Tahun 2000

Baidu

thenextweb.com

Berita mengejutkan datang dari China ketika ada saingan mesin pencari baru bernama Baidu. Baidu sendiri diciptakan oleh   Robin Li dan Eric Xu yang sebelumnya pernah belajar di Amerika. Inisiatif awal untuk mesin pencari ini adalah karena tidak adanya mesin pencari yang berbahasa mandarin.

Baca Juga  9+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Baidu juga memiliki ensiklopedia seperti wikipedia yang bernama Baidu Baike. Ketika Google hengkang dari china membuat Baidu satu-satunya mesin pencari handalan di china dan selama perkembangannya juga sudah memiliki fitur layaknya Google salah satunya adalah Baidu Translate.

Pasca hengkangnya Google dari China, Baidu menguasai hampir 90 % pasar di china yang membuatnya meraih  peringkat 5 website diseluruh dunia versi Alexa dan nilai total kapitalisasi pasar sekitar 55 billion USD.

Saat ini Baidu sudah mengindeks 740 miliar lebih laman dinternet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data mulimedia.

 

 Search Engine Tahun 2003

Overture Service

http://archive.ecml.at

Overture Service adalah mesin pencari dan perusahaan pertama yang berhasil menawarkan penempatan pencarian iklan pay per klik. Perusahaan ini juga yang membeli AllTheWeb dan AltaVista sebelum diakuisi oleh Yahoo.

 Search Engine Tahun 2006

Snap

malwaretips.com

 

Bill Gross pemilik dari Overture mengenalkan mesin pencarinya bernama Snap. Snap termasuk yang inovatif dengan kemudahan tampilan iklan, volume pencarian, dan pendapatan. Akhirnya mesin ini gagal karena banyaknya masalah dan keluhan dari para pengguna.

Wikia

wikimedia.org

Hadir juga mesin pencari lainnya bernama Wikia Search didasarkan oleh penilaian manusia daripada algoritma. Pendiri Wikipedia Jimmy Walles bekerja sama dengan Amazon atas dasar keinginan untuk menyaingi kehebatan mesin pencari Google.

Tapi sayangnya Wikia search dinonaktifkan pada tahun 2009 karena kalah bersaing.

 

 Search Engine Tahun 2008

cuil

williamwolff.org

Cuil dikembangkan dan dirilis oleh karyawan google yang lama. Meskipun baru, tapi sudah mengindex sekurang-kurangnya 130 milyar halaman web sebelum genap 1 tahun.

DuckDuckGo

entrepreneur.com

DuckDuckGo mesin pencari berlogo bebek yang didirikan oleh Gabriel Weinberg seorang pengusaha asal amerika. Awalnya didanai sendiri oleh Weinberg namun seiring waktu juga mendapatkan dana dari pengiklannya.

DuckDuckGo sampai saat ini masih aktif dan memiliki keunggulan di banding dengan Google, salah satunya tidak menyimpan jejak kita di internet yang mana google memakainya untuk mengiklankan iklan yang sesuai dengan kita.

beberapa fitur DuckDuckGo adalah

  1.  How to ; untuk mencari cara.
  2. !Bang ; mengakses suatu web tanpa harus memasukkan url.
  3. Social Media Bio ; untuk menampilkan identitas user dari berbagai sosial media.
  4. Random Passphrase ; rekomendasi password yang kuat dan mudah diingat.
  5. Title Case ; membenahi judul sesuai EYD

 Search Engine Tahun 2009

Bing

http://seosemandsocialnetworking.blogspot.co.id

Microsoft menggabungkan Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search menjadi mesin pencari baru dengan nama Bing. Penggabungan itu dikarenakan tidak maksimalnya dalam menarik pengguna. Diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni 2009.

Bing memiliki teknologi bernama PowerSet yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang akurat, selain itu ada Teknologi pengindeksan bernama “Tiger” yang dikenalkan pada tahun 2011.

Pada saat ini Bing sudah menjaring pengguna sekitar 8 % dari total pengguna internet di seluru dunia.

 Search Engine Tahun 2010

pcworld.com

Blekko sebuah mesin pencari hadir dengan sistem yang berbeda dengan lainnya. Mesin pencari ini menggunakan slash dan tag yang memudahkan pengguna untuk mentarget kategori yang spesifik.

 Search Engine Tahun 2011

Siri

sejarah search engine siri
technobuffalo.com

Apple mengenalkan smartphone iphone 4S dan menanamkan assisten pribadi dan mesin pencari bernama Siri namun masih dalam versi beta. Siri digabungkan dengan operating sistem iOS dengan menawarkan interaksi percakapan dengan banyak aplikasi, termasuk pengingat, cuaca, saham, pesan, email, kalender , kontak, catatan, musik, jam, web browser, Wolfram Alpha, dan peta.

Inilah inovasi di bidang macam macam search engine dimana bisa memberikan perintah dengan suara, ditahun berikutnya Google juga membuat semacamnya dengan nama “ok Google”.

 Search Engine Tahun 2014

Cortana

macam macam search engine
androidcommunity.com

Awal yang menarik bagi microsoft karena mereka juga menanamkan asisten pribadi pada windows 8.1 yang bernama Cortona. Nama Cortona sendiri berasal dari karakter robot canggih masa depan di video game Microsoft’s halo dan logonya berasal dari lambang ratu Mesir, Nefertiti. .

Pengembangan Cortana dimulai pada tahun 2009 di Microsoft Speech Product Team dengan manajer umum Zig Serafin dan ketua penelitian Larry Heck. Cortana memiliki kemampuan untuk mengatur pengingat, mengenali suara secara alami, dan menjawab pertanyaan menggunakan informasi dari bing.

Demikian macam macam search engine berdasarkan tahun yang diketahui, semoga bermanfaat dan lebih mengetahui lagi tentang macam macam search engine. Baca juga macam macam topologi jaringan

Leave a Comment