Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan Rohani dan Jasmani

Manfaat Sholat Dhuha – Selamat datang di portal hidupsimpel, yak, bagaimana saudara-saudariku kabarnya? semoga baik saja yah. Ok, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Sholat Dhuha.

khasiat dan manfaat shalat dhuha sangat banyak sekali baik bagi jasmani ataupun rohani, dengan demikian tentu sangat baik apabila dijalankan setiap hari,nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat shalat dhuha. Sholat dhuha adalah sholat yang dilakukan di saat matahari mulai terbit sekitar jam 08.00 hingga waktu dhuhur.

khasiat dan manfaat sholat dhuha memang sangat banyak dan pastinya sangat bermanfaat untuk Kita, selain ditujukan membukakan pintu rezeki supaya lebih baik, salat dhuha sendiri juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan maupun kecantikan. Adapun manfaat sholat dhuha yaitu:

Manfaat Sholat Dhuha

1. Bentuk penghambaan kepada Sang Kuasa

sholat dhuha sebagai bentuk penghambaan

life-in-saudi-arabia.com

Salah satu Wujud pengabdian pada Sang pencipta yaitu dengan menunaikan sholat. Dengan masuknya seseorang ke dalam agama islam, maknanya seseorang sudah membuat perjanjian bersama Sang Kuasa untuk melakukan seluruh perintahnya. Salah satu perintah nyatanya adalah dengan melakukan sholat.

2. terhindar dari keburukan

Manfaat sholat dhuha ternyata dapat menghindari anda dari perbuatan keburukan. Adanya interaksi erat dihati dengan Sang Kuasa memberikan kepercayaan, bahwa segala suatu hal kegiatan anda selalu diamati oleh-Nya. Untuk itu kala anda berniat lakukan dosa, tentu akan berfikir ulang. Hal ini mengurungkan niat diri anda untuk melakukan dosa.

3. Ada keajaiban di hari anda

Kepercayaan tentang keajaiban akan timbul dikala kita menjalankan sholat dhuha disertai khusu’ dan ikhlas. Pernahkah kamu mengalami tiap urusan kamu jadi ringan? Segala yang kamu cita-citakan semakin mudah diraih? Itulah peristiwa ajaib diri anda. Sebab Allah udah menyebutkan bahwa ‘Barang siapa yang menunjang agama Allah, maka Allah akan menopang hambanya.

4. Gerakan Shalat Dhuha menghindarkan Dari Pengeroposan tulang

sholat dhuha menguatkan tulang

inovasikesehatan.blogspot.com

Diantara langkah supaya mencegah pengeroposan tulang menginjak umur senja dengan cara mengkonsumsi banyak kalsium dan fosfor. Faktanya penelitian baru-baru ini menerangkan bahwa melalui solat, kamu juga mampu terhindar. Sebab gerakan shalat diwujudkan sebagai diantara gerak olahraga enteng yang dikerjakan disetiap waktu sepanjang lima waktu. Termasuk lagi yang mengerjakan kegiatan tambahan. Dengan terbiasanya anda melakukan senam dari umur tujuh tahun hingga senja, pasti sudah merupakan persiapan diri untuk terjauhkan osteoporosis.

5. Waktu paling Ijabah kala berdoa

manfaat sholat dhuha

Waktu yang paling digemari dan diharapkan malaikat adalah kala subuh hingga waktu terbit matahari. Pada waktu itu kamu sempatkan untuk melakukan doa sholat dhuha, sehingga kala itu para malaikat turun ke bumi bertujuan menyaksikan shalatnya kaum mu’min (QS. Al-Isra :78). Bahkan dikala kala itu kamu memohon dan berharap doa, maka malaikat juga menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT.

6. Obat jantung dan ginjal

manfaat sholat dhuha untuk jantung

solusisehatku.com

Manfaat sholat dhuha bagi kesegaran yang kamu dapatkan ketika melaksanakan mau menjelang memasuki shalat zuhur yaitu mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. dikarenakan pada saat tersebut situasi bumi berangsur panas, apalagi ada kekuatan sejenis api yang keluar. Keadaan bumi tersebutlah yang bisa memengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaan kamu.

7. Menentramkan Jiwa

manfaat sholat dhuha menentramkan jiwa

wallpapermania.eu

Diantara kelebihan melaksanakan salat dhuha adalah meraih ketenangan hati. Berdasarkan psikologis, bagi mereka yang selalu meniadakan salat isya’, lebih mengalami ketidaktenangan. Warna alam di momen ini yang semula tak tampak menjadi bercahaya. Makanya amat direkomendasikan untuk tidur sehabis melakukannya.

Terlebih lagi sekarang banyak umat muslim yang stres karena tekanan baik dari dunia pekerjaan. Sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha, karena mampu memberikan ketenangan batin sehingga dapat menurunkan stres. Mengambil wudhu saja batin dan pikiran kita langsung tenang, apalagi dilanjutkan dengan salat dhuha akan menjadi sangat menenangkan.

Hal ini dibuktikan dari beberapa pendapat orang lain yang sering melakukan salat dhuha bahwa batin mereka sering merasa tenang dan untuk meraih rezeki menjadi lebih mudah. Makanya sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha di tiap harinya.

8. Menambah semangat

sholat dhuha menambah semangat

adamstanley.com

Manfaat sholat 5 waktu termasuk dhuha bisa memompa semangat dalam menjalankan aktivitas. Anda wajib bangun pagi, selanjutnya berwudlu, selanjutnya melaksanakan shalat. Ada energy tersendiri saat kamu berhasil melakukan solat dalam kondisi khusyuk dan tuma’ninah. kamu akan dijauhkan perasaan ngantuk dan malas. Sehingga hari kamu lebih mengasyikkan dan membahagiakan.

9. Salat dapat mengetahui karakter orang lain

Apakah kamu ingin tahu pembawaan rekan kamu sendiri? Carilah kebenaran mengenai shalatnya! Lihatlah bagaimana ia cara mengerjakan shalat Bagi Tuhannya. Ketika dia melakukan shalat disertai keadaan tenang, tidak grusak-grusuk. Diteruskan rukuk dengan posisi sejajar, lantas duduk yang diiringi dengan doa. Setelah selesai salat dan dilanjutkan dengan dzikir dan seterusnya. Masihkah kamu berprasangka bahwa dia Orang jahat? menghadap Tuhannya yang tidak terlihat saja, memuliakan. Apalagi bersama yang terlihat?

10. kelihatan lebih bercahaya rupanya

sholat dhuha membuat wajah bercahaya

hipwee.com

Manfaat shalat lima kali bagi muslim yang selalu melakukannya, maka mukanya terlihat cerah. dikarenakan hampir tiap saat dia mencuci muka sedikitnya lima x 24 jam. dan juga karena penghambaan dan keimanan pada Sang pemberi hidup, membuat wajahnya nampak lebih menyejukkan.

11. Bikin Awet Muda

Ngomong-ngomong sholat dhuha juga bermanfaat loh untuk kecantikan. Ketika kita mau melaksanakan sholat dhuha, otomatis kita berwudhu terlebih dahulu. Dari wajah yang akan disapu dengan air yang segar maka kulit juga akan senantiasa terjaga kesegarannya. Selain itu juga ketika kita berwudhu dan juga mengusap muka secara tepat, pastinya kulit menjadi kencang, dengan begitu tidak gampang kendur dan memberikan manfaat supaya tetap terlihat muda.

12. Menang Jihad Melawan Musuh

Manfaat sholat dhuha yang kedua belas ialah mendapatkan kemenangan kemenangan ketia jihad menghadapi lawan. Musuh paling besar di dalam jiwa kita ialah hawa nafsu. Menjalankan sholat dhuha kayaknya lumayan sulit untuk sebagian dari kita karena memang di waktu pagi hari itu kita sering lalai dan terhalang oleh aktifitas lainnya.

Oleh karena itu, orang yang menyempatkan dirinya untuk melaksanakan sholat dhuha berarti dia sudah menang melawan hawa nafsunya supaya bisa menambah ibadah lagi kepada tuhannya.

13. Melancarkan Peredaran Darah

melancarkan peredaran darah

produkwish.com

Manfaat sholat dhuha lainnya yang ketigabelas adalah mampu membantu dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita. Ketika sehabis sholat shubuh dan menunggu sampai waktu dhuha, kemudian melaksanakan sholat dhuha, faktanya terdapat manfaat luar biasa bagi tubuh. Kita ketahui sendiri, ketika di momen pagi, udara yang kita hirup masih fresh dan tidak ada kontaminasi polusi dari luar. Ketika itu juga, badan kita memiliki waktu untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar.

Demikianlah informasi tentang keutamaan dan manfaat sholat dhuha dari sholat dhuha adalah bentuk penghambaan kita kepada Allah, sholat dhuha dapat mencegah dosa sampai manfaat sholat dhuha untuk melancarkan peredaran darah. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply