Materi Seni Rupa Beserta Pengertian Jenis fungsi dan contohnya

halo- jumpa lagi bersama hidup simpel, kali ini kita bahas tentang materi seni rupa beserta Pengertian Jenis unsur fungsi manfaat dan contohnya. Banyak diantara kita sudah tahu apa itu seni rupa, misalnya seperti lukisan yang biasa kita lihat di pameran seni, bahkan ada karya lukisan tertentu yang harganya mampu menembus hingga miliaran rupiah.

Penasaran kan? tapi itu kita bahas di akhir saja. Kita bahas terlebih dahulu materi seni rupa.

Berikut penjelasannya

Pengertian Seni Rupa

pengertian seni rupa

pixabay.com

Seni rupa adalah cabang dari seni untuk menghasilkan karya seni dengan ekspresi  dan kualitas yang bisa dilihat oleh indera penglihatan dan diraba oleh indera peraba (wikipedia).

Jadi seni rupa lebih menuju keindahan visual dibandingkan daripada keindahan indera yang lainnya. Secara kasar seni rupa jika diterjemahkan ke Bahasa Inggris adalah fine art. Namun seiring berkembangnya seni modern artifine art lebih condong ke seni rupa murni dan kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur seni rupa sendiri adalah elemen yang membangun perwujudan dari karya seni rupa. Meskipun suatu seni rupa sangat sederhana, tetapi tetap ada unsur di dalamnya. Karena ada unsurnya lah kita dapat suatu kesan dari suatu karya seni rupa dan bisa menikmatinya.

Berikut unsur-unsur seni rupa yang ada

1. Titik

unsur titik dalam seni rupa

wonderopolis.org

Titik merupakan elemen atau unsur paling dasar dalam seni rupa. Membuat titik bisa dilakukan dengan jarak lebar atau jarak sempit antar titik. Titik bisa berukuran besar atau kecil dengan variasi warna berbeda tergantung kebutuhan atau dikenal istilahnya dengan teknik Pointilisme.

2. Garis

unsur bidang dalam seni rupa

masterbama.blogspot.com

Kalau titik-titik digabung berarti kita menamankannya sebagai garis. Garis banyak jenis-jenisnya diantaranya lurus, pendek, panjang, lebar, horizontal, vertikal, diagonal, dan seterusnya.

Masing-masing jenis garis tersebut mewakili kesan tersendiri terhadap seni rupa.

Misalnya:

  1. Garis lurus berkesan tegak dan keras
  2. Garis patah-patah terkesan kaku
  3. Garis lengkung berkesan lembut dan lentur
  4. garis spiral berkesan lentur
  5. Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan
  6. Garis halus, melengkung-melengkung berirama melambangkan kelembutan kewanitaan.
  7. Garis miring, melambangkan akan kegoncangan, gerak, tidak stabil.
  8. Garis tegas, kuat, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.

Garis memiliki wujud seperti

  1. Garis nyata, garis yang dihasilkan dari coretan atau goresan lengkung
  2. Garis semu, garis yang muncul karena terdapat kesan balance pada bidang, warna atau ruang
Baca Juga  Sampah organik dan non organik lengkap beserta contoh dan cara mengolahnya

3. Bidang

 bidang dalam seni rupa

senipandai.blogspot.co.id

Bidang merupakan hasil bentukan dari pertemuan ujung-ujung dari beberapa garis atau bisa juga hasil dari sapuan warna. Terdiri dari sisi panjang dan lebar dengan berbagai ukuran, bidang juga bisa diamati secara langsung di setiap karya seni rupa.

Berdasarkan bentuknya bidang terdiri dari bidang geometris, bidang biomorfis (organis, bidang tidak beraturan dan bidang tidak beraturan. Di setiap bentuk bidang memiliki lebar, tinggi dan panjang dan beberapa dari bidang juga terdapat isi dan volume.

4. Bentuk

bentuk dalam seni rupa

niagahoster.co.id

Perwujudan nyata dari suatu karya dan terbentuk dari gabungan berbagai bidang. Bentuk dalam seni rupa dibagi menjadi dua yaitu dan shape dan form. Shape adalah bentuk yang tidak memiliki unsur penjiwaan  dan hanya sekedar dilihat sifat bentuknya saja seperti ornamen, melingkar, dll. Sedangkan form tidak hanya dilihat saja tetapi juga terdapat unsur nilai di dalamnya.

Untuk pengelompokan dibagi 2 macam yaitu:
a. Geografis. Bentuk yang dibuat dengan perhitungan seperti bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok. Untuk bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut.

b.Nongeometris. Bentuk yang meniru objek di alam, seperti manusia,  hewan dan tumbuhan.

5. Ruang

ruang dalam seni rupa

ishar105.blogspot.com

Ruang merupakan unsur seni rupa dari kumpulan dimensi yang terdiri dari panjang lebar dan tinggi serta memiliki dua sifat.

Ruang bersifat semu atau tidak nyata apabila dalam seni rupa dua dimensi, contohnya ruangan yang terkesan dari seni rupa.

Sedangkan ruang bersifat nyata dalam seni rupa tiga dimensi contohnya ruangan kamar dan ruangan patung.

6. Warna

warna dalam seni rupa

aetherforce.com

Kita tahu warna, warna merupakan unsur seni rupa yang  bisa membuat seni rupa ada kesan, ekspresif dan terasa hidup. Warna dipelajari dengan dua teori yaitu teori warna terhadap cahaya yang terdiri dari 7 spektrum warna dan teori pigmen warna. Kita akan pelajari dulu teori tentang pigmen warna yang terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Warna Primer. Warna ini adalah warna asli dan bukan merupakan campuran dari warna lain. Hanya ada 3 yaitu merah, kuning dan biru
  2. Warna Sekunder. Warna yang merupakan hasil dari 2 campuran warna primer
  3. Warna Tersier. Warna yang merupakan hasil dari campuran warna sekunder
  4. Warna Analogus. Deretan warna yang letaknya berdampingan dalam satu lingkaran warna atau berdekatan. Contohnya deretan warna hijau ke warna kuning
  5. Warna Komplementer. Warna kontras dan letaknya berseberangan yang dibentuk dalam satu lingkaran warna. Contohnya warna merah dengan hijau, warna kuning dengan warna ungu.
Baca Juga  Senjata Tradisional Jawa Barat | Kujang, Balincong, Patik, Bedog, Congkrang, Arit, Sulimat

7. Tekstur

teksture dalam seni rupa

pexels.com

Tekstur adalah sifat permukaan bidang atau benda yang bisa dilihat dan diraba. Sifatnya bisa berkesan halus, kasar, licin, kusam, dan sebagainya.

Jenis tekstur dalam seni rupa ada 2 yaitu nyata dan semu.

Tekstur nyata dimana sifat permukaannya menunjukkan kesan yang sebenarnya atau rasanya sama antara dilihat dan diraba.

Sedangkan teksur semu dimana kesan permukaannya dapat berbeda antara dilihat dan diraba. Tekstur berguna untuk memberikan karakter dan kesan tertentu pada bidang permukaan agar bisa menghasilkan nilai estetika.

8. Gelap Terang

gelap terang dalam seni rupa

ragamseni.com

adalah intensitas cahaya dengan tujuan supaya seolah-olah objek nyata atau untuk memperdalam kesan seni tersebut. Intensitas cahaya besar maka terang, intensitas cahaya kecil maka gelap.

Teknik gelap terang ada 2 diantaranya chiaroscuro yang merupakan peralihan bertahap atau gradasi dan silhouette yaitu bayangan tanpa peralihan bertahap atau gradasi. Selain itu juga untuk menentukan gelap terang dengan cara memilih warna yang pas.

Jenis-jenis  Seni Rupa

jenis jenis seni rupa

homeexsis.blogpsot.com

Jenis-jenis seni rupa ada 3 yaitu berdasarkan wujudnya, waktu/masanya dan terakhir berdasarkan fungsinya. Berikut jenis-jenis seni rupa:

1. Jenis Seni Rupa Berdasarkan Dimensinya

  1. Seni Rupa Dua Dimensi atau Dwimatra adalah karya seni rupa yang terbentuk dua ukuran, yaitu panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari arah depan.  Contoh seni rupa dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, sketsa, dan seni ilustrasi.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi serta memiliki unsur kesan ruang, bentuk, dan volume dan bisa dilihat dari segala arah. Contohnya bonsai, patung, seni keramik, diorama dan yang lainnya.

2.Jenis Seni Rupa Berdasarkan Masanya

  1. Seni Rupa Tradisional, Seni rupa zaman dahulu yang sudah memiliki aturan dan pakem tersendiri dan bersifat statis maksudnya baik bentuk maupun gayanya tidak mengalami perubahan. Aspek seni rupa tradisional ini dipertahankan secara turun-temurun, dari generasi ke generasi sampai saat ini.
  2. Seni Rupa Modern, merupakan karya seni terbaharui dari seni rupa tradisional yang mana aturan ataupun pola-pola yang ada sudah di ubah dan mengandalkan kekreatifitasan pembuat seni rupa atau bersifat individualis. Contoh seni rupa modern diantaranya adalah lukisan, grafis, patung dan kriya.
  3. Seni Rupa Kontemporer, adalah karya seni yang muncul karena trend atau kondisi waktu dan bersifat kekinian.

3. Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

  1. Seni Rupa Murni adalah karya seni rupa yang dibuat hanya untuk nilai estetika dan ide saja pembuat saja, bukan untuk dipakai.
  2. Seni Rupa Terapan, adalah seni rupa yang lebih bertujuan untuk nilai pakai. Contohnya keramik, poster, senjata tradisional dan lain-lain.
Baca Juga  Macam macam Search Engine Beserta pengertian dan kronologi

Bidang seni rupa

bidang seni rupa

beritadaerah.co.id

Seni rupa banyak sekali cabangnya, tidak hanya yang kita kenal seperti seni lukis maupun seni ukir. Berikut Mr Simpel rangkum bidangnya:

1.Seni rupa murni
Seni lukis
Seni grafis
Seni patung
Seni instalasi
Seni pertunjukan
Seni keramik
Seni film
Seni koreografi
Seni fotografi
 2.Desain
Arsitektur
Desain grafis
Desain komunikasi visual
Desain interior
Desain busana
Desain produk
 3.Kriya
Kursi rotan sebagai hasil karya kriya
Kriya tekstil
Kriya kayu
Kriya keramik
Kriya rotan
Kriya Logam
Kriya Kulit
Kriya Bambu

Fungsi Seni Rupa

materi seni rupa

hdwalpappersview.blogspot.com

a. Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Fitrah dan hakikatnya manusia adalah menyukai hal-hal yang indah dan juga butuh benda yang bisa dipakai. Selain berfungsi sebagai estetika seni, fungsi seni rupa terapan adalah juga pemuas kebutuhan fisik dan memberi kenyamanan. Contohnya seni bangunan, seni furniture, seni pakaian/textile, seni kerajinan tangan, daan sebagainya.

b. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Seni rupa juga berfungsi sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan emosional manusia. Manusia memiliki banyak sekali perasaan, terkadang dia sedih, senang, malas, semangat dan sebagainya. Jika dia sedih dan bosan maka dia perlu hiburan, dan salah satu hiburannya adalah seni rupa karena memang seni rupa bersifat menyenangkan, dan rekreatif.
Contohnya mengalami keletihan sehingga membutuhkan rekreasi seperti teater, menonton biskop, konsert, pameran seni dll.

c. Fungsi Komunikasi

Manusia selalu berkomunikasi dengan sesamanya, dan alat komunikasi yang sering mereka gunakan adalah bahasa. Sayangnya setiap wilayah di dunia ini bahasanya berbeda-beda, maka dibutuhkan bahasa yang universal, dan salah satu bahasa yang universal adalah seni rupa. Seni rupa termasuk bahasa universal karena mampu menembus batas-batas universal ataupun perbedaan lahiriah tiap manusia.

d. Fungsi Edukasi

Selain nilai estetika ternyata seni juga berfungsi sebagai nilai etika. Seni bisa memberikan informasi baik tersirat maupun tersurat membimbing dan mendidik tingkah laku kita menuju kondisi lebih baik. Contohnya seperti seni pertunjukan wayang, selain juga berfungsi menghibur seni wayang juga terkandung pesan dan amanat di dalamnya.

e. Fungsi Agama

Ternyata seni rupa juga merupakan bagian seni dari agama. Seni rupa berfungsi untuk menyampaikan pesan yang diinginkan agama untuk umatnya. Contohnya di agama Islam ada seni kaligrafi. Selain biasanya untuk mempercantik masjid-masjid dan lainnya, kaligrafi juga beberapa tulisannya bertulis lafadz al qur’an jadi juga merupakan sarana dakwah.

Demikianlah materi tentang seni rupa mulai dari pengertian, jenis, fungsi, manfaat dan contohnya. Terima kasih

Leave a Reply