Niat Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Beserta Tata Cara dan Doa

Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Beserta Tata Caranya Lengkap – Assalamualaikum selamat datang di websiteku ya ukhti, kali ini tim hidup simpel akan memberikan anda pembahasan yang lengkap tentang niat mandi wajib setelah haid lengkap beserta tata cara dan doanya. Haid atau nifas, istihadah sendiri merupakan hal yang alami bagi setiap perempuan.

Biasanya wanita mengalami haid ketika waktu reproduksi, dari pubertas (alat reproduksi aktif) dan mulai berhentinya reproduksinya atau menopause.

Berdasarkan survey dan data dari google, pencarian seperti  ‘Cara mandi setelah haid’ atau ‘Doa niat mandi wajib setelah  paling banyak dicari oleh kaum hawa, kami akan memberikan informasi lengkap tentang itu supaya anda puas.

Baiklah berikut ini adalah niat mandi wajib setelah haid beserta tata cara dan doanya

Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Atau Menstruasi

niat mandi wajib setelah haid

Jika niat mandi wajib setelah haid di atas dibaca latin adalah

     nawaytul ghusla lirof’il hadatsil haydthi lillahi ta’aala

Untuk arti niat mandi wajib setelah haid  adalah

   saya berniat mengangkat hadast haidz karena Allah Ta’aala

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

niat dan tata cara mandi wajib
prevention.com

Supaya penjelasannnya lebih lengkap, berikut hidupsimpel akan menjelaskan beberapa langkah-langkah tata carau mandi haid secara sempurna bagi wanita.

Niat Mandi Wajib

Segala sesuatu di awali dengan niat, demikian juga dengan mandi wajib. Berdasarkan berbagai madzab yang ada di Islam, dalam niat kita boleh mengucapkannya dengan lisan atau bisa cukup dalam di hati saja.

Selain itu apabila tidak sempat untuk menghafal niatnya dalam bahasa arab, kita bisa mengucapkannya dalam bahasa Indonesia.

Tapi kalau bisa usahakan ke depannya menggunakan bahasa Arab agar sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Membersihkan Kemaluan

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan kemaluan dari berbagai kotoran yang menempel. Sebagai tambahan tips saja andaikan anda pengen lebih bersih lagi dan terbebas dari bakteri menurut isyarat dari Rasulullah SAW untuk menggunakan daun Bidara.

Baca Juga  Urutan Pangkat Polisi Dari yang Terendah Hingga Tertinggi

Biasanya kita kalau mandi membersihkannya dengan sabun. Nah daun bidara ini berdasarkan penelitian manfaatnya lebih baik dari pada sabun. Berikut beberapa manfaatnya

  1. Daun bidara memiliki senyawa antibakteri
  2. Daun bidara meng senyawa antioksidan
  3. Daun bidara terdapat kandungan antiseptik
  4. Daun bidara mampu meregenerasi sel-sel yang rusak

Kalau memang tidak ada, kita boleh tetap memakai sabun, toh tips di atas hanya sekedar tambahan.

Berwudhu

Berwudhu dalam mandi wajib sebenarnya merupakan hal yang sunah, tetapi lebih kita lakukan karena berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang intinya barang siapa membaguskan  wudhunya maka berjatuh-jatuhan dosanya.

Menyiramkan Air Ke Seluruh Tubuh

Kemudian setelah kita berwudhu, siramkan air ke seluruh tubuh. Dianjurkan untuk memulainya tubuh bagian kanan, hal ini karena sesuai dengan sunah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menyukai segala sesuatu yang di mulai dengan kanan seperti merapikan rambut, bersuci, memakai sepatu dan sebagainya.

Usahakan tidak ada bagian tubuh yang tidak terkena air khususnya daerah rawan seperti lubang dubur, rambut, kuku ketiak, badan bagian belakang, sela jari kaki. Untuk pertama guyur air ke kepala dan Gosok rambut kepala sampai air meresap ke seluruh bagian rambut.

Memakai Wewangian

Berdasarkan sunah Rasulullah SAW Disarankan agar menggunakan wewangian setelah selesai mandi wajib. Kasih wewangian khususnya bagian farji atau rahim dan bagian anggota badan yang terkena darah haid.

Itu adalah tata cara mandi wajib haid yang benar. Simpel bukan

Dalil-dalil Mandi Wajib Setelah Haid

dalil tentang mandi wajib setelah haid
theastrologyonline.com

Nah setelah kita membahas tentang tata cara mandi wajib haid, selanjutnya kita akan membahas tentang dalil dalil diwajibkannya mandi wajib setelah haid.

Baiklah berikut beberapa dalilnya:

1.Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwasanya Asma’ binti Syakal ra. bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai Mandi Wajib:

Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara, atau boleh menggunakan sabun ) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat,,,

sehingga air sampai pada kulit kepalanya. kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya….

Maka Asma’ berkata: ‘Bagaimana aku bersuci dengannya?’ Beliau bersabda: ‘Maha Suci Allah’ maka ‘Aisyah berkata kepada Asma’: ‘Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).’(HR. Muslim

2. Dari ‘Aisyah ra. ketika seorang wanita bertanya pada Rasulullah saw. tentang mandi haid,

Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: ‘Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?.

Beliau bersabda: ‘Maha Suci Allah bersucilah!’. Maka Aisyah menarik wanita itu seraya berkata: ‘Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya (potongan kain atau kapas).

Apa itu Haid?

niat mandi wajib setelah haid
cloudinary.com

Haid atau menstruasi adalah keadaan normal sebagai siklus bulanan yang ditandai dengan keluarnya darah dari kemaluan atau rahim wanita karena dipengaruhi oleh hormon reproduksi.

Baca Juga  Sejarah Dunia Yang Disembunyikan, Konspirasi di Balik Dunia

Haid ini dialami oleh semua kaum hawa dan yang membedakannya adalah kebiasaan tiap-tiap wanita tersebut. Rentang waktu terjadinya haid bagi seorang wanita normalnya adalaha 3 atau 10 hari atau paling lama di atas 10 hari.

Perempuan yang sudah menginjak masa puber sekitar 11-14 tahun untuk pertama kalinya merasakan apa namanya haid dan mulai berhenti haid atau menopause ketika sudah menginjak 51 tahun.

Cara Mengetahui Haid Sudah Selesai

cara mengetahui haid sudah selesai
klinikutama.com

Wanita bisa mengenali tanda tanda haid sudah selesai dengan beberapa tanda yaitu:

  1. Keluarnya cairan putih. Rahim mengeluarkan cairan berwarna putih bisa dianggap tanda bahwa darah haid sudah selesai keluar.
  2. Kemudian cara kedua adalah untuk mengetahui bahaw cairan putih berhenti adalah Farji Sudah Mengering. Apoabila farji dirasa sudah kering dan tidak ada sama sekali darah yang keluar, maka kita sudah bisa mengklaim haid sudah selesai.

Bagaimana Caranya?

Silahkan ambil kapas dan letakan di farji. Andai kapas masih kering dan bersih berarti kita sudah berhenti  dari haid. Baru kemudian setelah itu kita melakukan mandi wajib haid.

Larangan Bagi Wanita Haid

larangan bagi wanita haid
pixabay.com

Berkiut beberapa larangan yang mana diperuntukkan untuk muslimah yang sedang mengalami haid baik menurut agama Islam sendiri maupun dari dokter.

Dilarang shalat dan puasa

Berdasarkan hadist shahih Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh |Bukhari Muslim isinya menerangkan bahwasanya Rasulullah melarang wanita haid untuk sholat dan berpuasa.

Dilarang berjima’ dengan suaminya

Imam Nawawi pernah menerangkan dalam kitabnya yang berjudul al-Majmu’
berdasarkan Al-Hadist bahwa di dalam islam hukumnya haram melakukan jima’ ketika sang wanita sedang dalam masa haid.

Berdasarkan penelitian dari dokter berpendapat bahwasanya ketika seorang istri dan suami melakukan jima’ bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi keduanya. Hal ini dikarenakan banyak bakteri yang ada di dalam darah haid.

Baca Juga  11 Fakta Hiu Megalodon Beserta Penampakannya | Gambar, Video

Dilarang menyentuh al-Qur’an

Ada beberapa pendapat yang melarang menyentuh Al-Quran bagi mereka yang sedang haid. Berdasarkan pendapat dari syeikh Al-Hakim dalam kitabnya yang berjudul al-Mustadrak, seseorang yang dalam keadaan suci saja yang diperbolehkan memegang Qur’an.

Tetapi diperbolehkan untuk wanita haid mengulang hafalan Al-Qurannya selama tidak menyentuh mushaf. Sebenarnya ada ulama yang pro dan kontra tentang membaca Al-Qur’an dengan hafalan, namun karena ilmu kita yang masih terbatas lebih baik memilih jalan tengahnya saja.

Tidak diperbolehkan Masuk Masjid

Bagi wanita yang sedang mengalami haid diharapkan agar menahan dirinya masuk masjid. Hal ini dikhawatirkan darah kotor kita menetes ke lantai masjid, sehingga bisa mengurangi kesucian masjid.

Larangan Jenis Makanan dan Minuman Tertentu

larangan makanan bagi wanita haid
liputan6.com

Pada umumnya dokter melarang beberapa jenis makanan dan minuman bagi wanita haid. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman larangan yang dimaksud.

1. Makanan Berlemak, contohnya makanan yang mengandung banyak minyak. Alasannya adalah bisa membawa dampak buruk bagi sirkulasi darah, akibatnya ketika masih haid, pendarahan menjadi tidak normal.

2. Minuman Bersoda. Jika dikomsumsi secara berlebihan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Ketika seseorang mengkomsumsinya, otomatis, fungsi Sel darah putih menjadi lemah, sehingga tidak bisa maksimal membasmi parasit.

3. Makanan pedas yang banyak mengandung cabai. Ketika wanita haid memakan makanan yang pedas bisa memicu panas dalam, akibatnya ada rasa sakit di bagian tubuh sekitar rahim.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang oleh dokter, jadi lebih kita menjauhinya.

Demikianlah tentang niat mandi wajib setelah haid arab, niat mandi wajib setelah haid latin, arti niat mandi wajib setelah haid dan tata cara mandi wajib haid, maaf jika ngelantur kemana-mana membahas apa itu haid, cara mengetahui haid sudah selesai, dan larangan bagi wanita haid.  Terima kasih, semoga bermanfaat.

                               Niat mandi wajib setelah haid

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.