Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat

Niat Puasa Senin Kamis – Selamat datang di portal hidupsimpel, yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis. Puasa merupakan salah satu perintah yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Puasa juga terbagi menjadi berbagai macam, namun yang dimaksud puasa wajib di sini adalah puasa pada bulan Ramadhan.

Puasa juga merupakan suatu ibadah yang istimewa karena mempunyai banyak keutamaan. Di antaranya yaitu pusa sebagai perisai bagi seorang muslim, penjelasan ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan dari (Bukhari & Muslim) “الصِّيَامُ جُنَّةٌ” yang artinya “Puasa adalah perisai”.

Arti puasa, dalam kaidah bahasa Arab puasa bisa diartikan sebagai menahan. Maksud menahan di sini yaitu menahan dari segala hal yang masuk ke dalam mulut baik makanan atau minuman, bahkan diartikan juga menahan dari perbuatan dan bicara.

Baca juga : Niat mandi wajib setelah haid

Sedangkan pengertuin puasa menurut syariat Islam yang disepakati oleh para ulama adalah menahan diri dari apa saja yang bisa membatalkan puasa, dibarengi niat untuk puasa dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari (Maghrib).

Kemudian ada juga sebagian dari para ulama yang mengartikan kata / kalimat “membatalkan puasa” itu merupakan suatu perbuatan dua anggota badan yaitu perut & farji.

Dalam Islam puasa terbagi menjadi beberapa jenis antara lain puasa fardhu, puasa sunnah, dan puasa makruh. Namun pada kesempatan ini saya tidak akan membahas semuanya, kali ini saya akan membahas tentang puasa sunnah tepatnya niat puasa senin kamis.

Untuk memulainya alangkah baiknya jika kamu mengetahui dasar ataupun dalil tentang puasa senin kamis. Hadits pertama dari ‘Aisyah radiallahu ‘anha berkata

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيس

Baca Juga  Niat Sholat Dhuha Beserta Hukumnya dan Manfaatnya

“Innna Rasuulallahi shallaju ‘alaihi wasallam – kaana yataharra siyamal istnaini walkhomiisi”.

Artinya : “Rasullullah shallallhu ‘alaihi wasallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. An-Nasai no. 2362).

Niat Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis

Sebagaimana Ibadah pada umumnya, puasa senin kamis juga memerlukan niat supaya puasanya lebih bermakna dan diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala. Karena niat yang ikhlas juga merupakan salah satu syarat diterimanya amal Ibadah kita.

Berbicara tentang niat terdapat 2 pendapat yang berbeda, berikut penjelasannya. Sebagian ulama tidak menyatakan bahwa niat puasa sunnah itu tidak harus dilakukan sebelum seubuh seperti puasa wajib pada bulan Ramdhan.

Sedangkan sebagian ulama lain berpendapat bahwa berniat di dalam puasa sunnah itu mesti sama seperti halnya puasa wajib (Harus diniatkan sebelum subuh).

Pendapat pertama tadi dipilih oleh mayoritas ulama 3 madzhab, Hanafi, Syafi’i, dan Hambali. Berdasarkan hadits dari ‘Aisyah Radiallahu ‘anha ia menceritakan.

Rasulullah Shallallahhu ‘alaihi wasallam pernah menemuiku pada suatu hari. Kemudian beliau bertanya, “Apakah kamu mempunyai makanan?” Aku menjawab, ‘Tida’.

Lalu beliau mengatakan, “Jika demikian, saya puasa (sunnah) saja”.

Sementara ulama Madzhab Maliki berpendapat bahwa puasa sunnah itu disyariatkan harus diniatkan sebelum subuh, sbagaimana puasa di bulan Ramadhan. Yang menjadi dasar pegangan mereka adalah haduts Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya

Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari (sebelum subuh) makan tidak ada puasa baginya.

Di Indonesia sendiri mayoritas masyarakatnya memakai madzhab Syafi’i, oleh karena itu lebih baik kita mengambil pendapat yang pertama. Berikut salah satu studi kasus dalam penerapan Madzhab Syafi’i :

Pada suatu hari ada seorang suami yang sama sekali tidak mempunyai niat untuk berpuasa senin kamis di malam hari, namun ternyata ketika waktu hendak menunjukkan jam 06.00, belum ada hidangan untuk disantap. Belakangan ia tau kalau istrinya sedang menjalankan Ibadah puasa senin kamis, maka bertepatan dengan itu, ia pun berniat saya akan puasa senin kamis.

Lafadz Niat Puasa Senin Kamis 

Terdapat 2 versi lafadz tentang puasa sunnah yang satu ini, karena puasa senin kamis merupakan 2 Ibadah yang terpisah sehingga lafadznya pun berbeda.

Baca Juga  Contoh Paragraf Deskripsi | Spasial, Subjektif, Objetif Lengkap

Ini juga menunjukkan bahwa tidak adanya ikatan, keharusan, atau kewajiban salah satu puasa harus diikuti satu pusa lainnya. Sehingga dalam satu minggu kita boleh melaksanakan satu saja, baik hari senin atau har kamis saja. Akan tetapi lebih baik dan dianjurkan jika kamu melakukan ke duanya.

Berikut lafadz bahasa Arab niat puasa Senin :

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعال

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa”

Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala”

Beriku lafadz bahasa Arab niat puasa kamis :

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعال

Nawaitu dhouma yaumul khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa”

Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah  hari kamis karena Allah Ta’ala.

Niat Berbuka Puasa Senin Kamis

doa puasa senin kamisdoa buka puasa senin kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

manfaat puasa senin kamis
doaniatsholat.blogspot.com

Ada banyak sekali hadits-hadist dan penjelasan para ulama mengenai manfaat puasa sunah senin kamis, bahkan beberapa ahli penelitian mengabarkan bahwa puasa itu dapat menyehatkan. Hal ini sebenarnya sudah lama ditemukan bahkan nabi pun mengatakan demikian.

Oleh karena itu, yuk kita simak beberapa manfaat dari puasa sunnah senin kamis.

  • Memberi Kesempatan Untuk Beristirahat Organ Tubuh

Dengan istirahat yang cukup tentunya tubuh kita akan lebih sehat, istirahat juga merupakan fitrah manusia. Tengok saja orang yang tidak pernah istirahat pasti masa tua-Nya sakit-sakitan.

  • Menurunkan Hawa Nafsu

Puasa juga akan memudahkan kamu mengontrol hawa nafsu, hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits “Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan saran kepada permuda yang hendak menikah namun belum mempunyai kecukupan, maka mereka dianjurkan untuk berpuasa.

  • Melembutkan Hati
  • Memudahkan untuk melakukan amal sholeh

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Dengan tidak adanya penelitian oleh para ilmuwan, tentunya anda dapat berfikir dengan logis, bilamana puasa senin kamis bisa menghilangkan toksin maupun racun yang terdapat pada tubuh.

Baca Juga  Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Racun yang bergabung dengan darah, lemak, maupun bagian yang lain itu asalnya dari makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita. Supaya bisa mengeluarkannya, tidak sekedar melakukan olah raga saja, akan tetapi anda mesti stop komsumsi makanan dan minuman yang biasa kita mengkomsumsinya, paling tidak ya satu hari.

Dengan begitu secara efektif tubuh dapat mengeluarkan racun baik melalui urin, keringat, atapun ketika anda sedang buang hajat.

Cara puasa senin kamis tersebut diyakini manjur dapat menghilangkan racun yang telah berada dalam tubuh kita.

Nantinya anda akan merasakan kesegaran dan kebugaran pada tubuh ketika racun-racun tersebut sudah lenyap.

Hikmah Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis
Hikmah Puasa Senin Kamis

Dan masih banyak manfaat-manfaat lain yang belum saya cantumkan, apabila kurang paham tanyakan pada ustad terdekat agar kamu tidak keblinger. Sekian artikel tentang niat puasa senin kamis kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.