orang terpintar di dunia sepanjang sejarah

50 Orang Terpintar di Dunia Sepanjang Masa Beserta Informasi Singkat Mereka

Orang terpintar di dunia – Menjadi orang terpintar di dunia adalah impian bagi setiap orang. Bayangkan hanya memiliki otak yang cerdas bisa memahami sesuatu dengan sangat cepat. Selain karena berbakat mereka yang pintar juga tekun dalam bidangnya sehingga mampu menghasilkan kontribusi yang luar biasa bagi umat manusia.

Kali ini hidup simpel akan merangkum 50 orang terpintar di dunia beserta sedikit perjalanan hidup mereka.Kecerdasan mereka bukan hanya disandarkan pada IQ namun ada faktor lain selain IQ.

Berikut penjelasannya.

Orang Terpintar di Dunia

Orang terpintar di dunia ini banyak sekali jumlahnya. Mayoritas dari mereka adalah para penemu dan ilmuwan. Berikut 50 orang terpintar di dunia.

1. Albert Einstein

biografi albert einstein dan penemuannya
pixabay.com

Untuk awal-awal kita akan membahas Penemu Teori Relativitas ini.

Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 tepatnya di Wutterberg, Jerman dari keluarga yahudi. Mencintai fisika semenjak usia 5 tahun ketika dikasih hadiah kompas oleh ayahnya. Menghabiskan masa mudanya belajar di Institut Teknologi Swiss Federal di Zurich dan meraih gelar doktor di tahun 1905.

Di tahun yang sama dia disibukan menulis 4 buah artikelnya tentang thesis gerak Brownian, efek fotolistrik dan relativitas khusus sebagai sumbangan dasar fisika modern. Dari 4 artikelnya tersebut dia mendapatkan hadiah nobel fisika. Dia tergolong sangat cerdas di masanya karena teorinya sangat rumit dan revolusioner yang mana banyak ilmuwan belum memikirkan hal tersebut.

Menurut penelitian, Albert Einstein memiliki IQ 160. Albert Einstein meninggal di tanggal 17 april 1955 dan otaknya diawetkan oleh seorang yang ahli patologi karena penasaran dengan otaknya Einstein yang begitu cerdas.

2. Thomas Alva Edison

biografi ilmuwan terhebat sepanjang masa
pixabay.com

Inilah ilmuwan dan penemu terhebat sepanjang masa dengan menemukan lebih dari 1000 alat penemuan. Thomas Alva Edison lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio Amerika serikat. Masa kecil kurang menyenangkan karena dikeluarkan dari sekolah yang akhirnya diajari sendiri oleh ibunya.

Bayangkan hanya mendapatkan pendidikan dari ibunya saja sudah mampu mengubah dunia. Buah dari kepintaran Thomas Alva Edison diantaranya Phonograf, Telegraf dan yang paling fenomenal adalah bola lampu. Dia dijuluki penyihir dari Menlo Park dan dinobatkan sebagai penemu paling produktif di zamannya dengan total 1093 hak paten. Thomas Alva Edison meninggal diusianya yang ke 84 tahun pada 18 Oktober 1931.

3. B.J Habibie

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
Deviantart.net

Inilah Orang yang berjasa dan mampu membawa martabat nama bangsa Indonesia di mata dunia. Bapak Teknologi Indonesia yang pernah menjabat sebagai presiden menggantikan Soeharto, dialah sang pencipta pesawat terbang dan penemu Crack Theory, B.J Habibie. Beliau lahir di Pare-pare,Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Pernah belajar di Jerman dengan jurusan teknik penerbangan.

Setelah menyelesaikan pendidikannya sampai master beliau langsung mendapatkan tawaran kerja dari perusahaan penerbangan di Jerman sampai beberapa tahun kemudian dia sudah mencapai puncak kesuksesan sebagai wakil presiden di bidang teknologi.

Beliau pernah membuat pesawat untuk Indonesia yaitu pesawat N-250 Gatotkaca, tapi sayangnya berhenti karena tidak adanya dukungan dari pemerintah. Habibie sendiri istirahat 5 jam dan sisanya dia gunakan untuk beribadah, membaca, dan hebatnya diusianya yang sudah tergolong tua beliau masih bekerja.Beliau memiliki IQ 200.

4. Stephen Hawking

biografi singkat Stephen hawking
bbc.com

Inilah salah satu ilmuwan terpintar yang masih hidup sampai saat ini. Meskipun menderita penyakit kelumpuhan tidak mematahkan arang ilmuwan berIQ 160 ini berkarya di bidang fisika. Kontribusi Stephen Hawking di bidang fisika banyak sekali seperti kosmologi, Gravitasi kuantum, lubang hitam dan Radiasi Hawking.

Hawking Termasuk orang yang mempercayai adanya alien di planet-planet luar tapi juga tempat lain dan menggunakan ilmu matematikanya untuk menjelaskannya. Dengan kecerdasannya juga dia memprediksi akan bahaya mesin kecerdasan buatan yang mempengaruhi ekosistem manusia di masa depan.

5. Christopher Hirata

 

orang terpintar di dunia
ohmygodfacts.com

Kalau orang ini sangat luar biasa karena memiliki IQ tertinggi di dunia yaitu 225. Lahir di tahun 1982. Tidak dikira diusianya yang masih belia yaitu 12 tahun sudah menyelesaikan pendidikan fisika dan matematika di universitas Caltech dan selang satu tahun kemudian sudah memenangkan lomba olimpiade sains internasional dengan meraih medali emas.

Pemuda ini juga pernah dipanggil Nasa pada usia 16 tahun untuk proyek mengeksplorasi kemungkinan penjelajahan di planet Mars. Kemudian di usianya yang sudah 22 tahun sudah meraih gelar master di universitas Princeton. Saat sekarang ini dia mengajar Astrofisika di Caltech.

6. Terence Tao

orang terpintar di dunia
macfound.org

Manusia jenius yang berasal dari Australia ini memiliki IQ kisaran 225-230. Ketika masih kecil kedua orang tuanya gencar melatih dan mengajari dia bagaimana mengeja huruf dan menambah angka. Kepintarannya sudah terlihat dari kecil, semenjak usia 9 tahun dia sudah mengikuti kursus matematika selevel mahasiswa

Setahun kemudian dia sudah berpartisipasi dalam olimpiade matematika internasional dan meraih beberapa penghargaan diantaranya medali perunggu, medali perak dan medali emas tiga tahun berturut-turut. Diusianya yang sudah 16 tahun sudah mendapatkan gelar master. Sekarang Terence Tao memiliki sekitar 230 file publikasi atas namanya.

7. James Howard Woods

orang terpintar di dunia
thefamouspeople.com

Terkenal sebagai aktor Hollywood dan seorang produser film. Dia lahir April 18 1947 di vernal, Utah. Dia belajar di MIT untuk mengejar gelar bachelor dan mengambil jurusan ilmu pengetahuan politik. Selama kuliah tersebut dia sangat aktif dalam kegiatan seni khususnya drama. Beberapa film yang dia bintangi adalah The Way We Were (1973), The Onion Field (1979), Videodrome (1983), Once Upon a Time in America (1984), Best Seller (1987), Chaplin (1992) dan Casino (1995).

Rekor bermain filmnya sudah berjumlah sekitar 130 dan memulai debut di tahun 1972. Dibalik penampilan dan profesinya tidak kita sadari bahwa ternyata dia salah satu orang tercerdas di dunia dengan memiliki IQ 170. Pernah dia menolak tawaran beasiswa dari universitas MIT untuk gelar masternya.

8. Kim Ung Yon

orang terpintar di dunia
debate.com

Saatnya kita membahas manusia genius ber IQ 210 asal Korea Selatan ini.Lahir di tahun 1963, Kim Ung Yon kecil sudah menunjukkan keajaiban yang sangat luar biasa. Diusianya yang baru 6 bulan sudah mampu berbicara dan ketika diusianya yang ke 3 tahun ketika anak-anak pada umumnya memulai memahami 1 bahasa, Kim Ung Yon sudah mampu berbicara bahasa Korea, Inggris, Jepang dan German.

Setahun kemudian sudah mengikuti pelajaran kuliah universitas dan sudah mampu memecahkan diferrensial rumit dan integral kalkulus. Pernah juga dia tayang di televisi jepang untuk menunjukkan kemampuannya pada bahasa Spanyol, China, Vietnam, Jerman, Inggris, korea dan Jepang. 4 tahun kemudian dipanggil oleh Nasa untuk bekerja dengan mereka. Sepanjang hidupnya sudah mempublikasikan 90 artikel tentang Hidrolik.

9. Rick Rosner

orang terpintar di dunia
cloudfront.net

Orang yang berasal dari Amerika ini mungkin jika dilihat sekilas mungkin bukan orang tercerdas. Dulunya Rick Rosner bekerja sebagai tukang pukul, striptis bahkan model telanjang. Pria ini lahir pada tanggal 2 mei 1960 di Boulder, Colorado.

Karir awalnya adalah sebagai penulis televisi di Amerika tidak puas dengan skor IQnya 192, dengan begitu dia terus berlatih sampai skor IQnya bertambah. Dia pernah memenangkan hadiah beberapa milyar di sebuah acara tivi bernama DO you want to be Millionaire.

10. Paul Gardner Allen

orang terpintar di dunia
http://myhowbook.com

Kita ketahui bahwa Paul Allen ini bersama Bill gates mendirikan sebuah perusahaan raksasa bernama Microsoft. Memang dia tidak terlalu terkenal dengan rekannya tersebut, tapi kontribusinya di dunia bisnisnya tersebut tidak kalah dengan Bill Gates.

Dengan kecerdasannya yang dimiliki dia dan Bill Gates membangun software di Microsoft dan termasuk jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes. Menurut beberapa referensi Paul Allen memiliki skor IQ 170. Saat ini dia lagi aktif sebagai filantrofis. Beberapa karya bukunya yang bisa kita baca salah satunya berjudul Idea Man, buku yang menjelaskan sejarah kelahiran Microsoft.

Baca Juga  Ternyata Pembicara di Depan Umum Punya Trik Mengatasi Grogi, Mau Tahu Caranya?

11. Andrew Wiles

orang terpintar di dunia
spektrum.de

Sir Andrew John Wiles lahir  pada tanggal 11 April 1953 11 merupakan seorang matematikawan Inggris dan Profesor Riset Royal Society di Universitas Oxford. Di bidang matematika dia berfokus pada teori nomor dan mampu membuktikan teori terakhir Fermat.

Dengan memiliki IQ 170 profesor ahli matematika ini mampu membuat rumus matematika yang paling sulit di dunia.Mendapatkan banyak sekali penghargaan diantaranya Abel prize, wolf prize in mathematic, fermat prize dan lain sebagainya.

12. Blaise Pascal

orang terpintar di dunia
alllin.com

Ilmuwan ini lahir di Clermont Ferrand, Perancis pada tanggal 19 Juni 1623. Selain dikenal sebagai penemu kalkulator, karya lainnya di bidang fisika adalah teori tentang persamaan fluida dan benda cair yang dinamai sebagai hukum Pascal. Dia membuat kalkulator dikarenakan pekerjaan ayahnya sebagai pemungut pajak.

Ide membuat kalkulator bukan hanya karena pekerjaan ayahnya namun dia juga ahli dalam bidang matematika. Ilmu matematika dia peroleh dari diskusi bersama Cartecius yang merupakan matematikawan. Akhirnya dia mampu membuat kalkulator di usianya yang baru menginjak 18 tahun. Selang tiga tahun setelah mengumpulkan prototipe dia mempublikasikan penemuannya kepada masyarakat.

13. Garry Kasparov

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
oslofreedomforum.com

Pria yang lahir di Rusia pada tanggal 13 April 1963 ini sangat jago dalam permainan Catur. Sejak kecil dia sudah serius dalam bermain catur dan dia mulai terkenal ketika menyandang gelar grandmaster termuda di zamannya.Ketika itu dia sempat tertinggal dari lawannya 5-o namun mampu mengejar sampai skor 5-3. Beberapa bulan kemudian dilanjutkan dan Kasparov menjadi pemenangnya

Konon dia pernah mengimbangi permainan Deep Blue, nama komputer super pintar yang mampu memprediksikan 200 juta pergerakan tiap menitnya, namun pada akhirnya dia kalah telak dari komputer tersebut. Ditahun 2005 pria yang memiliki IQ 190 ini berhenti dari permainan catur dan fokus pada politik.

14. Leonardo Da Vinci

orang terpintar di dunia
biography.com

Seniman Pembuat lukisan Monalisa yang terkenal itu masuk dalam jajaran orang terpintar di dunia dengan skor IQ 200. Leonardo Da Vinci adalah seniman asal Italia namun menghabiskan waktunya di Francis. Kejeniusannya melebihi orang-orang dizamannya yang mampu mencampurkan antara dunia seni dan dunia pengetahuan.

Banyak lukisannya yang terkenal selain Monalisa diantaranya ada lukisan yang menggambarkan alat-alat di masa depan seperti pesawar, mobil, dan bahkan lukisan tentang perkembangan bayi beserta penjelasannya dan juga lukisan berjudul The Last Supper. Disemua hasil karyanya ternyata juga mengandung kode-kode rahasia yang sampai saat ini banyak orang yang belum mampu memecahkannya.

15. James Sidis

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
pinterest.com

James Sidis dinobatkan sebagai orang terpintar di dunia pada urutan nomor satu. Bayangkan saja IQnya bernilai 230-300. Pria yang lahir pada tanggal 1 April 1898 di New York adalah keturunan yahudi. ketika usianya sudah menginjak 1 tahun 6 bulan sudah mampu membawa New York Times dan diusia 8 tahun sudah menguasai 8 bahasa.

Sudah masuk universitas Harvard di usia 11 tahun dan sudah mampu menguasai 200 bahasa di dunia, bahkan kata salah satu profesor di Harvard James Sidis ini mampu mempelajari satu bahasa dalam satu hari. Namun sayangnya karena belenggu ketenaran dan tekanan yang dialaminya dia sempat masuk rumah sakit jiwa dan meninggal di usia yang masih muda.

16. Christoper Michael Langan

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
megpics.com

Pria ini lahir di san francisco, california di tahun 1952. Warga Amerika ini sangat multitalenta, dia memiliki banyak pekerjaan diantaranya sebagai pemadam kebakaran, pekerja bangunan, penulis dan tukang pukul. Pria BerIQ 192 ini pernah lulus dengan hasil tertinggi di salah satu universitas namun sayangnya dia keluar karena tidak puas dengan pengajaran yang diberikan dosennya.

Christoper juga pernah bekerja secara kontrak dengan perusahaan Disney karena kejeniusannya dan sebelumnya juga bekerja di Virtual Logistix, sebuah perusahaan teknologi dengan pekerjaan sebagai peneliti. Di perusahaan tersebut dia meneliti di bidang matematika, termasuk aljabar, teori grafik, teori komputasi abstrak dan pengembangan kecerdasan buatan.

17. Sir Isaac Newton

orang terpintar di dunia
huffpost.com

Merupakan fisikawan dan matematikawan yang meletakkan dasar-dasar ilmu fisika klasik. Diantara kontribusinya adalah mengembangkan ilmu Kalkulus dan pencetus hukum-hukum gerak. Bukunya yang berjudul ‘Mathematical Principles of Natural Philosophy’ adalah salah satu karya terbesarnya yang mempengaruhi fisikawan lainnya dan membawa pencerahan Eropa menuju era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sejak kecil Newton sangat menguasai pelajaran eksakta khususnya matematika dan fisika. Saing fokus dan cintanya terhadap kedua ilmu tersebut membuat Newton jarang bergaul dengan wanita dan melajang sepanjang hidupnya. Kemudian dia belajar di Cambridge sampai meraih gelar Master. Beberapa penemuannya yang fenomenal dan berpengaruh dalam ilmu pengetahuan adalah Generalisasi Teorema Binomial, Identitas Newton, Metode Newton dan lainnya. Sir Isaac Newton dari beberapa referensi memiliki IQ 192.

18. Galileo Galilei

orang terpintar di dunia
universetoday.com

Merupakan fisikawan, ahli astronomi, matematikawan, dan filsuf asal Italia. Kita mengetahuinya sebagai penemu Teleskop. Tidak hanya prestasi yang sudah tercapai dalam bidangnya, Galileo Juga banyak menemukan planet di antariksa melalui teleskopnya seperti Callisto, Galilean moons, Europa, Ganymede, dan Io.

Dia sempat belajar di universitas Pisa, namun berhenti karena tidak memiliki banyak uang lagi. Dia juga adalah pendukung teori Heliosentrisme yang mana Matahari adalah pusat dari tata surya. Atas Pernyataannya tersebut dia dianggap merusak iman dan dihukum oleh pihak gereja karena menantang teori Geosentrisme. Lucunya pada Tahun 2008 Paus menganggap bahwa hukuman tersebut salah dan merehabilitasi namanya menjadi ilmuwan.

19. Ludwig van Beethoven

orang terpintar di dunia
biography.com

Dia adalah komponis klasik dari jerman yang terkenal dengan karyanya diantaranya simfoni kelima dan kesembilan serat lagu fur elise. Tokoh ini sangat berjasa dalam bidang musik dan merupakan perintis musik romantis. Pria ini lahir pada tanggal 17 Desember 1770 dan dididik sangat keras oleh ayahnya supaya bisa menjadi musisi yang hebat.

Kariernya berkembang dan sangat banyak orang mulai menyukai musiknya dan akhirnya menempatkan dirinya sebagai musisi musik klasik papan atas. Namun sayangnya pria BerIQ 165 ini harus kehilangan pendengarannya di sisa hidupnya. Karena kecintaannya terhadap musik, dia terus berkarya meskipun pendengarannya sudah tidak berfungsi.

20. Wolfgang Amadeus Mozart

orang terpintar di dunia sepanjang masa
emersonkent.com

Dia adalah komposer asal Austria yang kita kenal sebagai salah satu komposer terhebat sepanjang masa dalam sejarah musik barat. Dia termasuk orang yang pintar dan memiliki IQ 165. Tidak seperti komposer yang lainnya yang fokus pada satu genre, Wolfgang banyak menulis musik dari berbagai genre.

Sejak berumur 5 tahun dia sudah menguasai alat musik violin dan piano. Awal dari minatnya terhadap musik adalah ketika melihat Sang Kakak perempuan yang sering memainkan piano. Dan pada umur tujuh belasan Mozart menjadi seniman untuk istana.

21. Bill Gates

orang terpintar di dunia
geekwire.com

Selain dikenal sebagai orang terkaya nomor satu di dunia Bill Gates juga dikenal sebagai orang tercerdas. Dia lahir ditengah keluarga yang berada dan lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington Amerika Serikat. Dia pernah belajar di universitas Harvard namun keluar karena ingin fokus mengembangkan Microsoft.

Kecintaannya pada ilmu pengetahuan sangat tinggi, di masa kecilnya sudah menghabiskan buku ensiklopedia dan Konon katanya dia tidak sembarangan memilih istri, caranya dengan memberikan pertanyaan seputar pengetahuan sains. Sejak kecil sudah tertarik dengan komputer, dengan IQnya 160 dia mampu membuat sistem operasi komputer yang kemudian dipakai komputer seluruh dunia.

22. Benjamin Franklin

orang terpintar di dunia
philanthropyroundtable.org

Salah satu presiden, pendiri Amerika dan juga penemu kaca mata. Benjamin Franklin lahir pada tanggal 17 January 1706 Massachusetts. Diasendiri memiliki IQ 160 dan memiliki bakat selain di politik, dia juga penulis, penemu, pelukis dan ilmuwan.

Hebatnya dia tidak lulus dalam pendidikan formal namun Dibidang fisika dia menemukan alat penangkal petir dan beberapa teori tentang listrik. Dia juga mematenkan beberapa penemuannya diantaranya gelas armonika, kompor, lensa bifocal, odometer, kateter, dan alat lainnya. Selain pencapainnya sebagai presiden dan ilmuwan, dia juga merupakan pendiri organisasi freemason.

23. Nicolaus Copernicus

orang terpintar di dunia
mid-day.com/

Merupakan ilmuwan fenomenal terkenal yang mencetus teori heliosentris padahal dimasanya ilmu astronomi belum maju. Nicolaus lahir pada tanggal 19 Februari 1473 di Torun, tepatnya negara polandia. Dia adalah Astronom, matematikawan serta ekonom bukan hanya itu dia juga menjabat sebagai Kanon gereja, gubernur, administrator, hakim, astrolog dan tabib (benar-benar luar biasa).

Teori Heliosentris telah menghancurkan teori yang telah lama eksis selama berabad-abad sehingga menjadi hal penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya Astronomi. Dalam beberapa tahun menjelang sisa akhir hidupnya dia telah mengumpulkan banyak manuskrip untuk mendukung teorinya tersebut.

24. James Cook

 manusia terpintar sepanjang sejarah
rmg.co.uk

Captain James Cook lahir pada tanggal 7 November 1728 di Inggris, dikenal sebagai Ekspedisi laut, Navigator, Kartografer, dan pemimpin kapal Navy Royal. Dia dikenal sebagai penakluk laut karena sudah menyeberangi samudera pasifik tiga kali berturut-turut dan membuat peta diantara 2 jalur tersebut yaitu Newfoundland, Australia, kepulauan Hawai.

Baca Juga  pengalaman bisnisku waktu di sma

Perjalanannya sangat luar biasa, ibaratnya sudah menjelajahi separuh bumi. Dia melakukan perjalanan pertamanya Samudera Pasifik dengan tujuan untuk mengamati dan merekam jejak transit perjalanan. Perjalanan kedua Dia ingin menuju ke Daratan Antartika namun tidak sampai, akhirnya dia kembali dan berlabuh di Tahiti.

25. Plato

manusia terpintar di dunia sepanjang sejarah
laphamsquarterly.org

Plato adalah seorang filsuf, matematikawan serta penulis yang lahir pada 427 SM dari yunani. Dia sendiri adalah muridnya Socrates tidak jarang pemikiran dan karyanya dipengaruhi oleh gurunya. Kemudian setelah gurunya meninggal dia mendirikan Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat.

Plato sudah mempelajari sajak dari kecil makanya dia pandai dalam menulis karangan dan diusianya yang menginjak dewasa dia sudah Ia pandai menyatukan puisi dan ilmu, seni dan filosofi.Selain keahlian dalam masalah akademik, Plato juga ahli dalam bergulat dan pernah menjuarai olimpiade. Karyanya yang terkenal adalah Rebuplik, selain itu dia tidak pernah menikah sepanjang hidupnya

26. John Stuart Mill

manusia terpintar sepanjang masa
bbc.co.uk

Seorang filsuf dan ahli ekonomi kelahiran pada tahun 1806 asal London, Inggris. Sepanjang hidupnya dia tidak mendapatkan bangku pendidikan normal, namun ayahnya mengajarkannya dengan sangat baik sehingga diumurnya yang 3 tahun sudah menguasai bahasa yunani, bahasa latin serta menguasai buku karya Aristoteles khususnya ekonomi dan politik.

Dia dikenal karena pengaruh kontribusinya pada liberalisme, sebuah ideologi tentang kebebasan individual yang mana berlawanan dengan ideologi negaranya dalam mengatasi perekonomian. Salah satu metodenya yang dikenal adalah metode Mill dimana metode tersebut dipakai oleh para pengacara dan ilmuwan untuk memperkuat argumen mereka.

27. Warren Buffet

manusia terpintar di dunia
huffingtonpost.com

Dikenal sebagai orang terkaya nomor di dunia setelah Bill Gates dan investor tersukses sepanjang masa. Warren Buffet dikenal memiliki kecerdasan numerik yang sangat tinggi. Dia mampu menentukan harga asli suatu saham dan juga hafal sesuatu yang berkaitan dengan angka.

Sejak kecil dia sama ayahnya sudah diajak ke bursa saham dan diusianya yang baru 11 tahun sudah membeli saham pertamanya. Dengan IQnya 160 dan kecerdasan alaminya, Warren Buffet sukses membeli saham perusahaan yang bernilai tinggi diantaranya Bershire Hathway dan Coca Cola Company.

28. Nikola Tesla

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
waterfordwhispersnews.com

Dia merupakan ilmuwan terbesar di dunia di bidang listrik. Dia lahir di Smiljan Yugoslavia pada tanggal 9 Juli 1856. Tesla belajar Teknik di Universitas Graz, Austria, dan Universitas Prague. Tesla sendiri merupakan penemu terpenting karena dia yang menemukan arus AC dan perintis Elektromekanik yang mana listrik mengalir tanpa kabel dan sedikit menggunakan daya listrik.

Akhirnya dia mendapatkan hak paten atas penemuannya tersebut dan mendapatkan cukup uang untuk mendirikan sebuah perusahaan. Percobaan lainnya yang tidak kalah fenomenal adalah ketika dia mendapat ide tentang High Frequency Electricity. Dalam pemikirannya cara tersebut lebih terang daripada lampu edison. Untuk menghormati ilmuwan tersebut, para fisikawan sepakat memberikan satuan bernama Tesla

29. Larry Page Dan Sergey Brin

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
http://imannurjaman01.blogspot.co.id

Siapa yang tidak tahu search engine Google? hampir semua dari kita kalau ingin mencari sesuatu ujung-ujungnya tetap Google. Terus Siapakah Pendiri Google?

Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin mahasiswa asal Stanford University. Larry page lahir pada tanggal 26 maret 1973 di East Lancing, Michigan ditengah-tengah keluarga yang berpendidikan. Menghabiskan usia muda untuk belajar di Universitas Michigan dan meraih gelar master di universitas Stanford.

Kemudian bertemu dengan Sergey Brin di universitas Stanford. Sergey Brin sendiri lahir di Moskow, Rusia di tengah-tengah keluarga yahudi. Dia sebelum masuk universitas Stanford belajar ilmu komputer dan matematika di universitas Maryland.

Dengan kombinasi kecerdasan mereka berdua, Mereka mampu membuat mesin pencari tak tertandingi sampai saat ini.

30. Richard Feynman

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
bbc.co.uk

Ini dia ilmuwan yang terlibat dalam pembuatan bom atom yang nantinya dijatuhkan ke kota Hiroshima dan Nagasaki. Fisikawan nyentrik ini sangat antimainstream dalam mempelajari ilmu fisika. Dia dijuluki sebagai The Great Teacher karena mampu menjelaskan sesuatu yang sangat sulit dengan bahasa sederhana. Beliau lahir di Far Rockaway, New York 11 mei 1918.

Beberapa sumbangan beliau untuk dunia Fisika diantaranya Elektrodinamik kuantum, teori yang menjelaskan interaksi antara materi dan cahaya. Karena kontribusinya tersebut dia mendapatkan hadiah Nobel. Feynman juga merilis beberapa buku diantaranya what do you care what other people think Dan surely you’re joking Mr. Feynman. 

31. Robert Oppenheimer

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
http://blog.nuclearsecrecy.com

Dialah pria yang dijuluki sebagai bapak bom atom karena yang menemukan bom atom. Dia lahir dan tumbuh di kota New York, Amerika pada tanggal 22 April 1904. Dia semenjak kecil sudah menyukai pelajaran matematika, bahasa, dan ilmu pengetahuan. Dengan ketekunannya yang sangat luar biasa dibandingkan dengan anak-anak lain dia tumbuh menjadi pintar.

Kemudian dia melanjutkan ke perguruan tinggi tepatnya di universitas Harvard dan lulus di tahun 1925. Tak puas hanya mendapat gelar Bachelor dia langsung melanjutkan studinya ke universitas Cambridge dan Gottingen Jerman untuk meraih gelar Master dibidang fisika kuantum.

Dia mulai terlibat pada pembuatan bom atom di tahun 1941 dan langsung ditunjuk oleh presiden untuk mengepalai pembuatannya.

32. Wernher von Braun

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
biography.com

Orang ini lahir pada tanggal 23 maret 1912 di Wirsitz, Polandia dan pada tahun 1915 tepat diumurnya yang kedua tahun dia dan keluarganya pindah ke Berlin Jerman. Selama hidupnya dia menempuh pendidikan di universitas teknologi Berlin untuk belajar fisika dan matematika dan friedrich Wilhelms universitat dalam bidang teknik mesinkarena terpesona dengan roket terakhir .

Wernher merupakan ilmuwan roket yang berbakat, insinyur ruang angkasa dan juga arsitektur ruang yang kemudian dipilih NAZI untuk membuat roket mereka selama perang dunia ke 2 dan akhirnya di sisa hidupnya dia membuat roket untuk Amerika.Tanpa kepintarannya dalam pembuatan roket, kita tidak akan mendengar orang naik ke bulan karena dia yang menciptakan roket Saturn V.

33. Charles Dickens

orang terpintar di dunia sepanjang sejarah
louisamayalcottismypassion.com

Beliau lahir pada tanggal 7 Februari 1812 di portsmouth, Inggris. Sepanjang hidupnya dia hobi membaca buku berbagai buku yang sudah ada dizamannya khususnya novel. Dia adalah penulis, penyair dan pengkritik sosial. Dia yang berIQ 170 ini terkenal karena buah karya sastranya diantaranya Great Expectations, Oliver Twist, A Christmas Carol dan David Copperfield.

Dia juga dikenal sebagai novelis terhebat di era kemenangan, dimana Inggris memimpin dunia dalam hal pengetahuan, sastra, ekonomi dan militer. Saat ini karyanya masih ada dan tersimpan di sebuah museum yang terletak di London.

34. Michael Faraday

manusia terpintar sepanjang masa
bbc.co.uk

Ilmuwan asal Inggris ini dijuluki sebagai ‘Bapak listrik’ karena pertama kali menemukan listrik dan mengembangkannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Hampir seluruh waktunya dia habiskan dalam bidang elektromagnetis dan elektrokimia, yang mana cikal bakal teknologi yang kita nikmati keberadaannya sekarang.

Karena buah karya dari kejeniusannya, banyak prinsip-prinsip ilmiah yang dinamai dengan namanya seperti hukum induksi faraday, efek faraday, dan lain-lain. Penemuan lainnya yang merintis pembangunan pembangkit listrik adalah dinamo dengan arus searah.

35. Desiderius Erasmus

manusia terpintar sepanjang masa
thefamouspeople.com

Pendeta yang sangat jenius ini lahir kira kira pada tahun 1469 di Belanda. Sangat hobi dalam membaca, dulunya ada perpustakaan di biara Agustinus yang terdapat buku antik kesusastraan dunia dan karya klasik ternama lainnya. Semua buku di perpustakaan tersebut dia lahap tak tersisa.

Pada tahun 1500 dia menulis buku berjudul Adagia yang merupakan buku pertama yang paling laku keras di dunia. Buku tersebut ditujukan untuk kaum humanis dan membuat buku keduanya yang memuat tentang etika buku yang memang dikhususkan untuk kalangan kaum atas seperti kepala negara, bangsawan.

36. Rene Descartes

manusia terpintar sepanjang masa
wikiart.org

Merupakan filsuf, matematikawan dan penulis asal francis. Dia dikenal sebagai bapak filsuf modern karena tulisannya dan juga sebagai bapak matematika modern. Terutama perenungan tentang filsafat pertamanya masih menjadi standar yang digunakan referensi bagi seluruh universitas di seluruh dunia.

Dia juga terkenal karena kontribusinya pada bidang matematika diantaranya sistem koordinat Cartesian dan menjembatani antara ilmu aljabar dan geometri yang kedepannya bisa untuk mengembangkan ilmu kalkulus. beberapa karyanya yang sudah terbit diantaranya “Discours de la methode pour bien conduire sa raison et chercher la verite dans les sciences” yang membahas tentang optika.

37. Gottfried Wilhelm Leibneitz

manusia terpintar sepanjang masa
pinterest.com

Seorang filsuf dan matematikawan asal Jerman. Dia dianggap sebagai orang yang mengembangkan ilmu kalkulus jauh sebelum Newton, terutama karyanya hukum kontinuitas dan transedental hukum homogenitas. Dia juga termasuk penemu yang produktif di bidang kalkulator mekanik, yang memungkinkan bagi kita menghitung masalah matematika yang kompleks dengan bantuan perangkat tersebut.

Selain penemuannya akan kalkulus dia juga terkenal akan faham theodice, sebuah faham yang meyakini bahwa manusia hidup dalam dunia yang sebaik mungkin karena dunia ini diciptakan oleh tuhan yang sempurna lagi.Untuk mengenang hidupnya, di dalam kalkulus ada notasi yang menggunakan namanya yaitu Notasi leibneiz. Oh ya dia ini saya anggap sebagai bapak digital karena berhasil menemukan bilangan biner yang mana sekarang banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman.

Baca Juga  Cara Mengatasi Migrain Dengan Efektif

38. Aristoteles

manusia terpintar sepanjang masa
blogfikrea-inmylife.blogspot.co.id

Ini dia Filsuf terbesar dan paling berkontribusi dalam ilmu pengetahuan di semua bidang. Aristoteles banyak menulis karya yang menjadi dasar dari semua ilmu pengetahuan meskipun ada beberapa yang kontroversial. Aristoteles sendiri lahir di Stagira, yunani di tahun 384 sebelum masehi.

Beberapa karyanya yang sampai saat ini masih ada diantaranya Organon(logika), Etikanya. Kta bisa belajar dari kejeniusannya. Beberapa kata-kata dari Aristoteles yang masih diingat “Diri kita dibentuk dari apa yang kita lakukan berulang kali; sedangkan kesuksesan bukan merupakan usaha dan tindakan melainkan akibat dari suatu kebiasaan”.

39. Adolf Hitler

manusia terpintar sepanjang masa
theunredacted.com

Mungkin kalian bertanya-tanya apa sih yang membuat Adolf Hitler masuk dalam jajaran 0rang terpintar di dunia?

Berdasarkan buku yang berjudul Mircea Windham isinya mengungkapkan kecerdasan rahasia otak kanan Adolf Hitler. Menurut Windham, Hitler adalah pria yang cerdas. Pemimpin NAZI tersebut menyukai dunia seni khususnya seni lukis. Terbukti dia pernah mendaftar di Academic of Art Austria, namun sayangnya dia tidak diterima karena nilai ujiannya rendah.

Lalu dimana letak Kejeniusannya?

Pada 1912, William Stern yang merupakan psikolog asal jerman membuat sebuah test untuk mengukur kecerdasan. Beberapa teman dekat Hitler pernah mengikuti tes IQ, dan semuanya mendapatkan nilai di tengah rata-rata yang paling tertinggi temannya adalah 143. Uniknya Adolf Hitler mendapatkan nilai skor 140-150.

Kita tahu kalau Hitler ini sangat benci pada ras Yahudi namun harus kalian garis bawahi bahwa Hitler ternyata adalah keturunan Yahudi.

40. Thomas Wolfe

manusia terpintar sepanjang masa
literarymanhattan.org

Kalau kamu mendapati novel yang berisi 5000 lembar mungkin dialah penulisnya. Thomas Wolfe dikenal sangat jenius terutama di bidang sastra ketika memasuki abad ke 20. Selain novel berjudul Look Homeward Angel ada 3 buah novel lainnya berjudul of time and the river, the web and the rock dan terakhir from death to morning.

Keterkenalan 4 buah novelnya tersebut tidak terlepas dari editornya,yaitu Max Perkins. buku pertama Wolfe sangat laku keras kemudian ketika menerbitkan buku keduanya dia dan Max kewalahan karena mereka harus menggarap 5000 lembar itupun masih bertambah sampai mereka melalaikan keluarganya masing-masing.

41. Srinivasa Ramanujan

manusia terpintar sepanjang masa
indianmathsociety.org.

Dia adalah ilmuwan yang keluar dari batas yang dibuat oleh masyarakat India di zamannya. Dia seorang Genius yang lahir di masyarakat tingkat bawah di tanah India yang terkenal akan strata sosialnya. Sangat ahli dalam matematika dan hebatnya dia belajar secara otodidak.

Beberapa konstribusinya adalah pada matematika analisis, teori angka, seri terbatas, dan terusan pecahan. Pada suatu ketika dia dipanggil oleh Hardy salah seorang profesor dan dosen dari inggris untuk menjelaskan penelitiannya tersebut. Meraih gelar sebagai anggota Royal Society dan meninggal di usianya yang baru 32 tahun.

42. Friedrich Hegel

manusia terpintar sepanjang masa
bbc.co.uk

Dia lahir pada tanggal 27 Agustus 1770 di Stuttgart, jerman. Dia sendiri adalah Filsuf asal Jerman yang mengemukakan gagasan penting diantaranya Idealisme mutlak dan Dialektika. Hobinya semasa kecil adalah membaca berbagai buku bacaan karena pengaruh dorongan dari sang ibu.

Semasa kecil juga pernah menderita penyakit Cacar dan akhirnya selamat. Dia terkenal akan metode Dialektika untuk berfilosofi yang mengandung tesis, antitesis dan sintesis. Beberapa karya hebatnya diantaranya Phenomenology of Spirit, Science of Logic, Encyclopedia of the Philosophical Sciences dan Elements of the Philosophy of Right.

43. Johannes Kepler

biografi singkat johannes kepler
bbc.co.uk

Dia adalah astronom kelahiran Jerman pada tahun 1571 yang mendukung teori heliosentris dan mengembangkannya menjadi hukum pergerakan tata surya. Pernah belajar di Universitas Tubingen sampai gelar Master. Tiga tahun kemudian dia membenarkan teori heliosentris berdasarkan buku De revolutionibus orbium coelestium karya Nicholaus Capernicus diterbitkan.

Setelah itu dia mengajar akademi di kota Grazambil dan menulis buku pertamanya tentang astronomi ditahun 1596. Karyanya begitu istimewa sampai membuat ahli astronomi besar Tycho Brahe tertarik menjadikan Kepler asisten dalam penyelidikan ruang angkasa di dekat Praha dan menggantikan Tycon setelah ahli astronomi tersebut meninggal.

44. George Soros

manusia terpintar sepanjang masa
georgesoros.com

Pernah mendengar George Soros? itu loe pria yang menghancurkan mata uang poundsterling ditahun 1992. George soros adalah pria berkewarganegaraan Amerika kelahiran 12 Agustus 1930 yang merupakan imigran dari Hungaria ketika meletus perang dunia ke 2. Selama itu juga dia mengenyam pendidikan sekolah ekonomi di London dan mempelajari filosofi dari Karl Popper.

Pria keturunan yahudi ini kemudian mencetuskan teori refleksifitas yang mampu membuatnya meraih kekayaan dari spekulasi mata uang. Pada tahun 1992 dunia dihebohkan karena George Soros berani mempertaruhkan uang senilai 8.5 miliar dolar untuk kejatuhan poundsterling dan meraup keuntungan hampir 1 miliar dolar.

George Soros juga aktif menulis diantara karyanya adalah the alchemy of finance Dan open society.

45. Samuel Reshevsky

manusia terpintar sepanjang masa
heritageechecsfra.free.fr

Inilah Reshevsky seorang pecatur berbakat dan paling terkemuka di Amerika Serikat ini lahir pada tanggal 26 November 1911 Ozorkow, Polandia. Kemampuannya dalam permainan catur sangat luar biasa, konon ketika usianya sudah 8 tahun, dia sudah menantang banyak master catur dan pernah juga sekaligus melawan banyak grand master dalam satu pertandingan.

Di tahun 1922 dia mengikuti turnamen master di New York dan menjadi pemain termuda yang pernah ada. Disisa hidupnya dia berprofesi sebagai akuntan dan menulis beberapa buku dengan tema cara bermain catur. diantara bukunya adalah Reshevsky on Chess (1948), How Chess Games Are Won (1962), Great Chess Upsets (1976), dan The Art of Positional Play (1978).

46. Akrit Jaswal

biografi singkat akrit jaswal
oprah.com

Siapa yang tidak kenal dengan anak ini. Beberapa tahun sebelumnya dia menjadi perbincangan masyarakat dunia karena mampu melakukan operasi ketika usianya masih 7 tahun. Anak ajaib asal India ini lahir pada bulan april 1993 dan memiliki Iq 146.

Di usianya yang sudah 12 tahun dia sudah diterima di universitas Punjab dan menjadi mahasiswa termuda sepanjang sejarah di India. Dia sudah menguasai buku buku medis  seperti buku pelajaran bedah, anatomi, fisiologi dan kanker. Dia sebenarnya memiliki jutaan ide tentang medis namun sekarang dia berfokus untuk membuat obat kanker.

47. Emmanuel Swedenborg

manusia terpintar sepanjang masa
liveinternet.ru

Dia adalah Ilmuwan, Filsuf, Seorang mistikus ajaran kristen yang lahir pada tanggal 8 Februari 1688 di Stockholm, Swedia. Dia termasuk Penemu dan ilmuwan paling produktif dimasanya namun karena kecerdasannya tersebut dia melakukan penyimpangan terhadap agamanya dengan mengklaim bahwa dirinya ditunjuk tuhan untuk mengubah agama Kristen.

Semenjak tersebut dia menjadi seorang Teolog dan menghabiskan sisa hidupnya untuk menulis dan mempublikasikan karyanya yang fenomenal namun juga kontroversial Surga dan Neraka (1758),[4] dan beberapa karya teologis yang tidak diterbitkan. Tapi pada akhirnya dia meninggal saat usia 84 tahun  di London.

48. Said Nursi

biografi singkat said nursi
deccanchronicle.com

Merupakan ulama yang lahir dari turki tepatnya di desa Nurs ditahun 1877 masehi ditengah keluarga petani yang sederhana. Dia adalah ulama yang jenius yang menghasilkan karya Risalah Anur yang dibuat ketika kekhilafan turki runtuh dan sudah virus liberalisme memasuki jiwa Turki.

Diusianya yang masih kecil, Said Nursi sudah menampakkan kegemarannya pada ilmu dengan banyak membaca dan mengikuti majelis-majelis. Sudah menghafal hampir semua karya ulama kontemporer dan menghafal al’quran hanya dalam kurun waktu 15 hari. Perjuangan dan pemikiran beliau ditujukan untuk membangkitkan kembali semangat islam di tubuh Turki.

49. Imam Al Ghazali

biografi singkat imam al ghazali
satujam.com

Dikenal sebagai Hujjatul islam karena menyelamatkan ajaran islam dari bid’ah dan filosofi yunani. Nama kecil beliau adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah. Mempelajari banyak sekali ilmu agama diantaranya shahih Bukhari, sunan Abu Daud, dan Maulid annabi selain menghafal Alqur’an.

Dia termasuk ulama yang serba bisa karena selain ilmu agama dia juga menguasai ilmu ushul al din, ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf. Dari kepintarannya beliau sudah menelurkan banyak karya diantaranya kitab Ihya’ ulumuddin Maqhasid al falasifah, Miskyat al anwar dan kitab terkenal lainnya.

50. Johann Wolfgang Von Goethe

biografi singkat johann wolfgang von goetho
famousaouthors.org

Salah satu sastrawan, Novelist dramawan, politikus dan diplomat asal Jerman. Dia lahir pada tanggal 28 agustus 1749 di Frankfurt, Jerman. Menghabiskan waktu belajar di universitas Leipzig dari tahun 1765 sampai 1768. Dia terkenal dengan karya sastranya diantaranya The Sorrows of Young Werther, Sturm und Drang, dan Faust.

Tidak hanya dikenal karena karya sastra terbaiknya, Johan Wolfgang juga terkenal akan keterlibatannya pada ilmu pengetahuan.Dia banyak berkontribusi khususnya di ilmu pengetahuan alam. Dia memiliki semacam koleksi Mineral yang menjadi bagian dari pembelajaran ilmu geologi.

Demikianlah daftar orang terpintar di dunia, semoga kita terinspirasi untuk bisa menjadi orang terpintar di dunia.

         Orang Terpintar di Dunia

Leave a Comment