Pengertian Demokrasi, Ciri-ciri, Macam dan Prinsipnya

Pengertian demokrasi – demokrasi asal katanya yaitu dari bahasa Yunani tepatnya kata demokratia yang artinya adalah kekuasaan rakyat. Demokratis sendiri terbagi atas dua kata yaitu Demos yang memiliki arti “rakyat” sedangkan Kratos berarti kekuasaan atau kekuatan.

Demokrasi meliputi keadaan ekonomi budaya serta sosial yang sekiranya Berlangsungnya praktek kebebasan politik baik dengan bebas maupun setara.

Pada umumnya pengertian demokrasi adalah suatu format pemerintahan yang mana masing-masing warga negara memiliki hak yang seimbang dan setara terkait penentuan dan pemilihan sebuah keputusan yang nantinya akan membawa dampak pada kehidupan warga negara.

Pengertian demokrasi pula dapat dimaknai sebagai bentuk kekuasaan paling tinggi yang ada ditangan rakyat.

Mengenai demokrasi warga negara boleh ikut ambil bagian dengan langsung maupun pula lewat perwakilan terkait melaksanakan perumusan, pengembangan dan penyusunan hukum.

Agar lebih gamblangnya berikut ini kami akan paparkan beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian demokrasi beserta terkait seluk beluk sistem demokrasi mudah-mudahan bermanfaat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

pengertian demokrasi menurut para ahli

Di bawah ini adalah sejumlah pengertian demokrasi menurut para ahli :

  1. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah suatu sistem pemerintahan yang mana dibentuk dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
  2. Pengertian demokrasi menurut Charles costello adalah sistem sosial dan politik pemerintahan dengan kekuasaan pemerintah yang terbatas oleh hukum dan budaya dalam melindungi masing-masing hak perorangan warga negara.
  3. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan yang dilaksanakan dan diadakan dari rakyat dan bagi rakyat. Adapun terkait yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat sendiri yang telah dipilih oleh mereka rakyat sendiri setelah yakin kalau setiap keperluannya senantiasa mendapat perhatian pada aturan yang sudah atau akan disusun oleh wakil-wakil rakyatnya terkait penerapan kekuasaan negara.

Macam Macam Demokrasi

macam macam demokrasi

Demokrasi dibagi atas bebeberapa macam, yaitu diantaranya sebagaimana berikut ini :

Macam-macam demokrasi berdasarkan fokus perhatiannya

  1. Demokrasi formal demokrasi yang hanya berpusat pada bidang politik tanpa sama sekalipun meminimalkan kesenjangan politik.
  2. Demokrasi Material : Demokrasi yang berpusat pada bidang ekonomi tanpa pengurangan pada kesenjangan politik
  3. Demokrasi gabungan demokrasi ini merupakan kombinasi dari demokrasi formal serta demokrasi material.

Macam-macam demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat

1. Demokrasi dengan langsung atau bahasa Inggrisnya direct democracy merupakan demokrasi yang dengan langsung mengikutsertakan rakyat terkait penentuan dan pemilihan keputusan tertentu kepada negara. Contohnya adalah pemilihan umum atau pemilu

2. Demokrasi tak langsung atau bahasa Inggrisnya Indirect Democracy : Demokrasi yang tidak langsung memasukkan semua rakyat sebuah negara pada penentuan suatu keputusan. Misalnya keputusan tertentu yang diadakan dan ditetapkan oleh wakil-wakil rakyat misalnya DPRD DPD, DPR.

Ciri-ciri demokrasi

ciri ciri demokrasi
panmohammadfaiz.com

Adapun ciri-ciri sebuah negara yang menggunakan sistem demokrasi ialah sebagaimana berikut ini.

1. Setiap keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah sesuai dengan kehendak dan keperluan masing-masing rakyat atau seluruh rakyat.

2.  Terdapat ciri konstitusional yaitu terkait kehendak kekuasaan maupun kepentingan rakyat yang disusun dan dicatat pada sebuah undang-undang negara.

3. Mempunyai ciri perwakilan yaitu Saat mengelola setiap kepentingan negara kedaulatan dan juga kekuasaan rakyat telah diwakili pada yang tadinya telah dipilih dan ditentukan dari rakyat itu sendiri

4. Setiap aktivitas politik dilaksanakan dalam memilih Pihak mana yang hendak diamanahi untuk menjalankan roda pemerintahan
Ciri kepartaian yaitu partai hanyalah suatu sarana dan media selaku unsur-unsur dan penerapan sistem demokrasi

Prinsip demokrasi

prinsip demokrasi
via blogspot.com

Pada umumnya prinsip sistem demokrasi di antaranya yaitu sebagaimana berikut ini.

  1. Kebebasan disepakati diakui dan disetujui oleh masing-masing warga negara.
  2. keikutsertaan setiap warga negara terkait pelaksanaan dan penentuan keputusan politik.
  3. Kesetaraan masing-masing warga negara
  4. Masing-masing warga negara memiliki kesetaraan dan kesamaan terkait praktek politik

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

kelebihan dan kekurangan demokrasi
qureta.com

Kelebihan atau Keuntungan Sistem Demokrasi

  1. Kesamaan hak menyebabkan masing-masing masyarakat boleh ikut ambil bagian terkait sistem politik.
  2. Penerima kekuasaan ditentukan berdasarkan keinginan serta suara rakyat.
  3. Menghindari adanya monopoli kekuasaan

Kekurangan atau Kelemahan demokrasi

  1. Mudah goyahnya kepercayaan rakyat karena efek-efek yang  bersifat negatif misalnya media yang tidak objektif atau subjektif terkait penyampaian informasi
  2. Dinilai tidak adil terkait kesamaan hak sebab menurut para ahli masing-masing orang memiliki pemahaman politik yang tidak sama persis.
  3. Fokus konsentrasi pemerintah yang masih menjabat menjadi berkurang, lantaran mendekati pemilihan umum selanjutnya.

Membangun demokrasi

membangun demokrasi
kompasiana.com

Terkait membangun demokrasi, negara kita ini sudah melalui berbagai masa transisi dari demokrasi semu yaitu masa orde baru menuju demokrasi yang sebenarnya. Pada dekade akhir-akhir ini negara telah merasakan mengalami kemajuan dalam hal berdemokrasi.

Setiap Pimpinan lembaga negara setuju Kalau kunci sukses membangun demokrasi Indonesia ialah yaitu dengan makan empat pilar kebangsaan yakni

1. Pancasila

2. UUD 1945

3. NKRI

4. Bhinneka Tunggal Ika.

Ini adalah pondasi negara kita perjuangan yang sangat keras dari founding father. Hasil perjuangan dan kerja keras Bapak pendiri bangsa ini sudah dikemukakan lewat menguatkan empat pilar tersebut kita mengharapkan supaya setiap Pimpinan lembaga negara mampu dan sanggup menyelesaikan dan mencari solusi setiap masalah-masalah yang sedang dialami oleh negara ini.

Dari kita pastinya menginginkan segalanya bisa berlangsung secara seimbang hingga terjadinya situasi yang harmonis mengenai kehidupan berbangsa serta bernegara.

Peraturan sebaik apapun jika segenap pihak tidak mentaati dan mematuhi maka pada akhirnya ia tetap tidak jadi sempurna sementara peraturan yang sederhana namun para pihak mentaati serta mematuhinya, maka peraturan tersebut akan jadi sempurna dan menimbulkan manfaat dan kemaslahatan umum

Negara kita benar-benar memerlukan suatu bentuk pemerintahan yang bersih lewat pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang tercatat pada empat pilar kebangsaan tersebut.

Sehingga Sudah dirasa cukup dengan 4 pilar tersebut apabila segalanya mempraktekkannya dengan tulus dan baik dengan begitu bisa diyakini jika Indonesia nantinya akan berubah menjadi negara yang besar serta berdaulat secara penuh.

Mengenai sebagian besar negara demokrasi modern era kini setiap rakyatnya tentu termasuk 1 kekuasaan yang berdaulat akan tetapi kekuasaan politiknya di laksanakan dengan tidak langsung lewat perwakilan atau DPR, perihal tersebut yang kemudian dinamakan dengan demokrasi perwakilan.

Kemunculan konsep demokrasi perwakilan asalnya yaitu dari institusi alasan gagasan yang tumbuh seni rupa era pencerahan Renaissance serta Revolusi Perancis dan negara Amerika Serikat.

Penyalahgunaan demokrasi

penyalahgunaan demokrasi
kompasiana.com

Demokrasi sendiri merupakan sistem yang terdapat pada pemerintahan di mana masing-masing warga negaranya mempunyai hak dan kesempatan yang setara.

demokrasi tentunya tidak memandang suku bangsa tidak memandang jenis kelamin dan serta tidak memandang mengenai kelompok Golongan atau status sosial.

Sebab demokrasi artinya adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Mengenai sistem demokrasi rakyatlah selaku pemeran penting yang menjadi memiliki kewenangan untuk mengambil suatu keputusan. tidak ada suatu keputusan yang dapat ditetapkan oleh pihak pemerintahan tanpa disertai turut terlibatnya suara dari rakyat.

Adapun maksud dari demokrasi tersebut ialah agar bisa membentuk kedaulatan negara terhadap rakyat tujuan menjadikan pemerintahan yang legal atau sah dan diinginkan oleh sebagian besar masyarakat.

Amerika Serikat merupakan negara yang bisa dikatakan paling demokrasi di dunia ini lewat sistem pemerintahannya. Disana, Amerika Serikat termasuk negara yang memiliki tingkat kebebasan paling tinggi terkait segala hal apapun. Sebagai permisalan saja amati kehidupan Amerika entah itu dari faktor ekonomi sosial dan juga budaya yang terdapat di sana.

Dengan penguasaan pengetahuan demokrasi yang sudah berhasil pada pemerintahannya, Amerika Serikat kini mulai menyuarakan kepada seluruh penjuru dunia terkait paham-paham tersebut.

Ada yang sukses menerapkan sistem pemerintahan tersebut Tetapi ada juga yang malam tidak sukses dan tidak sesuai kalau di laksanakan adopsi pada sebuah negara tertentu.

Tidak Ketinggalan juga Negara kita Indonesia sudah sekian lama menjalankan sistem pemerintahan yang tampaknya seolah-olah mendewakan rakyat ini. Apa sejauh ini Indonesia sudah sukses menjalankan demokrasi? Hingga saat ini tampaknya sukses jika ditinjau dari sistemnya akan tetapi fakta di lapangan masih lah jauh dari kata dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Kita bisa jadikan contoh pelaksanaan demokrasi yang sering terjadi ialah ketika diadakannya pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

Acara tersebut kita lebih mengenalnya sebagai pesta demokrasi dengan rangka memilih pemimpin yang nantinya memimpin negara atau kepala daerah.

Dalam proses berlangsungnya pesta demokrasi tersebut, berbagai macam-macam penyelewengan penyelewengan bukti kalau sistem demokrasi begitu buruknya jika diterapkan.

Inilah sebagian penyelewengan yang kerapkali berlangsung dan ditemukan dalam besar demokrasi di Indonesia

Money politic

Perihal tersebut termasuk suatu tradisi baru yang mana akan tetap berlangsung dan seterusnya proses. Dengan memanfaatkan situasi masyarakat kita ini yang sedang kekurangan uang, maka akan jadi sasaran empuk bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Contohnya saja seorang calon pemimpin dengan mudah memberikan sejumlah uang atau berbagai bahan pokok untuk media menukar atau membeli suara rakyat itu.

Intimidasi

Hal ini Tentunya adalah metode yang benar-benar sangat Bahaya jika diterapkan. Sebagai contoh saja Ada sejumlah oknum dari salah satu pihak calon pemimpin yang mempraktekkan intimidasi kepada warga supaya memberikan suaranya kepada calon tersebut perihal ini amatlah tidak sejalan dengan peraturan pelaksanaan pemilu.

Pendahuluan ketika kampanye

Walaupun telah diperingatkan mengenai aturan proses pemilihan umum aturan yang meliputi proses pemilu seperti kampanye namun hal tersebut sudah termasuk penyelewengan demokrasi yang kerapkali dipraktekkan. Beragam cara dilakukan misalnya penyebaran baliho selebaran dan spanduk.

Kerap kali juga ditemukan beberapa bakal calon pemimpin mengambil start duluan dengan cara mengadakan kunjungan ke sejumlah daerah.

Kampanye Negatif

Kampanye negatif ini dapat muncul sebab minimnya sosialisasi bakal calon kepada masyarakat.

Perihal tersebut menyebabkan sejumlah masyarakat masih begitu kurang tahu menahu mengenai krusialnya media informasi. Sehingga cuma patuh dengan orang di sekeliling mereka yang jadi figurnya.

Kampanye negatif bisa menjurus timbulnya fitnah yang bisa merusak integritas dari daerah itu disamping itu pula bisa terjadi isu-isu bertujuan menjatuhkan lawan politiknya.

Negara-negara penganut demokrasi

negara penganut demokrasi
healthfitnessrevolution.com

Demokrasi bisa juga dimaknai sebagai suatu bentuk sistem pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan juga untuk rakyat.

Ketika masa dahulu, saat sistem pemerintahan demikian rupanya menyulitkan setiap rakyat yang mana rakyat tidak begitu dipertimbangkan untuk mendukung sistem pemerintahan.

Namun begitu ketika saat sekarang sejarah sudah mencatat kalau Demokrasi merupakan sistem politik yang paling banyak penerapannya di sejumlah negara seluruh dunia. sebab kita semua bisa dimaklumi jika Demokrasi merupakan suatu sistem yang transparan dan adil.

Waktu ke waktu telah bertambah banyak negara yang mengganti sistem pemerintahan mereka dengan sistem demokrasi.

Indonesia termasuk negara yang menerapkan sistem demokrasi terbesar nomor tiga di dunia. Hal ini disebabkan demokrasi dipertimbangan banyaknya jumlah rakyat yang dipunyai oleh sebuah negara.

Di bawah ini kami akan membahas sebagian negara-negara yang menganut sistem demokrasi terbesar di dunia

India

India adalah negara dengan sistem demokrasi dengan jumlah penduduknya paling besar di dunia yaitu urutan nomor 2 yang menyebabkan negara ini termasuk negara demokrasi paling besar di dunia.

Adapun sistem yang diadopsi India adalah sistem demokrasi liberal. Akhir-akhir ini atau tepatnya pada tahun 2014 Silam yang mengadakan pemilihan umum.

Dapat kita bayangkan coba kondisi pemilu di sebuah negara yang memiliki jumlah penduduk paling banyak.

Walaupun begitu proses berjalannya pemilu di sana benar terjaga dengan aman dan berlangsung secara karena sistem yang mereka pakai benar-benar efisien.

Amerika Serikat

Negara yang kerapkali dinamakan dengan Paman Sam merupakan penganur demokrasi paling tua dan juga lebih berpengalaman. Perjalanan demokrasi di sana hingga waktu sekarang ini sungguh baik dan sudah menjadi negara adikuasa.

Di samping itu negara ini termasuk negara paling berpengaruh di dunia untuk saat ini. Jumlah peserta pemilu di sana kurang lebih dapat mencapai 250 juta jiwa yang menunjukkan bahwa betapa tingginya antusias masyarakat Amerika Serikat di sana.

Indonesia

Negara kita Indonesia bertambah berhasil saja ketika menerapkan mengadakan Pemilu. Dibuktikan ketika Pemilu terakhir ini Indonesia bisa terbilang cukup aman tertib serta lancar walaupun tidak sepenuhnya dapat kita katakan baik apabila disamakan dengan negara India terkait sistem yang efisien.

Namun begitu mengenai pergerakan politik setiap waktunya menjadi bertambah dan bertambah bagus. Di tahun 2014 saja jumlah partisipan yang terlibat pada pemilu yakni mencapai lebih dari 190 juta jiwa. Dan nantinya dapat diprediksikan pada Pemilihan selanjutnya, jumlah suara akan tetap bertambah terlebih lagi Sudah cukup banyak remaja yang sudah memasuki usia bisa ikut menyuarakan suaranya.

Brazil

Negara Brazil termasuk negara yang terbesar dan jumlah penduduknya amat tinggi di Benua Amerika Selatan. Brazil memiliki jumlah penduduk mencapai kurang lebih 200,000,000 jiwa. Mengenai hak suara pemilu bisa mencapai 140 juta jiwa. Pelaksanaan pemilihan umum di Brasil sendiri adalah 4 tahun sekali, beda halnya dengan Indonesia yang pelaksanaannya lima tahun sekali.

Pakistan

Pakistan adalah negara Islam yang memiliki jumlah penduduk paling banyak nomor 2 didunia sudah negara kita negara Indonesia Pakistan sendiri juga adalah negara yang menerapkan sistem demokrasi dan terbesar. Dengan urutan nomor 5. Intinya negara ini memiliki konsep pemerintahan republik Islam namun begitu terkait pelaksanaan pemilihan pemerintah masih memakai sistem demokrasi lewat pemilihan umum.

Nigeria

Nigeria adalah negara yang lokasinya berada di benua Afrika tepatnya di bagian barat Nigeria.  negara yang termasuk ke dalam benua Afrika ini memiliki jumlah penduduk banyak. Negara ini sendiri memiliki konsep pemerintahan republik Federal Nigeria yang baru saja menerapkan pemilihan umum terakhir terjadi di tahun 2015 yang lalu. Yang mana pada penentuan di negara Nigeria diterapkan bertepatan dengan pemilihan presiden dan parlemen pemerintahan.

Contoh-contoh pelaksanaan atau penerapan demokrasi

contoh pelaksanaan dan penerapan demokrasi
rebuplika.co.id

Contoh-contoh penerapan atau pelaksanaan demokrasi di keluarga

contoh penerapan demokrasi di keluarga
wahdah.or.id

Penerapan demokrasi tidak cuma dapat dipakai pada aktivitas bernegara saja, namun begitu demokrasi pula bisa dipakai pada suatu organisasi, misalnya di ruang lingkup keluarga, ruang lingkup sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Pelaksanaan dan praktek budaya demokrasi pada lingkungan keluarga tentunya menyesuaikan dengan kebiasaan, kondisi serta kesepakatan dari keluarga yang terlibat,misalnya

  1. Seluruh anggota keluarga menerapkan keadilan tanpa adanya pilih kasih
  2. Seluruh anggota keluarga memiliki hak dikasih kesempatan diserahkan jembatan dalam menyampaikan kritik dan saran agar terjalin kesejahteraan dan ketentraman keluarga
  3. Masing-masing anggota keluarga melaksanakan kewajiban mereka dengan tugasnya di dalam keluarga
  4. Masing-masing keluarga saling menyayangi serta menghormati di antara satu dengan yang lainnya
  5. Mengadakan meeting keluarga jika dibutuhkan
  6. Sadar akan masing-masing tugas serta kewajibannya
  7. Memposisikan Ayah selaku kepala keluarga
  8. Memposisikan Para anggota keluarga berdasarkan dengan kedudukan
  9. Mengatasi serta mencari solusi suatu masalah lewat cara musyawarah serta mufakat.
  10. Masing-masing setiap anggota keluarga wajib satu sama lain toleransi perbedaan pendapat
  11. Mengutamakan urusan keluarga atau bersama dibandingkan dengan urusan pribadi.
Baca Juga  Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Para Pemula lengkap

Contoh-contoh Penerapan atau Pelaksanaan Demokrasi di Sekolah

contoh penerapan demokrasi di sekolah
via blogspot.com

Disamping di ruang lingkup kecil misalnya keluarga, demokrasi pula dapat dilaksanakan pada aktivitas di sekolah, contohnya

  1. Penentuan organisasi di sekolah serta dikelas lewat jalan musyawarah
  2. Pemerataan tugas-tugas piket secara adil dan semuanya kebagian
  3. Pengadaan upacara dengan bergilir
  4. Mendatangi acara-acara yang diselenggarakan oleh sekolah pihak sekolah
  5. Sosialisasi serta hubungan yang baik antara guru dengan siswa dan orang di area sekolah
  6. Mengusulkan pendapat serta saran terhadap pihak sekolah supaya bisa bertambah maju dan berkembang
  7. Mencatat suatu tulisan serta opini atau pendapat pada majalah dinding yang terdapat atau tersedia di sekolah
  8. Melunasi SPP maupun Iuran wajib di sekolah
  9. Datang ke sekolah dengan tepat waktu
  10. Menghargai opini orang lain satu sama lain


Contoh-contoh penerapan atau pelaksanaan demokrasi di masyarakat

contoh penerapan demokrasi di masyarakat
via blogspot.com

Demokrasi bisa dilaksanakan pada ruang lingkup keluarga maupun ruang lingkup Sekolah. Selain itu Demokrasi pula bisa digunakan pada kehidupan bermasyarakat.

Contoh penerapan pada kehidupan masyarakat diantaranya ialah :

  1. Bahu-membahu saling melindungi dan menjaga kedamaian pada ruang lingkup masyarakat
  2. Bahu bahu membahu menyampaikan usulan untuk perkembangan kehidupan masyarakat
  3. Saling tenggang rasa kepada satu sama lainnya
  4. Menghargai opini orang lain
  5. Mengemukakan pendapat serta kritikan saran demi kesejahteraan umum
  6. Mengelola dana dengan proses yang benar
  7. Ikut berperan serta pada iuran masyarakat
  8. Mencari solusi dari suatu permasalahan lewat jalan musyawarah dan mufakat


Demokrasi Indonesia di era digital

Demokrasi Indonesia di era digital
badnt.com

Indonesia sudah menerapkan sistem demokrasi semenjak merdeka hingga saat sekarang. Bermula dari demokrasi yang dipimpin oleh Soekarno dilanjut dengan demokrasi Pancasila yang diterapkan di era kepemimpinan Soeharto. Hingga puluhan tahun bertugas menjadi Presiden sampai demokrasi yang sesungguhnya yang semenjak berlangsung di awal-awal rezim Soeharto berakhir yakni di tahun 1998.

Digejalai oleh diselenggarakannya pemilu daerah ataupun presiden yang bisa mengikutsertakan rakyat dengan bersama-sama dan adil.

Keberlangsungan demokrasi di Indonesia yang sangat panjang pastinya menghadapi segala banyak tantangan. Akan tetapi karena kegigihan bangsa ini akhirnya sanggup melalui tantangan tantangan demokrasi yang Menghadang.

Tidak ada kelirunya apabila sejumlah lembaga penelitian di Amerika yang disebut Freedom house membeberkan bahwa indonesia termasuk negara berkembang yang paling sukses berhasil ketika menerapkan sistem demokrasi.

Di era sekarang ini demokrasi Indonesia berlangsung di sebuah daerah yang baru yakni era digital. Era digital ini muncul dikarenakan oleh berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi yang amat sangat cepat hampir dua kawasan dasawarsa ini. Tentunya era digital ini sangat berdampak pada semua bidang kehidupan meliputi juga sistem demokrasi.

Berdasarkan survei yang ditampilkan di Bloomberg TV Indonesia mengungkapkan bahwa pengguna sosial media dan chatting platform di Indonesia entah yang memakai LINE WhatsApp Path BBM Instagram Twitter Facebook dan sebagainya kurang lebih mencapai 70 juta pengguna luar biasa bukan?

Netizen atau pengguna internet ini bisa dengan gampang memperoleh informasi terkait proses kinerja pemerintahan dan berbagai kebijakan pemerintah yang ada.

Akhirnya mereka dengan secara leluasa memberikan saran kritikan malam hujatan tanpa disertai filter apapun. Saat ini pihak Siapapun boleh dapat berkata baik yang mereka yang benar-benar ahli di bidangnya ataupun yang tidak sama sekali tahu-menahu apa-apa yang terjadi dan sekedar hanya ikut campur tangan saja.

Hal tersebut tentunya wajar karena diantara efek akibat adanya era digitalisasi yakni kebebasan. Selain dampak buruknya tentu masih ada dampak baiknya. Lihat saja sejumlah instansi pemerintahan yang sudah mulai aktif di media sosial misalnya YouTube dan juga Twitter.

Mereka memposting aktivitas kegiatan dan juga daftar belanja mereka. Perihal ini akan ditanggapi masyarakat secara hangat sebab bikin segalanya lebih tampak jelas dan gamblang .

Internet pula mempunyai fungsi yang sangat utama untuk instansi pemerintah, yakni lewat dunia maya para lembaga tersebut dapat menjalin komunikasi dua arah bersama masyarakat. Badan pemerintah memperoleh saran dari masyarakat, sementara warga semakin menjadi dekat dengan pemerintah.

Ketika saat sekarang kebanyakan atau mayoritas akun media sosial adalah mereka yang merupakan perwakilan instansi pemerintah yang gaya bahasanya muda. Pastinya hal tersebut mendapatkan perhatian dari para anak muda yang sedang mengikuti update-update akun sosial itu.

Benar-benar berbeda di era sebelum internet dapat menyebar secara luas yang mana rakyat sama sekali tidak tahu akan aktivitas yang dikerjakan pemerintah dan terlihat kesan pemerintah yang kaku.

Tokoh-tokoh politik juga secara umum menggunakan media sosial demi membentuk branding diri. Amati saja betapa hebohnya Pilkada Jakarta saat Jokowi Ahok mencalonkan diri menjadi pemimpin.

Berita-berita memuat hal-hal yang baik prestasi dan kesederhanaan mereka dan akibatnya membuat hati ratusan ribu orang ikut berperan serta dalam pemilu.

Diawali dari musisi seniman Pemuda aktor dan sebagainya yang ketika di awal begitu menghindari atau antipati dengan hal-hal yang berbau politik.

Ya semenjak era digital berada di garis start perkembangan Pemuda dan Pemudi yang memanfaatkan hak pilihnya begitu bertambah dengan drastis. Pastinya hal tersebut adalah suatu kebanggaan bagi sistem demokrasi di Indonesia.

Selaku rakyat saat ini kita memiliki hak yang tidak dapat di katakan remeh di dunia maya. Alangkah baiknya apabila kita menggunakan kemudahan alat komunikasi tersebut dengan praktek yang baik Misalnya pengasih masukan serta saran yang membangun bagi pemerintahan supaya menjadi lebih Pro lagi dengan rakyat.

memberikan kritikan kinerja pemerintahan ketika mengalami penurunan,akan tetapi segala hal tersebut masih tetap pada koridor kesopanan, sebab kita merupakan manusia yang memiliki adab.

tunjukkanlah suatu tulisan maupun ataupun perkataan sebaik-baiknya mudah-mudahan demokrasi Indonesia lebih baik dan semakin baik lagi kearah depannya.

Demikianlah penjelasan terkait pengertian demokrasi, semoga bermanfaat. Salam Sukses.

Baca Juga  21 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Lengkap Beserta Sejarah

                           Pengertian Demokrasi

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.