Pengertian Komunikasi Secara Umum Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi – Di kehidupan kita ini, sehari hari tentunya setiap orang melakukan apa itu namanya komunikasi. Baik dari mengechat lewat sosial media, menelepon, berbicara, dan sebagainya. Adapun kata komunikasi ini diambil dari kata bahasa Inggris yaitu Communication yang artinya adalah komunikasi.

Baik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas apa itu pengertian komunikasi. Silahkan diikuti baik-baik.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

pengertian komunikasi secara umum
pixels.com

Pengertian Komunikasi secara umum adalah tahapan pengiriman dan penerimaan diantara dua pihak maupun lebih berupa pesan yang efektif supaya dapat dimengerti dengan mudah.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

pengertian komunikasi menurut para ahli
stocksnap.io

Diantara para ahli ini mengemukakan gagasannya terkait pengertian komunikasi. Berikut ini masing masing penjelasannya.

  1. James A.F.Stoner: Pengertian Komunikasi adalah langkah langkah antara individu melalui upaya memberi pemahaman dan maksud lewat pemindahan pesan.
  2. Prof. Drs. H.A.W: Komunikasi ialah hubungan kontak diantara individu maupun kelompok.
  3. Everett M. Rogers: Komunikasi merupakan proses-proses yang mana sebuah ide dipindahkan dari sumber yang satu menuju satu penerima maupun lebih, yang bertujuan supaya tingkah laku mereka berubah.
  4. Rogers & D. Lawrence Kincaid: Komunikasi ialah sebuah tahapan yang mana dua individu maupun lebih membuat dan melaksanakan pergantian informasi satu dengan yang lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam. .
  5. Shannon & Weaver: Komunikasi ialah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan pengaruh dan memengaruhi satu dengan yang lain, apakah itu dilakukan sengaja atau tidak sengaja. Tidak sekedar dalam bentuk komunikasi lewat penggunaan bahasa verbal saja, namun pula terkait hal ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.
  6. Raymond S. Ross: Komunikasi merupakan sebuah proses menyaring, memilah, dan mengantarkan simbol simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.
  7. Liliweri: Komunikasi ialah peralihan suatu pesan dari satu sumber menuju penerima supaya mudah dimengerti.
  8. Bernard Berelson & Gary A. Steiner: Komunikasi ialah transmisi informasi, emosi, gagasan, ketrampilan, dan lainnya, dengan memakai kata kata tertentu, simbol, gambar, grafik, figur dan lain sebagainya. Aksi maupun tahapan transmisi tersebutlah yang kemudian dinamakan komunikasi.
  9. John R. Wenburg dan William W Wilmot: Komunikasi merupakan sebuah upaya supaya mendapatkan makna.
  10. Carl I.Hovland: Komunikasi ialah tahapan tahapan yang membuat seseorang atau komunikator memberikan rangsangan supaya dapat merubah tingkah orang lain.
  11. Harorl D. Lasswell: Pada dasarnya Komunikasi ialah sebuah tahapan yang mengucapkan apa, menerangkan siapa, dengan saluran apa, untuk siapa? dengan dampak apa atau hasil apa? (Says what? Who?  In which channel? To whom? With what effect ? )
  12. Judy C pearson & Paul E melson: Komunikasi merupakan serangkaian proses melakukan pemahaman terhadap makna dan sharing makna terhadap individu maupun kelompok.
  13. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss: Komunikasi ialah tahapan transfer makna yang dilakukan antar dua individu maupun lebih.
  14. William I. Gordon: Secara ringkasnya Komunikasi bisa diartikan sebagai sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.
  15. Djenamar. SH: Komunikasi ialah seni dalam mengutarakan informasi, gagasan gagasan, seseorang terhadap orang lain.
  16. William Albig: komunikasi ialah tahapan tahapan transfer kata yang mempunyai makna antara perorangan ataupun lebih.
  17. Anwar Arifin: Komunikasi ialah sebuah konsep yang terdiri dari gabungan makna. Makna komunikasi bisa digolongkan menurut komunikasi sebagai proses sosial. Komunikasi pada makna ini terdapat pada konteks ilmu sosial, yang mana ahli ahli ilmu sosial mengerjakan observasi terkait penggunaan pendekatan komunikasi yang pada umumnya memusatkan perhatian pada aktifitas manusia dan hubungannya terkait pesan dengan tingkah laku.
  18. Murphy & Mendelson: Komunikasi adalah sebuah upaya yang dilaksanakan dalam mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.
  19. Aristoteles: komunikasi merupakan usaha yang berfungsi untuk alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.
  20. Redi Panuju: Pengertian Komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.
  21. Hoben: Komunikasi merupakan suatu transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan lewat verbal.
  22. Anderson: Pengertian Komunikasi adalah langkah langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.
  23. Barnlund: Komunikasi muncul lantaran terdapat dorongan akan keperluan atau kebutuhan serta mengurangi rasa ketidak pastian, melakukan suatu secara efektif, dan menjaga atau menguatkan ego.
  24. Lexicographer: Komunikasi merupakan upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Jika dua pihak berkomunikasi Setelah itu pemahaman yang selaras tentang pesan yang saling ditransferkan ialah tujuan yang diinginkan dari masing masing pihak tersebut.
Baca Juga  jenis Jenis Tanah Beserta Ciri Ciri dan Pengertian

Sementara berdasarkan pendapat William FT komunikasi dibagi Jadi dua jenis di antaranya yaitu

Interpersonal communication atau komunikasi antarpribadi artinya yaitu tahapan peralihan informasi serta pola pertukaran diantara dua orang maupun lebih pada sebuah kelompok kecil

Organisation communication adalah proses yang mana pembicara secara sistematis menyampaikan informasi dan mentransfer pengertian kepada khalayak umum dalam sebuah organisasi terhadap pribadi-pribadi serta lembaga-lembaga di luar yang masih ada ikatan formal maupun nonformal.

Fungsi komunikasi

fungsi komunikasi
stocksnap.io

Sangat banyak fungsi komunikasi yang dapat kita rasakan pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini ialah di antara fungsi-fungsi komunikasi.

– Untuk menyampaikan informasi komunikasi memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan dari masing-masing individu maupun kelompok terkait menentukan dan memilih keputusan dengan melanjutkan data untuk mengevaluasi sejumlah pilihan yang hendak ditentukan

– Untuk pengontrolan fungsi komunikasi ialah pengontrol artinya ialah peran komunikasi yaitu mengontrol tingkah laku orang lain maupun anggota lewat sebagian cara yang mesti ditaati oleh masing masing pihak.

– Untuk Motivasi: Komunikasi memberikan hal hal yang bersifat dorongan lewat penjelasan yang disampaikan oleh para motivator.

Tujuan Komunikasi

tujuan komunikasi
pexels.com
  1. Memastikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan. Jadi komunikator harus menerangkan pesan utama dengan gamlang dan selengkap mungkin.
  2. Untuk mengenali orang lain. Dengan berinteraksi, setiap orang dapat memahami satu dengan yang lain secara spesifik dengan kemampuan untuk mendengar apa yang orang lain bicarakan.
  3. Agar  pendapat kita disetujui oleh orang lain. Komunikasi dan teknik bujukan adalah metode bagaimana agar ide ide kita dapat diterima orang lain.
  4. Menggerakkan orang lain supaya mengerjakan apa yang kita inginkan.

Syarat-syarat komunikasi

syarat syarat komunikasi
pixabay.com

Saat hendak mengadakan komunikasi, diperlukan beberapa syarat-syarat tertenu. Berikut ini adalah diantara syarat syaratnya yaitu

1. Source: Source atau sumber adalah bagian penting untuk menyampaikan pesan sebagai pemerkuat pesan itu sendiri. Beberapa contoh komunikasi yaitu lembaga orang buku dan berbagai contoh yang lainnya
2. Komunikator komunikator yaitu pelaku yang memberikan pesan dapat berbentuk seseorang yang lagi berbicara ataupun menulis dapat pula berupa kelompok orang ataupun organisasi komunikasi misalnya radio, film, surat kabar, televisi dan contoh lainnya.
3. Komunikan komunikan yaitu pihak penerima pesan atau komunikasi cari Communicator baik kelompok seseorang maupun masa.
4. Pesan: pesan yaitu semua atau seluruh komponen komponen yang diutarakan oleh seorang komunikator. Pesan mempunyai pesan utama untuk dijadikan pengarah terkait upaya untuk merubah sikap dan juga perilaku seseorang.

5. Saluran: Saluran merupakan media yang dipakai oleh komunikator untuk memberikan pesan. Ada dua jenis saluran informasi yang pada umumnya dikenal yaitu saluran resmi atau formal dan saluran tidak resmi atau informal.

6. Effek. Efek merupakan tahapan akhir dari suatu komunikasi yang terjalin.

Model Model Komunikasi

model model komunikasi
unsplash.com

1. Model S – R

Model Rangsangan – reaksi (S – R) adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling mendasar. Model ini dipengaruhi oleh teknik emosional, terutama yang aliran behavioristik. Model ini menjelaskan bahwa komunikasi sebagai aktivitas respons langsung.

Misalnya, jika seorang pria berkedip pada seorang wanita, setelah itu dia tersipu malu, itulah pola S-R. Pola S-R juga bisa merugikan, sebagai contoh seseorang menatap dengan tatapan tajam ke seseorang, mungkin orang yang melihatnya akan memandang ke belakang, atau tertunduk malu, dan bahkan bisa juga memberontak.

2. Model Aristotelian.

Model Aristoteles adalah salah satu model komunikasi yang paling klasik, yang biasanya disebut model retoris. Model interaksi ini berlangsung disaat pembicara  berbicara kepada pendengar dalam usaha mentransformasi pola pikir mereka. Dalam situasi ini ia menyediakan 3 aspek standar dalam prosedur komunikasi, khususnya pembicara, pesan, serta khalayak.

Baca Juga  Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Niat Arti dan Tata Cara

3. Model Lasswell

Model komunikasi Lasswell adalah ungkapan lisan yang dibuat sesuai dengan :.

Who-Says What-In Which Channel-To Whom-With What Effect?

Model ini direkomendasikan oleh Harold Lasswell pada tahun 1948 yang menjelaskan tahapan komunikasi serta fungsi fungsi yang dibawakannya ke dalam masyarakat.

Lasswell menjelaskan 3 fungsi komunikasi : pengawasan lingkungan, hubungan berbagai komponen budaya yang terpisah dalam masyarakat untuk menanggapi lingkungan dan juga transmisi warisan sosial dari satu generasi ke generasi yang lain.

Lasswell menerangkan bahwa tidak setiap komunikasi sifatnya dua arah. Model interaksi Lasswell biasanya digunakan dalam komunikasi massa. Model ini memberikan indikasi bahwa lebih dari satu jaringan komunikasi bisa membawa pesan.

Unsur unsur Komunikasi

Komunikasi merupakan tahapan pemberian pesan antar orang yang cuma dapat berlangsung, jika ada orang yang mengkomunikasikan pesan kepada orang lain dengan suatu maksud, maksudnya interaksi dapat terjadi jika didukung oleh komponen interaksi yaitu sumber, pesan, media. , penerima, dan juga efeknya. Ini biasanya bisa juga disebut elemen atau komponen komunikasi.

Sumber

Seluruh kejadian komunikasi akan mengungkapkan sumbernya sebagai pengirim atau pembuat informasi. Dalam komunikasi antar manusia, sumbernya bisa termasuk satu orang, namun bisa juga berupa tim seperti organisasi, partai atau institusi. Sumber daya biasanya disebut pengirim, komunikator atau berdasarkan kamus bahasa Inggris yang disebut dengan sender, source, atau encoder.

Pesan

Pesan yang dijelaskan mengenai proses komunikasi adalah sesuatu yang dikirim pengirim ke penerima. Pesan dapat disampaikan secara langsung atau lewat media komunikasi. komponen pesannya mungkin hiburan, sains, informasi, rekomendasi atau propaganda.

Media

Media adalah alat yang digunakan sebagai perantara untuk mengkomunikasikan pesan dari komunikator ke pendengar. Beberapa terapis psiko mempertimbangkan bahwa dalam interaksi manusia. Salah satu media yang paling terkemuka dalam melakukan komunikasi adalah indera manusia misalnya mata dan telinga.

Pesan yang ditangkap oleh panca indera setelah itu didapat dan juga disempurnakan dalam pikiran manusia untuk mengelola sekaligus menetapkan perspektifnya terhadap sesuatu, sebelum hal itu dilakukan melalui aktivitas.

 

Akan tetapi media yang dijelaskan di bawah ini berasal dari 4 macam, terutama:

 

Media antar-Pribadi

Media untuk kemitraan individu (sosial) media yang ideal untuk dipakai adakag utusan atau kurir, surat dan juga telepon.

Media Tim

Dalam tugas interaksi yang mengikutsertakan lebih dari 15 individu, salah satu penggunaan media interaksi yang paling banyak dilakukan adalah media tim, misalnya konferensi, lokakarya, dan juga seminar. Konferensi biasanya dibuat untuk membicarakan masalah yang dilakukan oleh organisasi tertentu. Workshop merupakan media interaksi tim yang bisa diikuti oleh sekitar 150 orang. Rapat adalah alat interaksi yang dimanfaatkan oleh peserta atau manajer organisasi tertentu. Namun dalam beberapa kasus ada individu di luar organisasi, walaupun biasanya sebagai status peninjau.

 

Media Publik

Media publik adalah pendengar yang diikuti lebih dari 200 individu. Misalnya seperti konferensi besar, konferensi raksasa dan lain sebagainya.

 

Media elektronik

Media masa adalah pendengar terbesar tanpa mengetahui di mana mereka berada, setelah itu biasanya memanfaatkan media informasi. Media masa adalah sarana yang digunakan untuk memberikan pesan dari sumber ke pendengar. Contoh: makalah, radio, film, tv, jaringan internet, koran dan juga yang lainnya.

 

Penerima

Penerima adalah pesan yang ditargetkan dikirim dari sumber. Penerima bisa terbagi beberapa individu, bisa dalam tim, partai atau negara. Nama penerima bisa mengandung istilah yang berbeda seperti target pasar, target, sasaran dan lain sebagainya.

 

Prosedur interaksi sebenarnya sudah dimengerti bahwa kehadiran penerima berasal dari sumber. Jadi jika tidak terdapat sumber, setelah itu secara otomatis penerima pula tidak ada. Penerima adalah komponen penting dalam komunikasi jika tidak ada penerima yang pasti akan menciptakan beragam jenis masalah yang biasanya memerlukan modifikasi dari sumber, pesan, atau jaringan (saluran).

 

Dampak atau Pengaruh

 

Dampaknya adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan oleh pemikir, dialami, dan dikerjakan oleh penerima sebelum ataupun sesudah mendapatkan pesan. Dampak ini bisa terjadi dalam memahami pola pikir seseorang dan juga tindakan. Akibatnya, dampak, perspektif, dan juga aktivitas individu sebagai hasil penerimaan pesan.

Baca Juga  Macam Macam Alat Musik Petik Tradisional Beserta Cara Memainkan

Macam macam Komunikasi

Seperti yang dipahami secara luas bahwa manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk individual yang harus terhubung dengan masing-masing makhluk lainnya. Namun di dunia nyata, banyak individu masih belum berpengalaman dalam melakukan komunikasi, akibatnya, diperlukan untuk mengidentifikasi beragam cara untuk menyampaikan informasi.

Pada dasarnya, mengidentifikasi cara untuk menyampaikan informasi tidak begitu sulit, karena kita sebenarnya melakukannya setiap hari. Nah, berdasarkan penyampaiannya bisa dikelompokkan menjadi :

1. Komunikasi lisan

Apa pengertian komunikasi lisan ? komunikasi lisan yaitu komunikasi yang terjalin secara langsung dan tanpa jarak. Sebagai contoh: sebuah wawancara, pertemuan, atau 2 orang berbicara. Atau pada sisi yang lain juga terjadi secara tidak langsung karena terpisah oleh jarak, misalnya berbicara melalui telepon.

2. Komunikasi tertulis

Komunikasi tertulis ini benar-benar familiar di era kita, bisa dengan Whats’app atau bbm. atau waktu dahulu lewat surat. Dalam berbagai kasus lainnya, tetap ada dalam bentuk gambar atau foto yang dibuat dengan melampirkan kata kata, naskah atau yang juga yang terdiri dari spanduk yang sering digunakan untuk berbagi info dengan khalayak banyak.

Ada beberapa hal yang harus dimengerti ketika berkomunikasi lewat tulisan, yang harus dipikirkan mengenai tujuan dan juga maksud komunikasi itu sendiri, namun harus dipertimbangkan lagi mengenai dampak negatif dari apa yang ditulis, sebagai contoh, amankah tulisan kertas ini atau gampang difahami kah tulisan ini dan sebagainya

Komunikasi Berdasarkan Maksud Komunikasi

Dalam berkomunikasi pula ada maksud dari komunikator. Dalam berkomunikasi jika tidak ada usaha komunikator, maka tujuan penerapannya tentu tidak akan terealisasi, Contohnya adalah:

1. Pidato
2. Memberikan saran atau masukkan
3. Memerintah sesuatu supaya dikerjakan
4. Memberi ceramah
5. Pertemuan atau wawancara

Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa kemauan komunikator merupakan hal yang pokok mengingat terjadinya komunikasi,

Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Salah satu jenis komunikas juga yaitu komunikasi yang dibatasi ruang lingkup sejauh yang ada. Oleh karena itu, interaksi berdasarkan ruang ini terdiri dari:

1. Komunikasi Internal

Komunikasi internal yaitu komunikasi yang berlangsung dalam batas ruang lingkup atau lingkungan perusahaan atau organisasi dimana interaksi ini terjadi diantara orang-orang yang berada dalam jangkauannya itu. Dalam penerapannya komunikasi internasl ini umumnya ada 3 macam:

Komunikasi vertikal, umumnya ditemukan melalui staf atasan ke bawahan seperti perintah bos, peringatan, teguran dan sebagainya
Komunikasi horizontal, umumnya dijumpai dalam ruang lingkup organisasi atau kantor sukarelawan yang seluruhnya berada pada posisi yang sama.

Komunikasi Diagonal, umumnya terjadi di tingkat perusahaan atau tempat kerja.

2. Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal yaitu komunikasi yang ada di antara perusahaan atau organisasi dengan masyarakat dalam bentuk yang berbeda, misalnya:

a. Konferensi pers
b. Bakti sosial, Pengabdian
c. program tv, radio
d, Pameran, publikasi

Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Pada komunikasi terdapat sejumlah arah untuk penyampaiannya, nah dengan begitu suatu komunikasi dapat ditentukan macamnya. Berikut ini adalah komunikasi menurut aliran informasi, diantaranya yaitu:

  1. Komunikasi Satu Arah

Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang datangnya hanya dari satu arah atau satu pihak saja. Beberapa contoh jenis komunikasi ini terjadi ketika dalam kondisi darurat atau sistem yang memang sudah berlaku di suatu perkumpulan contohnya guru dan murid.

Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah berarti komunikasi yang bersifat bolak-balik atau masing-masing pihak saling berkomunikasi. Gampangnya komunikasi ini tidak berasal dari satu pihak aja, akan tetapi keduanya saling timbal balik merespon atau feed back kepada lawan bicara masing-masing.

Komunikasi Ke Atas

Komunikasi ini dapat kita jumpai ketika atasan berhadapan dengan bawahan.

Komunikasi Ke Samping

Komunikasi yang tercipta karena adanya kesamaan kedudukan atau antara orang yang sejajar.

Asal usul Komunikasi

Pada awalnya disiplin ilmu yang meneliti tentang pernyataan manusia muncul di Eropa disebut dengan publisistik. Tidak seperti di Benua Amerika yang sudah menggunakan nama ilmu komunikasi atau communication science.

Demikianlah artikel tentang pengertian komunikasi menurut para ahli, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Komunikasi

Leave a Comment