Sejarah Mata Uang Indonesia Beserta Gambar | Logam, Kertas, Lama, Baru, Kuno, Perkembangan [Uang]

Sejarah mata uang indonesia- Halo sobat, selamat datang di artikel saya membahas tentang sejarah mata uang Indonesia. Kita tahu uang di Indonesia ini hampir setiap waktu selalu mengalami perubahan baik dari segi gambar maupun ukurannya. Mungkin kita tahunya hanya sedikit gambar uang, dan sedikit tahu tentang uang zaman dahulu karena kita belum lahir.

Baiklah demi memuaskan penasaran kita, berikut materinya

Sejarah Mata Uang Indonesia Masa Sebelum Penjajahan

Indonesia setelah melewati zaman primitif beralih ke zaman kerajaan yang merupakan babak baru peradaban masyarakat Indonesia saa itu. Berikut Sejarah mata uang Indonesia sebelum penjajahan.

1. Uang Kerajaan Mataram kuno tahun 850M

sejarah mata uang indonesia

bukalapak.com

Ternyata kemunculan uang di Indonesia sudah ada semenjak kerajaan mataram kuno berdiri tepatnya saat diperintah raja Syailendra. Uangnya adalah dalam bentuk logam yang terbuat dari emas dan perak. Kadar beratnya berbeda-beda, dan diberi nama untuk masing-masing beratnya.

  1. Ma atau masa memiliki berat 2,4 gram
  2. Atak memiliki berat 1.20 gram
  3. Kupang memiliki berat 0.60 gram.

Bentuk uangnya tergolong unik karena untuk bagian depannya koin emas ada tulisan “Ta” yang merupakan huruf Devanagri, dan di bagian belakang koin ada motif “Sesame Seed”. Polanya kalau digambarkan adalah adanya lekukan ke dalam dan ada bulatan untuk kedua bagiannya.

diameter koin perak berkisar 9-10mm dan terdapat huruf devanagri yaitu “Ma”  dan bagian belakang ada motif bunga cendana

2.Uang Kerajaan Jenggala Tahun 1042

sejarah mata uang indonesia kerajaan jenggala

obiesantun.blogspot.com

Kerajaan jenggala adalah kerajaan yang berada di pulau Jawa khususnya di bagian timur. Kerajaan Jenggala sudah memproduksi uang berupa logam perak dan emas untuk alat pembayarannya selama tahun 1042-1130.

Namun sayangnya karena pengaruh dari china khususnya di bidang perekonomian, kerajaan jenggala lebih condong untuk menggunakan mata uang dari China yaitu uang Kepeng daripada mata uangnya sendiri.

3. Uang Kerajaan Majapahit Tahun 1293

sejarah mata uang indonesia majapahit

satujam.com

Inilah kerajaan yang luasnya melebihi luas nusantara. Berdiri di tahun 1293, perekonomian Kerajaan Majapahit terbilang maju pada saat itu.

Karena saking luas wilayahnya kerajaan Majapahit memberlakukan 2 mata uang untuk kerajaannya, yaitu mata uang “MA” yang juga merupakan mata uang milik kerajaan mataram dan Mata uang Tahil.

Mata uang Tahil adalah mata uang asli kerajaan. Uang Kerajaan ini memiliki cap berlogo Teratai atau jambangan di permukaannya. Salah satu hal yang unik dari mata uang Tahil adalah bentuk koinnya yang beraneka ragam bahkan ada yang lumayan konyol ,contohnya seperti Bentuk segiempat, segitiga, trapesium, setengah atau seperempat lingkaran dan lainnya.

Ada lagi uang Majapahit yang unik dan terkenal, namanya Gobok Wayang yang merupakan hasil dari pengaruh China.  Berbentuk keping dan ada lubang di tengahnya

4. Uang Kerajaan Samudra Pasai Tahun 1297

sejarah mata uang indonesia

justquinzha.blogspot.com

Berakhirnya kekuasaan kerajaan Hindu Budha di Indonesia membuka babak baru berdirinya kerajaan islam pertama di Indonesia, yaitu kerajaan Samudera Pasai. Berdiri di ujung pulau Sumatera, kerajaan Samudera Pasai membawa syariat islam untuk kerajaannya khususnya di bidang ekonomi.

Mata uang yang di bawa adalah asli dari Arab, yaitu Dirham. Dirham sendiri kandungannya terdiri dari 70% emas dengan kadar karat 22. Karena semakin sulitnya untuk mencari bahan emas, akhirnya seiring berjalannya waktu kandungan emas dalam Dirham mulai dikurangi.

Di tahun 1297 Masehi sampai 1326 motif mata uang Dinar kebanyakan adalah tulisan arab berlafadzkan Malik Al Zahir dan di sisi sebelah berlafadzkan Sultan al Adul yang memang keduanya merupakan raja saat itu.

Saat itu ketika dibandingkan dengan mata uang kerajaan lain 16 Dirham setara dengan 1 Real Spanyol dan 5 Dirham setara dengan 1 Silling Inggris.

5. Uang Kerajaan Buton

sejarah mata uang indonesia kampua

kompasiana.com

Ketika kerajaan lain masing menggunakan koin untuk proses transaksi jual belinya, hadir kerajaan Buton dengan konsep mata uang yang berbeda. Kerajaan Buton menggunakan mata uang Kampua yang merupakan uang dengan bahan kain tenun.

Kampua sendiri di buat oleh putri-putri istana kerajaan dan dibuat dengan sehelai tenunan persegi panjang. Kapua saat itu setiap waktunya diganti corak dan desainnya karena rentan akan pemalsuan.

6. Uang Kesultanan Banten Tahun 1550-1596 Masehi

sejarah mata uang indonesia kasha

kelompok4dewantara.blogspot.com

Hadir lagi kerajaan islam tepatnya di Banten, yang merupakan wilayah paling barat dari pulau jawa. Untuk Proses kegiatan ekonominya, kerajaan Banten menghadirkan mata uang kerajaan bernama Kasha.

Jenis koinnya sendiri terdiri dari 3 bahan yaitu dari emas, tembaga dan timah. Motifnya desainnya lebih dipengaruhi China dan untuk ukirannya dipengaruhi arab

7. Uang Kerajaan Gowa

sejarah mata uang indonesia jinggara

pidipedia.com

Kerajaan islam selanjutnya yang memiliki mata uang adalah kerajaan Gowa. Kerajan Gowa pernah dipimpin oleh salah satu pahlawan dengan julukan Ayam Jantan dari timur yaitu Sultan Hasanuddin, dan merupakan kerajaan yang berdiri di abad 16.

Memiliki mata uang  bernama Jinigari. Jinigara merupakan mata uang yang bahannya terdiri dari campuran timah dan tembaga.

8. Uang Kesultanan Sumenep

sejarah mata uang indonesia

kudasipon.blogspot.com

Kerajaan Sumenep yang berdiri tahun 1781 tepat di daerah Sumenep, jawa timur. Kerajaan ini hadir terkait datangnya pihak asing ke Indonesia untuk mencari rempah.

Karena seringnya melakukan transaksi dengan pihak luar khususnya dengan negara Eropa, kesultanan Sumenep memilih mengggunakan mata uang negara Eropa. Contohnya saja ketika berdagang dengan dengan Spanyol maka sumenep memakai uang Spanyol. Selain Spanyol, Sumenep juga memakai uang gulden jika bertransaksi dengan Belanda dan uang thaler jika bertransaksi dengan Austria.

Supaya bisa memiliki mata uang sendiri, kerajaan Sumenep mengedarkan mata uang dari uang asing kemudian diberi cap bertulisan Arab di setiap mata uang asing tersebut.

Sejarah Mata Uang Indonesia Masa Penjajahan

sejarah mata uang indonesia masa belanda

peristiwa-id.com

Semenjak pihak asing mulai berdatangan ke Indonesia, maka lambat laun mereka juga ingin menguasai Indonesia. Awalnya hanya sekedar mencari rempah-rempah, namun karena berlimpahnya kekayaan sumber daya alam Indonesia, maka mereka menjajah Indonesia. Dalam masa penjajahan yang berlangsung beberapa pihak asing memberlakukan mata uang negaranya di Indonesia.

Berikut sejarah mata uang Indonesia masa penjajahan.

Uang Belanda

sejarah mata uang indonesia masa belanda

ruangbaca.org

Belanda pertama kali masuk Indonesia di tahun 1595 diwakili oleh dua orang bersaudara Cornelis dan Frederick de Houtman dengan tujuan membeli rempah-rempah. Mereka mendarat di pelabuhan Banten dan menggunakan koin perak untuk bertransaksi, baik Real Batu ataupun Real Bundar.

Karena melihat potensi bisnis yang luar biasa di Indonesia akhirnya di tahun 1602 di bulan Maret mereka mendirikan perusahaan sendiri di Indonesia dengan nama VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie).

VOC tidak hanya menjalankan bisnisnya saja, tetapi juga mencetak uang sendiri agar bisa lebih berkuasa dalam perdagangan di Indonesia.

VOC mengedarkan uang berbentuk Koin serta dalam bentuk kertas namun dibatasi pembuatannya. Mata uang kertasnya bernama Rjksdaalder dan ada tulisan teks singkat menggunakan bahasa Belanda dan Arab.

Selang beberapa tahun kemudian tepatnya di tahun 1748 Masehi VOC membuat surat berharga dengan nominal 1-10000 Rijksdaalder. Terakhir Pada tahun 1783 Masehi VOC mencetak uang kertas baru dengan 100% jaminan perak.

Sayangnya bisnis VOC tidak bertahan lama karena di tahun 1799 Masehi dinyatakan bangkrut. Akhirnya pemerintahan Belanda sendiri mengambil alih kekuasaan dan aset VOC.

Mulailah era penjajahan Belanda terhadap Indonesia.

Uang Jepang

sejarah mata uang indonesia masa jepang

cloudinary.com

Setelah Belanda meninggalkan Indonesia datang lagi penjajah lain yaitu Jepang. Jepang begitu lihai melihat situasi dan kondisi Indonesia akhirnya mereka segera melenyapkan mata uang belanda dan mulai memberlakukan mata uang mereka sendiri.

Selama penjajahan 3 setengah tahun, Jepang mengedarkan mata uang kertas dan koin. Untuk koin hanya terdiri dari pecahan 1, 5 dan 1o sen.

Masing-masing koin misalnya nominal 1 dan 5 sen bahannya dari Alumunium dan untuk 10 sen bahannya dari timah

koin nominal 5 dan 10 Sen terdapat gambar Wayang di bagian depannya sedangkan untuk koin nominal 1 Sen hanya terdapat kepala wayang. Di bagian belakang koin tersebut ada tulisan Jepang, JAVA dan nilai Nominal Sen.

sejarah mata uang indonesia

doeldjadoel.blogspot.com

Jika koin menggunakan mata uang sen maka uang kertas menggunakan mata uang invasi. Berikut beberapa emisi mata uang yang dilakukan Jepang

  1. Emisi pertama masih memakai bahasa Belanda dan beredar tahun 1942
  2. emisi kedua menggunakan tulisan Dai Nippon, namun sayangnya tak sempat beredar.
  3. Emisi ketiga menggunakan tulisan Dai nippon Teikoku Seihu dan berhasil beredar pada tahun 1943.

Setelah mulai berakhirnya penjajahan Jepang terhadap Indonesia karena kalah dalam perang dunia 2, datang kembali Belanda untuk mengusik kemerdekaan Indonesia.

uang kuno indonesia

1uang-kuno-indonesia.blogspot.com

Belanda datang kembali pada tanggal 29 September 1945 di tanjung Priok. Untuk menguasai kembali Indonesia, Belanda mengedarkan mata uangnya yang bernama Nica (Netherlands Indies Civil Administration dan mulai menghentikan peredaran mata uang Jepang.

Untuk mendapatkan kembali simpati rakyat Indonesia, Belanda menggunakan  Rupiah jepang untuk membayar gaji pegawai pribumi dan mengedarkan uang tersebut.

Selain mengedarkan Rupiah Jepang, Belanda juga secara perlahan mengedarkan mata uangnya yang bernama NICA. Dengan peredaran mata uang NICA tersebut, akhirnya membuat kondisi perekonomian Indonesia semakin parah.

Indonesia sebenarnya sudah merdeka karena presiden Soekarno membacakan proklamasi sebelum kedatangan Belanda. Pada tanggal 2-3 Oktober 1945 Indonesia mengeluarkan maklumat yang berisi tentang masih berlakunya mata uang jepang dan tidak berlakunya lagi NICA.

Sejarah Mata Uang Indonesia Pasca Penjajahan

sejarah mata uang indonesia

viruspintar.blogspot.com

Pada saat habis pembacaan proklamasi dan diakuinya Indonesia sebagai negara yang merdeka, pemerintah berinisiatif untuk membuat mata uang sendiri. Terbukti pada bulan Oktober 1946, pemerintah berhasil mencetak mata uang ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) dan mengedarkannya pada rakyat.

Di tahun itulah berdiri untuk pertama kali bank milik Indonesia yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI)

sejarah mata uang indonesia

viruspintar.blogspot.com

Agar lebih efektif lagi, pada tahun 1947 Pemerintah akhirnya memberlakukan mata uang daerah masing-masing khususnya Sumatra, Banten, Tapanuli dan Banda Aceh untuk sementara waktu dengan mengedarkan mata uang ORIDA.

Selanjutnya pemerintah memperkenalkan mata uang bernama Rupiah yang sampai saat ini masih berlaku. Rupiah sendiri berasal dari kata Rupee yang merupakan mata uang India.

Sejarah Mata Uang Indonesia Orde Baru

sejarah mata uang indonesia

duitjadul.com

Hadirnya pemerintahan Soeharto selama 32 tahun berkontribusi besar dalam perubahan Rupiah. Pemerintah presiden Soeharto pertama kali mencetak uang kertas seri “Sudirman” pecahan 1, 2½, 5, 10, 25, 50, 100, 500, 1.000, 5.000, dan 10.000 rupiah.

Berikut penampakannya

sejarah mata uang indonesia

halomoney.co.id

sejarah mata uang indonesia

satujam.com

sejarah mata uang indonesia orde lama

liputan6.com

sejarah mata uang indonesia

tokopedia.net

Diedarkan pada tanggal 8 Januari 1968 dan ditandatangi oleh Gubernur BI Radius Prawiro dan Direktur BI Soeksmono B Martokoesoemo, beremisi tahun 1968.

Berikut beberapa kebijakan pemerintah Soeharto terhadap Rupiah

  1. 23 Agustus 1971, Pemerintah mendevaluasi rupiah sebesar 10%, satu Dolar setara 415 Rupiah
  2. tahun 1975, BI mengeluarkan uang kertas pecahan 1.000 rupiah bergambar Pangeran Diponegoro, 5.000 rupiah bergambar Nelayan, dan pecahan 10.000 rupiah bergambar relief Candi Borobudur. ditandatangai oleh Gubernur BI Rachmat Saleh dan Direktur BI Soeksmono B Martokoesoemo.
  3. tahun 1992 menerbitkan seri uang baru beremisi tahun 1992. Terdiri dari pecahan 100 rupiah bergambar perahu Phinisi, pecahan 500 rupiah bergambar Orang Utan, 1.000 rupiah bergambar Danau Toba, pecahan 5.000 rupiah bergambar alat musik Sasando dan tenunan Rote, pecahan 10.000 rupiah bergambar Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dan pecahan 20.000 rupiah bergambar Cendrawasih merah.
  4. Tahun 1993 mengeluarkan pecahan 50.000 rupiah bergambar Presiden Suharto.

Sayangnya ada krisis moneter Pada akhir tahun 1997 disertai melonjaknya nilai mata uang dolar terhadap rupiah. Mengakibatkan runtuhnya era Soeharto.

Sejarah Mata Uang Indonesia Orde Reformasi

sejarah mata uang indonesia

1uang-kuno-indonesia.blogspot.com

Orde Reformasi inilah banyak uang yang kita kenal sampai saat ini. pecahan 100.000 rupiah beremisi tahun 1999 bergambar Soekarno, Muh. Hatta dan teks proklamasi diedarkan.

Pecahan tersebut dicetak di Australia dan Thailand merupakan uang plastik (Polymer) .

Berikut beberapa mata uang emisi sejak orde reformasi

sejarah mata uang indonesia

beritahati.com

Inilah uang yang kita kenal sampai sekarang. Untuk pecahan 1000 terdapat gambar kapten patimura, untuk pecahan 5000 ada gambar orang menenun,pecahan 10000 ada gambar Cut Nyak Dien, pecahan 50000 terdapat gambar Ngurah Rai dan terakhir pecahan 100 ribu tetap gambar bung Karno dan Bung Hatta namun tidak ada plastik lingkaran lagi.

sejarah mata uang indonesia

gogirlmagz.com

Inilah penampakan uang terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah presiden Jokowi. Sayangnya kita tidak bisa memegangnya untuk beberapa waktu karena memang dikeluarkan secara perlahan-perlahan supaya tidak ada devaluasi karena bertambahnya jumlah uang yang beredar. Mungkin untuk tahun ke depan sudah bisa kita pegang

Demikian sejarah mata uang Indonesia yang mengalami perubahan beberapa kali. Kita sebagai warga negara wajib untuk menjaga uang tersebut dengan cara menggunakannya yang baik saja. Semoga bermanfaat.

Sejarah mata uang indonesia

Sejarah mata Uang Indonesia jinggara

One Response

  1. NLP JAKARTA

Leave a Reply