Sejarah Perang Dingin lengkap Beserta Foto dan Penjelasannya, Beda Sama Yang Lain Pokoknya

Sejarah perang dingin – sejarah perang dingin (1947-1991) adalah waktu berlangsungnya konflik, kompetisi dan ketegangan antara blog Barat (Amerika )dengan blog Timur (Rusia) pasca berakhirnya perang dunia 2. Istilah perang dingin sebenarnya tidak umum pada saat itu namun menjadi terkenal semenjak diperkenalkan oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman, dua orang ahli keuangan dan kolumnis asal Amerika serikat.

Lucunya adalah Ternyata Amerika dan Rusia ini awalnya bersekutu untuk memerangi NAZI ketika masa perang namun setelah kemenangan atas NAZI, mereka mulai nampak ketegangannya akibat perbedaan di antara mereka khususnya ideologi.

Baiklah untuk lebih jelasnya lagi Berikut penjelasan lengkapnya tentang sejarah perang dingin.

Sejarah Perang Dingin

 latar belakang Perang Dingin

latar belakang perang dingin
donisetyawan.com

Setelah Berakhirnya perang dunia ke 2 muncul dua negara adidaya dari wilayah barat dan timur yaitu Amerika dan Uni Soviet.

Kedua negara tersebut kemudian menjadi kreditor terbesar di dunia. Rusia meminjamkan uangnya khusus negara Eropa Timur kemudian Amerika Serikat juga meminjamkan uangnya.

Gak mau ketinggalan muncul juga negara baru yang telah merdeka setelah perang dunia 2 di wilayah selain Eropa. Negara baru ini ada yang sudah mulai maju dan ada yang masih berkembang.

Kemudian diadakan konferensi di Postdam pada bulan Juli 1945 yang membahas tentang Eropa Timur. Pada saat itu presiden Amerika adalah Harry S. Tumman menginginkan adanya pemilu di negara Eropa Timur namun presiden Uni Soviet Stalin menolak penyelenggaraan tersebut karena jika diadakan pemilu secara bebas di Eropa Timur nantinya akan muncul pemerintahan yang anti Uni Soviet.

Karena perbedaan antara Uni Soviet dan Amerika dalam pertemuan tersebut sehingga mulai timbulah perang dingin.

Faktor Penyebab Perang Dingin

faktor penyebab perang dingin
pindex.com

Faktor utama penyebab perang dingin diantaranya:

  1. Amerika Serikat dan Rusia gencar menyebarkan ideologi mereka yang berbeda. Amerika Serikat sendiri          memiliki ideologi liberal kapitalis sedangkan Rusia atau Uni Soviet ideologinya adalah komunis.
  2. Amerika Serikat dan Uni Soviet menjadi negara kreditur terbesar di dunia dan mereka memiliki keinginan untuk menjadi penguasa.
  3. Berdirinya Pakta Pertahanan di antara dua belah pihak. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat mendirikan NATO (North Atlantic Treaty Organization) sedangkan Uni Soviet juga tidak mau kalah. Dia beserta beberapa negara-negara Eropa Timur seperti Albania, Bulgaria, cekoslowakia, Jerman Timur, Hungaria , Polandia dan Rumania mendirikan Pakta Warsawa.

Jalannya Perang Dingin

jalannya perang dingin
cnn.com

Setelah kekalahan Jerman pasca berakhirnya Perang Dunia 2,  Jerman dibagi wilayahnya menjadi dua yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Jerman Barat dikuasai oleh ideologi liberal kapitalis sedangkan Jerman Timur dikuasai oleh ideologi komunis.

Kemudian dalam waktu hanya 3 tahun yaitu antara tahun 1945 sampai Tahun 1948 pengaruh Uni Soviet sudah sampai ke negara Bulgaria Rumania, Hungaria, Polandia dan cekoslowakia.

Tak mau kalah Amerika serikat menerapkan Strategi politik containment policy yaitu untuk mencegah pengaruh Uni Soviet berkembang lagi.

langkah pertama yang diambil Amerika yaitu dengan memberi bantuan berupa keuangan militer dan penasehat militer kepada Yunani dan Turki untuk mempertahankan kedua negara tersebut dari pengaruh komunis dan juga menghalangi jalur Uni Soviet ke negara-negara Barat.

Baca Juga  Macam macam Sistem Operasi Komputer dan Smartphone HP

A. Bentuk bentuk Jalannya Perang Dingin

Berikut bentuk bentuk upaya kedua belah pihak untuk melancarkan ideologi mereka di berbagai bidang.

1. Bidang Politik

bentuk perang dingin
pindex.com

Amerika Serikat menanamkan demokrasi ke negara-negara yang baru merdeka dan sedang berkembang. Setelah Jerman dan Jepang kalah, kedua negara tersebut langsung ditanamkan paham demokrasi dan sistem perekonomian kapitalisme.

Di lain pihak Uni Soviet juga menanamkan paham Komunisme dan sistem perekonomian sosialisme dengan cara mempromosikan rencana pembangunan ekonomi 5 tahun secara tertutup dibawah kepemimpinan dictator ke beberapa negara. Negara yang menganut sistem Uni Soviet tersebut makanya kita sebut sebagai negara tirai besi, dan khusus China dijuluki sebagai Negara tirai bambu.

2. Bidang Ekonomi

sejarah perang dingin di bidang ekonomi
priceonomics.com

Amerika Serikat dan Uni Soviet tampil sebagai negara kreditur. Mereka memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman kepada negara yang sedang berkembang seperti tadi ketika Amerika Serikat memberikan bantuan teknis dan ekonomis kepada Turki dan Yunani.

3. Bidang Militer

sejarah perang dingin di bidang militer
businessinsider.com

Semenjak berdirinya NATO di kubu Amerika Serikat dan pakta warsawa di kubu Uni Soviet, akhirnya mereka saling curiga satu sama lain. Untuk jaga-jaga di antara mereka jika terjadinya perang ke- 3  mereka Langsung meningkatkan kekuatan baik serangan atau pertahanan militer mereka.

Melalui Aliansi

sejarah dibentuk nato
shape-nato.com
  • NATO. Organisasi tersebut semakin luas pengaruhnya setelah masuknya Italia, Islandia, Yunani dan Turki pada tahun 1952 serta maksudnya Jerman Barat dua tahun kemudian. ketentuan di dalam NATO yaitu jika 1 negara anggota diserang maka Dianggap semua negara anggota tersebut juga diserang, maka wajib bagi mereka untuk saling membantu.
  • CENTO (Central Treaty Organization) bentuk kerjasama bersama Turki,  Irak Iran,  dan Pakistan di kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan.
  • SEATO (South East Treaty Organization) untuk kawasan Asia Tenggara dengan Anggota Amerika, Inggris, Francis, Australia, Thailand, Filiphina dan Selandia Baru.
  • Kemudian yang terakhir di Pasifik Selatan dengan nama ANZUS ( Australia, New Zealand, United States).

Melalui Perlombaan Senjata

perlombaan senjata selama perang dingi
emaze.com

Kedua blok saling membangun pusat penelitian dan tempat-tempat yang bisa untuk meluncurkan rudal Nuklirnya.

Pada tahun 1949, Uni Soviet berhasil mengadakan uji coba peledakan bom atomnya yang pertama.

Amerika Serikat sebelumnya sudah berhasil dalam pembuatan Bom Atom, kemudian Disusul dengan pembuatan Bom Hidrogen yang diuji pada bulan November 1952.

Uni Soviet juga tidak mau kalah, mereka juga membuat Bom Hidrogen sendiri selain tetap mengembangkan bom aotm. Akhirnya tahun 1983 Senjata Nuklir Rusia berhasil menandingi Nuklirnya Amerika Serikat.

4.  Bidang Teknologi

sejarah perang di antariksa
nationalgeographic.com

Persaingan Amerika Serikat dan Uni Soviet tidak sampai situ saja mereka juga berlomba-lomba membuat kecanggihan teknologi.

Dalam bidang antariksa misalnya Amerika serikat mampu membuat roket dan mengantarkan beberapa ilmuwannya ke bulan, Sehingga tercatat sebagai negara pertama di dunia yang menjelajahi bulan.

Rusia juga tidak mau kalah dengan meluncurkan satelit pertamanya yang dinamakan Sputnik pada tahun 1957 dan berhasil mengantarkan wakilnya Yuri Gagarin mengelilingi Bumi di luar angkasa pada 1961.

5. Bidang Intelejen

mata mata selama perang dingin
gadgethack.com

Amerika dan Rusia saling mematai satu sama lain melalui dua organisasi Intelejen Mereka. CIA adalah mata-mata dari Amerika sedangkan Rusia juga memiliki organisasi yang dinamakan KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti).

Baca Juga  31+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu, Pengertian dan Strukturnya

Beberapa tugas Kedua Organisasi tersebut diantaranya mengumpulkan keterangan negara tertentu dan informasi yang menyangkut kedua negara Tersebut.

Beberapa aksi mereka yang ketahuan diantaranya adalah ketika CIA Terlibat Insiden Teluk Babi tahun 1961. CIA membantu pengungsi rakyat Kuba menginvasi Pemerintahan Negaranya Sendiri. Di sisi lain KGB membantu presiden Fidel Castro (Presiden Kuba) dalam menghadapi perlawanan tersebut.

Kronologi Sejarah Perang Dingin

Selain di beberapa bidang diatas,berikut beberapa kronologi ringkas peristiwa selama perang dingin.

1. Pidato Stalin

sejarah perang dingin
history.com
Bulan Februari 1946, Stalin berpidato tentang “tak terhindarnya konflik dengan kekuatan kapitalis”. Dalam pidatonya tersebut Stalin mendesak rakyat Soviet agar tetap waspada meskipun berakhirnya perang. Pidato inilah yang mulai merasuki fikiran rakyat bahwa perang dingin di mulai

2. Kerja Sama Uni Soviet

sejarah perang dingin
jejaktapak.com
Tahun 1950 Uni Soviet bekerjasama dengan RRC pada kaitannya kemungkinan diserang Jepang karena negara tersebut dibawah kendali AS, kemudian ditahun 1947 dibentuk Cominform (The Communist Information Bureau) di Beograd, Yugoslavia.

3. Detente (Pengurangan Ketegangan)

perjanjian selama perang dingin
cnn.com
Tahun 1969 antara Amerika Serikat melalui presiden barunya Richard Nixon Beserta penasehat keamanannya, Henry A. Kissinger dan Uni Soviet melakukan pendekatan agar mengurangi ketegangan di antara keduanya.
26 Mei 1972 adalah buah dari pendekatan mereka ketika Presiden Richard Nixon dan Leonid Brezhnev menandatangani Strategic Arms Limitation Treaty I (SALT I) di Moskow.
Isi SALT I diantaranya adalah;
  1. Membatasi persediaan senjata-senjata nuklir dan misil nustrategis/Defensive Antiballistic Missile System.
  2. Membatasi jumlah misil nuklir yang dimiliki kedua belah pihak. Hasilnya Uni Soviet hanya memiliki misil maksimal 1600 misil dan Amerika maksimal 1054 mil

4. Invasi Uni Soviet ke Afghanistan

sejarah perang dingin
kaskus.com

Setelah 10 tahun berjalan, kayaknya Uni Soviet mulai gatal ingin melanggar perjanjian tersebut. Terbukti di tahun 1979 Uni Soviet melakukan invasi ke Afghanistan.

Aksi provokasi tersebut mengundang kemarahan dari pihak AS. Presiden AS mengeluarkan Doktrin Carter yang isinya pernyataan keinginan AS untuk menggunakan kekuatan militernya di Teluk Persia. Kemudian dilanjutkan Doktrin Reagan yang mendukung pemberontakan anti-komunis di Afghanistan, Angola, dan Nikaragua.

5. Detente 2

Meskipun ketegangan masih memuncak ternyata ada kesempatan untuk meredakannya ketika pada tahun 1979 di Viena diadakan perjanjian SALT II.

Perjanjian tersebut memuat maksimal kepemilikan senjata nuklir bagi keduanya adalah 2400 unit, dan maksimal 1320 unit Multiple Independently Targeted Reentry Vehicle (MIRV)

Kemudian tahun 1982 ditambah kesepakatan dengan memusnahkan senjata nuklir yang berdaya jarak menengah.

6. Terpilihnya Presiden Baru Uni Soviet

sejarah perang dunia
cnn.com

Pada Maret 1985 terpilihlah presiden Uni Soviet baru Mikhail Gorbachev.

Berikut yang dilakukannya ketika menjabat sebagai presiden;

  1. tahun 1987 ia melakukan kunjungan ke AS untuk berdialog.
  2. Tahun 1988 dia menyetujui perjanjian Genawa.
  3. 15 Februari 1989 dia menarik tentaranya dari Afghanistan dan mulai netral terhadap perang teluk.
  4. Tahun 1991 Menghentikan bantuannya ke Pemerintah Kuba.

7. Pecahnya Uni Soviet

kudeta uni soviet
boombastis.com

Ternyata kebijakan yang diambil oleh Mikhail Gorbachev ditentang oleh pihaknya terutama tokoh komunisme.

Akhirnya pada tanggal 19 Agustus 1991, Marsekal Dimitri Yazow (Menteri Pertahanan), Jenderal Vladamir Kruchkov (Kepala KGB), dan Boris Pugo (Menteri Dalam Negeri) melakukan kudeta terhadapnya.

Sayangnya kudeta tersebut gagal karena dilawan oleh para rakyat Rusia yang dipimpin oleh Boris Yeltsin dan Unit Militer Uni Soviet.

Dampak dari kudeta tersebut akhirnya Uni Soviet pecah. Latvia, Lithuania, Estonia, Georgia, Maldova memisahkan diri dari Uni Soviet dan mendapatkan kemerdekaan di tanggal 6 September 1991.

Baca Juga  51+ Motif Batik Modern Nusantara | Gambar, Desain, Sederhana

Negara Uni Soviet yang telah berumur 74 tahun itupun runtuh dan terbagi-bagi wilayahnya. Akhirnya mereka mengganti namanya menjadi negara Rusia.

Akhir Perang Dingin

sejarah perang dingin
reconsideringrusia.wordpress.com
Akhirnya AS dan Uni Soviet melakukan pertemuan dua hari di kapal layar Soviet, Maxim Gorky. Mereka sepakat untuk menghentikan Perang Dingin diantaranya keduanya.
Diantara hasil pertemuan mereka adalah;
  1. Baik Amerika serikat maupun Rusia akan mengurangi jumlah pasukan dan persenjataan di benua Eropa.
  2. Presiden Uni Soviet,Mikhail Gorbachev berkata bahwa tidak akan memulai perang terbuka dengan AS.
  3. Presiden AS George Bush berkata bahwa baik Uni Soviet Maupun Amerika bisa berdamai dan melakukan kerja sama.

Dengan demikianlah berakhirnya perang dingin dan sekarang menjadi sejarah perang dingin.

Dampak Perang Dingin

Dibalik perang dingin juga membawa dampak yang besar khususnya bagi umat manusia dibumi. Bukan hanya melibatkan 2 negara besar, tetapi beberapa negara di dunia juga ikut turut andil besar dalam Perang dingin tersebut, karena diantara negara tersebut ada yang dipihak blok barat dan blog timur.

1. Dampak positif Perang Dingin

berikut dampak positifnya

A. Bidang Ekonomi

sejarah perang dingin
pbs.org
munculnya negara kreditor terbesar di dunia. Dengan adanya negara tersebut, mereka menguasai perekonomian dunia melalui investornya. Para investor tersebut menginvestasikan dananya ke negara berkembang dan mendapatkan keuntungan.
Selain itu negara berkembang bisa menumbuhkan ekonominya berkat dana investasi tersebut.

B. Bidang Militer

dampak sejarah perang dingin
pinterest.com
Selama perang dingin tersebut banyak negara yang berlomba untuk meningkatkan persenjataan mereka.
Akhirnya banyak negara yang keamanannya meningkat karena persaingan tersebut.

C. Bidang Sosial Budaya

munculnya hak asasi manusia
arifashkaf.wordpress.com

Mulai munculnya HAM yang dibawa oleh Amerika. Karena adanya HAM tersebut, pemerintah mulai melihat hak rakyatnya dan tidak ada yang tertindas.

D. Sains

akibat sejarah dingin di bidang sains
theatlantic.com
Banyak inovasi dan penemuan selama perang dingin berlangsung diantaranya adalah Penemuan roket, manusia pertama yang mendarat di bulan dan satelit yang sangat bermanfaat bagi manusia dikemudian harinya.

2. Dampak Negatif Perang dingin

Selain membawa dampak Positif, perang dingin juga membawa dampak negatif diantaranya adalah menimbulkan trauma bagi masyarakat dunia karena was-was jika sampai senjata pemusnah masal diluncurkan. Selain itu dampak lainnya adalah Jerman terbagi wilayahnya menjadi dua bagian yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur yang dipisahkan oleh Tembok Berlin.

1. Bidang Militer

akibat perang dingin
tribunnews.com

Munculnya senjata nuklir yang dikembangkan dua negara tersebut menimbulkan ketakutan dan kepanikan masyarakat di dunia. Bayangkan saja andai 2 negara tersebut memulai perang dan masing-masing meluncurkan nuklirnya, akan kaya apa dunia ini.

Bahkan Rudal terkuat Uni Soviet jika diluncurkan mampu meluluhlantahkan suatu negara dalam sekejab.

2. Bidang Politik

akibat perang dingin
thoughtco.com

Diantara dampak negatif di bidang politik adalah dibuatnya tembok berlin untuk membatasi antara jerman barat dan jerman timur.

Beberapa waktu setelah pemisahan tersebut Jerman Barat Lebih maju daripada Jerman barat, sehingga banyak orang Jerman timur hijrah ke Jerman barat. Uni Soviet dan Jerman Timur sangat tersinggung dengan kepindahan orang-orang tersebut, akhirnya mereka membuat tembok di kota Berlin dan menempatkan tentara untuk menembaki orang yang mau menyeberang.

Demikian sejarah perang dingin beserta faktor penyebab perang dingin, jalannya perang dingin, negara yang terlibat dalam sejarah perang dingin, tujuan terjadinya perang dingin, latar belakang sejarah perang dingin dan dampak perang dingin.

Sejarah Perang Dingin

2 thoughts on “Sejarah Perang Dingin lengkap Beserta Foto dan Penjelasannya, Beda Sama Yang Lain Pokoknya

  1. Skr ngerti ceritanya kenapa uni sovyet bisa terpecah :).. aku suka baca ttg sejarah2 seperti ini.. kdg kalo sedang traveling ke suatu negara, lbh dulu yg aku cari tau biasanya ttg museum, yg bisa cerita banyak soal kehidupan lampau negara tersebut..

    dulu di berlin aku ke museum yg menceritakan kisah pemisahan jerman barat jerman timur… ada banyak display yg menunjukkan gimana orang2 jerman timur dulu sembunyi di tempat2 ga biasa demi biasa menyebrang ke jerman barat..ada yg membuat lubang rahasia di bagasi mobil, pokoknya serem2 :(.. aku ga bisa kebayang gmn seremnya mau pindah ke negara sebrang, tp lalu ketahuan ama tentara nya..

  2. Terkadang suka bingung kenapa dulu perang dunia ke II bisa sampai terjadi,apa karena untuk merebut kekuasaan, atau apa ? Menurut saya perang bisa diminimaliskan bila kita bisa menghargai orang-orang dan bukan merebut hak orang dengan tahta. Saya berharap semoga perang dunia tidak akan terjadi kembali karena teknologi yang digunakan di jaman sekarang sudah bisa membuat kiamat dan bisa memusnahkan bumi yang kita cintai itu sendiri.

Leave a Comment