Ternyata Pembicara di Depan Umum Punya Trik Mengatasi Grogi, Mau Tahu Caranya?

Hei kamu, setelah ini ceramah di depan!

hehehe 😀 kalimat itu seolah meruntuhkan langit, bumi dan seisinya ketika terngiang di telinga. Jantung berdegup kencang dan kegugupan mulai menjalar diseluruh tubuh, akibat efek dari kalimat sakti tersebut.

Ya guys, tenang saya disini akan membantu kalian untuk membocorkan rahasia pembicara-pembicara hebat bagaimana mereka bisa menguasai panggung dan begitu lancarnya ngomong di depan ribuan bahkan ratusan ribu orang yang mendengarnya.

Seandainya Adolf Hitler ketakutan maju kedepan untuk berorasi dihadapan jutaan rakyaknya

pasti tidak akan ada perang dunia ke-2.

Seandainya Bung Karno tidak mau membacakan proklamasi hanya karena malu dilihat banyak orang

negara kita tidak akan merdeka. (tenang! jangan terlalu dramatis).

Ini dia pembahasannya

Pembicara Terkenal Selalu Fokus ke Tangan Mereka Daripada Pendengar

pinimg.com

Pernahkah kamu ditunjuk untuk ngomong dihadapan banyak orang, gimana rasanya? paling ya tanganmu berkeringat, bahkan lebih berkeringat apabila berdiri di panggung besar. Materi yang sudah disiapkan tiba-tiba ngebleng, konsentrasimu terpecah sebagian fikiran kamu merasa bahwa pendengar tidak menyukai materimu mungkin, atau terasa canggung pembawaan materimu.

Ya, jika terlalu fokus dengan para pendengar ujung-ujungnya membuat kamu merasa grogi dan takut.

Pembicara Terkenal Juga Bisa Grogi, Tapi mereka Tahu Bagaimana Untuk Mengatasinya

Berdasarkan pengalaman Orang yang sering berbicara didepan umum, mereka menemukan bahwa jika sering berjalan di depan panggung dan banyak menggerakkan tangan untuk isyarat akan membuat mereka lebih lancar berbicara.

Baca Juga  Bagaimana Cara berhenti membeli barang yang Tak kamu inginkan

Ini tidak terlalu sulit untuk dibayangkan. Jika ada kata yang susah dijelaskan, kamu akan cenderung untuk panik. Agar bisa mengatasinya gunakanlah isyarat tangan. Dengan isyarat tangan Fokus kita yang semula ke pendengar akan teralihkan.

Jadi… dari mana kita akan memulai? baik ini beberapa isyarat tangan yang umum dipakai oleh pembicara berpengalaman

 1. Membuat List

flickr.com

Mari kita mulai yang paling mudah. Gunakan tanganmu untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan angka atau daftar urutan sesuatu. Dengan begitu akan mudah membantu pendengar mengalir begitu perhatiannya ke kamu.

2.Stop

flickr.com

Ketika kamu ingin seseorang untuk berhenti berkata, kamu bisa menghentikannya dengan menggunakan isyarat ini. Dengan isyarat ini akan memberikan kesempatan bagimu untuk berbicara.

3. Sedikit

dailymail.co.uk

Suatu waktu kamu ingin menunjukkan suatu yang kecil seperti pendengar tidak harus menganggap serius atau untuk memberikan sedikit tambahan- tunjukkan itu! bagaimana caranya? yaitu dengan isyarat tangan seperti memegang suatu yang sangat kecil.

4. Saya Bertekad

kidspot.com

Terkadang kamu harus menggenggam tangan yang kuat dan memukul ke udara untuk menunjukkan ketekadan kamu yang kuat. Namun hati-hati ya guys kalau kamu berisyarat seperti ini dengan suara kesal, nanti kamu dianggap marah loh oleh pendengar :D.

5. Menggunakan “Saya”

flickr.com

Untuk menambahkan sentuhan lebih pribadi kedalam pembicaraanmu, Kamu bisa menunjuk atau menempatkan tanganmu menghadap ke dada ketika topik pembicaraanmu berhubungan dengan kamu.

6. Berhubungan Dengan ukuran

thestar.com

Jika kamu berbicara untuk menjelaskan atau menunjukkan ukuran suatu hal, kamu bisa menggunakan tanganmu untuk yang berhubungan dengan ukuran tersebut, baik kecil, sedang, maupun besar. Contoh seandainya kamu ingin menjelaskan sesuatu yang besar kamu bisa melebarkan kedua tanganmu.

Baca Juga  Lirik Sholawat Jawa dan Indonesia lengkap dan Syiir Lainnya

7. “Ini” dan “Itu”

licdn.com

Ketika kamu ingin memisahkan 2 gagasan atau hal yang berbeda, kamu bisa  menggunakan gerakan tangan tersebut untuk mewakili hal atau gagasan tersebut.

Contoh ada kalimat ” kita sangat berbeda dengan mereka” untuk menunjukkan kata “kita” kamu bisa menggunakan tangan kanan dan ketika mengatakan kata “mereka” kamu gunakan tangan kiri. Cara ini efektif untuk membuat jarak antara dua hal yang berbeda tersebut.

 

ya guys, kita sudah mempelajari trik pembicara berpengalaman tentang isyarat tangan, kali ini saya akan memberikan tips supaya kamu lebih percaya diri lagi ketika maju untuk berbicara kedepan.

      1.  Berlatih di depan cermin

rare historicalphotos.com

Kamu tahu gak, cara ini pernah di pakai Adolf Hitler loh ketika mau berorasi dihadapan para rakyatnya. Kita tahu dia kalau berorasi pasti menggebu-gebu, sampai copot tuh kumisnya ( 😀 just kidding).

Oke, ketika kamu sudah memiliki materi yang akan di presentasikan, coba berlatih demo di depan kaca. Dengan begitu kamu akan mengetahui mana yang pas dan mana yang kurang.

2. Obrolkan Materi Ke Temanmu

cancer.gov

Untuk Tips yang kedua adalah cobalah ngobrol dengan temanmu baik dua orang atau 3 orang sesuai dengan tema yang akan presentasikan nanti. Selain mudah juga hal ini akan melatih kamu nantinya jika sudah presentasi dihadapan banyak orang terasa kaya ngobrol dan tidak canggung.

3. Tatap Mata Audiens

xdesktopwalpappers.com

Ahay… selain tebar pesona juga bisa menambah kepercayaan dirimu loh guys. Dengan kita melihat mata mereka membuat obrolan kita terasa nyaman, selain itu juga dengan kontak mata bercerminkan kalau kamu itu menghargai para pendengar.

4. Ajukan pertanyaan

workinsports.com

Ini khusus bagi kamu yang mengikuti seminar atau perkumpulan orang banyak. Jika kamu menjadi peserta acara tersebut usahan untuk bertanya hal-hal yang tidak kamu pahami tentang materinya. Tidak perlu berfikir aneh-aneh akan dianggap bodoh lah atau anggapan lain oleh orang lain.

Baca Juga  Bingung ? 10 cara ini Bisa menghasilkan uang tanpa harus menjadi karyawan

Yang paling penting kamu berani berbicara di depan banyak orang. Jika di acara-acara perkumpulan selanjutnya kamu membiasakan diri untuk bertanya, lama-lama akan terbiasa pula ngomong di hadapan banyak orang. Ujung-ujungnya ya kalau difikir tidak sesulit kelihatannya.

Leave a Comment