Fungsi dan Peran Polisi Republik Indonesia

Urutan Pangkat Polisi Dari yang Terendah Hingga Tertinggi

URUTAN PANGKAT POLISI – Polisi adalah pranata umum sipil atau lembaga negara yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban serta penegakan hukum yang ada di seluruh wilayah negara. Anda bercita-cita sebagai polisi? Maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu urutan pangkat polisi dari yang paling bawah sampai yang paling tinggi.

Jika anda bercita-cita sebagai polisi, maka sebaiknya tentukan target jabatan yang ingin anda capai. Tujuannya, agar anda memiliki motivasi dan target ketika sudah diterima dan masuk menjadi anggota polisi. Dengan seperti itu, dalam bertugas anda bisa memiliki penyemangat.

Maka dari itu perlu dan penting untuk mengetahui urutan pangkat polisi. Untuk mencari tahu apa saja urutan pangkat polisi dari yang paling bawah sampai paling tinggi, anda bisa baca-baca di artikel ini.

Fungsi dan Peran Polisi Republik Indonesia

Fungsi dan Peran Polisi Republik Indonesia
500px.com

Polri atau kepanjangannya Kepolisian Negara Republik Indonesia terkait hubungannya dengan pemerintahan adalah diantara fungsi pemerintahan negara pada bidang pemeliharan ketertiban serta keamanan masyarakat, perlindungan, melayani dan mengayomi masyarakat dan penegakan hukum.

Adapun Polri memiliki tujuan diantaranya yaitu mengaktualisasikan keamanan dalam negeri yang mencakup kestabilan keamanan dan ketertiban masyarakat, tegak dan tertibnya hukum, diadakannya pelayanan, perlindungan, serta pengayoman terhadap masyarakat dan terbimbingnya masyarakat untuk menghormati hak asasi manusia.

Wilayah kepolisian terbagi berjenjang diawali dari tingkat pusat yang pada umumnya dinamakan Markas Besar Polri yang cangkupan wewenangnya mencakup semua wilayah NKRI yang berada dibawah kepemimpinan seorang Kapolri yang memiliki tanggung secara langsung ke Presiden.

Lalu untuk wilayah pada tingkat provinsi dinamakan Polda atau kepanjangannya adalah Kepolisian Daerah Yang berada dibawah kepemimpinan seorang Kapolda yang memiliki tanggung jawab secara langsung ke Kapolri.

Baca Juga  21 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Lengkap Beserta Sejarah

Sedangkan di tingkat bawahnya lagi atau kabupaten maka dipegang oleh Polres atau kepanjangannya adalah Kepolisian resot yang berada di bawah kepemimpinan Kapolres yang memiliki tanggung jawab langsung ke Kapolda.

Kemudian di bawah kabupaten ada kecamatan yang dipegang oleh Polsek atau kepolisian sektor. Polsek sendiri berada dibawah kepemimpinan Kapolsek yang mana memiliki tanggung jawab terhadap Kapolres.

Sementara untuk tingkat paling bawah yaitu kelurahan atau desa maka terdapat pos polisi dipimpin seorang Brigadir posisi atau berdasarkan kondisi dan situasi wilayahnya.

Tugas Pokok dan Wewenang Polisi Republik Indonesia

Tugas pokok Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah sebagaimana berikut ini :

  1. Menegakkan hukum
  2. Menjaga ketertiban dan keamanan dan dalam masyarakat
  3. Memberikan pengayoman, pelayanan serta perlindungan, pengayoman untuk masyarakat

Tingkatan dan Urutan Pangkat Polisi Republik Indonesia

Tingkatan dan Urutan Pangkat Polisi Republik Indonesia
indo888.com

Ada berapa urutan pangkat polisi di Indonesia? Apa nama pangkat polisi yang terendah sampai yang tertinggi. Berikut ini adalah ulasan singkat dan lengkap tentang pangkat polisi.

A. Tamtama

Pangkat tamtama POLRI merupakan golongan pangkat di kepolisian yang paling bawah atau paling rendah. Jabatan yang termasuk golongan pangkat Tamtama POLRI yaitu Bhayangkara Dua atau yang biasa disingkat dengan Bharada.

Kemudian Bhayangkara Satu atau yang biasa disingkat dengan Bharatu, selanjutnya Bhayangkara Kepala atau Baraka, Selanjutnya Ajun Brigadir Polisi Dua atau yang disingkat dengan Abripda, kemudian Ajun Brigadir Polisi Satu atau yang disingkat dengan Brigpol, dan Ajun Brigadir Polisi atau yang disingkat dengan Abrip.

1. BHAYANGKARA DUA (BHARADA)

BHAYANGKARA DUA (BHARADA
ciepo.com/

2. BHAYANGKARA SATU (BHARATU)

BHAYANGKARA SATU (BHARATU)
ciepo.com/

3. BHAYANGKARA KEPALA (BARAKA)

urutan pangkat polisi BHAYANGKARA KEPALA (BARAKA)
ciepo.com/

4. AJUN BRIGADIR POLISI DUA (ABRIPDA)

AJUN BRIGADIR POLISI DUA (ABRIPDA)
ciepo.com/

5. AJUN BRIGADIR POLISI SATU (ABRIPTU)

AJUN BRIGADIR POLISI SATU (ABRIPTU)
ciepo.com/

6. AJUN BRIGADIR POLISI (ABRIP)

AJUN BRIGADIR POLISI (ABRIP)
ciepo.com/

2. Bintara

Pangkat Bintara POLRI yaitu golongan pangkat di kepolisian yang lebih tinggi satu tingkat dari Tamtama. Bintara ini meliputi Sersan Mayor Polisi, Sersan Kepala Polisi, Sersan Satu Polisi, kemudian Sersan Dua Polisi.

Dan yang tergolong golongan Bintara Polri yaitu Brigadir Polisi Dua atau yang sering disingkat dengan Bribda, kemudian Brigadir Polisi Satu atau Briptu, selanjutnya Brigadir Polisi atau Brigpol, dan Brigadir Polisi Kepala atau yang sering disingkat dengan Bripka.

Baca Juga  Macam macam Interaksi Sosial Beserta Penjelasan Pengertian Contoh dan Gambarnya

7. BRIGADIR POLISI DUA (BRIPDA)

BRIGADIR POLISI DUA (BRIPDA)
ciepo.com/

8. BRIGADIR POLISI SATU (BRIPTU)

BRIGADIR POLISI SATU (BRIPTU)
ciepo.com/

9. BRIGADIR POLISI (BRIGPOL)

BRIGADIR POLISI (BRIGPOL)
ciepo.com/

10. BRIGADIR POLISI KEPALA (BRIPKA)

BRIGADIR POLISI KEPALA (BRIPKA)
ciepo.com/

3. Bintara Tinggi

Tingkatan lebih tinggi satu tingkat dari Bintara adalah Bintara Tinggi. Bintara Tinggi ini kedudukannya satu tingkat di bawah Perwira Pertama atau yang sering disingkat dengan Pama. Bintara Tinggi meliputi Ajun Inspektur Polisi Satu dengna Ajun Inspektur Polisi Dua.

Sedangkan golongan yang termasuk ke dalam Pangkat Bintara Tinggi POLRI yaitu Ajun Inspektur Polisi Dua atau yang disingkat dengan Aipda, dan Ajun Inspektur Polisi Satu atau yang sering disingkat dengan Aiptu.

11. AJUN INSPEKTUR POLISI DUA (AIPDA)

AJUN INSPEKTUR POLISI DUA (AIPDA)
ciepo.com/

12. AJUN INSPEKTUR POLISI SATU (AIPTU)

AJUN INSPEKTUR POLISI SATU (AIPTU)
ciepo.com/

4. Perwira Pertama

Perwira merupakan urutan pangkat polisi yang paling tinggi. Pada pangkat Perwira POLRI tebagi menjadi tiga urutan lagi, yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Jadi, Perwira Pertama adalah urutan pangkat polisi yang satu tingkat lebih tinggi dari Bintara Tinggi, dan satu tingkat lebih rendah dari Pangkat Polisi Perwira Menengah.

Perwira Pertama ini meliputi Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Satu, dan Inspektur Polisi Dua. Sedangkan yang termasuk golongan Perwira Pertama POLRI yaitu, Inspektur Polisi Dua atau yang sering disingkat dengan Ipda, terus selanjutnya Inspektur Polisi Satu atau yang sering disingkat dengan Iptu, dan Ajun Komisaris Polisi atau AKP.

13. INSPEKTUR POLISI DUA (IPDA)

INSPEKTUR POLISI DUA (IPDA)
ciepo.com/

14. INSPEKTUR POLISI SATU (IPTU)

INSPEKTUR POLISI SATU (IPTU)
ciepo.com/

15. AJUN KOMISARIS POLISI (AKP)

AJUN KOMISARIS POLISI (AKP)
ciepo.com/

Perwira Menengah

Urutan pangkat polisi selanjutnya adalah Perwira Menengah. Pangkat ini lebih tinggi satu tingkat dari Perwira Tinggi dan lebih rendah satu tingkat dari Perwira Pertama. Perwira Menengah ini meliputi Senior Superintenden, Superintenden, dan Asisten Superintenden.

Sedangkan yang termasuk pada golongan ini yaitu Komisaris Polisi atau Kompol, lalu Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP, dan Komisaris Besar Polisi atau yang disingkat dengan Kombes Pol.

Baca Juga  23 Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Dari Bentuk Bunga Sampai Mainan

16. KOMISARIS POLISI (KOMPOL)

KOMISARIS POLISI (KOMPOL)
ciepo.com/

17. AJUN KOMISARIS BESAR POLISI (AKBP)

AJUN KOMISARIS BESAR POLISI (AKBP)
ciepo.com/

18. KOMISARIS BESAR POLISI (KOMBES POL)

KOMISARIS BESAR POLISI (KOMBES POL)
ciepo.com/

Perwira Tinggi

Urutan pangkat polisi yang terakhir atau paling tinggi yaitu Perwira Tinggi. Jadi jabatan tertinggi di Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu Perwira Tinggi, yang meliputi Jendral Polisi, Komisaris Jendral Polisi, Inspektur Jendral Polisi, lalu Brigadir Jendral Polisi.

Untuk golongan yang termasuk ke dalam golongan Pangkat Perwira Tinggi POLRI yaitu, Brigadir Jendral Polisi atau yang disingkat dengan Brigjen Pol, Inspektur Jendral Polisi biasa disingkat dengan Irjen Pol, Komisaris Jendral Polisi biasa disingkat dengan Komjen Pol, dan Jendral Polisi atau Jendral Pol.

Itulah urutan pangkat polisi yang ada di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jadi, Tamtama adalah urutan pangkat polisi yang paling rendah dan Perwira merupakan pangkat polisi paling tinggi. Dan urutan di tengah-tengah atau urutan kedua adalah Bintara.

Dan di setiap pangkat polisi dibagi lagi menjadi berapa urutan. Ada suatu hal yang perlu diketahui selain polisi POLRI ini, bahwa di Indonesia terdapat lembaga kepolisian selain POLRI. Dimana lembaga kepolisian ini cakupannya tugas dan wilayahnya lebih terbatas.

19. BRIGADIR JENDERAL POLISI (BRIGJEN POL)

BRIGADIR JENDERAL POLISI (BRIGJEN POL)
ciepo.com/

20. INSPEKTUR JENDERAL POLISI (IRJEN POL)

INSPEKTUR JENDERAL POLISI (IRJEN POL)
ciepo.com/

21. KOMISARIS JENDERAL POLISI (KOMJEN POL)

KOMISARIS JENDERAL POLISI (KOMJEN POL)
ciepo.com/

22. JENDERAL POLISI (JENDERAL POL)

JENDERAL POLISI (JENDERAL POL)
http://ciepo.com/

Lembaga Polisi Selain POLRI

lembaga polisi selain Polri
republika.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa terdapat lembaga kepolisian selain POLRI di Indonesia. Artinya, tugas dari lembaga kepolisian ini berbeda dengan tugas POLRI. Apa saja lembaga tersebut? Berikut ini adalah beberapa daftar lembaga kepolisian selain POLRI.

  • Polisi Pamong Praja (Pol PP).
  • Polisi Kehutanan (Polhut).
  • Polisi Khusus Lembaga Pemasyarakatan (Polsuspas).
  • Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

Lambang Polisi Republik Indonesia

lambang polisi republik indonesia
500px.com

Demikian informasi tentang urutan pangkat polisi yang perlu diketahui, khususnya bagi anda yang bercita-cita menjadi anggota POLRI Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment